Wisata Bahari belitung

Menakjubkan, Inilah 8 Pulau Andalan Wisata Bahari di Negeri Laskar Pelangi Belitung

Pulau Belitung yang terkenal sebagai Negeri Laskar Pelangi mempunyai banyak sekali potensi wisata dari kekayaan alamnya, terutama wisata bahari.

Kekayaan alam bahari inilah yang membuat Pulau Belitung menjadi semakin terkenal pasca kemunculan film Laskar Pelangi.

Baca : Inilah 9 Hal Menarik Tentang Belitung Si Negeri Laskar Pelangi

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Belitung, kebanyakan tujuan utamanya adalah berwisata ke pantai yang berada di pesisir Pulau Belitung.

Wisata Bahari Belitung

Selain pantai yang berada di sepanjang pesisir Pulau Belitung. Negeri Laskar Pelangi ini nyatanya juga memiliki beberapa pulau-pulau kecil yang berada tidak jauh dari Pulau Belitung sebagai pulau induknya.

Terdapat banyak sekali pulau kecil yang mengelilingi Pulau Belitung di sisi barat maupun timur. Namun untuk kegiatan pariwisata, saat ini baru beberapa pulau di sisi barat Pulau Belitung saja yang sudah mulai dibuka.

Pulau-pulau ini tentu memiliki keindahan yang tidak kalah menarik dengan pantai-pantai yang ada di Pulau Belitung. Penasaran dengan pulau-pulau tersebut? Berikut 8 pulau yang menjadi andalan destinasi wisata bahari di Belitung.

1. Pulau Kelayang

Goa Batu
Goa Batu Pulau Kelayang

Pulau Kelayang merupakan pulau kecil yang letaknya tepat di utara dari Pantai Tanjung Kelayang. Pulau Kelayang ini termasuk dalam wilayah Desa Keciput, Kecamatan Sijuk.

Loading...

Akses menuju ke pulau ini hanya dapat digunakan perahu dengan penyebrangan melalui dermaga Pantai Tanjung Kelayang.

Belum ada fasilitas umum yang dibangun di pulau ini, namun untuk keindahannya sebagai destinasi wisata bahari pulau ini tidak perlu diragukan lagi.

Terdapat beberapa spot wisata yang ada di Pulau Kelayang, yaitu goa batu, telaga bidadari, dan pesisir pantai yang ada disepanjang Pulau Kelayang. Goa Batu ini merupakan bongkahan batu-batu granit dengan ukuran besar.

Seperti yang kita ketahui bahwa batu granit ini merupakan ciri khas dari karakteristik wilayah yang ada di Belitung.

Batu-Batu yang ada di Pulau Kelayang ini tersusun sedemikian rupa oleh alam hingga membentuk menyerupai goa, sehingga sering disebut dengan goa batu.

Telaga bidadari ini merupakan perairan yang terbentuk dari adanya pasang surut air laut. Saat terjadi pasang, air laut akan mengisi cekungan dari susunan bongkahan batuan di Pulau Kelayang. Sehingga terbentuk peraian yang menyerupai telaga.

Tempat ini dikatakan sebagai telaga bidadari karena keindahan warna-warni efek cahaya matahari yang masuk melalui celah-celah batuan. Selain itu, air yang ada di telaga bidadari ini juga sangat jernih dan bersih.

2. Pulau Batu Burung Garuda

Pulau Batu Garuda
Pulau Batu Garuda

Pulau Batu Burung Garuda ini merupakan sebuah pulau kecil dengan bongkahan batuan granit yang cukup besar diatasnya. Bongkahan batuan yang ada di pulau ini berbentuk layaknya burung garuda dengan paruhnya yang runcing memanjang.

Karena bentuk batuannya inilah pulau ini disebut dengan Pulau Batu Garuda. Pulau ini akan nampak seperti burung garuda saat dilihat dari kejauhan.

Pulau Batu Garuda ini letaknya sangat berdekatan dengan Pulau Kelayang, bahkan sebenarnya terhubung oleh batuan karang. Meskipun terhubung, wisatawan tidak dapat berjalan menelusuri batuan ini untuk berpindah dari pulau sat uke pulau lainnya.

Apabila datang ke pulau ini, kita dapat menelusuri bongkahan batuan sampai ke bagian puncak batu burung garuda. Diperlukan nyali yang besar untuk mencoba menelusuri batuan ini mengingat sulitnya medan agar dapat sampai di puncak batu burung garuda.

3. Pulau Batu Belayar

Wisata Bahari
Pulau Batu Berlayar via pedomanwisata

Sama seperti Pulau Batu Burung Garuda. Asal usul penamaan Pulau Batu Berlayar ini juga karena bentuknya menyerupai batu yang seolah-olah berlayar di lautan.

Pulau ini letaknya tidak jauh dari kedua pulau sebelumnya dan masih masuk dalam wilayah Desa Keciput, Kecamatan Sijuk.

Hanya perahu tertentu saja yang dapat memasuki sampai ke tepian pulau ini mengingat dangkalnya terumbu karang yang ada disekitar pulau.

Di Pulau Batu Berlayar ini terdapat batuan-batuan besar yang menjulang tinggi. Batuan inilah yang dari kejauhan terlihat seperti batu berlayar. Terlebih lagi saat terjadi pasang tertinggi sampai beberapa daratan di pulau ini tertutup air laut.

Keunikan dari pulau ini sebagai destinasi wisata bahari kurang lebih sama seperti Pulau Batu Garuda, yaitu cocok sebagai spot foto-foto untuk para wisatawan dengan latar belakang batuan granit ciri khas Belitung.

4. Pulau Kepayang

Pulau Kepayang
Pulau Kepayang via 1001malam

Pulau Kepayang juga merupakan salah satu pulau kecil yang berada di wilayah Desa Keciput, Kecamatan Sijuk. Letaknya memang sedikit lebih jauh apabila ditempuh dengan perahu yang berangkat dari dermaga Pantai Tanjung Kelayang.

Pulau ini berada di sebelah barat dari Pulau Kelayang. Dilihat dari ukurannya memang pulau ini cenderung lebih besar dari pulau-pulau kecil yang ada di sekitarnya.

Berbeda dengan pulau-pulau sebelumnya, di Pulau Kepayang ini sudah mulai dibangun beberapa fasilitas umum. Di tempat ini sudah ada tempat makan, toilet umum, dan musholanya.

Begitu mendarat di pulau ini, wisatawan akan disajikan dengan hamparan pasir putih yang luas. Sedikit berjalan ke timur akan terlihat nuansa yang berbeda dari pulau ini, yaitu adanya batu karang yang masih dipengaruhi oleh aktivitas pasang surut air laut.

Selanjutnya di bagian lebih ke arah timur lagi, sudah terdapat bongkahan batuan-batuan granit besar sama seperti di pulau sebelumnya. Keindahan inilah yang membuat Pulau Kepayang layak dijadikan destinasi wisata bahari di Belitung.

Cukup menarik memang untuk berpetualang di pulau ini dengan segala keunikannya. Sebagian besar dari pulau ini masih berwujud hutan dengan pohon-pohon besar.

Baru sebatas di sisi barat saja yang sudah mulai dibangun di tempat ini. Biasanya pulau ini sering digunakan sebagai tempat singgah wisatawan untuk makan siang setelah berkeliling di beberapa pulau.

5. Pulau Pasir

Pulau Pasir
Pulau Pasir via indonesia.tripcanvas

Pulau pasir ini merupakan salah satu pulau unik yang ada di Belitung. Letaknya pun tidak jauh dari Pulau Kepayang. Pulau pasir hanyalah pulau kecil dan hanya terdapat pasir lautan saja di dalamnya.

Tempat ini terbentuk dari adanya aktivitas pasang surut air laut. Saat terjadi pasang, Pulau Pasir akan menghilang tertutup oleh air laut dan saat surut pulau ini akan terlihat kembali.

Inilah yang menjadi keunikan dari Pulau Pasir sedabagi destinasi wisata bahari di Belitung. Pemandangan yang indah di Pulau Pasir terbentuk dari butiran pasir bersih yang yang dikelilingi oleh laut lepas.

Selain itu, di Pulau Pasir biasanya juga dapat ditemui beberapa bintang laut yang mendarat di sekitar pulau ini. Pulau Pasir ini layaknya sebuah pulau yang terdampar di tengah lautan dengan berbagai keindahan alamnya.

Untuk dapat berkunjung ke Pulau Pasir diperlukan waktu-waktu yang tepat karena keberadaan pulau ini dipengaruhi oleh pasang surut air laut.

Wisatawan dapat berkunjung ke pulau ini pada sore hari saat air sedang surut. Akses menuju ke tempat ini juga hanya dapat digunakan perahu kecil dari dermaga Pantai Tanjung Kelayang.

6. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas
Pulau Lengkuas via bolehtanya

Sedikit keluar dari gugusan pulau yang saling berdekatan. Pulau Lengkas berada lebih jauh dari beberapa pulau sebelumnya. Letaknya tepat berada di barat laut dari Pulau Belitung.

