Internet

Wisata Kuliner ‘Jadoel’ di Kota Solo yang Wajib Dikunjungi

Berkunjung ke suatu daerah tentu saja belum lengkap apabila belum mencoba wisata kuliner yang khas. Di kota Surakarta atau lebih sering disebut Solo, ada cukup banyak wisata kuliner yang bisa anda coba. Nah, dari sekian banyak wisata kuliner di kota Solo, anda wajib untuk mencoba wisata kuliner yang sudah ada sejak jaman dulu alias ‘Jadoel’. Berikut ini 9 tempat wisata kuliner ‘Jadoel’ di Kota Solo

  1. Es Dawet Telasih Pasar Gede

    wisata kuliner
    Via madideasofminewordpress

Wisata kuliner di kota Solo, Jawa Tengah ini perlu dicoba. Kuliner Dawet Telasih ini sesuai namanya, dijual didalam komplek toko Pasar Gede dan sudah ada sejak tahun 1930-an. Dengan harga Rp 8.000,- anda sudah bisa menikmati kesegaran es yang terdiri dari bubur ketan hitam, bubur sumsum, tape ketan, cendol hijau, biji telasih dan disiram kuah santan, gula jawa serta es batu.

Rasa manis yang tidak terlalu kental dipadu dengan kesegaran nangka akan menyegarkan tenggorokan anda saat cuaca panas. Lapak Dawet Telasih di Pasar Gede ini tak pernah sepi pengunjung. Hampir semua kalangan mulai dari masyarakat hingga presiden Jokowi menyukai kesegaran Dawet Telasih ini.

Jadi jangan heran jika anda berkunjung namun tidak kebagian bangku tempat duduk, karena menikmati dawet telasih sambil berdiri dan ditemani lalu lalang pengunjung pasar merupakan sensasi tersendiri berwisata kuliner di pasar Gede. Setiap harinya Es Dawet Telasih ini mulai buka pukul 08.00 sampai 15.00 WIB.

  1. Wisata Kuliner Sego Kalong

Tempat wisata kuliner ini menawarkan konsep jaman dahulu (jadul). Tema restorannya yang unik dan penuh kesederhanaan disertai ornamen hitam putih menjadi daya tarik tersendiri bagi restoran ini. Menu yang disuguhkan bervariatif terdiri dari berbagai sayur mayur dan lauk pauk jaman dahulu kala.

Yang menjadi khas adalah nasi yang disediakan terdiri dari nasi merah, nasi putih dan nasi tiwul yang ditempatkan di bakul. Untuk lauknya terdiri dari tempe dan tahu goreng, tempe dan tahu bacem, ayam goreng lengkuas, bakwan, wader goreng, gereh, ikan asin dan masih banyak lagi. Kita dibebaskan untuk memilih sesuai selera karena sistem prasmanan. Selain itu, piring makan dan gelas minumnya terbuat dari gerabah.

Seporsi sego kalong dihargai Rp 15.000,- sampai Rp 25.000,- sesuai lauk yang anda gunakan. Menyantap sego kalong ditemani alunan musik keroncong akan membawa anda terbang ke masa jaman dahulu. Yang menjadi primadona di Sego Kalong adalah Cabuk Rambak dan menu ketannya yang bisa diberi topping apa saja seperti susu, oreo, keju dan durian. Wisata kuliner satu ini sangat cocok bagi anda yang ingin bernostalgia ke jaman dahulu.

  1. Sate Kambing Pak Manto

    wisata kuliner
    Via parmantowordpress

Sate kambing ini terletak di dekat Pasar Kembang Solo. Berbagai menu kambing seperti sate kambing, sate buntel, tengkleng, rica, tongseng, gule dan tulang sumsum tersaji di warung sate ini. Menu andalannya adalah tengkleng dan sate buntelnya. Satu porsinya berkisar antara Rp 40.000,- sampai Rp 50.000,-. Namun jangan khawatir, satu porsinya dapat disantap 2-3 orang.

Bumbu tengklengnya mantap, wajib dicoba karena akan bikin kamu ketagihan. Tengkleng Pak Manto berbeda dengan tengkleng Solo kebanyakan yang memiliki kuah encer, tengkleng ini dimasak menggunakan kuah santan dan mengandung banyak kecap. Selain itu ditambah cabai dan lada yang memberikan sensasi pedas dimulut dan hangat di tubuh.

Kambing yang digunakan adalah kambing muda tanpa menggunakan kepalanya. Jadi jangan khawatir karena dagingnya akan alot. Sensasi daging lembut dengan sesekali menyruput kentalnya sumsum tulang menjadi sensasi tersendiri menyantap olahan kambing. Warung sate ini mulai buka pukul 06.30 sampai 19.00. Meskipun pelanggannya sudah dari berbagai daerah namun warung sate pak Manto ini tidak membuka cabang.

  1. Selat Viens’s

    wisata kuliner

Selat Vien’s merupakan salah satu destinasi wisata kuliner yang terletak di dekat pasar Nongko, Solo. Lokasinya tidak jauh dari stasiun Solo Balapan. Selat Vien’s menyediakan 2 varian selat yaitu daging cacah dan daging iga. Cukup dengan harga Rp 8.000,- sampai Rp 10.000 anda sudah bisa menikmati kelezatan daging, acar, sayur dan kuahnya yang khas. Harga yang cukup bersahabat bukan?

Selain selat, Selat vien’s juga menyuguhkan berbagai macam sup seperti sup pengantin, sup matahari, sup galantine, sup macaroni dan soto. Selat Vien’s buka mulai buka pukul 08.00-18.00 WIB namun akan selalu ramai dan disesaki pengunjung. Pelayanan di warung selat Vien’s cukup sigap dan professional jadi anda tidak perlu khawatir menunggu lama. Jika anda ingin menikmati sajian salad orang jawa, warung selat Segar dan Sup Matahari Viens bisa jadi tujuan wisata kuliner anda sekeluarga.

  1. Wisata Kuliner Galabo Solo

    wisata kuliner

Gladag Langen Bogan merupakan tempat wisata kuliner malam di kota Solo dan mulai diresmikan pada tahun 2008. Galabo ini terletak di depan Pusat Grosir Solo (PGS) atau selatan Benteng Vastenburg. Tempat ini sangat cocok digunakan untuk menghabiskan malam anda bersama orang terkasih.

Galabo Solo menawarkan berbagai kuliner legendaris kota Solo seperti soto gerabah, nasi goreng, nasi liwet, gudeg ceker, sate kere, tengkleng, mie ketoprak, wedang ronde, wedang dongo dan berbagai sajian kuliner lainnya disepanjang jalan PGS.

Anda dapat mengunjungi Galabo Solo ini mulai pukul 17.00-05.00 WIB. Selain sajian makanan anda juga akan ditemani oleh alunan music jazz, keroncong atau tembang-tembang yang sedang populer serta dapat menikmati fasilitas wifi Cuma-Cuma. Jangan khawatir karena harga yang ditawarkan terjangkau dan tidak lebih mahal dari makanan sejenis ditempat lain.

  1. Serabi Notosuman

Wisata kuliner ini sudah sangat terkenal karena sudah beroprasi sejak tahun 1923. Cemilan khas Solo ini wajib dicoba karena cocok untuk dijadikan teman minum teh dan kumpul bersama keluarga. Panganan ini terbuat dari campuran tepung beras dan santan yang dimasak dalam tungku – tungku kecil. Rasa santal yang gurih menjadi sensasi pertama gigitan serabi notosuman ini.

Teksturnya padat namun rasanya lembut di mulut.. Berbeda dengan penjual serabi kebanyakan yang menyediakan berbagai varian rasa,  serabi ini menyediakan 2 varian rasa yaitu original dan coklat. Untuk rasa original 10 buah dibandrol dengan harga Rp 25.000,- dan untuk rasa coklat dibandrol dengan harga Rp 35.000,-. Keunikan dari serabi ini adalah pad acara membungkusnya.

Sebelum dimasukkan kedalam box kardus, serabi akan digulung satu persatu menggunakan daun pisang sehingga tidak akan menempel satu sama lain. Selain itu juga ketika anda menyantapnya tidak akan meninggalkan rasa lengket ditangan. Nah, jika kamu berminat, tinggal kunjungi saja gerainya di Jl. Mohammad Yamin No. 28 Surakarta..

  1. Sate Mbok Galak

Warung sate mbok Galak merupakan salah satu wisata kuliner di kota Solo kesukaan Presiden Jokowi. Warung sate ini memang agak jauh dari kota, letaknya dekat dengan terminal Bus Tirtonadi. Warung sate ini menyediakan berbagai menu olahan kambing seperti sate kambing, sate buntel, tongseng, gule dan tengkleng.

Namun yang menjadi primadona adalah sate kambing, sate buntel dan tongseng kambingnya. Sate buntel merupakan menu favorit Jokowi. Sate ini terbuat dari daging kambing cacah yang dibungkus dengan lapisan lemaak tipis. Karena ukurannya yang tebal dan besar, biasanya sate ini disayat agar bagian dalamnya matang. Sate buntel ini nantinya akan disajikan dengan kecap, irisan kol, bawang merah dan cabe rawit.

Aroma lemak yang terbakar akan menggugah selera makan anda. Jika anda berkunjung ke warung sate ini cobalah menu tengkleng yang menjadi menu andalannya. Tengkleng kambing yang dimasak dengan kuah santan serta bumbu-bumbu local akan menjadi sup yang enak. Selain sate buntel dan tengklengnya, sate kambing juga tak kalah enak. Potongan daging yang besar namun tetap empuk, serta sudah tidak tercium bau prengusnyta kambing. Warung sate ini buka mulai pukul 06.00 sampai malam, tapi akan selalu ramai oleh para pengunjung.

  1. Sate Kambing Hj. Bejo

Solo memang banyak sekali menyajikan destinasi wisata bagi para pecinta olahan kambing. Ya, sate kambing Hj. Bejo juga merupakan salah satu wisata kuliner yang disukai presiden Jokowi. Warung sate kambing ini terletak di daerah Loji wetan, Pasar Kliwon dan sudah berdiri sejak 45 tahun yang lalu.

Seperti warung sate kambing yang lain, warung ini menyediakan olahan sate kambing, tengkleng, tongseng, gule dan sate buntel. Yang menjadi ciri khas dari warung sate ini adalah kambing yang digunakan kambing muda dan berukuran besar. Jadi daging yang dihasilkan memiliki tekstur empuk serta banyak lemak. Sate kambing Hj. Bejo menjadi primadona di warung ini karena rasanya gurih dan memiliki ukuran yang besar. Selain itu juga tidak ada bau prengus sedikitpun.

Tengkleng yang disajikan dengan kuah kentalnya juga memiliki rasa yang nendang. Selain itu, juga ada nasi goreng yang dipadukan dengan daging kambing yang menjadikannya khas. Nah warung sate ini mulai buka pukul 08.00-15.00 WIB dan tidak pernah sepi oleh pengunjung. Harga seporsi olahan kambing sangat bervariasi yaitu mulai Rp 40.000,- sampai Rp 60.000,-. Selain olahan kambing, juga terdapat minuman jamu khas Solo yaitu kunir asem dan beras kencurnya. Cukup menarik bukan untuk mencicipi kuliner si kota Solo J

  1. Wisata Kuliner Soto Gading

    Wisata Kuliner

Soto gading, merupakan destinasi wisata kuliner di kota Solo. Soto ini selalu menjadi langgaran Presiden Jokowi dan para pejabat-pejabat tinggi Republik Indonesia. Warung soto ini terletak di sebelah selatan Keraton Surakarta dan sudah berdiri sejak tahun 1974.

Soto ini disajikan dengan kuah agak kental dengan warna bening. Rasanya gurih dengan sedikit berlemak dari kaldu ayam. Untuk teman santapnya biasanya ditemani tempe, tahu, empal, sate uritan, brutu, prekedel, sate kerang, galantine, aneka jeroan dan lain sebagainya. Porsi sotonya pas, tidak terlalu sedikit atau terlalu banyak.

Untuk minumannya ditemani segelas teh ginaste (legi, panas, kentel) dengan porsi gelas rumahan menambah kenikmatan menyantapnya. Seporsi soto hanya dihargai Rp 10.000,- per porsi soto dan segelas teh. Sedangkan untuk lauk pauknya mulai harga Rp 1.000,-.

Warung soto gading ini sangat sederhana dan memiliki 3 cabang, namun rasa yang ditawarkan tidak akan berbeda di tiap cabangnya. Sang pemilik akan tetap mempertahankan kesederhanaan warung soto ini dan tidak akan mengubah konsep warung sotonya. Warung soto gading ini buka mulai pukul 05.30-15.30 WIB.

Baca : Inovasi Gudeg Kaleng dan Nikmatnya Gudeg Wijilan Asli Jogja

Sekian tadi 9 Destinasi Wisata Kuliner ‘Jadoel’ di Kota Solo, Silahkan anda siapkan budget sesuai tempat destinasi wisata kuliner yang akan anda tuju. Semua tempat destinasi wisata kuliner di kota Solo dapat diakses dengan mudah, apabila mengalami kesulitan, anda dapat  menggunakan google map untuk mempermudah perjalanan anda.

Selamat berlibur semuanya…


Loading...
Baca selengkapnya

Belajar menulis, saat ini sedang senang menulis tentang gadai BPKB Motor. Menjadi kontributor di beberapa blog, tetapi menulis informasi gadai BPKB motor hanya di blog sendiri.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close