Waspada Modus Baru Penipuan Jual Beli Properti Online

Hati hati dengan modus baru penipuan jual beli properti online. Bisnis properti seperti sewa tanah, rumah, ruko, apartemen sekarang ini di mudahkan dengan transaksi secara online, tetapi perlu di waspadai, karena ada pihak yang memanfaatkan situasi ramainya bisnis properti dengan tindakan penipuan. Banyak modus dan cara yang di lakukan oleh penipu untuk melancarkan aksinya, memperdayai korban dan mengambil keuntungan secara pribadi. Ada beberapa modus baru penipuan yang harus kita waspadai yang menyangkut tentang jual beli dan sewa properti. Dengan lebih berhati hati dan berpikir secara rasional, kita akan terhindar dari korban penipuan.

Penipuan online tentang bisnis property yang harus kita waspadai adalah hal hal penawaran iklan properti yang berhubungan dengan harga dan letak properti tersebut di bangun.
1. Penawaran iklan property dengan harga murah
Kita perlu membandingkan harga di pasaran umum untuk jenis properti yang di tawarkan, jika ada yang menawarkan harga yang lebih murah, apakah sesuai dengan fasilitas yang di tawarkan. Sebaiknya cari informasi yang lebih lengkap, mengenai penawaran fasilitas lengkap tersebut.

2. Penawaran iklan property dengan letak strategis
Biasanya iklan yang di tawarkan berupa gambar dan denah lokasi dari properti yang di jual, iklan berupa gambar bisa di edit dan di modifikasi sedemikian rupa sehingga terlihat menarik. Ada baiknya kita mengecek terlebih dahulu lokasi yang sebenarnya, pahami harga yang murah itu benar benar di tempat yang telah di sebutkan dalam iklan, atau tempat lain yang masih menjadi satu dalam kompleks properti.

Waspada Modus Baru Penipuan Jual Beli Properti Online


Perlu juga di waspadai hal yang tidak wajar dan tidak semestinya mengenai transaksi yang di lakukan, kita seharusnya berhati hati apabila kita menghubungi via telpon dan ada penawaran sebagai berikut.
1. Mengirimkan uang muka (DP) sebagai tanda jadi.
Banyak kasus para konsumen menjadi korban penipuan dengan cara ini, pihak penjual menyarankan mengirim uang muka sebagai tanda pengikat atau tanda jadi, dengan alasan banyak sekali yang menawar tempat atau properti yang di maksud. Jika tidak ada uang muka, maka kesempatan anda bisa di miliki orang lain.

2. Membayar sekarang maka akan mendapat diskon
Kasus ini pernah di alami oleh beberapa konsumen , niatnya mencari property dengan harga murah, tetapi ujung ujungnya terkena korban penipuan. Penawaran yang di dapat adalah membayar sekarang atau bayar setengah dulu maka akan mendapat potongan harga. Korban di minta menstrasfer sejumlah uang, tetapi setelah di telpon, nomor HP tidak pernah aktif.

Hal yang perlu di waspadai agar tidak tertipu bisnis properti online.
1. Jangan percaya gambar iklan properti
Sekali lagi, jangan percaya dengan gambar yang di tawaran melalui iklan, jika anda berada di luar kota, luangkan sejenak waktu untuk meninjau lokasi secara langsung.  Jika punya saudara atau teman yang kebetulan berada di lokasi tempat properti di sewa atau di jual, bisa minta tolong untuk melihat secara langsung.

2. Jangan langsung percaya tentang iklan properti
Banyak iklan properti yang di pasang bukan melalui agen resmi penjualan atau sewa properti secara resmi, sebaiknya cek terlebih dahulu tentang informasi iklan yang di tawarkan secara seksama. Hal ini akan menghindari dari penipuan transaksi secara online seperti yang telah di sebutkan di atas.

3. Cek dan periksa kejelasan kepemilikan properti
Banyak properti saat ini ( sewa dan jual beli) di tawarkan oleh agen, teman atau perseorangan yang memasang melalui iklan di berbagai media, Jika akan bertransaksi pastikan melalui orang yang memiliki hak atas properti tersebut (pemilik asli) minta kejelasan tentang surat kepemilikan yang ada.

4. Mencari agen properti terpercaya
Dengan mendapatkan sumber informasi yang jelas, anda akan terhindar dari korban kejahatan penipuan. Saat ini banyak juga agen properti online secara resmi, anda bisa mendapatkan penjelasan yang lebih terperinci tentang jasa persewaan atau jual beli properti. Mulai dari harga yang bisa di bayar kredit melalui bank yang sudah di tentukan.

Modus baru penipuan property lain bisa melalui penawaran langsung berupa brosur yang di kirim ke alamat rumah, atau anda terkena korban phising (pencurian identitas). Pelaku sudah mempunyai data lengkap korban berupa alamat, nomor rekening bank atau kartu kredit. Penipuan lain bisa juga di lakukan melalui pengiriman email yang berisi penawaran properti dengan harga murah.

Dengan lebih waspada dan berhati hati tentang modus baru penipuan jual beli properti online anda akan terhindar dari hal hal yang tidak di inginkan, terutama kejahatan penipuan transaksi online dari bisnis properti. Jika ada informasi modus baru penipuan jual beli properti, bisa di sampaikan melalui komentar. Semoga bermanfaat.


Loading...

Bagikan

ganisebastian

Penulis

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Komentar

    Avatar

    Asep

    ( - 00:40)

    Beli rumah jangan sendiri jika tidak tahu seluk-beluknya. Hubungi kami 08112268422

    Avatar

    Rudolf Manik

    ( - 02:52)

    Saya baru kemarin menyerahkan DP, sistem pembelian property inden. Hanya saja kata pengembangnya masih sebatas pemasangan baplang kata nya sih kapling2 gitu. Awalnya kami lihat penjualan proprty ini dr bursa property yg ada di mall sumatra utara. Rumah yg ditawarkan adalah Rumah subsidi. Apakah saya salah memberikan DP nya? Mohon bantu gan.. Salam

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 10:59)

      Bisa saja memberikan DP,asalkan ada tanda jadi diAtas meterai. Dan satu lagi, alamat pengembangnya harus jelas termasuk juga Izin usaha.

    Avatar

    lapor polisi

    ( - 01:40)

    Memang saat ini lagi marak penipuan di dunia maya. coba anda sharing dan berbagi informasi pengalaman atas penipuan yang terjadi dan alami selama ini ke situs laporpolisi.com, supaya masyarakat tahu siapa nama nama toko online penipu tersebut, sehingga semua bisa antisipasi atas semua bentuk penipuan yang terjadi selama ini

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 04:48)

      Terimakasih cross cek nya @lapor polisi
      Harapannya agar bisa meminimalisir tindak kajahatan, khususnya penipuan online.

    Avatar

    diana

    ( - 03:45)

    makasih untuk infonya, sangat bermanfaat sekali …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *