https://www.klikmania.net/objek-wisata-cibodas/

Wisata Ayunan Ekstrem yang Instagramable dan Memacu Adrenalin di Indonesia

Wisata Ayunan Ekstrem yang Instagramable – Di Indonesia semakin banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Jika dulu hanya Bandung yang memiliki banyak wisata alam terkenal. Kini semakin banyak daerah lain yang membuka destinasi wisata seperti ini.

Jawa Tengah termasuk daerah yang kini wisata alamnya sudah berkembang. Banyak sekali tempat wisata dengan spot menarik.

Wisata ayunan ekstrem di tempat wisata alam sekarang ini sedang hits. Terlihat dari banyaknya postingan pemilik akun Instagram dan blog-blog travel.

Anda ingin mengunjungi tempat-tempat yang memiliki wahana ayunan ekstrem tapi sangat instagramable? Mari lihat informasi tentang tempatnya pada artikel ini.

Wisata Ayunan Ekstrem yang Instagramable

Boomingnya tempat wisata dengan ayunan-ayunan ekstrem yang berada di atas bukit atau tempat tinggi lainnya dimulai sekitar setahun yang lalu. Di saat itu ada banyak orang yang memposting foto sedang berada di ayunan  tinggi. Hingga akhirnya viral sehingga banyak yang ingin mencoba.

Apabila Anda juga tidak mau ketinggalan eksis dan ingin menaiki ayunan-ayunan ekstrem. Maka bisa simak daftar tempat wisata ayunan ekstrem di bawah ini.

1. Ayunan di Kalibaya Park

Wisata Ayunan Ekstrem
Via kompasiana.com

Kalibaya Park merupakan tempat wisata di Brebes yang belakangan ini banyak menjadi perbincangan. Oleh karena termasuk tempat yang memiliki wahana ayunan ekstrem. Selain terkenal dengan bawang merah dan telur asinnya, nama Brebes kini lebih terkenal berkat Kalibaya Park. Tempat dimana ayunan yang Instagramable tapi menyeramkan itu berada.

Oleh karena berada di kawasan pegunungan maka semakin membuat sensasi berlibur di daerah ini lebih seru. Untuk dapat masuk ke Kalibaya Park maka Anda harus mau melewati jalanan yang berbelok-belok.

Loading...

Anda akan melewati sebuah kawasan hutan Gunung Lio yang penuh dengan pohon pinus. Ketika sudah sampai ke daerah taman ini maka Anda langsung bisa mencari tempat keberadaan ayunan ekstrem tersebut.

Wahana ayunan ini bernama Ayunan Angkasa. Beda dengan ayunan pada umumnya yang memiliki tempat duduk, jika Anda menaiki ayunan ini maka Anda harus berani bergelantungan di ketinggian yang lumayan.

Jadi Anda sama sekali tidak akan duduk melainkan berdiri dan berayun-ayun di sebuah tali tambang. Tali ini diikatkan ke sebuah pohon. Oleh karena sangat menantang maka lebih baik Anda memiliki mental yang kuat sebelum mencoba ayunan ini.

Sebelum naik ke ayunan maka Anda harus memakai berbagai perlengkapan keamanan. Sesudah itu tali akan diayun-ayunkan oleh petugas sehingga bergerak menjauhi lereng bukit dan kembali lagi. Pasti Anda akan berteriak-teriak ketakutan sekaligus merasakan keseruan dengan melihat pemandangan yang indah.

2. Ayunan di Watu Jaran

Wisata Ayunan Ekstrem
Via wisataindo05.blogspot.com

Tempat wisata Watu jaran ini berada di daerah Kulon Progo. Ayunan ekstrem yang berada di sini bernama Ayunan Langit. Berada di ketinggian 800 meter sehingga akan membuat adrenalin Anda naik.

Ketika berayun di ayunan ini maka Anda bisa melihat sekeliling dengan pemandangan yang indah. Oleh karena banyaknya pepohonan maka warna hijau yang menyejukkan mata akan membuat Anda merasa bebas.

Selain itu dari atas Anda juga bisa melihat daerah Purworejo dan daerah lainnya. Seperti Bandara Kulon Progo dan Perbukitan Menoreh.

Jika beberapa ayunan ekstrem yang terdapat di akun-akun Instagram atau blog traveller hanya permainan angle kamera. Maka ayunan ini memang benar-benar ada di atas ketinggian. Selain berada di atas tebing dengan tinggi 800 meter, tiangnya yang tingginya 10 meter membuat suasana semakin “mencekam”.

Jika ingin merasakan ayunan ini maka datang pada jam bukanya, yaitu dari pukul 07.00 pagi sampai 05.00 sore. Jika datang pagi-pagi tentunya akan terasa lebih menyenangkan karena udaranya yang sejuk. Kemudian pemandangannya pun pasti akan terlihat lebih indah terutama jika masih diselimuti oleh kabut.

Untuk masuk ke daerah ini maka Anda harus membayar 30 ribu rupiah. Sudah termasuk tiket masuk, tiket parkir, dan bisa menikmati semua wahana.

3. Ayunan di The Lodge Maribaya

Wisata Ayunan Ekstrem
Via kesiniaja.com

Kali ini kita pindah ke daerah Bandung yang memang sudah punya banyak destinasi wisata terkenal. Nama ayunan ekstrem yang ada di sini adalah “Sky Swing”. Meski namanya cukup seram tapi sebenarnya ayunan ini tidak terlalu menyeramkan. Oleh karena tingginya tidak seberapa.

Dibandingkan dengan ayunan lain yang dibahas di sini, ini adalah ayunan yang terlihat paling “aman”. Oleh karena jika dilihat secara langsung, tempatnya tidak terlalu tinggi hanya sekitar 4 meter.

Namun karena permainan angle kamera saja yang membuatnya terasa menyeramkan. Meski demikian, tetap saja memacu adrenalin bagi yang takut dengan ketinggian.

Ketika menaiki ayunan ini maka Anda akan melihat hamparan pohon pinus di bawahnya. Sehingga hasil foto akan terlihat lebih menarik dan indah.

Apabila Anda ingin mengunjunginya tapi belum tahu dimana letak The Lodge Maribaya. Maka ini dia alamatnya, Jl Maribaya Timur KM 6 Kampung Kosambi di Cibodas, Lembang, Bandung Barat. Mudah sekali untuk ditemukan.

Baca juga : 7 Objek Wisata di Cibodas yang Perlu Dinikmati (Bukan hanya Kebun Raya Cibodas)

Selain mencoba ayunan, Anda bisa melakukan berbagai kegiatan outbound di sini. Oleh karena memang tempatnya. Oleh karena dikelilingi hutan pinus maka tidak heran jika suasananya sangat menyegarkan dan menyenangkan.

Untuk masuk ke sini Anda hanya harus membayar tiket masuk seharga 15 ribu rupiah. Namun untuk naik Sky Swing Anda harus membayar lagi seharga 25 ribu rupiah.

4. Ayunan di Bukit Cekong

Wisata Ayunan Ekstrem
Via travelingyuk.com

Katanya ini adalah wisata ayunan ekstrem di Indonesia yang paling menyeramkan dan mendebarkan. Oleh karena ayunannya ini ditempatkan di atas jurang yang tingginya 150 meter jika dihitung dari dasar. Sedangkan jika diukur dari permukaan laut maka ketinggiannya adalah 1000 meter.

Nama ayunan ini adalah “Swing Extreme” yang memang sesuai dengan kondisinya. Hanya orang-orang berjiwa pemberani yang pastinya mau menaiki ayunan ini. Anda termasuk yang pemberani? Jika ingin naik ke ayunan ini maka harus membayar 15 ribu rupiah.

Tidak perlu khawatir akan keselamatan Anda karena pastinya semua pengunjung akan diberikan peralatan pengamanan. Semuanya sesuai dengan prosedur keamanan yang ada. Setiap orang yang akan naik ayunan ini akan diikatkan harnes ke tubuhnya dan dihubungkan ke pohon pinus.

Ayunan ini tepatnya terletak di puncak Bukit Cekong yang ada di Enrekang Sulawesi Utara. Ketika berada di atasnya maka Anda bisa sambil melihat pemandangan Gunung Nona. Dengan pemandangan yang ada, tempat liburan ini terlihat sangat eksotik.

Selain ada Swing Extreme, di sini juga terdapat wahana lain yang tidak kalah menegangkan. Seperti teras pohon yang merupakan “teras” yang berada di atas sebuah pohon pinus dengan ukuran 4 x 4 meter. Ketika naik ke sini maka Anda harus menggunakan alat keamanan untuk mengikat tubuh. Umumnya tempat ini dijadikan tempat selfie bahkan foto prewedding.

Lalu ada wahana flying fox, game outbound yang tidak kalah menyenangkan dan memacu adrenalin. Anda berani untuk naik ayunan ini?

5. Ayunan di Coban Rais Malang

Ayunan di Coban Rais Malang
Via hargaterbaruu.xyz

Tempat wisata alam bernama Bukit Bulu Coban Rais di Malang juga memiliki ayunan ekstrem yang menantang. Tempat wisata ini ada di Kota Batu yang sekarang telah disulap menjadi kota wisata.

Bukit Bulu Coban Rais merupakan tempat wisata alam yang memiliki banyak sekali spot menarik. Ada yang lucu, indah, dan menegangkan. Jika ingin yang indah tapi sedikit menyeramkan, Anda bisa mencoba Ayunan Langit-nya. Ketika di atasnya Anda akan serasa terbang di atas sebuah jurang.

Meski menyeramkan tapi akan menjadi spot foto yang Instagramable sekali. Untuk menaikinya, Anda harus membayar 10 ribu rupiah saja.

Awalnya tempat ini hanya berupa air terjun yang bisa didatangi setelah menyeberang sungai yang banyak. Namun telah disulap jadi tempat wisata. Beberapa wahana lain yang sama-sama bisa menantang adrenalin antara lain.

  • Hammock

Anda bisa mencoba duduk di hammock bertingkat yang diikatkan pada dua batang pohon. Untuk menaikinya ada tangga kayu yang ditanam di pohon. Cukup memacu adrenalin karena Anda harus memanjat pohon yang lumayan tinggi dulu.

  • Karung Gantung

Wahana ini hampir mirip dengan flying fox tapi duduk di sebuah ayunan kain. Jadi menggabungkan antara ayunan dan flying fox. Meski berada di ketinggian tapi wahana ini termasuk yang paling membuat kita bisa merasa nyaman.

  • Skybike

Mengayuh sepeda di jalanan sudah biasa, jika mau yang beda maka coba ini. Sebuah wahana sepeda gantung yang berada di atas sebuah tali. Sama seperti menaiki sepeda biasa, Anda harus mengayuh pedal sepeda agar berjalan tapi bedanya tempatnya ada di udara.

Selain itu banyak spot selfie bagi Anda yang suka sekali mengambil foto dan mempostingnya di social media.

Itulah dia berbagai wisata ayunan ekstrem di Indonesia yang bisa Anda coba. Siapa yang berani?


Loading...

Bagikan

Avatar

Penulis

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *