Internet

5 Tempat Wisata Bersejarah di Kota Istanbul yang Wajib Di Kunjungi

Istanbul merupakan salah satu kota yang berada di Negara Turki. Istanbul merupakan pusat perekonomian, budaya, dan sejarah negara Tukri. Kota Istanbul sangat lah istimewa karena berada diantara dua benua yaitu, Benua Asia dan Benua Eropa.

Pembatas diantara kedua benua tersebut adalah Selat Bosphorus yang membelah Kota Istanbul bagian Eropa dan bagian Asia. Kota Istanbul di sisi Eropa merupakan pusat perdagangan dan bangunan-bangunan bersejarah sedangkan Kota Istanbul di sisi Asia merupakan tempat hunian penduduk.

Kota Istanbul merupakan saksi perjalanan sejarah umat Islam dan Umat Kristen yang pada masa dahulu di kota ini lah kekuasaan Islam dan Kristen pernah berkuasa yaitu, Dinasti Ottoman dan Bizantium (Romawi Timur).

Kekuasaan Islam dan Kristen menyisakan tempat-tempat bersejarah yang sampai saat ini kemegehanya masih bisa dilihat. Tidak heran apabila Kota Istanbul menjadi salah satu tujuan utama para wisatawan ketika mengunjungi negara Turki.

Baca juga : Etika Makan di Dunia: Traveler Perlu Tahu Supaya Tidak Membuat Malu

1. Hagia Sophia

Kota Istanbul
Source : https://exploreguidebook.blogspot.co.id/

Pada awalnya, Hagia Sophia merupakan Gereja Ortodoks namun setelah Kontantionopel (nama Kota Istanbul sebelum dikuasai oleh Umat Islam) jatuh dan dikuasai oleh Kesultanan Ottoman, Hagia Sophia berubah fungsi menjadi Masjid Hagia Sophia.

Fungsi Hagia Sophia kembali berubah setelah dibangunnya Masjid Biru yang berada tidak jauh dari Hagia Sophia. Kemudian, Hagia Sophia berubah fungsinya menjadi Museum Hagia Sophia yang menyimpan sejarah peradaban negara Turki.

Bangunan ini merupakan perpaduan antara budaya Islam dan Kristen. Hagia Sophia tidak hanya, menyuguhkan wisata sejarah melainkan juga keindahan arsitekturnya. Jadi, tidak heran apabila bangunan ini menjadi salah satu objek wisata yang sering dikunjungi para wisatawan.

2. Istana Topkapi

Kota Istanbul
Source : https://exploreguidebook.blogspot.co.id/

Istana Topkapi merupakan istana yang dibangun pada masa Sultan Mehmed II tepatnya pada tahun 1459. Istana ini telah menjadi tempat tinggal para Sultan Ottoman lebih dari 400 tahun hingga akhirnya Istana Topkapi saat ini difungsikan sebagai salah satu tempat wisata bersejarah di kota Istanbul, Turki.

Di dalam Istana Topkapi para wisatawan bisa melihat berbagai koleksi porselin, senjata, dan barang-barang peninggalan Kesultanan Ottoman yang lainya. Selain itu, Istana Topkapi pun menyuguhkan pemandangan indah Selat Bosphorus untuk para wisatawan yang berkunjung.

3. Istana Dolmabache

Kota Istanbul
Source : https://exploreguidebook.blogspot.co.id/

Istana Dolmabache terletak di tepi garis pantai Selat Bosphorus tepatnya di Distrik Besiktas, Istanbul, Turki. Istana Dolmabache selesai dibangun pada tahun 1856 dan langsung difungsikan sebagai pusat pemerintahan administratif Kesultanan Ottoman.

Namun, Istana Dolmabache kini difungsikan sebagai tempat wisata bersejarah yang merupakan bagian dari bangunan warisan nasional Turki. Didalam Istana ini, terdapat beragam koleksi mewah Kesultanan Ottoman.

Di dalam Istana Dolmabache terdapat koleksi lampu gantung kristal Bohemian terbesar di dunia. Bagi Anda yang berniat berkunjung ke Istanbul, jangan lewatkan untuk mengunjungi Istana Dolmabache.

4. Basilica Cistern

Kota Istanbul
Source : https://exploreguidebook.blogspot.co.id/

Basilica Cistern dibangun pada masa pemerintahan Romawi Timur. Basilica Cistern difungsikan sebagai tempat persediaan air untuk Istana Konstantinopel dan Istana Topkapi. Namun sebelum menjadi tempat persediaan air, Basilica Cistern merupakan sebuah gereja kemudian berubah menjadi tempat persediaan air.

Selain sejarahnya yang menarik, Basilica Cistern juga merupakan lokasi syuting beberapa film Hollywood seperti, James Bond: From Russia with Love (1963).

5. Masjid Biru

Kota Istanbul
Source : https://exploreguidebook.blogspot.co.id/

Masjid yang terletak di kota Istanbul ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Kota Istanbul. Sebenarnya nama asli masjid ini adalah Masjid Sultan Ahmet namun lebih dikenal dengan nama Masjid Biru karena dinding interior masjid ini dihiasi oleh keramik berwarna biru.

Masjid Biru dibangun pada masa pemerintahan Sultan Ahmed I tepatnya pada tahun 1616. Masjid ini memiliki perpaduan gaya aristektur Islam dan Ottoman Klasik. Ciri khas masjid ini yaitu banyak kubah yang bertumpuk diatasnya serta terdapat menara dikedua sisinya.

Hingga saat ini, Masjid Biru masih difungsikan sebagai masjid untuk melaksanakan kegiatan keagamaan. Untuk Anda yang berkunjung ke Istanbul jangan melewatkan untuk melaksanakan shalat di masjid yang bersejarah ini.

Nah…itulah 5 tempat wisata bersejarah di Kota Istanbul yang wajib kalian kunjungi travellers. Tentunya 5 tempat wisata itu menyuguhkan kesan yang tidak akan bisa dilupakan ketika berkunjung ke kota Istanbul.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close