in

11 Wahana di The World Landmarks Merapi Park Jogja, Berkeliling Dunia dalam sekejab

merapi park
via instagram.com/merapipark.jogja/

The World Landmarks Merapi Park Jogja merupakan tempat wisata terbaru di Yogyakarta. Tempat wisata ini baru dibuka pada bulan Juni 2017 lalu. Namun meskipun begitu, The World Landmarks Merapi Park Jogja tengah menjadi tempat wisata populer di Yogyakarta dan telah dikunjungi oleh banyak wisatawan. Baik dari dalam negeri maupun manca negara.

The World Landmarks Merapi Park Jogja menyediakan berbagai wahana berupa landmark atau bangunan bangunan ikonic dari berbagai negara di Dunia. Sebenarnya di Indonesia sudah ada wisata landmark serupa di Karanganyar dan di Banyumas. Namun tentu saja Merapi Park Jogja hadir dalam desain yang berbeda.

Baca juga: Wisata Lereng Merapi Kaliurang yang Instagramable

Lokasinya yang berada sangat dekat dengan berbagai tempat wisata lain di lereng gunung Merapi, menjadikan tempat ini sangat cocok untuk anda jadikan pilihan untuk berwisata. Berikut ini merupakan penjelasan dan gambaran mengenai wisata dan berbagai wahana di The World Landmarks Merapi Park Jogja.

merapi park
via instagram.com/merapipark.jogja/

Lokasi Merapi Park Jogja

The World Landmarks Merapi Parks berada di jalan Kaliurang Km. 25 Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat wisata ini bisa ditempuh selama 45–60 menit dari Kota Yogyakarta. Tempat wisata di Jogja ini sangat mudah untuk dijangkau dengan kendaraan besar seperti bus.

Lokasi Merapi Park juga mudah ditemukan, anda bisa menggunakan GPS atau Google Maps untuk menuju tempat ini. Bahkan anda bisa dengan mudah menemukan tempat ini hanya dengan menuju arah tempat wisata Kaliurang dan mengikuti plang penunjuk jalan menuju “Museum Gunung Api Merapi” di daerah Jalan Kaliurang Km. 21 dan Jalan Kaliurang Km. 25.

Lokasinya berada di depan Museum Gunung Api Merapi Jogja, sehingga anda dapat berwisata di dua tempat sekaligus. Hal ini tentu saja menarik, di satu sisi anda berwisata sambil belajar tentang gunung Merapi dan di sisi lain anda dapat berwisata sambil mengenal ikon ikon atau landmarks dari berbagai negara terkenal di Dunia.

Anda juga bisa melengkapi perjalanan wisata anda dengan mengunjungi tempat wisata Kaliurang dan Lava Tour Merapi Cangkringan. Banyak sekali wahana wisata yang dapat anda kunjungi daerah ini.

Harga Tiket Masuk The World Landmarks Merapi Park Yogyakarta

The World Landmarks Merapi Park Yogyakarta buka setiap hari Rabu sampai dengan Senin, dan tutup setiap hari Selasa. Wahana wisata ini buka dari pukul 09.00 dan tutup pada pukul 16.30 WIB. Sebaiknya anda mengunjungi tempat  ini selain hari libur, karena tentu saja tempat ini akan ramai sekali.

Namun keramaian merupakan bukti bahwa tempat ini merupakan tempat yang populer bukan? Maka tidak ada salahnya juga anda mengunjungi The World Landmarks Merapi Park pada akhir pekan atau hari libur. Tempat ini sangat luas, sehingga anda tidak perlu khawatir akan berdesak desakan dengan banyak orang.

Harga tiket masuk The World Landmarks Merapi Park Yogyakarta tergolong cukup murah, yaitu sebesar Rp. 15.000,00 (Lima belas ribu rupiah) saja. Harga tiket masuk Merapi Park ini berlaku bagi yang berusia dua tahun ke atas. Anak anak dibawah dua tahun tidak dikenakan tiket masuk, alias GRATIS. Selain harga tiket masuk Merapi Park yang harus anda bayar, tentu saja anda perlu membayar tiket parkir sesuai dengan kendaraan yang anda bawa.

11 Wahana dan Spot Foto di Merapi Park

1.      Brandenburg Gate Berlin

Sebelum anda masuk lebih jauh ke berbagai wahana di The World Landmarks Merapi Park Jogja anda akan disambut oleh sebuah gerbang besar yang merupakan sebuah miniatur dari monumen terkenal di Berlin Jerman. Miniatur Bradenburg Gate ini akan langsung terlihat bahkan sebelum anda membeli tiket di loket masuk.

merapi park
via via instagram.com/merapipark.jogja/

Bangunan besar ini aslinya berada di batas kota Berlin Jerman. Bangunan ini merupakan bangunan bersejarah yang sudah dibangun puluhan tahun yang lalu. Diantara pilar pilar bangunan ini merupakan jalan raya yang bisa digunakan oleh masyarakat sekitar. Diatas bangunan ini terdapat patung Quadriga yang sangat terkenal.

2.      Menara miring Pisa (Leaning Tower of Pisa)

Salah satu bangunan miniatur landmarks yang ada di The World Landmarks Merapi Park Jogja adalah Menara Pisa. Menara Pisa merupakan salah satu bangunan terkenal di dunia yang pernah masuk dalam tujuh keajaiban dunia, bersama dengan Candi Borobudur.

Meskipun miniatur, tetapi menara pisa ini dibangun lebih tinggi dibandingkan tinggi badan para pengunjung, sehingga nampak seperti aslinya.

merapi park
via instagram.com/merapipark.jogja/

Bangunan asli Menara Pisa ada di kota Pisa di negara Italia. Bangunan ini dibangun selama dua abad yaitu pada tahun 1173 – 1372. Bangunan delapan lantai setinggi 55,86 meter ini dirancang oleh arsitek bernama Bonanno Pisano. Namun bangunan yang pada awalnya akan digunakan sebagai lonceng katedral ini ternayata miring dalam proses pembangunannya, dan banyak yang mencoba meluruskan tetapi selalu gagal.

Lalu apakah miniatur Menara Pisa di Merapi Park juga miring seperti bangunan aslinya? Anda perlu berkunjung ke The World Landmarks Merapi Park Jogja untuk memeriksi sendiri :).

3.      Big Ben London

Big Ben adalah sebuah menara jam di Westminster Palace, London, Inggris. Menara jam setinggi 96 meter ini merupakan salah satu ikon kota London, yang dibangun pada tahun 1843-1859. Menara ini terdiri dari tiga bagian penting yaitu menara itu sendiri, jam dan bel. Perancang desain utama bangunan ini adalah seorang arsitek ternama August Pugin.

merapi park
via instagram.com/merapipark.jogja/

Big Ben merupakan salah satu miniatur landmark yang sangat populer dan digemari oleh pengunjung Merapi Park untuk berfoto. Anda tentu saja harus bersabar untuk antri, menunggu giliran foto apabila The World Landmarks Merapi Park Jogja sedang ramai pengunjung.

4.      Menara Eiffel (Eiffel Tower)

Menara Eiffel mungkin menjadi miniatur yang paling disenangi oleh pengunjung The World Landmarks Merapi Park Jogja untuk berfoto. Pada dasarnya bangunan Menara Eiffel memang sudah sangat terkenal. Sama halnya dengan Menara Pisa, Menara Eiffel juga pernah masuk dalam tujuh keajaiban dunia.

Namun disisi lain, Paris merupakan salah satu kota terindah di Dunia dan menjadi impian banyak orang. Inilah yang mungkin menjadi penyebab banyak orang ingin berfoto dengan miniatur Menara Eiffel dan menyampaikan harapan untuk bisa mengunjungi bangunan aslinya.

merapi park
via dakatour.com

Bangunan asli Menara Eiffel berada di Kota Paris, Perancis, Kota dan negara yang menjadi impian banyak orang untuk berkunjung. Menara Eiffel dibangun pada tahun 1887-1889 dengan tinggi hingga 324 meter oleh dua arsitek besar yaitu Stephen Sauvestre &Gustave Eiffel.  Menara Eiffel berdiri tepat di tepi sungai Seine yang semakin menambah keindahan menara Eiffel. Sehingga lokasi dibawah Menara Eiffel sering digunakan sebagai lokasi syuting film berkelas Internasional.

