Internet

Wisata Telaga Warna : Telaga Eksotis yang Menyimpan Cerita Legenda dan Mistis

Jika kita berbicara tentang daerah kabupaten Wonosobo, maka akan tidak ada habisnya. Wonosobo adalah sebuah daerah yang terletak di provinsi Jawa Tengah. Wonosobo ini terkenal sebagai kabupaten yang memiliki banyak sekali tempat wisata yang bernuansa alam. Contohnya dataran tinggi dieng, telaga menjer, kawah sikidang, wisata telaga warna, dan lain-lain.

Letak kabupaten Wonosobo yang berada di daerah pegunungan atau dataran tinggi membuat tempat-tempat wisata yang ada di daerah ini memiliki suhu yang cukup dingin bagi orang yang terbiasa hidup dan tinggal di tempat yang memiliki suhu yang hangat seperti di kota besar maupun pesisir pantai.

Nah, kali ini kita akan membahas salah satu tempat wisata yang ada di kabupaten Wonosobo. Tempat wisata alam yang akan kita bahas adalah wisata telaga warna.

Apa itu Wisata Telaga Warna ?

Telaga warna adalah salah satu tempat / objek wisata yang terletak di kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Lebih tepatnya, objek wisata telaga warna ini letaknya berada di sekitar kawasan dataran tinggi Dieng. Jarak dari telaga warna menuju daerah dataran tinggi Dieng tidak terlalu jauh.

Jarak antara telaga warna ini dengan pusat kota yaitu kurang lebih sekitar 30 km atau sekitar 45 menit sampai 1 jam jika ditempuh dengan kendaraan. Tetapi, medan yang dilalui untuk sampai ke telaga warna ini cukup menanjak dan berliku-liku.

Oleh karena itu, persiapkan diri Anda dan kendaraan Anda sebelum mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Oh iya, selama perjalanan Anda akan sering menjumpai jurang yang cukup dalam di kanan dan kiri Anda.

wisata telaga warna
Image from panoramio.com

Telaga ini termasuk salah satu tempat wisata yang cukup diminati para pelancong, baik dari dalam negeri ataupun dari luar negeri. Itulah mengapa telaga warna ini menjadi salah satu tujuan andalan para wisatawan jika menuju ke Wonosobo.

Warna-Warni Wisata Telaga Warna

Jika Anda bertanya, mengapa telaga ini diberi nama sebagai ‘telaga warna’, maka jawabannya adalah karena telaga ini memiliki keunikan atau fenomena alam tersendiri, yaitu warna air telaga ini yang sering berganti-ganti. Itulah mengapa, telaga ini diberi nama menjadi telaga warna.

Loading...

Mengapa air pada telaga warna bisa berubah-ubah ? Itu karena pada telaga ini, terdapat kandungan sulfur / belerang yang cukup tinggi dan jika terdapat sinar matahari yang mengenainya atau ketika sedang hujan, maka warna air telaga warna itu bisa berubah-ubah.

Sering sekali, warna air telaga ini adalah kuning, hijau, dan bahkan terkadang juga berwarna seperti pelangi. Jika Anda ingin menikmati pemandangan alam dari telaga warna ini, saya sarankan Anda datang pada pagi atau siang hari saat cuaca cerah.

Itu karena ketika pada pagi atau siang hari dan saat cuaca cerah, sinar matahari sedang mudahnya mengenai air telaga warna ini. Sehingga, pemandangan yang nampak dari telaga warna itu akan sangat cantik jika dilihat. Dan jika pada sore hari, kemungkinan besar daerah telaga warna akan terkena kabut.

Telaga warna ini terletak pada ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut. Selain itu, yang membuat telaga warna ini memiliki daya tarik tersendiri adalah lokasi telaga ini dikelilingi oleh beberapa bukit yang cukup tinggi yang membuat keelokan telaga warna bertambah.

Apalagi jika masyarakat melihat pemandangan telaga warna dari atas bukit, pasti keelokan telaga warna akan lebih dirasakan oleh masyarakat.

Telaga warna ini merupakan telaga yang terluas kedua di daerah kabupaten Wonosobo setelah telaga menjer. Sebenarnya, ada juga telaga lain di daerah kawasan dataran tinggi Dieng, yaitu telaga pengilon dan telaga merdada. Tetapi, luas telaga tersebut tidak lebih luas dari luas telaga warna.

Cerita Legenda dan Mitos

Telaga ini juga memiliki cerita legenda dari masyarakat sekitar. Konon katanya, ceritanya telaga warna tersebut terbentuk karena para penduduk sekitar terus menerus menangis karena sang putri menolak kado ulang tahun yang berupa kalung pemberian dari ayahnnya.

Sehingga, air mata para penduduk terlalu banyak dan membanjiri daerah tersebut dan jadilah telaga warna yang cukup eksotis. Di daerah telaga warna ini, udaranya cukup sejuk dan banyak pepohonan yang rindang yang menambah suasana mistis bagi masyarakat yang mengunjunginya.

Selain terdapat telaga yang cukup menarik, di daerah tersebut juga terdapat beberapa gua, yaitu gua Semar Pertapaan Mandalasari Begawan Sampurna Jati, gua Jaran Resi Kendaliseto dan gua Sumur Eyang Kumalasari. Di depan gua Semar terdapat arca seorang wanita yang sedang membawa sebuah kendi.

Wisata Telaga Warna

Menurut mitos masyarakat sekitar, di dalam gua Semar ini terdapat kolam kecil berisi air yang dipercaya bisa membuat kulit menjadi awet muda dan bisa untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Selain itu, juga terdapat batu tulis Eyang Purbo Waseso.

Untuk tiket masuk menuju telaga warna, Anda akan dikenakan biaya kurang lebih sekitar Rp 10.000 untuk tiap orangnya. Demikianlah wisata menarik tentang telaga warna yang minyimpan legenda dan mistis yang ada di kabupaten Wonosobo.



Loading...

Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button