Internet

WhatsApp Bakal Batasi Durasi Video Status Menjadi 15 Detik?

YouTube telah memutuskan bahwa mereka akan mengurangi kualitas video di platformnya untuk mengurangi beban trafik data internet yang ada di seluruh penjuru dunia akibat pandemi Corona (COVID-19) yang belum diketahui kapan berhentinya.

Selain YouTube, Facebook dan Instagram juga turut serta mengurangi kualitas video mereka di mana semua itu juga mereka lakukan untuk mengurangi beban trafik data internet yang melonjak akibat “work from home” yang dilakukan oleh publik dunia.

Baca juga: YouTube Akan Kurangi Kualitas Video di Seluruh Dunia

WhatsApp Bakal Batasi Durasi Video Status?

WhatsApp juga dikabarkan akan mengikuti dua media sosial yang berada di bawah satu atap dengan mereka, yakni Facebook dan juga Instagram dalam membantu mengurangi beban trafik data internet akibat pandemi Corona.

Namun, pihak WhatsApp tidak mengurangi kualitas video mereka, melainkan memilih untuk memotong durasi video yang ada di status dari yang sebelumnya 30 detik menjadi 15 detik saja. Dan kabar tersebut sudah dibocorkan oleh WABetaInfo.

“Kamu tidak akan bisa lagi mengirimkan video ke WhatsApp Status jika durasinya lebih dari 16 detik: hanya video berdurasi 15 detik yang diizinkan. Ini terjadi di India dan kemungkinan ini sebagai inisiatif untuk mengurangi beban pada infrastruktur server,” tulis WABetaInfo di akun Twitternya.

Seperti yang sudah diketahui, WABetaInfo adalah pembocor akurat dari informasi seputar WhatsApp. Dan ketika WABetaInfo menyampaikan fakta yang demikian itu, maka 99 persen itu memang benar adanya. Meskipun begitu, tentu kita tetap menunggu kabar resmi dari pihak WhatsApp terkait pembatasan video status.

Baca juga: Ikuti YouTube, Facebook dan Instagram Juga Kurangi Kualitas Video

Pembatasan video sendiri belum diketahui secara pasti apakah akan diberlakukan secara global atau tidak. Namun sampai artikel ini ditulis, (30/3/2020), video status yang ada di WhatsApp masih berdurasi selama 30 detik. Meskipun begitu, pembatasan bisa saja dilakukan secara global.

Sejak pandemi Corona ini berlangsung, beberapa media sosial memang mengalami lonjakan jumlah pengguna yang cukup besar, dan WhatsApp adalah salah satu media yang mendapatkan lonjakan pengguna tersebut di mana lonjakan pengguna yang mereka dapati adalah sebesar 40 persen.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close