Review ProdukTekno

Wireless Router Terbaik untuk Koneksi Internet Super Cepat dan Stabil

Wireless Router Terbaik – Anda bisa merasakan pengalaman berselancar di dunia maya yang bebas dari kendala, seperti putusnya koneksi atau buffering, dengan menjaga kestabilan koneksi internet di rumah dengan memasang wireless router. Wireless router merupakan solusi untuk menerima kualitas jaringan saat memakai intrenet.

Tetapi, kini telah banyak produsen memasarkan wireless router dengan beragam fitur dan keunggulan yang bervariasi sehingga terkadang susah bagi pembeli untuk memutuskan wireless router yang tepat sesuai dengan keperluannya.

Ketika memilih router baru, Anda mesti memastikan ukuran area jangkauan, jumlah pengguna, serta
tipe perangkat yang akan terhubung dengan router. Tidak setiap orang memerlukan router yang mempunyai
fitur canggih yang kemungkinan besar tidak terpakai.

Namun bila Anda mempunyai anggota keluarga yang mencari bandwith untuk hal-hal streaming video, router terbaik dan terkini cukup membantu Anda menyelesaikan semua permasalahan.

Baca jugaRaih Omset Puluhan Juta Perbulan dengan Bisnis Internet Wifi, Begini Caranya

Hal-Hal yang Perlu Dicermati Sebelum Membeli Wireless Router

wifi router

Ketika memilih router baru, banyak hal yang patut anda pertimbangkan seperti cover area jangkauan, jumlah
klien maupun jumlah perangkat yang akan terhubung ke router.

Tidak semua orang memerlukan performa yang Anda akan peroleh dengan model terkini dan tercanggih. Banyak dijumpai sebagian orang membayar fitur yang kemungkinan besar tak akan
pernah dipakai.

Namun kalau Anda mempunyai anggota keluarga yang mencari bandwith untuk beberapa hal seperti bermain game atau streaming netflix dan youtube, router baru yang canggih dapat mewujudkannya.

Sebelumnya perlu diketahui beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli
wireless router

1. Router Nirkabel Anda Wajib Dual-Band atau Tri-Band?

Sekarang wifi router menawarkan setidaknya dua pita frekuensi yakni band 2.4GHz dan band 5GHz. Band 2,4GHz
bekerja pada frekuensi yang lebih rendah,

Denga begitu wifi router mempunyai jangkauan lebih bagus dan bisa menembus dinding struktur lainnya. Sedang band 5GHz mempunyai pita lebih gemuk dan akses kecepatan tinggi.

Pita Wi-Fi 2.4GHz cukup memadai untuk tugas-tugas seperti penjelajahan situs dan kegiatan media sosial
seperti facebook dan twitter tetapi mesti bersaing dengan perangkat lain di rumah Anda yang memakai frekuensi yang sama, seperti oven, perangkat bluetooth dan telepon nirkabel.

Bila satu atau lebih perangkat Anda akan mengalirkan video dari layanan seperti Netflix atau layanan game online seperti Xbox Live, band 5GHz menawarkan throughput yang jauh lebih signifikan dengan gangguan sinyal minimal.

Kalau Anda mempunyai jaringan yang sibuk dengan banyak klien yang bersaing untuk bandwith, router tri-band
merupakan pilihan yang ideal.

Router tri-band memiliki satu band 2.4GHz dan dua band 5GHz yang bisa mendedikasikan salah satu band 5GHz untuk menangani tugas-tugas seperti streaming video dan band 5GHz lainnya untuk aktifitas game online

2. Dukungan Untuk MU-MIMO atau 802.11ac Wave 2

MU-MIMO (Multi-User Multi Input Multiple Output) merupakan kemampuan untuk mentransmisikan data kepada beberapa klien secara sekaligus.

Dengan cara transfer ini, router nirkabel bisa “berbicara” ke lebih dari satu klien pada satu waktu pada saluran radio nirkabel tunggal.

MU-MIMO merupakan komponen dari standar 802.11ac Wave 2, yang dikeluarkan oleh Wi-Fi Alliance pada tahun 2015.

Saat router mempunyai dukungan ini, wireless router Anda bisa menyediakan Wi-Fi lebih kencang ke perangkat Anda dan bisa menangani lebih banyak klien nirkabel secara bersamaan.

3. Prosesor dan RAM

Prosesor dan RAM tak jarang terlewatkan ketika memilih router nirkabel terbaik.

Rumah anda mempunyai banyak perangkat yang membutuhkan konektivitas nirkabel serta kegiatan seperti streaming video, bermain game online, dan aktivitas lain di mana banyak data ditransfer via jaringan.

Untuk menyelesaikan semuanya, router memerlukan daya pemrosesan yang lebih banyak ketimbang biasanya.

Ketika memilih wifi router, Anda mesti mengetahui apakah router mempunyai prosesor single-core, dual-core atau quad-core.

Standarnya, aturan yang terdapat pada handphone atau laptop Anda juga berlaku untuk wireless router. Prosesor dual-core bisa menangani banyak data dan lebih banyak klien ketimbang prosesor single-core. Juga prosesor yang berjalan pada 900 Mhz kurang kuat ketimbang 1.2GHz.

4. Mempunyai Port USB (Lebih Baik USB 3.0)

Jika router dilengkapi dengan port USB, Anda bisa memakainya sebagai NAS (Network Attached Storage) simpel.

Ini merupakan perangkat penyimpanan eksternal yang terhubung ke jaringan, juga dipakai untuk berbagi file dengan menghubungkan HDD eksternal.

Koneksi wireless router ini juga bermanfaat untuk transfer data yang kerap dijalankan pada jaringan rumah.

Kalau Anda memakai HDD eksternal sebagai NAS, sisi HDD perlu melakukan setting “NAS HDD” yang sesuai dengan fungsi jaringan. Jadi, Anda perlu menyiapkan setting HDD eksternal pada wireless router Anda.

5. Bisa setting Router Memakai Smartphone

Kenyamanan lebih penting dari segalanya. Dulu, orang cuma bisa mengelola wireless router mereka dengan mengakses firmware lewat browser situs.

Tetapi sekarang, banyak produsen memaksimalkan aplikasi smartphone yang bisa dipakai orang untuk mengontrol dan menyetting router mereka.

Bila Anda mengharapkan kenyamanan, Anda wajib memeriksa apakah router yang Anda beli mempunyai fitur setting melalui aplikasi handphone atau tidak.

Daftar 10 Wireless Router Terbaik 2020

1. Netgear DGN 1000

Netgear DGN 1000

Netgear DGN 1000 wireless router merupakan modem DSL all-in-one dan router Wi-Fi yang menawarkan sistem yang gampang untuk berbagi koneksi internet dengan kecepatan tinggi.

Wireless router ini kompatibel dengan seluruh penyedia layanan internet DSL dan jaringan nirkabel-G sehingga Anda bisa menghubungkan wireless ini dengan PC, game console dan iPod touch. Produk ini menawarkan kecepatan sampai 150 Mbps.

Anda juga bisa blokir konten yang kurang aman yang bisa melindungi perangkat jaringan sehingga anakpun bisa memakai internet dan terlindung dari website dan konten yang buruk.

Produk ini mempunyai fitur NETGEAR Green, termasuk di dalamnya terdapat tombol daya dan Wi-Fi on/off. Adaptor telah sesuai ENERGY STAR standar internasional untuk produk hemat energi.

2. Asus Rapture GT-AC5300

wireless router terbaik asus

Salah satu router tercepat dengan adanya fitur dan unsur hebat di dalamnya. Rapture GT-AC5300 biasanya yaitu router tri-band dengan dual band 5GHz serta band 2,4GHz.

Salah satu dari dual band 5GHz bisa dipakai secara khusus untuk perangkat game Anda sedang yang lain bisa ditugaskan untuk menangani perangkat lain.

Router ini dilengkapi dengan prosesor quad core 1.8GHz, port USB 3.0, memory flash 256MB, delapan port LAN, memory DRAM 1024MB dan teknologi Quadrature Amplitude Modulation (QAM).

Dengan teknologi 1024QAM anda dapat menempuh kecepatan maksimum 1,000 Mbps pada jaringan 2.4Ghz dan kecepatan maksimum 2,167 Mbps pada jaringan dual band 5Ghz.

Bila Anda seorang gamer online yang sedang mencari metode untuk meningkatkan koneksi Wi-Fi Anda, saya percaya bahwa Asus ROG Rapture GT-AC5300 merupakan solusi terbaik bagi Anda.

Kelebihan dari wireless yang satu ialah adanya delapan port LAN gigabit, dua port USB 3.0, lumayan banyak fitur yang ramah bagi gamer dan mempunyai fitur MU-MIMO.

Sedangkan kekurangannya versi saya adalah harganya termasuk mahal dan bentuknya terbilang cukup besar

3. Huawei WS 330

Huawei WS 330

Sekilas produk dari Huawei WS 330 smart wireless router ini mempunyai desain yang ringkas. Berat produk ini cukup ringan dan lumayan tipis sehingga produk ini fleksibel dalam peletakkannya.

Anda bisa meletakkan produk ini di atas meja, di dinding atau lokasi lain yang Anda inginkan. Anda akan mendapat akses internet yang cukup stabil, sebab kekuatan sinyal telah teruji dengan kecepatan optimal hingga 300 Mbps, jarang terputus.

Untuk menjalankan instalasi perangkat pertama kali, Anda mesti mengunjungi situs Huawei untuk memasangkan kata sandi pada wireless router, memastikan jumlah user, dan mengganti nama user.

Akses Wi-Fi lebih dari cukup untuk dipakai di rumah berlantai dua sebab dapat menjangkau sampai jarak 15-20 meter. Sesuai bagi Anda yang mengharapkan wireless router terbaik dengan kemudahan dalam peletakkannya.

4. TP-Link Archer C7

wireless router terbaik tplink

Wireless router terbaik selanjutnya adalah Router TP-LINK ARCHER C7 AC1750 yang mungkin cuma berharga dibawah 2juta tetapi kinerjanya sanggup bersanding dengan wifi router dengan harga diatasnya.

Mengusung konektivitas dual band 2.4GHz dan 5GHz, yang sanggup menempuh kecepatan sampai 500mbps dan menawarkan banyak pengaturan manajemen dan port I/O.

Wireless router dilengkapi dengan gigabit ethernet, sepasang port USB 2.0 serta parental control yang berfungsi melindungi kegiatan internet buah hati Anda.

Kelebihan yang ditawarkan produk ini ialah harga yang relatif murah dengan kwalitas terbaik, kecepatan optimal, proses install cukup mudah dan pengaturan manajemen yang banyak.

Walaupun demikian, ada sedikit kekurangan pada produk ini yakni antarmuka pengguna yang jadul dan hanya mempunyai port USB 2.0 bukan 3.0

Baca juga : TP-LINK RE450 AC1750 WI-FI Dual Band Dengan Kecepatan Fantastis

5. D-Link DIR-612 Wireless Route

wireless router terbaik dlink

Produk ini adalah wireless router dengan 10/100 port internet yang menghubungkan dengan internet broadband dengan kecepatan transfer yang tinggi.

Mempunyai kecepatan sampai 300 Mbps, amat tepat bagi Anda yang mau memenuhi keperluan seperti, berselancar di internet dan transfer file dalam jumlah besar.

Anda tak perlu kuatirdengansistem keamanan, sebab terdapat NAT Firewall yang bermanfaat untuk menghindari adanya eksploitasi atau penyusupan kepada koneksi internet Anda.

Mempunyai repeater mode yang bisa memungkinkan pengguna untuk memperluas jaringan wireless router sehingga Anda memperoleh koneksi internet berkwalitas yang menjangkau tiap sudut ruangan dengan kapasitas yang sama.

Tambahan repeater mode sangat esuai untuk Anda yang mencari Wi-Fi untuk ruangan yang luas seperti restoran atau cafe bertingkat.

6. Tenda AC6 1200 High Power

wireless router terbaik tenda

TENDA bukanlah merk yang familiar dalam industri perangkat jaringan, namun mereka cukup sukses dalam memberikan solusi yang lebih hemat tarif.

Wifi Router dual band yang mempunyai kemampuan maksimum 300Mbps pada band 2.4Ghz dan 867Mbps pada band 5Ghz ini, mempunyai empat port Ethernet Gigabit.

Basis platform ini menjalankan chipset Broadcom yang cukup populer di antara router entry-level lainnya.

Penguat sinyal bawaannya serta empat antena eksternal menawarkan pengalaman video streaming yang tak terganggu serta bermain game yang bebas hambatan.

Tenda AC1200 juga menyediakan fitur aktif dan nonaktif secara otomatis untuk mengurangi konsumsi listrik.

Kelebihan dari wireless yang satu ini terletak pada fitur aktif dan nonaktif secara otomatis, hemat daya dan harga bersaing. Sedang Kekurangan yang sering dialami adalah produk ini tidak tahan lama dan kurang begitu stabil

7. Totolink N300RT

wireless router terbaik totolink

Totolink N300RT adalah wireless router yang dirancang untuk jaringan jarak jauh. Koneksi internet diperkuat dengan adanya repeater dan WDS menjadikan cakupan menjadi lebih luas dan mempertahankan koneksi selalu stabil.

Mempunyai kecepatan transfer data sampai 300 Mbps sehingga Anda bisa menjalankan pengunduhan dengan gampang dengan waktu yang cukup cepat.

Anda tak akan menemukan persoalan internet yang lambat sebab wireless router ini telah dilengkapi dengan teknologi canggih MIMO yang meningkatkan throughput dan jangkauan koneksi.

Anda bisa dengan nyaman berinternet tanpa kendala sebab mempunyai jaringan internet kuat seperti yang Anda inginkan. Sangat pas untuk Anda yang mencari wireless router dengan teknologi MIMO yang handal dalam jaringan jarak jauh.

8. Asus RT-AC8U

wireless router terbaik asus

RT-AC8U merupakan dual-band Router yang menawarkan performa yang cukup bagus dengan fitur yang komplit. Produk ini dilengkapi dengan delapan port LAN Gigabit dengan dukungan Dual-WAN dan agregasi port ( dua port LAN bisa digabungkan menjadi 1 koneksi yang kencang ).

Saya menguji RT-AC88U dengan firmware versi terakhirnya dan memperoleh hasil yang cukup memuaskan.

Pada band 5Ghz dan dengan jarak dekat sekitar 3 meter, produk ini sanggup mencapai hampir 850Mbps. Saat saya memperpanjang jarak uji menjadi 12 meter, ASUS Wireless RT-AC8U masih dapat menempuh hampir 600Mbps.

Pada band 2.4Ghz, router ini tak terlalu impresif tetapi juga cukup lumayan. Produk ini sanggup menempuh kecepatan 200Mbps pada jarak 3 meter dan 110Mbps pada jarak 10 meter.

Kalau anda punya budget lebih bagi wireless router Anda, ASUS Wireless RT-AC88U adalah wireless router terbaik untuk Anda.

9. Original Xiaomi Mi Wi Fi Router 3

wireless router terbaik xiaomi

Dengan Wi-Fi Wireless Dual-band berperforma tinggi Anda bisa menikmati streaming video dengan kwalitas HD tanpa buffering.

Produk ini dilengkapi dengan teknologi WiFi 802. 11ac terkini sehingga Anda bisa mempunyai jaringan internet 3 kali lebih kencang ketimbang kecepatan wireless router umumnya. Memberikan kecepatan transfer data nirkabel gabungan sampai 1167 Mbps.

Produk wireless router terbaik dari Xiaomi ini merupakan opsi terbaik untuk streaming, game online dan tugas padat yang memerlukan bandwidth yang stabil.

Dengan empat antena eksternal memberikan jangkauan yang lebih luas dan performa lebih bagus walaupun terdapat banyak perangkat terhubung. Sangat ideal bagi Anda yang menyenangi streaming dengan kwalitas gambar yang bening tanpa buffering.

10. Google Wifi

google wifi wireless router

Wireless router terbaik yang terakhir adalah produk dari Google, yaitu Google Wifi. Produk Google Wifi ini merupakan router termudah dan dengan desain simpel yang pernah saya coba. Tiap unit Google Wifi berbentuk silinder kecil dan simpel dengan pita LED putih ditengahnya.

Walaupun Google Wifi cuma router dengan dua band (2,4GHz dan 5GHz) lewat protokol mesh 802.11s, router ini mempunyai performa yang terbilang bagus. Kecepatan internet Anda dapat menempuh hingga 250Mbps dengan memakai Google Wifi.

Di samping itu perangkat ini bisa menjadikan jaringan mesh yang berfungsi penuh dan bisa memberikan performa nirkabel yang stabil. Untuk pengguna yang menghargai kesederhanaan ketimbang fungsionalitas,

Google Wifi masih menjadi alternatif terbaik yang tersedia sebab masih mempunyai harga yang cukup menarik.

Kelebihan dari produk ini ada pada pengaturan yang mudah, desain simpel dan mempunyai performa yang bagus. Meskipun demikian, ada sedikit kekurangan yang ditemukan, yaitu kontrol perangkat keras yang terbatas dan jaringan akan senantiasa terkoneksi dengan google

Tips Memperbaiki koneksi wireless router

Wireless router dengan performa yang tinggi sekalipun mungkin saja bisa menjadi lambat atau terputus dari koneksi jaringan.

Situasi gelombang radio dari wireless router ini bisa Anda teliti dengan aplikasi Android “Wi-Fi 360” atau software “Wireless Net View” untuk komputer pribadi.

Jika Anda telah memasang wireless router, tetapi Anda tidak memperoleh kecepatan seperti yang Anda inginkan, Periksa berikut ini.

1. Periksa Hambatan

Bila ada dinding pemisah antara wireless router dan perangkat pendukung instalasi, mungkin akan menjadikan wireless router susah terhubung.

Khususnya bagi rumah yang mempunyai dinding tebal. Menaruh wireless router di rak atau sejenisnya juga bisa menjadi penyebab penerimaan gelombang tak optimal. Periksalah lokasi wireless router, sehingga tak mengganggu gelombang frekuensi jaringan.

Gelombang yang dipancarkan wireless router kerap mengarah dan lebih kuat pada posisi horizontal, untuk itu Anda bisa meletakkan wireless router di lokasi yang lebih tinggi.

Untuk wireless router dengan jenis antena eksternal, Anda juga perlu melakukan setting yang pas supaya bisa menjangkau lokasi yang Anda inginkan.

2. Pakai repeater untuk memperluas jangkauan

Kian jauh jarak wireless router dengan perangkat yang Anda pakai, koneksi internet tentu akan kian lemah.

Apabila susah tersambung di lokasi yang jauh, sebaiknya memasang repeater tambahan pada wireless router Anda. Repeater mengambil alih gelombang pada wireless router dan menyambungkan gelombang dengan jangkauan yang lebih jauh.

Jika rumah Anda bertingkat 2 dan posisi wireless router terdapat di lantai satu, Anda bisa memasang sebuat repeater di area tengah rumah atau di sekitar tangga yang terhubung dengan lantai dua, dengan posisi repeater ini bisa memungkinkan Anda untuk meningkatkan jangkauan gelombang ke seluruh lantai dua.

3. Gangguan frekuensi pengaruh perlengkapan rumah tangga

Jangan letakkan wireless router pada lokasi yang dekat dengan perlengkapan elektronik di rumah Anda sebab bisa menyebabkan gangguan.

Berhati-hatilah ketika memakai pita 2,4 GHz sebab perlengkapan elektronik rumah Anda juga memakai frekuensi pita 2,4 GHz. Hindari meletakkan router berdekatan dengan perlengkapan rumah tangga supaya tak mengganggu performanya.

4. Jangan lupa update

Kalau wireless router Anda telah kedaluwarsa, Anda mungkin masih bisa memperbaiki fungsinya dengan memperbarui firmware (memperbarui perangkat lunak yang ada di dalam wireless router). Anda bisa mengaksesnya di website dari pabrik wireless router Anda.

Penutup

Demikian beberapa rekomendasi wireless router terbaik yang ada di pasaran saat ini. Sekarang, dengan informasi yang telah dibeberkan di atas, Anda bisa memilih wireless router yang cocok dengan kondisi lokasi tinggal Anda.

Produk high-end diperuntukkan bagi mereka yang mencari koneksi internet berkecepatan tinggi juga menyesuaikan dengan harganya.

Namun, kini wireless router mulai disesuaikan dengan keperluan konsumen. Silahkan memakai rekomendasi yang telah disebutkan di atas untuk menemukan wireless router yang sesuai untuk Anda.


Loading...
Baca selengkapnya

Seorang yang hanya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan orang lain

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close