5.      Patung Liberty (Statue Of Liberty)

Patung Liberty adalah patung yang aslinya berada di Manhattan, New York Amerika Serikat. Di Indonesia Patung Liberty bukan hanya ada di The World Landmarks Merapi Park Jogja, namun juga terdapat beberapa daerah yang memiliki patung menyerupai Patung Liberty.

Bangunan asli patung yang dibangun pada tahun 1886 ini aslinya memiliki tinggi 93 meter dan dirancang oleh seorang arsitek bernama Frederic Auguste Bartholdi. Patung Liberty merupakan hadiah dari Negara Perancis untuk Amrerika Serikat untuk menghormati kebebasan dan demokrasi yang ada di Amerika Serikat.

6.      Kincir Angin Belanda

Siapa yang tidak pernah mendengar tentang negara Belanda. Saya rasa hampir semua orang Indonesia pernah mendengar tentang Negara Belanda. Bagaimana tidak, pelajaran sejarah di sekolah saja menjelaskan tentang Negara Belanda. Namun siapa yang sangka Negara Belanda memiliki ikon unik yang sangat terkenal. Apalagi kalau bukan kincir angin.

merapi park
via instagram.com/merapipark.jogja/

Negara Belanda memang sudah terkenal sejak lama sebagai negeri kincir angin karena di negara ini ada banyak sekali kincir angin. Dan tentu satu lagi yang terkenal, yaitu bunga tulip. Itulah yang menyebabkan di The World Landmarks Merapi Park Jogja kincir angin khas Belanda itu dikelilingi oleh bunga bunga tulip. Namun sayangnya bunga tulip di The World Landmarks Merapi Park Jogja bukanlah bunga asli ya.

7.      Pagoda

Pagoda adalah bangunan besar yang memiliki atap bertumpuk tumpuk atau bertingkat. Pagoda menjadi ciri khas tempat tempat ibadah untuk orang budha. Negara yang mayoritas penduduk beragama budha seperti di tiongkok dan thailand terdapat banyak sekali pagoda. Sehingga pagoda yang yang menjadi wahana di the world landmarks merapi park Jogja ini merupakan landmark dari negara negara yang berpenduduk Budha.

Jika anda pernah menonton film film action dari Tiongkok terutama yang bertema sejarah, akan banyak menampilkan bangunan pagoda. Meskipun pagoda di The World Landmarks Merapi Park Jogja ini hanya miniatur, namun ukuran bangunannya tetap terbilang sangat besar.

8.      New York Love Sculpture

Wahana New York Love Sculpture ini merupakan yang terbaru pada wahana di The World Landmarks Merapi Park Jogja. Meskipun masih baru, tetapi wahana ini menjadi salah satu wahana yang sangat digemari untuk berfoto, terutama para kawula muda. Bagaimana tidak, wahana ini merupakan sebuah letter huruf tiga dimensi yang membentuk tulisan LOVE atau yang berarti cinta.

via instagram.com/merapipark.jogja/

Wahana ini merupakan miniatur (meski ukurannya sama sama besar) sebuah ikon seni dari New York Amerika Serikat. Ikon seni ini berada di tengah tengah kota New York sehingga menjadi wahana yang menarik para wisatawan untuk mengabadikan momen perjalanan disana.

9.    Tokoh Kartun Masha and the Bear

Masha and The Bear adalah tokoh animasi atau kartun yang berasal dari Rusia. Kartun ini menceritakan tentang seoran gadis kecil yang suka berpetualang bersama beruang temannya. Meskipun kartun ini sering kali menampilkan kenakalan si Masha dan tidak disukai oleh para orang tua, tetapi kartun ini tetap saja menjadi favorit anak anak.

Jika anda berkunjung ke The World Landmarks Merapi Park Jogja anda akan melihat tokoh masha sedang ditopang oleh Bear yang sedang tiduran. Tentu saja ini sangat menarik bagi anak anak yang bisa berfoto bersama tokoh kartun kesayangannya.

10.  Telepon Box dan Post Office Box London

Pernahkan anda melihat kotak telepon berwarna merah di film film luar negeri? Telepon Box dan kotak pos ini merupakan salah satu benda ikonic dari Inggris. Sebenarnya tidak banyak yang spesial dari kotak telepon ini. Kotak telepon ini dulunya seperti wartel yang berada di pinggir pinggir jalan. Cukup memasukkan koin dan anda bisa menelepon.

Namun karena keunikan desain telepon Box ini akhirnya sering adopsi menjadi berbagai barang fungsional, seperti perpustakaan mini, benda seni dan lain sebagainya. Jika anda terobsesi untuk liburan ke London Inggris, sebaiknya datang dulu ke The World Landmarks Merapi Park Jogja sebagai motivasi anda.

11.  Air Mancur

Jika anda berkunjung ke The World Landmarks Merapi Park Jogja anda akan disuguh dengan air mancur yang cukup luas ditengah tengah taman. Wahana ini seakan menjadi penyejuk udara karena semua wahana berada di lokasi terbuka yang cukup panas. Selain itu juga menjadi center point dari gang gang jalan kecil menuju masing masing wahana diantara taman taman bunga.

Selain wahana wahana diatas, sebenarnya masih terdapat berbagai wahana lain yang bisa anda gunakan untuk berfoto, misalnya patung rusa, patung panda,  kursi panjang romantis, bunga berbentuk letter love di sepanjang jalan masuk dan berbagai macam bunga yang ditanam di sekeliling wahana.

Fasilitas Umum

Fasilitas umum yang disediakan di The World Landmarks Merapi Park Jogja terbilang cukup lengkap, meski The World Landmarks Merapi Park Jogja masih tergolong wisata terbaru di Yogyakarta.

Anda dapat menemukan gazebo gazebo unik yang berada di sebelah lokasi wahana. Anda dapat memanfaatkan gazebo ini untuk beristirahat serta memakan bekal makanan atau makanan yang anda beli di tempat wisata ini. Selain itu juga terdapat cafe yang menjual berbagai manakan dan minuman. Cafe ini akan memutarkan anda berbagai lagu yang dapat dinikmati oleh semua kalangan umur.

Jika anda merasa lapar karena belum sempat makan sebelum berwisata, terdapat sebuah mini restoran yang akan menyediakan berbagai makanan yang nikmat dengan harga terjangkau. Namun karena wisata ini masih tergolong baru, belum banyak restoran yang di buka di sekitar tempat wisata ini.

Fasilitas fasilitas umum lain seperti mushola dan toilet sudah tersedia dengan cukup. Anda tidak perlu khawatir tertinggal waktu sholat atau mencari toilet umum ketika berwisata di tempat ini. Namun pastikan bahwa anda tetap menjaga kebersihan tempat wisata ini agar tetap nampak bersih dan nyaman untuk berwisata.

Wisata terdekat

Jika anda berkunjung ke berbagai wahana di The World Landmarks Merapi Park Jogja tentu saja belum lengkap apabila anda hanya mengunjungi satu tempat wisata saja. Anda dapat menghabiskan waktu anda di berbagai tempat wisata di Yogyakarta lainnya, terutama Yogyakarta bagian utara atau Kaliurang.

Tempat wisata di Kaliurang dan Cangkringan bisa menjadi pilihan. Tempat wisata yang terdekat adalah Museum Gunung Api Merapi, karena The World Landmarks Merapi Park Jogja berada di depan Museum ini. Jika anda ingin menikmati wisata alam, anda dapat berkunjung ke Kaliurang, yang merupakan salah satu ikon wisata di Yogyakarta.

Selain itu, terdapat beberapa tempat wisata populer lain di wilayah Cangkringan yaitu Merapi Lava Tour untuk berwisata menggunakan jeep wisata merapi. Kemudian juga anda dapat berkunjung ke wisata The Lost World Castle dan Stonehenge Merapi yang sedang menjadi tempat wisata terbaru dan populer seperti The World Landmarks Merapi Park Jogja.

Baca juga: Wisata Rumah Hobbit Di Seluruh Indonesia

Dengan berbagai pilihan wisata terdekat ini, anda dapat menghabiskan waktu liburan atau akhir pekan anda di satu wilayah dengan berbagai tipe wisata. Sehingga anda tidak perlu khawatir menghabiskan waktu terlalu banyak di jalanan.

Selamat Berwisata 🙂

Author Tristianto Nugroho

Mahasiswa tingkat akhir yang sedang belajar membaca dan menulis. Sedang belajar menulis tentang Android, Media Sosial, Peternakan dan Pertanian.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0