Internet

Inilah 7 Destinasi Wisata Pantai Geopark Belitung

Wisata Pantai Geopark Belitung – Belitung atau biasa juga disebut sebagai Belitong merupakan suatu kepulauan yang berada dekat dengan Pulau Sumatera. Pulau Belitung sangat terkenal dengan keindahan alamnya, terutama pesisir pantainya dengan ciri khas batuan-batuan granit.

Karena keunikan inilah yang membuat pulau nan indah ini dijadikan sebagai geopark Belitung.

Wisata Pantai Geopark Belitung

Geopark sendiri merupakan suatu kawasan dengan unsur geologi dan segala kekayaanya yang dikembangkan untuk meningkatkan fungsi warisan alam beserta seluruh nilai ekologi dan budaya di dalamnya.

Karena sangat erat berkaitan dengan unsur budaya inilah maka masyarakat setempat juga diajak untuk turut berperan serta dalam pengembangan geopark.

Berikut merupakan salah satu keunikan pantai geopark Belitung yang dilihat dari kekayaan alam pesisirnya.

1. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang via jejakpiknik
Pantai Tanjung Kelayang via jejakpiknik

Pantai Tanjung Kelayang merupakan salah satu andalan wisata pantai yang ada di Belitung. Letaknya berada di sisi utara Pulau Belitung, yaitu di Desa Keciput, Kecamatan Sijuk.

Tanjung Kelayang bahkan telah diusulkan sebagai geopark Tanjung Kelayang karena keberadaan beberapa gugusan pulau indah dengan hiasan batuan granit di sekitarnya.

Hal inilah yang membuat Tanjung Kelayang memiliki kekayaan alam yang unik dengan karakteristik unsur geologinya.

Loading...

Terlepas dari itu semua, Pantai Tanjung Kelayang sebenarnya telah dikembangkan oleh pemerintah setempat sejak beberapa tahun terakhir.

Gencarnya promosi wisata Tanjung Kelayang dapat dilihat dari fasilitas penunjang lengkap serta berbagai event yang sering diadakan di Tanjung Kelayang.

Tidak hanya itu saja, Tanjung Kelayang juga merupakan pintu utama untuk dapat mengakses pulau-pulau kecil yang ada di utara Pulau Belitung. Sehingga lokasi ini memang tepat dijadikan sebagai ujung tombak dalam promosi wisata pantai geopark Belitung.

Akses untuk menuju ke Tanjung Kelayang juga sangat mudah. Dari bandara dapat ditempuh dengan perjalanan darat kurang lebih selama 1 jam.

Sedangkan untuk fasilitas penunjangnya, di Tanjung Kelayang sudah ada pendopo, tempat makan, toilet umum, dermaga, serta berbagai macam penginapan.

Penginapan yang ada di Tanjung Kelayang pun tidak mahal, karena wisatawan biasanya menginap di homestay rumah masyarakat setempat yang memang menyediakan jasa penginapan.

2. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi via travel.kompas
Pantai Tanjung Tinggi via travel.kompas

Pantai Tanjung Tinggi juga merupakan salah satu pantai yang cukup terkenal selain Pantai Tanjung Kelayang. Pantai ini berada cukup berdekatan dengan Pantai Tanjung Kelayang.

Tepatnya, berada di Desa Tanjung Tinggi, Kecamatan Sijuk. Nama Pantai Tanjung Tinggi memang cukup mencuat pasca dijadikannya pantai ini sebagai lokasi pengambilan adegan film Laskar Pelangi.

Sama halnya dengan Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Tanjung Tinggi juga gencar diperkenalkan oleh pemerintah untuk mendukung wisata pantai geopark Belitung.

Mulai dari penataan pedagang makanan, lokasi parkir, hingga pembangunan hotel dan resort di sekitar Pantai Tanjung Tinggi.

Keindahan lain yang dimililki Pantai Tanjung Tinggi ini ialah pemandangan saat matahari terbenam. Letak pantai dengan lautan yang tepat berada di sisi barat membuat senja di Tanjung Tinggi menjadi sangat sempurna.

Ditambah lagi dengan kombinasi pepohonan, batuan, pasir, dan ombak tenang di pantai ini seolah menyihir wisatawan untuk selalu datang ke Pantai Tanjung Tinggi.

3. Pantai Siantu

Pantai Siantu via belitung.tribunnews
Pantai Siantu via belitung.tribunnews

Pantai Siantu merupakan pantai di Belitung yang memiliki karakteristik geologi paling berbeda dengan pantai lainnya.

Tidak seperti pantai lain yang dilengkapi dengan batuan granit, Pantai Siantu justru memiliki batuan lava bantal yang merupakan batuan hasil erupsi gunung api. Batuan ini tersusun memanjang sejauh 5 kilometer di bibir Pantai Siantu.

Lokasi pantai ini berada di sisi utara Pulau Belitung dan tidak jauh dari Pantai Tanjung Kelayang maupun Pantai Tanjung Tinggi. Lebih tepatnya Pantai Siantu terletak di Desa Sijuk, Kecamatan Sijuk.

Akses menuju ke pantai ini pun mudah karena memiliki jalur yang sama dengan pantai lainnya di Kecamatan Sijuk.

Adanya batuan lava bantal di Pantai Siantu ini menunjukkan keunikan tersendiri dari sisi geologi di geopark Belitung.

Pasalnya Pulau Belitung sendiri cukup banyak didominasi oleh batuan granit, baik di sisi utara maupun selatannya.

Oleh karena itu, Pantai Siantu juga layak dijadikan sebagai wisata alternatif dengan pemandangan yang berbeda di Belitung.

