Dunia InternetTekno

Video di Facebook Bakal Hadir dengan Resolusi 4K

Tak lama lagi, pengguna Facebok akan disuguhkan video dengan resolusi tinggi. Niat Facebook untuk mengejar ketinggalan dari YouTube akan terwujud dalam waktu dekat ini. Dukungan video di Facebook mencapai resolusi 4K sudah di uji coba secara random kepada penggunanya di AS.

Youtube sendiri sudah cukup lama menyediakan resolusi Ultra HD yang pertama kali di uji cobakan tahun 2010. Kemudian disusul dengan kualitas 8K pada tahun 2015, video ini mempunyai kualitas super tinggi dengan resolusi 4320p (7.680 x 4.320 piksel).

BacaGhost Town Video Pertama dengan Kualitas 8K di YouTube

Dikutip dari TechCrunch,  saat ini pihak Facebook mengonfirmasi sedang melakukan uji coba video 4K. Selanjutnya pengguna bisa mengunggah video di Facebook dengan resolusi 2160p, UHD-1 atau standar TV UHD.

Walaupun belum resolusi belum setinggi kualitas video Youtube, video 4K adalah video dengan resolusi yang cukup tinggi, yaitu 4 kali lebih tajam dari video Full HD biasa yang memiliki resolusi 1080p.

Untuk kedepannya, halaman dan profil di Facebook akan dapat mengunggah video beresolusi tinggi. Pembaharuan peningkatan di Facebook nantinya akan mendukung fitur Facebook Watch.

Video di Facebook membutuhkan konektifitas internet tinggi?

Dengan resolusi sebesar 4K, sudah barang tentu video di facebook membutuhkan koneksi internet super kenceng, karena media video yang ditayangkan juga memiliki kapasitas file yang cukup besar.

Hal ini tidak terlalu dipermasalahkan bagi beberapa negara dengan konektifitas internet yang super cepat. Mungkin bagi kecepatan Internet di Indonesia, video di Facebook 4K akan menemui kendala apabila konektifitas internetnya kurang stabil.

Pihak Facebook memang sangat serius dan fokus pada media video beberapa waktu terakhir. Baru-baru saja ini telah meluncurkan fitur baru pada Instagram, yaitu mengundang teman di Instagram Live Video.

Facebook saat ini memang lagi menyasar penggunanya yang menggunakan kamera smartphone untuk merekam video. Apalagi saat ini banyak dijual di pasaran produk smartphone dengan resolusi yang hampir menyamai kamera DSLR, lihat saja deretan Smartphone dengan Megapixel kamera terbesar di dunia ini.

Video di Facebook 4K dengan resolusi 2160p ini di prediksi akan lebih menguntungkan bagi industri perfilman, game, travel, dan fashion yang mengutamakan detail gambar.


Loading...
Baca selengkapnya

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close