Dunia Internet

8 Tips Mempersiapkan Diri Menghadapi Wawancara Kerja untuk Introvert

Hal yang harus dipersiapkan sebelum Wawancara Kerja untuk Introvert – Wawancara kerja adalah salah satu hal yang ditakuti oleh banyak pencari kerja terlebih mereka yang introvert. Introvert yaitu julukan untuk seseorang yang memiliki kepribadian tertutup, pemalu, dan penyendiri. Hal tersebutlah yang membuat seseorang yang memiliki kepribadian ini merasa sangat tertekan saat akan menghadapi sesi interview atau wawancara kerja.

Orang yang introvert cenderung sulit untuk berhadapan dengan orang baru karena mereka biasanya butuh waktu untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain dan cenderung menutup diri dengan keadaan luar. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk melakukan persiapan khusus sebelum menghadapi wawancara kerja untuk introvert .

Nah, kamu yang introvert, jangan khawatir apalagi minder dulu saat mendapat panggilan untuk interview di perusahaan yang kamu lamar. Ikuti tips berikut, agar persiapanmu semakin matang saat menghadapi wawancara kerja!

Tips Bagaimana Menghadapi Wawancara Kerja Untuk Intovert

Wawancara Kerja untuk Introvert

1. Kumpulkan Informasi Terlebih Dahulu

Salah satu hal yang dapat dilakukan sebelum wawancara kerja untuk introvert yaitu dengan mencari tahu lebih dalam tentang pekerjaan dan perusahaan yang akan mewawancarai kamu. Semakin banyak informasi yang kamu miliki, dapat membantu menambah rasa percaya diri.

Dengan mengetahui informasi tersebut, setidaknya kamu dapat mempersiapkan diri apabila hal tersebut ditanyakan oleh pewawancara, sehingga dapat menghindarkanmu dari perasaan panik.

Baca : Pertanyaan Wawancara Kerja yang Sepele tapi Menjebak

Penting juga untuk mengetahui lokasi dan rute perjalanan menuju tempat kamu akan diwawancara, termasuk berapa lama waktu yang akan ditempuh untuk sampai di lokasi. Sebaiknya, mencoba terlebih dulu menuju tempat tersebut satu hari sebelum wawancara dilakukan.

2. Sering Berlatih Sebelum Menghadapi Wawancara Kerja untuk Introvert

Jika kamu memiliki waktu beberapa hari sebelum wawancara kerja, kamu bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk berlatih. Kamu bisa berlatih bersama temanmu dan berlatih di depan cermin.

Latihlah pertanyaan-pertanyaan yang mungkin akan diajukan saat wawancara kerja, agar kamu dapat fasih dan lancar dalam menjawab berbagai pertanyaan yang akan diajukan oleh pewawancara. Lakukan seolah kamu sedang wawancara kerja sungguhan.

3. Berhenti Menjadi Sempurna

Kita tahu, yang namanya manusia tidak ada yang sempurna. Berusaha menjadi sempurna di depan pewawancara justru akan membuatmu semakin tertekan dan terbebani.

Lakukan sewajarnya dan berikan yang terbaik yang bisa kamu lakukan. Jawablah setiap pertanyaan yang diberikan dengan tenang dan santai, namun harus tetap sopan dan terkontrol.

4. Tiba Lebih Awal

Saat wawancara kerja untuk introvert sangatlah penting untuk tidak terlambat. Agar lebih maksimal, sebaiknya kamu tiba di tempat 10-15 menit lebih awal.

Dengan begitu, kamu dapat mengatur nafas dan menenangkan dirimu terlebih dulu. Hal ini sangatlah penting untuk mengurangi perasaan panik dan khawatir saat menghadapi wawancara.

5. Kontrol Gerak Gerik Tubuh

Untuk kamu yang introvert biasanya akan merasa lebih panik dan gugup ketimbang mereka yang sudah terbiasa berhubungan dengn dunia luar dan mudah akrab dengan orang baru.

Terkadang saat kita merasa panik atau gugup, secara reflek kita melakukan gerakan atau bahasa tubuh yang sebenarnya tidak perlu untuk dilakukan, seperti memainkan kuku saat gugup atau sering menyentuh rambut sampai berkali-kali.

Maka dari itu, berusahalah untuk meredam rasa panik dan cemas agar dapat terhindar dari melakukan hal tersebut di depan pewawancara, karena khawatir akan meninggalkan kesan yang kurang baik dan juga menunjukan kepadanya kalau kamu tidak percaya diri.

Dengan duduk yang benar dan tenang, sudah dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri di depan pewawancara. Selain itu, jawablah setiap pertanyaan dengan suara yang jelas serta penuh percaya diri, dan ingatlah untuk tidak pernah memotong pembicaraan orang yang mewawancarai kamu.

6. Gunakan Pakaian yang Sesuai dan Nyaman

Pakaian yang kamu kenakan juga mempengaruhi kepercayaan diri kamu. Pakailah pakaian yang sesuai, namun tetap membuatmu nyaman dan percaya diri mengenakannya.

Jangan memaksakan diri untuk berpakaian secara belebihan yang merepotkan, karena selain menyusahkan kamu, hal tersebut juga dapat menurunkan kepercayana diri. Sebaiknya, kenakan pakaian yang simpel saja, tetapi terkesan profesional.

7. Penting untuk Selalu Berpikir Positif Saat Menghadapi Wawancara Kerja untuk Introvert

Awali harimu dengan sikap yang optimis dan senantiasa berpikiran positif. Yakinkan diri bahwa kamu merupakan orang pilihan sehingga kamu diundang untuk mengikuti proses wawancara.

Tanamkan juga dalam benak, bahwa kamu memiliki kesempatan yang sama dengan peserta yang lainnya. Fokus pada kemampuan yang kamu miliki bukan pada kekurangan yang ada.

Baca Juga: 10 Sikap Profesional Yang Perlu Di Terapkan Pada Saat Berkerja


Loading...
Baca selengkapnya

Suka menulis dan belajar banyak hal baru :)

Artikel terkait

2 Comments

  1. Kalau introvert saya rasa lebih baik buka usaha daripada bekerja sebagai karyawan.

    karena lebih nyaman dan sesuai dengan diri sendiri.

    namun tidak ada salahnya mencoba

    1. terima kasih sudah mengomentari artikel ini :). Saya juga setuju introvert lebih baik buka usaha, karena dengan buka usaha mereka bisa mengeksplor ide dan diri sendiri. Tapi, tidak menutup kemungkinan intorvert juga bisa nyaman jadi karyawan 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close