Pulau Lengkuas berada di dua wilayah administrasi yang berbeda. Bagian utara pulau termasuk wilayah Desa Keciput, sedangkan bagian selatan pulau termasuk wilayah Desa Tanjung Binga.

Untuk dapat menuju ke tempat ini diperlukan waktu kurang lebih 20 menit dari dermaga Pantai Tanjung Kelayang.

Pulau Lengkuas sering dijadikan sebagai icon wisata bahari di Belitung dengan ciri khas keberadaan mercusuarnya. Dahulunya mercusuar ini dibangun untuk mengawasi wilayah perairan di sekitar Pulau Belitung.

Namun saat ini mercusuar sudah dijadikan sebagai cagar budaya. Meskipun sudah lama dibangun, mercusuar ini masih memilliki kondisi yang baik.

Wisatawan yang ingin menaiki mercusuar akan ditarik biaya retribusi dan diharuskan melepaskan alas kaki untuk menjaga kebersihan bagian dalam mercusuar.

Mercusuar di Pulau Lengkuas ini memang cukup tinggi, sehingga wisatawan yang berkunjung dapat melihat sekeliling pulau dari ketinggian.

Pemandangan dari atas mercusuar inilah yang menjadi daya tarik tersendiri untuk wisata bahari di Belitung. Selain adanya mercusuar, terdapat pula spot batuan-batuan granit di sisi pulau yang dapat dijadikan sebagai spot untuk berfoto.

Pulau Lengkuas ini memang memiliki keindahan dari segala sisinya, mulai dari pantai pasir putih, menara mercusuar, batuan granit, sampai pemandangan bawah laut disekitar pulau ini yang cukup menakjubkan.

Terkait fasilitas umum di Pulau Lengkuas ini sudah ada beberapa warung yang didirikan di pulau ini.

7. Pulau Burung

Pulau Burung
Pulau Burung via belitungdreamland

Pulau Burung merupakan pulau kecil berikutnya dari deretan pulau kecil sebagai destinasi wisata bahari. Pulau ini berada di sisi barat Pulau Belitung dan termasuk dalam wilayah Desa Tanjung Binga.

Untuk dapat ke pulau ini, wisatawan dapat berangkat dari dermaga Tanjung Binga. Jarak tempuk dari dermaga sampai ke Pulau Burung kurang lebih membutuhkan waktu 15 menit saja.

Asal usul penamaan Pulau Burung ini yaitu karena bentuk batuan granit di pulau ini yang memiliki bentuk menyerupai burung.

Selain karena bentuk batuannya yang unik, di sekitar pulau ini juga terdapat spot menarik bagi wisatawan, yaitu adanya pepohonan rindang di tepian pantai yang membuat suasana menjadi sejuk.

Bagi yang ingin melihat pemandangan bawah laut, di sekitar pulau ini wisatawan dapat melakukan snorkeling melihat terumbu karang dan menjumpai ikan nemo yang hidup di perairan sekitar pulau.

8. Pulau Leebong

Pulau Leebong
Pulau Leebong via merahputih

Pulau sebagai destinasi andalan wisata bahari yang terakhir di Belitung yaitu Pulau Leboong. Secara administrasi Pulau Leebong termasuk dalam wilayah Desa Pegantungan, Kecamatan Badau.

Tempat ini memang cukup berkembang pesat dengan masuknya perusahaan swasta sebagai pengelola pulau. Berbagai fasilitas lengkap sudah dibangun di pulau ini untuk memanjakan wisatawan yang berkunjung ke Pulau Leebong.

Berbeda dengan pulau sebelumnya, Pulau Leebong ini memang berada jauh di sisi selatan Belitung. Daya tarik yang dimiliki pulau ini, yaitu adanya wahana dan sarana penunjang wisata, seperti rumah pohon, dermaga, dan bahkan wisatawan dapat melakukan tracking dengan sepeda di pulau ini.

Selain itu, bagi wisatawan yang ingin bermalam di pulau ini, pengelola juga menyediakan fasilitas yang cukup memadai, mulai dari camp hingga villa dengan segala fasilitasnya.

Pulau Leebong dapat dijangkau dengan menyewa perahu dari dermaga nelayan Pegantungan. Jarak tempuh pulau ini dari dermaga kurang lebih membutuhkan waktu 20 menit.

Selama perjalanan menuju pulau ini wisatawan juga disuguhkan dengan pemandangan pulau lain yang ada di sekitar Pulau Leebong.

Pihak pengelola sepertinya telah berhasil menjadikan tempat ini sebagai destinasi andalan wisata bahari di Belitung dengan keindahan dan berbagai fasilitas lengkap di dalamnya.


Loading...

Bagikan

Agung Hidayat

Penulis

Penulis, Traveler, Geographer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *