Review ProdukTekno

Vivo V5 S : Camera Smartphone Mewah yang Hanya 3 Jutaan saja

Vivo V5 S – Hello para sobat pengunjung setia website Klik Mania. Masih bersama saya yang tidak pernah habis membahas mengenai dunia smartphone. Kali ini saya akan mereview sebuah smartphone besutan vendor asal negeri Tiongkok yakni Vivo. Vendor besar tersebut meluncurkan Vivo V5 S sebagai V5 Series secara global pada bulan November silam.

Smartphone besutan vendor Vivo tersebut merupakan penyempurnaan dari produk mereka sebelumnya yakni Vivo V5 standar. Smartphone tersebut berfokus untuk kalangan kaum remaja hingga dewasa yang membutuhkan sebuah camera smartphone untuk penggunaan harian mereka. Vivo V5 Series merupakan sebuah rival berat dari Oppo F1 dan F3 series besutan vendor raksasa Oppo.

Smartphone mewah yang meluncur pada bulan November silam tersebut membawa konsep desain yang cantik dan tentunya mewah. Vivo V5 S rilis dengan membawa ukuran fisik yang cukup lebar yakni 5.7” yang menjadikannya sangat mewah saat kita genggam.

Layar dari smartphone tersebut masih membawa IPS LCD capacitive touchscreen yang dapat menyuplai hingga 16 miliyar warna. Selain itu untuk perlindungan dari layar smartphone tersebut telah dibekali dengan Corning Gorilla Glass versi ketiga.

Pihak Oppo menempatkan smartphone Vivo V5 S pada kelas menengah keatas yang tentunya telah membawa spesifikasi yang memumpuni untuk penggunaan harian. Smartphone tersebut dibekali dengan sistem operasi Android versi 6.0 atau Marshmallowdan telah didukung dengan prosesor Mediatek MT6750.

Smartphone yang bertaraf “Camera Phone” tersebut maju kedalam pasaran internasional dengan membawa kamera depan berlensa 20 MP. Hal tersebut sungguh menjadi kabar gembira bagi anda yang sangat gemar mengambil gambar selfie dimana dan kapan saja. Sementara itu, untuk sektor kamera depan dari smartphone tersebut hanya membawa lensa berkekuatan 13 MP.

Tidak ketinggalan pada segi memori, Vivo V5 S telah membawa memori internal sebesar 64 GB dengan kamera eksternal yang mampu menyuplai microSD hingga 256 GB. Sementara itu, untuk mendukung kinerja dari smartphone tersebut telah mengusung memori ram sebesar 4 GB.

Spesifikasi penuh dari smartphone Vivo V5 S yang membawa kamera depan 20 MP

NETWORK Technology GSM / HSPA / LTE
LAUNCH Announced 2016, November
Status Available. Released 2016, November
BODY Dimensions 153.8 x 75.5 x 7.6 mm (6.06 x 2.97 x 0.30 in)
Weight 154 g (5.43 oz)
SIM Dual SIM (Micro-SIM/Nano-SIM, dual stand-by)
DISPLAY Type IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Size 5.5 inches (~71.8% screen-to-body ratio)
Resolution 720 x 1280 pixels (~267 ppi pixel density)
Multitouch Yes
Protection Corning Gorilla Glass 3
  – Funtouch OS 3.0
– 3D Touch display
PLATFORM OS Android 6.0 (Marshmallow)
Chipset Mediatek MT6750
CPU Octa-core 1.5 GHz Cortex-A53
GPU Mali-T860MP2
MEMORY Card slot microSD, up to 256 GB (uses SIM 2 slot)
Internal 64 GB, 4 GB RAM
CAMERA Primary 13 MP, F/2.2, phase detection autofocus, LED flash
Features Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
Video [email protected]
Secondary 20 MP, f/2.0, 1/2.8″ sensor size, 1080p
SOUND Alert types Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5mm jack Yes
  – 24-bit/192kHz audio
– Active noise cancellation with dedicated mic
COMMS WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, WiFi Direct, DLNA, hotspot
Bluetooth 4.0, A2DP
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS
Radio FM radio
USB microUSB 2.0, USB On-The-Go
FEATURES Sensors Fingerprint (front-mounted), accelerometer, proximity, compass
Messaging SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email
Browser HTML5
Java No
  – MP4/H.264 player
– MP3/WAV/eAAC+/FLAC player
– Document viewer
– Photo/video editor
BATTERY   Non-removable Li-Ion 3000 mAh battery
MISC Colors Crown Gold, Matte Black
Harga +/- 3.500.000

Smartphone Vivo V5 S yang meluncur dengan layar lebar bernuansa mewah

vivo v5 s
via fonearena

Vivo V5 S meluncur dengan layar yang lebar dan tentunya masih mengikuti konsep seri sebelumnya. Vendor besar asal Tiongkok yakni Vivo tersebut meluncurkan smartphone Vivo V5 S sebagai penyempurnaan dari seri sebelumnya tersebut hanya dalam dua pilihan warna saja. Pilihan warna tersebut antara lain adalah crown gold yang mewah dan matte black yang gentle man.

Selain membawa pilihan warna yang cantik, smartphone tersebut juga tergolong memiliki fisik yang lebar yaitu berdimensi 153.8 x 75.5 x 7.6 mm (6.06 x 2.97 x 0.30 in). Selain itu, smartphone yang membawa dimensi 5.5 inchi tersebut terbilang ringan karna hanya memili berat fisik seberat 154 gram atau setara dengan 5.43 oz.

Mungkin dikarenakan smartphone tersebut hanya berada dikelas ponsel menengah keatas yang menjadikannya hanya membawa layar berteknologi IPS LCD Capacitive touchscreen dengan 16 Miliyar warna. Meskipun demikian, layar sentuh dari smartphone tersebut terbilang lebar dengan dimensi 720 x 1280 pixels dengan kerapatan hingga 267 pixel density.

Tidak hanya berhenti disitu, smartphone Vivo V5 S telah dibekali dengan tampilan ui Funtouch OS versi 3.0 yang sungguh cantik. Ditambah lagi dengan fitur 3D Touch display yang menambah kesan mewah dari smartphone tersebut. Vivo V5 S disuguhkan dengan proteksi layar Corning Gorilla Glass versi ketiga yang diklaim dapat melindungi layar dari benturan dan goresan.

Smartphone Vivo V5 S dengan peforma handal dikelas smartphone menengah

vivo v5 s
via review rounder

Smartphone Vivo V5 S membawa chipset Mediatek MT6750. Chipset andalan dari vendor Vivo tersebut telah mengusung prosesor berjenis Octa Core bertenaga hingga 1.5 GHz Cortex A53 yang diklaim mampu menghasilkan kinerja yang maksimal dari smartphone tersebut.

Sementara itu, untuk pengolah grafis dari smartphone tersebut telah membawa GPU Mali tipe T860MP2. Dengan adanya pengolah grafis Mali T860MP2 maka diklaim dapat menghasilkan visualisasi grafis yang lebih mewah untuk penggunanya. Untuk mendukung chipset Mediatek MT6750 dari smartphone jagoan vendor Tiongkok tersebut maka sudah terdapat memori RAM sebesar 4 GB.

Bagi anda yang hobi bermain game berat atau bahkan menjalankan banyak aplikasi secara sekaligus maka smartphone Vivo V5 S adalah jawabannya. Prosesor berkelas dengan tenaga hingga 1.5 GHz didukung dengan kapasitas RAM yang membengkak yakni 4 GB. Dijamin berbagai game yang selama ini lag kamu mainkan akan terasa lancar dengan menggunakan smartphone tersebut.

Smartphone Vivo V5 S yang membawa kamera depan berlensa 20 MP

vivo v5 s
via tabloid techno

Vendor raksasa Vivo memang memfokuskan Vivo V5 series pada kelas smartphone menengah dengan taraf “camera phone” untuk kalangan remaja hingga dewasa yang gemar berfoto selfie. Pada smartphone tersebut kamu akan mendapatkan kamera depan khusus selfie dengan lensa berkekuatan hingga 20 MP. Kamu dapat mengambil foto selfie dimana dan kapan saja dengan kamera andalan dari smartphone tersebut.