4. Pantai Batu Bedil

Pantai Batu Bedil via satu-indonesia
Pantai Batu Bedil via satu-indonesia

Pantai Batu Bedil merupakan salah satu dari sekian banyak pantai yang ada di Kecamatan Sijuk. Pantai ini lebih tepatnya berada di Desa Sungai Padang.

Sama halnya dengan pantai lainnya, Pantai Batu Bedil juga memiliki susunan batuan granit yang membentang di seluruh sisi pantainya.

Salah satu yang membedakan pantai ini dengan pantai lainnya adalah adanya suara dentuman bedil akibat adanya lubang pada batu granit besar yang ada disana. Karena menyerupai suara dentuman bedil inilah selanjutnya diberi nama Pantai Batu Bedil.

Sayangnya pantai ini belum memiliki akses dan fasilitas yang baik seperti pantai lainnya. Akses menuju ke lokasi ini pun masih berupa jalan tanah dan belum ada fasilitas penunjang yang dibangun.

5. Pantai Penyabong

Pantai Penyabong via rachmiadinda
Pantai Penyabong via rachmiadinda

Sedikit berbeda dengan pantai lainnya di Belitung. Pantai Penyabong merupakan pantai yang berada di sisi selatan Pulau Belitung. Tepatnya Pantai Penyabong berada di Desa Padang Kandis, Kecamatan Membalong.

Untuk dapat menuju ke tempat ini memang diperlukan waktu yang cukup lama, yaitu berkisar selama 2 jam dari pusat Kota Tanjung Pandan. Selama perjalanan pun akan melewati perkebunan sawit dengan jalan yang cukup berliku.

Meskipun tergolong agak jauh, namun Pantai Penyabong merupakan salah satu pantai terbaik yang ada di Belitung. Jauhnya perjalanan akan terbayarkan dengan keindahan pesisir yang ada di Pantai Penyabong.

Salah satu yang membedakannya dengan pantai lain di Belitung ialah adanya teluk yang berupa batuan granit besar. Tidak hanya itu saja, bongkahan batuan granit lainnya juga turut menghiasi sisi lain dari pantai ini.

Pantai Penyabong sangat cocok untuk wisatawan yang mencari sensasi berbeda di Belitung. Terdapat 3 sisi pantai yang berbeda di Pantai Penyabong ini.

Di sisi selatan yaitu berupa pantai dengan susunan batuan-batuan kecil dan beberapa pepohonan, di sisi timur berupa bongkahan batuan granit sama seperti pantai lainnya di Belitung, dan tentu saja di sisi tengah yang berupa pantai dengan teluk dari batuan granit raksasa.

Keunikannya inilah yang membuat Pantai Penyabong juga turut dikembangkan sebagai wisata pantai geopark Belitung.

6. Pantai Pulau Keran

Pantai Pulau Keran via beliltungisland
Pantai Pulau Keran via beliltungisland

Pantai Pulau Keran merupakan satu-satunya wisata pantai dalam daftar pantai geopark Belitung yang berada di Kabupaten Belitung Timur. Pantai ini merupakan bagian dari Pulau Keran yang berada di Belitung Timur.

Tepatnya pulau ini berada diantara Desa Cendil dan Desa Buding, Kecamatan Kelapa Kampit. Untuk dapat menuju ke tempat ini dapat dengan menyewa kapal milik nelayan sekitar.

Salah satu keindahan yang dimiliki Pantai Pulau Keran ialah hamparan pasir putih yang mengelilingi pulau.

Tidak hanya itu saja, karena di sekitar perairan Pulau Keran ini juga merupakan habitat dari beberapa hewan laut, seperti lumba-lumba, penyu, dan ikan lainnya.

Selain itu, di Pulau Keran juga terdapat budidaya kerang mutiara yang cukup menarik bagi wisatawan asing.

Dengan beberapa keunikan inilah yang membuat Pantai Pulau Keran juga dimasukkan dalam salah satu daftar pantai geopark Belitung.

7. Pantai Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas via @hidayatagung_
Pulau Lengkuas via @hidayatagung_

Sama halnya dengan Pantai Pulau Keran, pantai ini juga berada di daratan yang lain dengan Pulau Belitung. Lebih tepatnya merupakan salah satu gugusan pulau kecil yang ada di sisi utara Pulau Belitung.

Secara administrasi, pulau ini terbelah ke dalam wilayah Desa Keciput dan Desa Tanjung Binga, Kecamatan Sijuk.

Keunikan pantai di Pulau Lengkuas ini karena keberadaan mercusuar di tengah pulaunya dan dikelilingi oleh bongkahan batuan granit di sekitar pulau, terutama batuan yang berada di sisi utara Pulau Lengkuas.

Pulau Lengkuas memang cukup terkenal dan digambarkan sebagai ikon Belitung dengan bentuk mercusuarnya yang khas. Akses untuk dapat menuju ke Pulau Lengkuas ini dapat ditempuh dengan menggunakan perahu nelayan.

Keberangkatannya dapat dimulai dari dermaga di Tanjung Tinggi ataupun Tanjung Binga dengan waktu kurang lebih sekitar 30 menit saja.

Selain keindahan pulaunya, di sekitar pulau ini juga memiliki keindahan alam bawah laut, yaitu kehidupan terumbu karang yang hidup diseputaran Pulau Lengkuas.

Keberadaan Pulau Lengkuas ini seolah menjadi pelengkap dari berbagai keunikan pesisir Pulau Belitung, terutama dalam hal kekayaan pantai geopark belitung.



Loading...

Baca selengkapnya

Penulis, Traveler, Geographer

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *