wisata air terjun di karanganyar

9 Wisata Air Terjun di Karanganyar : Surga Baru Bagi para Backpacker

Wisata Air Terjun di Karanganyar ~Wisata air terjun merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak dicari untuk berlibur. Kabupaten Karanganyar merupakan salah satu kabupaten yang memiliki wisata alam yang sangat banyak. Mulai dari wisata budaya, pendakian gunung, kebun teh, candi, dan air terjun. Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah memiliki banyak air terjun yang sangat memesona untuk dikunjungi. Wisata air terjun di Karanganyar memiliki karakteristik yang berbeda beda sehingga pantas untuk anda kunjungi.

Kali ini saya akan membahas khusus pada wisata air terjun. Karena selama ini air terjun yang sudah dikenal hanyalah air terjun Grojogan sewu. Bahkan sudah banyak pengunjung yang berasal dari luar kota bahkan luar negeri. Selain itu air terjun Jumog dan Parang Ijo juga sudah cukup dikenal, namun sayangnya baru sebatas wisatawan lokal.

Sebenarnya apabila di explore lebih dalam, Karanganyar memiliki banyak air terjun lain yang tidak kalah bagusnya dengan Grojogan sewu. Hanya saja selama ini belum benar benar digarap secara serius oleh Pemerintah. Karena tempatnya yang berada di daerah pedesaan, maka membutuhkan publikasi yang lebih. Ya, banyak air terjun yang berada dibalik rindangnya pepohonan dipedesaan. Sehingga sangat pas bagi para backpacker yang ingin mencoba jalur trek baru.

Wisata Air Terjun di Karanganyar yang Sudah Terkenal

  1. Grojogan Sewu

    foto by jelajahkaranganyar.com

Seperti yang sudah saya sebutkan diawal tadi, Grojogan Sewu merupakan destinasi wisata air terjun di Karanganyar yang sudah sangat terkenal. Karena hampir setiap orang yang pernah berwisata ke  Karanganyar pasti pernah ke tawangmangu dan Grojogan Sewu. Akses jalan untuk bisa sampai di Grojogan Sewu cukup mudah karena berada di dekat terminal Tawangangu.

Sesuai namanya, Grojogan Sewu memang memiliki sangat banyak air terjun, meskipun hanya satu air terjun yang debit airnya deras. Air terjun yang paling besar memiliki ketinggian 81 meter yang airnya berasal dari Kalisamin. Sehingga air yang jatuh membentuk kabut lembut yang sangat memesona. Selain itu debit airnya tidak pernah habis meskipun pada musim kemarau, sehingga sangat cocok untuk berwisata kapan saja.

Untuk bisa sampai di lokasi air terjun anda dapat melewati dua jalur. Apabila anda masuk dari parkiran utama anda akan melewati anak tangga yang sangat banyak. Namun tenang saja, apabila anda kelelahan anda dapat beristirahat di warung warung sepanjang perjalanan. Anda dapet menikmati sate kelinci dan sate ayam yang sangat khas kenikmatannya. Sedangkan bila melalui jalur kedua, jalurnya akan lebih dekat sehingga tidak memerlukan waktu banyak untuk berjalan.

Apabila anda berkunjung ke Grojogan Sewu, anda bisa membeli oleh oleh khas Tawangmangu yaitu Molen Pisang. Meskipun hanya kecil kecil, molen Tawangmangu memiliki rasa yang sangat khas, berbeda dengan molen pisang pada umumnya.

  1. Parang Ijo

Wisata air terjun lain yang sudah cukup terkenal adalah Parang Ijo. Air terjun Parang Ijo berada di area wisata kebun teh Kemuning. Sehingga cukup mudah untuk di akses menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua. Nama Parang Ijo berasal dari kata parang dan ijo, parang berarti tebing dan ijo berarti hijau. Sesuai dengan namanya air terjun parang ijo berada diantara dua tebing yang cukup tinggi dan pada tebing ditumbuhi oleh banyak lumut hijau.

Loading...

Di sekitar area wisata air terjun Parang Ijo anda dapat menikmati objek objek lain yang tidak kalah menarik. Anda dapat melihat situs lingga yoni dan puri saraswati yang merupakan situs situs peninggalan agama hindu. Untuk menikmati pemandangan di sekitar air terjun terdapat gardu pandang yang tentu saja sangat cocok untuk anda yang suka selfie. Wisata air terjun di Karanganyar yang satu ini sangat direkomendasikan bagi anda yang sudah jenuh dengan Grojogan Sewu.

Wisata air terjun Parang Ijo juga menyediakan fasilitas menarik bagi anda untuk bermain main. Bagi orang dewasa terdapat wanaha flying fox yang akan memicu adrenalin anda. Wahana ini sangat bersahabat bagi kantong anda, karena hanya sepuluh ribu rupiah saja setiap kali meluncur. Sedangkan bagi anak anak, disediakan wahana bermain anak yang memiliki cukup banyak permainan.

  1. Jumog

    wisata air terjun di karanganyar
    foto by kabar2.com

Air terjun Jumog merupakan air terjun yang posisinya paling bawah diantara air terjun yang lainnya. Posisinya hanya beberapa kilometer dari terminal Karangpandan Karanganyar. Penunjuk arah wisata air terjun jumog dapat anda temukan bahkan sejak dari pintu masuk area wisata Ngargoyoso Karanganyar. Sehingga sangat mudah dijangkau dan tidak terlalu jauh dari jalan besar

Area air terjun Jumog tidak terlalu luas, namun aliran airnya diatur sedemikian rupa hingga membuat nilai lebih tersendiri. Bagi anda penggemar photografi, anda bisa memanfaatkan aliran air di bebatuan untuk membuat long exposure waterfall. Di kanan dan kiri sepanjang aliran air dibangun taman taman dan tempat duduk. Sangat pas sekalli bagi anda yang berlibur bersama orang orang kesayangan.

Dibagian bawah area wisata air terjun jumog anda akan menjumpai kolam renang untuk anak anak. Pas sekali bagi anda yang berlibur bersama anak anak. Selain itu juga terdapat gubuk gubuk kecil yang terbuat dari bambu. Anda dapat menikmati keindahan panorama alam dan mendokumentasikan perjalanan anda ke air terjun jumog dari sini. Fasilitas ini disediakan cukup banyak untuk pengunjung, anda dapat menikmati kesejukan wisata Jumog sambil menikmati makanan dan minuman hangat yang bisa anda temukan disana.

Wisata Air Terjun di Karanganyar yang Sudah Mulai Berkembang

  1. Air Terjun Pringgodani

Ibarat ngarai indah nan memesona di pedalaman Kalimantan, air terjun pringgodani tersembunyi dibalik hutan dan tebing tebing tinggi di pedalaman Karanganyar. Anda akan terperangah begitu sampai di air terjun utama. Kabut air yang lembut dari tebing tinggi disertai dengan sejuk dan hijaunya alam sekitar terlalu indah untuk dinikmati.  Sebersit pancaran matahari menembus tingginya tebing dan rimbunnya dedaunan pohon pohon besar, membuah pemandangan semakin tak terbayang.

Air terjun pringgodani memang cukup tinggi, hampir sama dengan Grojogan Sewu. Namun debit airnya tidak terlalu besar sehingga air yang turun akhirnya membentuk kabut lembut. Apabila anda datang disaat matahari sedang bersinar dan menembus pepohonan, anda dapat melihat pelangi di depan anda. Anda tidak perlu menengadah ke langit untuk melihat pelangi, karena sangat dekat dengan anda.

Keindahan air terjun Pringgodani semakin berkesan karena bukan hal yang mudah untuk bisa sampai di air terjun utama. Anda perlu melewati jalan kecil yang cukup jauh dan sulit ditempuh. Namun perjalanan anda tidak akan terasa melelahkan, anda akan ditemani oleh popohonan yang tinggi dan cukup rimbun.  Sangat pas sekali bagi anda yang mencari suasana alam pedesaan untuk melepas penat setelah lama bekerja.

Selain air terjun utama, anda akan menemukan pancuran pancuran kecil lainnya sepanjang perjalanan. Air di sini sangatlah dingin, anda dapat mencuci muka maupun tangan dan akan terasa seperti membeku. Anda suka hiking? Coba sensasi baru untuk hiking di air terjun Pringgodani.

  1. Air Terjun Sewawar

    wisata air terjun di karanganyar

Air terjun Sewawar merupakan salah satu air terjun di Karanganyar yang baru mulai berkembang. Air terjun ini berada di Desa Trengguli, Kecamatan Jenawi Karanganyar. Daerah ini memang cukup jauh dari pusat kota dan jauh dari jalan besar. Namun bagi anda yang sudah pernah berwisata di candi Cetho pasti pernah mendengar daerah ini. Karena candi cetho juga masuk di daerah kecamatan Jenawi.

Air terjun Sewawar baru dibuka bulan September 2015, sehingga belum banyak fasilitas yang dibangun. Hanya ada beberapa warung makan yang sudah dibangun disekitar area parkir . Tiket masuknya saja hanya tiga ribu rupiah, sangat terjangkau bagi anda yang suka explore wisata wisata baru.  Harga yang sangat murah untuk sebuah pemandangan alam yang sangat unik.

Wisata air terjun di Karanganyar yang satu ini memang tidak setinggi Grojogan Sewu karena ketinggian air terjun hanya sekitar 25 meter. Namun terjunan air di Sewawar memiliki karakteristik yang berbeda. Air yang terjun tidak langsung jatuh begitu saja, namun melalui bongkahan bongkahan batu besar. Pada bagian dasar air terjun terdapat bongkahan batu batu yang tidak beraturan, sehingga aliran air melalui celah celah diantara bebetuan.

Seperti halnya dengan air terjun Jumog, air terjun Sewawar sangat cocok bagi anda penggemar photografi. Tempat ini sangat indah untuk dimasukkan dalam frame lensa anda. Pemandangan sekitar yang hijau oleh banyaknya vegetasi alam, akan sangat segar indah dan memesona untuk dipandang. Anda bahkan bisa berfoto dibawah air terjun tanpa terkena guyuran air, karena terdapat sisi batu yang tidak dilewati oleh air.

  1. Air Terjun Sedinding

Wisata air terjun di Karanganyar yang selanjutnya adalah air terjun sedinding. Air terjun Sedinding berada di area yang sama dengan air terjun Sewawar dan memang masih satu pintu masuk. Sehingga anda tidak perlu lagi membayar biaya tiket masuk. Namun untuk menuju ke air terjun Sedinding anda perlu berjalan lebih jauh sekitar 300 meter. Jalan dari air terjun Sewawar ke Sedinding cukup menanjak dan berupa tanah dan batu alam.

Wisata air terjun di Karanganyar ini sangat sejuk karena dikelilingi oleh tanaman pertanian warga sekitar air terjun. Banyak tanaman kopi, karet, manggis dan lain sebagainya yang tumbuh subur di bawah air terjun. Pemandangan ini berbeda dengan air terjun lain yang rata rata hanya dikelilingi oleh tebing dan bebatuan. Pemandangan yang berbeda ini dapat dijadikan sebagai pengalaman baru dalam menjelajahi air terjun, karena setiap air terjun tentu saja memiliki karakteristik yang berbeda beda.

Air terjun Sedinding memang tidak terlalu tinggi pancuran airnya, karena hanya setinggi tujuh meter saja. Pada dasar air terjun terbentuk genangan air seperti kolam kecil yang sangat jernih karena pancuran air tidak menghasilkan banyak buih. Apabila dilihat dari jarak beberapa meter, air yang ada dalam kolam kecil itu berwarna hijau kebiruan.

Apabila anda membawa baju ganti, anda bisa berenang di bawah air terjun. Kedalaman air tidak terlalu berbahaya karena hanya setinggi pinggang orang dewasa. Airnya cukup bersih dan belum tercemar oleh sampah, mungkin karena belum banyak pengunjung yang datang. Namun tentu saja anda perlu berhati hati karena disekitar genangan terdapat banyak batu batu besar yang cukup licin.

Wisata Air Terjun di Karanganyar yang Masih Sangat Baru untuk Wisatawan

  1. Air Terjun Dong aron

Air terjun yang masih sangat baru adalah air terjun Dong Aron di Desa Seloromo Kecamatan Jenawi, Karanganyar. Daerah ini cukup mudah untuk dicari karena berada di daerah jalan utama Jenawi-Sragen. Air terjun ini baru saja dibuka oleh Pemerintah akhir tahun 2016 lalu. Sehingga belum banyak wisatawan yang berkunjung, bahkan belum banyak yang mengetahui karena belum intensifnya promosi.

Sebenarnya air terjun dong aron tidak seperti air terjun karena pancurannya sangat pendek hanya sekitar 5 meter. Namun jangan berkecil hati terlebih dahulu, suasana pedesaan disini cocok untuk anda dan keluarga melepaskan penat. Anda dapat menikmati hijaunya lahan pertanian warga yang menghampar disekitar air terjun.

Untuk masuk ke area wisata air terjun Dong Aron anda tidak dapat menggunakan kendaraan roda empat. Jalan masuk menuju air terjun merupakan jalan tanah ditepi sungai, sehingga hanya bisa dilewati kendaraan roda dua.  Anda dapat berjalan kaki untuk bisa sampai di air terjun atau minta diantarkan warga disekitar air terjun (jangan lupa bayar ya 🙂 ).

  1. Air Terjun Jumog Jati

    wisata air terjun di karanganyar

Air terjun jumog Jati berada di desa Balong kecamatan Jenawi yang merupakan wisata air terjun di karanganyar yang masih baru. Mungkin masih cukup asing ditelinga anda, karena daerah ini memang cukup jauh dari wilayah perkotaan. Untuk menuju ke desa ini anda dapat melewati candi cetho turun kearah Jenawi, atau apabila anda dari Sragen anda bisa melewati jalan Sragen-Batu Jamus.

Air terjun Jumog Jati memang belum banyak dikenal oleh masyarakat luas. Selama ini pengunjung yang datang rata rata adalah masyarakat sekitar Jenawi saja. Meskipun begitu, air terjun ini terlihat mulai berkembang dan digarap secara serius oleh Pemerintah. Anda dapat menjadikan air terjun Jumog Jati sebagai dalah satu tempat yang layak untuk digabungkan dengan perjalanan wisata anda ke Karanganyar.

Untuk bisa sampai di air terjun Jumog jati, anda bisa melewati jalan Kemuning-Jenawi maupun dari Batu Jamus-Jenawi. Apabila anda melewati Kemuning, tentu saja anda bisa mampir di perkebunan teh yang menghampar luas untuk sekedar berfoto maupun menikmati keindahan  gunung Lawu.

  1. Air Terjun Ringin Jenggot

Air terjun Ringin Jenggot merupakan wisata air terjun di Karanganyar yang berada di desa Aggrasmanis kecamatan Jenawi, dan letaknya sekitar 2 km dari desa Anggrasmanis. Air terjun Ringin Jenggot masih sangat murni dan belum banyak tersentuh oleh wisatawan. Bahkan untuk sampai di lokasi air terjun anda harus melewati jalan setapak yang masih berupa tanah.

Rencananya kawasan wisata air terjun ini akan dijadikan jalur baru untuk pendakian gunung lawu. Jalur pendakian ini akan dinamakan jalur muksa brawijaya. Karena konon ceritanya jalur ini pernah dilewati oleh Prabu Brawijaya untuk sampai ke puncak gunung lawu. Ketika ini terealisasi, tentu saja keaslian air terjun Ringin Jenggot akan berkurang, jadi segera kunjungi saja, sebelum semuanya terlambat :).

Karakteristik air terjun ini mirip dengan air terjun Sedinding, tidak terlalu tinggi namun terdapat genangan air didasar air terjun. Pancuran air diapit oleh dua tebing berupa tanah yang keras tetapi bukan bongkahan batu. Saya sarankan untuk tidak datang ke air terjun ini ketika sedang turun hujan, karena jalanannya akan menjadi becek dan tidak ada tempat berteduh di sekitar air terjun :).

Baca juga : 9 Destinasi Wisata Gunung Di Jawa tengah yang ‘Crowded’ Saat Libur Panjang

Sekian tadi 9 air terjun di karanganyar yang rata-rata masih baru dan sangat cocok untuk para backpacker karena posisinya yang berada ditengah pedalaman. Anda dapat memilih air terjun mana yang ingin anda kunjungi untuk berlibur. Atau bahkan anda dapat mengunjungi semua air terjun bergantian, karena memiliki karakteristik yang berbeda beda. Sehingga meskipun sama sama air terjun anda tidak akan merasa bosan.


Loading...

Bagikan

Tristianto Nugroho

Penulis

Mahasiswa tingkat akhir yang sedang belajar membaca dan menulis. Banyak menulis tentang tips Android seperti cara memindahkan file, aplikasi dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *