Ulasan Bisnis

Waktu Yang Tepat Untuk Memulai Usaha

Membahas waktu memulai usaha tentu pertanyaan ini menjadi pertanyaan kita tentang kesiapan perencanaan, baik modal dan ide usaha yang ingin dijalankan.

Jadi, kapan waktu memulai usaha? Jawabannya adalah tergantung dari besar kecil usahanya, tergantung dari modalnya dan tergantung situasi karena, “kualitas hidup kita tergantung pada pertanyaan kita pada diri sendiri”.

Memulai Usaha Tergantung Pada Cara Berpikir Kreatif

Bagaimana jika kita rubah pertanyaan diatas dengan ,” bagaimana saya memulai usaha dengan modal Rp100.000,-, maka jawabannya tentu akan berbeda.

Memulai usaha

Memulai usaha dengan modal awal Rp100.000,- akan membuat Anda bingung, mulai saja usaha modal awal kreatifitas kita, sebagai contoh dengan uang 100.000 tadi untuk memulai usaha laundry.

Nah, makin bingung pastinya dan bertanya mana bisa, nah yang berkata dalam hati seperti itu berarti Anda belum punya mental pengusaha he he.

Kita lanjutkan dengan modal Rp100.000,- untuk membuka usaha loundry, pertama yang dilakukan adalah membuat brosur, sebanyak dua rim atau 1000 lembar, dengan taksiran biaya Rp85.000,- masih ada sisa Rp15.000,-.

Mulailah Anda sebar brosur tadi ke rumah rumah, jangan lupa isi dulu bensinnya dengan uang Rp15.000,-sisa tadi, habiskan brosur dengan dibagi dan tempelkan dimana saja, di tiang listrik, tiang telepon, tembok-tembok yang penting jangan tempelkan di tiang bendera he he

Loading...

Nah dari 1000 lembar tadi kita tunggu hasilnya, nomer hp yang Anda tulis di brosur nyangkut gak? dan ada yang segera menghubungi tidak?, masak dari 1000 lembar brosur gak ada yang kecantol, kebangetan namanya.

Mungkin Ada yang bertanya: ” trus kalo ada yang order gimana?, kan belum punya mesin cuci?”, yang harus Anda lakukan adalah bersyukur dulu, karena akhirnya ada yang order juga, kedua cari laundry yang mau diajak kerjasama dengan Anda, atau bisa kerjasama dengan tetangga Anda yang punya mesin cuci.

Loundry Bisa Jadi Contoh Jenis Usaha Anda

Selanjutnya Tawarkan diri Anda sebagai pencari konsumen order dan minta diskon 20%, mungkin Ada yang bilang itu bukan usaha, tunggu dulu, sebaiknya Anda teruskan baca sampai akhir baru komentar, Nah itulah awal Anda memulai usaha.

Dengan menjadi pencari orderan, setelah Anda mendapatkan konsumen rutin, barulah langkah selanjutnya dengan memulai usaha pribadi, dengan membeli mesin cuci, Jika uang gak cukup? tunggu sampai cukup?, itu boleh atau Anda bisa mengajukan proposal bagi hasil dengan orang yang mau jadi investor, oke kan?, intinya darimana modalnya, yang penting resiko sudah Anda amankan.

Beberapa jenis bisnis untuk memulai usaha Anda

Selain  usaha loundry, banyak jenis usaha yang bisa Anda mulai, dengan cara yang sama seperti cara usaha loundry diatas, yaitu antara lain, usaha snack, catering, tralis, fotocopy dan masih banyak lagi, pokoknya modal kartu nama dan brosur saja.

Selain itu, perlu juga adanya motivasi dari dalam diri anda, Jika anda berkata bisa maka itu benar dan hasilnya Anda akan bisa, namun jika dalam hati Anda ragu atau berkata Tidak bisa, maka hasilnya juga tidak akan bisa.

Jika anda berkata bisa, maka secara otomatis, pikiran kita Akan mencari jalan, bagaimana supaya bisa, dan sebaliknya jika tidak bisa, maka otak akan menutup untuk mencari jalan untuk bisa, paham kan?

Jadi, Sekarang Juga Waktu Untuk Memulai Usaha

Banyak pengusaha sukses yang memulai bisnisnya dengan modal yang sangat minim, mereka tidak menunggu modal besar, namun dengan kreativitas dan kecerdikan mereka bisa sukses.

Adalah Bob sadino, memulai bisnis usahanya dari 5kg telur yang diberi oleh kawan baiknya, mulailah dari yang kecil, mulailah hal-hal yang bisa Anda kontrol dan sukai, Jadi kapan Anda mau mulai usaha??



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Bercita-cita menjadi penyebar warta dan penebar informasi bermanfaat bagi sesama, asal dari batang, jateng. Menjadi penulis adalah impian sekaligus sebagai hobi, salam kenal

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button