Meskipun tidak terlalu berbeda dengan seri sebelumnya yakni smartphone Vivo V5 standar yang juga membawa kamera depan berkekuatan 20 MP juga. Akan tetapi, pihak Vivo mengklaim bahwa seri Vivo V5 S merupakan penyempurnaan dari seri sebelumnya yang tentunya meningkatkan peforma dari smartphone tersebut dalam berbagai aspek termasuk kamera.

Kamera depan berlensa 20 MP dari smartphone tersebut memiliki spesifikasi F/2.0 dengan sensor sebesar 1/2.8”. Bagi anda yang hobi melakukan vlog dengan sebuah smartphone maka Vivo V5 S sudah dapat memenuhi kebutuhan tersebut karna telah mendukung hasil video 1080p dari kamera depannya.

Sementara itu, untuk sektor kamera depan dari smartphone tersebut telah membawa kamera dengan lensa 13 MP (F/2.2) ditambah lagi dengan teknologi LED flash untuk penyempurnaan gambar pada daerah gelap. Sama seperti kamera depan, pada kamera utama dari smartphone tersebut juga telah mendukung hasil video yang memuaskan yakni [email protected] Hal tersebut sungguh menguntungkan bagi anda yang membutuhkan sebuah ponsel untuk merekam baik sebagai wartawan ataupun pelajar.

Untuk berbagai fitur dan teknologi lain yang disematkan pada smartphone tersebut adalah geo tagging, touch focus, face or smile detection, HDR, panorama, face time. Jika anda merasa berbagai fitur yang ditawarkan masih kurang, anda dapat mendownload aplikasi pihak ketiga secara gratis di Play Store.

Jadi untuk sektor kamera dari smartphone tersebut sudah sangat memuaskan. Hal tersebut juga tidak pernah terlepas dari fokus utama dari vendor Vivo yakni menciptakan sebuah camera phone.

Smartphone Vivo V5 S yang telah mengusung spesifikasi konektivitas 4G LTE

Pada sektor konektivitas dari smartphone besutan vendor asal Tiongkok tersebut sudah sangat memuaskan karena telah membawa berbagai teknologi terbaru pada saat ini. Smartphone yang membawa dimensi lebar tersebut telah mendukung penggunaan kartu dual SIM card berjenis Micro Sim dan Nano Sim. Tidak ketinggalan untuk dua sim tersebut telah lulus sertifikasi dual stand by.

Untuk spesifikasi koneksi jaringan yang dapat  dicakup dari smartphone tersebut hanya terdiri dari GSM, HSPA, dan LTE.

Smartphone Vivo V5 S telah membawa teknologi jaringan 4G LTE dengan kemampuan download hingga 300 mbps yang terdapat pada jaringan GSM. Namun dukungan dari jaringan 4G LTE ini memiliki keterbatasan daerah dukungan yang umumnya tersebar pada kota besar di Indonesia saja. Meskipun demikian, masalah koneksi 4G Lte tersebut bukanlah menjadi kelemahan karena bukan sebagai prioritas dari smartphone tersebut.

Untuk menutup permasalahan yang terjadi tersebut maka sudah terdapat jaringan berbasis HSDPA dengan kecepatan hingga 21 mbps dan HSUPA hingga 5.76 mbps. Selain itu, juga sudah terdapat teknologi WiFi berteknologi 802.11 a/b/g/n dengan Wifi Direct, DLNA dan tidak ketinggalan hotspot.

Untuk berbagi data melalui perangkat ini sudah membawa teknologi bluetooth dengan versi 4.0 dengan dukungan A2DP. Jadi kamu tidak perlu lagi khawatir untuk mengirim dan menerima data dari teman temanmu dengan cepat dan pastinya optimal. Selain itu untuk teknologi GPS yang usung pada smartphone ini telah berteknologi  A-GPS dan GLONASS untuk WiFi dan mode seluler saja.

Smartphone Vivo V5 S juga masih mendukung teknologi FM Radio yang memudahkan kita untuk mendengarkan radio pada daerah sekitar tanpa bantuan pihak ketiga. Meskipun pada era saat ini sudah banyak smartphone yang meninggalkan teknologi FM Radio tersebut yang mereka yakini tidak terlalu diminati pada zaman modern saat ini.

Selain itu, untuk sektor USB dari smartphone tersebut telah mengusung Micro USB versi 2.0 serta USB On The Go. Teknologi tersebut akan memudahkan anda untuk sharing data ke komputer anda.

Smartphone Vivo V5 S yang sanggup bertahan dipakai hingga satu harian

vivo v5 s
via androidauthority

Smartphone Vivo V5 S yang duduk dikelas ponsel menengah keatas tersebut telah membawa  baterai non removable li-ion berkapasitas 3000 mAh. Ukuran tersebut cukup besar bila berada dikelasnya karna cukup terjangkau.

Dengan daya tahan baterai dari smartphone tersebut diklaim dapat bertahan selama tiga belas hari nonstop dalam keadaan standby. Jika anda ingin menguji smartphone tersebut dengan pemakaian tanpa henti maka Vivo V5 S dapat bertahan selama empat jam lebih dalam jaringan 4G LTE. Jika anda mengoperasikannya dalam jaringan 4G kebawah maka smartphone tersebut bisa digunakan selama satu hari lebih atau sekitar 26 jam.

Mungkin sudah tidak asing bila kita melihat banyak smartphone yang meluncur dengan kapasitas baterai besar. Hal tersebut dikarenakan sebuah smartphone memperlukan banyak daya baterai untuk menjalankan berbagai game dan aplikasi.

Mungkin tidak seperti smartphone terbaru pada saat ini yang membawa teknologi quick charge atau fast charging untuk mempercepat pengisian daya baterai.

Beragam fitur dan teknologi menarik yang sematkan pada Vivo V5 S

Selain beberapa fitur dan teknologi utama yang disematkan dalam perangkat ini juga terdapat beberapa fitur sederhana yang tidak kalah pentingnya. Smartphone Vivo V5 S telah mengusung teknologi finger print dengan tipe front mounted yang dapat menjadi proteksi utamanya.

Selain teknologi fingerprint dalam sektor sensor juga telah membawa fitur accelerometer, gyro, compass, dan barometer. Sementara itu, untuk sektor komunikasi dari Vivo V5 S tersebut telah membawa SMS (threaded view), MMS, email, push email, dan IM.

Untuk keperluan internetan dari smartphone besutan vendor VIVO tersebut telah dibekali browser standar dengan spesifikasi HTML 5.

Selain itu, untuk menyelesaikan berbagai tugas harian anda maka sudah terdapat berbagai aplikasi dan fitur sederhana lainnya seperti media player (MP3, MP4, WAV), media editor (photo dan video), dan document viewer.

Harga terbaru dari smartphone Vivo V5 S

Setelah berakhir pembahasan secara terperinci kita mengenai smartphone besutan vendor VIVO tersebut maka saya berharap dapat memberikan pertimbangan yang bermanfaat bagi anda. Hal ini dikarenakan terdapat banyaknya produk seperti smartphone yang berada dipasaran. Oleh karena itu, kita harus menjadi selektif sebelum membeli sebuah perangkat baru.

Tidak hanya berhenti disitu, dengan maraknya barang replika pada saat ini mewajibkan kita untuk semakin teliti sebagai calon konsumen. Pastikan anda membeli sebuah perangkat yang sebanding dengan kebutuhan dan biaya anda.

Smartphone Vivo V5 S sendiri hanya diluncurkan dalam satu pilihan kapasitas memori internal dan ram saja yakni dengan kapasitas internal sebesar 64 GB dengan 4 GB RAM. Dengan demikian, tidak akan ada perbedaan harga dari smartphone tersebut karena hanya tersedia dalam satu pilihan saja.

Untuk pasaran internasional dan lokal sendiri akan kita dapatkan smartphone tersebut sekitar tiga hingga empat jutaan saja. Hal tersebut karena harga pada tiap toko dan wilayah akan sedikit berbeda.

Referensi lain : 4 Smartphone dengan Megapixel Kamera terbesar di Dunia

Apakah anda tertarik membeli smartphone Vivo V5 S tersebut ?


Loading...
Baca selengkapnya

I am a blogger, filmmaker, youtuber and karateka.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close