wisata alam kabupaten banyumas

Mampir Yuk ke Wisata Alam Kabupaten Banyumas !!

Wisata alam kabupaten banyumas – Kabupaten Banyumas merupakan kabupaten yang terletak di Jawa Tengah. Beberapa hari yang lalu Kab.Banyumas mengadakan Branding City bertakjub “Better Banyumas”.  Bila kamu datang ke Banyumas lucu bila menggunakan bahasa Jawa ala Surakarta atau Jogja, karena bahasa jawa yang digunakan sudah kasar.

Hal ini disebabkan oleh posisi Banyumas yang dekat dengan Jawa Barat. Sehingga bahasa Jawa ala Jogja/Surakarta tidak berlaku disini. Namun tidak ada salahnya bila kamu gunakan bahasa Jawa ala Jogja, justru akan sangat disegani bagi orang Banyumas.

Bagi orang Banyumas melihat gaya bahasa Jawa ala Solo/Jogja terlihat sangat halus atau sopan. Disisi keunikan bahasa Jawa versi Banyumasan, daya tarik wisata juga patut kamu kenali. Yuk intip!

Wisata Alam kabupaten Banyumas

1. Baturraden

wisata alam kabupaten banyumas

Baturaden merupakan kecamatan yang ada di utara Banyumas. Terletak dibawah kaki Gunung Slamet membuat kawasan Baturaden disebut The Peak Of Banyumas. Disini banyak sekali hal yang wajib kamu kunjungi. Mulai dari Pancuran Pitu, Pancuran Telu, Telaga Sunyi, Curug Penganten, Kebun Raya Baturaden, Curug Carang, Curug Telu, Curug Bayan, dan masih banyak lagi.

Masalah penginapan jangan khawatir, banyak penginapan disini dan harganya terjangkau. Baik dalam bentuk Hotel berbintang maupun sekelas hostel backpacker. Baturaden merupakan wisata alam kabupaten banyumas paling populer dan sering dikunjungi.

2. Curug Cipendok

wisata alam kabupaten banyumas

Curug Cipendok terletak di Desa Karang Tengah, Kec. Cilongok, Banyumas. Merupakan air terjun tertinggi di Banyumas, ketinggiannya mencapai 90 M. Di tempat ini cukup lengkap fasilitasnya karena dijaga oleh pihak Dinas Pariwisata Kab. Banyumas. Kalau kamu main kesini bawa budget yang banyak. Biasanya harga makanan disana mahal.

Loading...

3. Mendaki Gunung Slamet

wisata alam kabupaten banyumas

Gunung Slamet merupakan gunung yang terletak diantara 5 Kabupaten yaitu Kabupaten Brebes, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Tegal.  Sebenarnya ada 4 jalur pendakian dan salah satunya ada di Banyumas tepatnya di Baturaden. Kamu merogoh kantong kurang lebih 100 K, dan untuk yang lebih hemat bawalah teman yang banyak.

Sebenarnya wisata alam kabupaten banyumas itu banyak banget, namun kalau dijelasin satu persatu bakal panjang. Jadi dibawah ini akan bahas Wisata Religi. Untuk postingan selanjutnya saya akan posting Wisata

Wisata Religi Banyumas

1. Masjid Sakatunggal

Masjid Sakatunggal merupakan masjid pertama se-Banyumas. Didirikan pada tahun 1288 sesuai tertulis di tiang tunggal. Masjid sakatunggal terletak di Desa Cikakak, Kec. Wangon, Kab. Banyumas. Aksesnya tidak terlalu sulit, dan banyak pedagang makanan disana. Di Masjid Cikakak lebih dari 1000 monyet hidup dan seringkali berkunjung menyapa visitors  di Masjid Sakatunggal.

2. Gua Maria Kaliori

wisata alam kabupaten banyumas

Meskipun agama mayoritas Banyumas adalah Islam, ternyata Banyumas memiliki banyak keragaman agama. Mulai dari Katolik, Kong Hu Chu, Kristen, bahkan umat Budha dan Hindu juga ada.  Area ini memiliki luas 5.6 Hektar, jadi memiliki fasilitas seperti pendopo dan taman.

Patung Bunda Maria yang ada di Gua Kaliori ini diberkati khusus oleh Paus Paulus II. Selain patung Bunda Maria ada juga ptung patung Malaikat  yang menghiasi gua ini, semoga kalau kamu berkunjung mendapat ketenangan jiwa disini.

Postingan selanjutnya akan membahas Wisata Kuliner dan Wisata Wahana Keluarga! WAIT FOR THE NEXT!


Loading...

Bagikan

Sali

Penulis

Seorang pelaja yang suka ngeblog

Komentar

    Avatar

    langnusa

    ( - 07:01)

    Wah tetangga kabupaten saya tuh… saya Banjarnegara mas…

      Sali

      Sali

      ( - 07:34)

      Salam Ngapak mas langnusa, Banjarnegara sebelah mana mas? mbok saya mampir ntar hehhe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *