InternetTekno

WhatsApp Bisa Diakses di Semua Perangkat, Kabar Baik atau Buruk?

Semua Ada Plus Minusnya

Kabar WhatsApp yang akan bisa diakses di semua perangkat sudah menyebar begitu cepat. Munculnya kabar tersebut memunculkan reaksi yang beragam dari para pengguna di mana ada yang merasa senang hingga merasa was-was.

Anda sendiri bereaksi seperti apa?

Untung Rugi WhatsApp Bisa Diakses di Semua Perangkat

Ketika mendengar kabar WhatsApp bisa diakses di semua perangkat, para pengguna akan terpecah menjadi dua kubu. Pertama, kubu yang menganggap ini sebagai kabar baik. Kedua, kubu yang menganggap ini sebagai kabar buruk. Setiap kubu pun pasti memiliki alasannya masing-masing mengapa mereka menganggapnya kabar baik dan juga kabar buruk.

Sekarang, mari kita membedah sedikit untung rugi jika WhatsApp bisa diakses di semua perangkat sehingga bisa ditemukan atau yang lebih tepatnya disimpulkan kabar dari WhatsApp ini termasuk kabar baik atau kabar buruk.

Keuntungan

1. Satu akun untuk semua perangkat.

2. Ketika ponsel mati, WhatsApp tetap bisa diakses.

3. Akses lebih mudah.

4. Akses WhatsApp seperti perusahaan induknya, Facebook.

Kerugian

1. WhatsApp tidak ada bedanya dengan Facebook.

2. Pesan tidak lagi pribadi.

3. Data pengguna terancam atau bisa disalahgunakan.

Ini Semua Demi Iklan?

WhatsApp adalah perusahaan yang diakuisisi oleh Facebook pada tahun 2014. Ketika sebuah perusahaan diakuisisi, tentu perusahaan tersebut memang memiliki prospek untuk ke depannya. Dan hal yang demikian itu benar-benar disadari oleh Facebook selaku perusahaan induk.

Pada tahun 2018 kemarin, wacana kehadiran iklan di WhatsApp cukup ramai diperbincangkan. Bahkan kabar yang berhembus, WhatsApp akan menghadirkan iklan di tahun 2019. Namun, hingga saat ini ternyata WhatsApp masih aman dari iklan, dan kabar terakhir menyebutkan bahwa di tahun depan atau tahun 2020 nanti, WhatsApp akan benar-benar kehadiran iklan.

Sadar atau tidak sadar, perubahan besar akses WhatsApp yang bisa dilakukan di semua perangkat ini adalah tahapan awal Facebook untuk menyambut kedatangan iklan itu sendiri. Apalagi pihak Facebook pernah mengatakan, bahwasanya tidak ada yang gratis di dunia ini. Iklan WhatsApp sendiri nantinya akan muncul di status para pengguna.

Perubahan WhatsApp Sudah Pasti Terjadi?

Memang belum ada tanggapan atau pernyataan resmi dari pihak Facebook terkait perubahan WhatsApp ini karena kabar yang mengatakan WhatsApp menjadi multi-platform berasal dari Twitter WABetaInfo. Meski belum ada pernyataan resmi, dan kabarnya pun datang dari pihak lain, perubahan WhatsApp ini akan benar-benar terlaksana karena WABetaInfo adalah pihak yang selalu memberikan informasi atau bocoran akurat tentang WhatsApp.

Kabar baik atau kabar buruk?

Ini termasuk kabar baik, karena kita sebagai pengguna tidak harus mengandalkan ponsel ketika ingin mengakses WhatsApp. Sebagian pengguna ada yang mengatakan jika perubahan WhatsApp ini terinspirasi dari Telegram.

Bisa jadi iya, karena dulu Instagram pernah terinspirasi fitur Snapchat, yaitu Stories yang kemudian justru membuat mereka sukses. Bahkan, fitur Stories milik Instagram lebih sukses dari milik Snapchat. Namun jika ditelusuri lebih dalam, perubahan WhatsApp ini lebih ke strategi bisnis karena WhatsApp adalah salah satu aset terbesar yang dimiliki oleh Facebook untuk meraup keuntungan atau penghasilan.

Baca juga: 3 Fitur WhatsApp Terbaru 2019 yang Wajib Kamu Coba

Dan ketika WhatsApp ini bisa diakses melalui semua perangkat, besar kemungkinan penggunanya akan semakin meningkat. Namun seperti yang sudah disebutkan, ketika WhatsApp berubah menjadi aplikasi multi-platform, masalah keamanan akan menjadi masalah yang serius, dan bisa saja kasus kebocoran data seperti kasus Cambridge Analytica akan terjadi lagi dan bisa saja menimpa WhatsApp.


Loading...

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close