Review ProdukTekno

Xiaomi Mi Mix 2, Smartphone Paling Canggih Di Dunia

Xiaomi Mi Mix 2, Smartphone Paling Canggih. Setelah sukses meluncurkan Mi 6 dalam beberapa bulan terakhir ini, Xiaomi pun dikabarkan akan segera mengeluarkan seri flagship terbarunya, yakni Xiaomi Mi Mix 2. Dalam media internet, teaser akan flagship yang satu ini sudah mulai banyak tersebar.

Melihat layar ponsel yang satu ini, maka tidak berlebihan rasanya jika kita menyebutnya sebagai smartphone paling canggih di dunia untuk sekarang ini.

Desain Xiaomi Mi Mix 2, Smartphone Paling Canggih

Menilik dari segi desain, flagship yang satu ini tidak banyak berbeda dengan ponsel – ponsel Xiaomi pada umumnya. Hanya saja pada bagian depan akan terlihat sangat bersih dan didominasi oleh layar.

Pada setiap sudutnya, terlihat body yang agak melengkung dan tidak terkesan kaku. Hal ini tentu akan menambah kesan elegan smartphone paling canggih yang satu ini.

Xiaomi Mi Mix 2 via gsmarena.com

Pada bagian bawah ponsel, terdapat 2 lubang speaker berbentuk gril dan port micro USB tepat di tengahnya. Kemungkinan besar salah satunya adalah microfon, karena tidak terlihat adanya lubang microphone pada tempat lain. Sedangkan speaker telepon nya belum diketahui, dan kemungkinan akan ditempatkan di body bagian belakang.

Pada bagian kanan smartphone, terlihat adanya 2 tonjolan yang memiliki panjang berbeda. Bisa dipastikan jika tombol tersebut adalah tombol power dan tombol volume up down. Jika sudah demikian, maka bisa dipastikan juga kalau SIM Tray smartphone paling canggih ini ditempatkan di sebelah kiri.

Beralih ke bagian belakang ponsel, kita akan menemukan body yang sangat mulus berbahan keramik, yang terkenal kuat dan awet. Pada bagian tengahnya terdapat 2 buah kamera berukuran lumayan besar, yang ditemani dengan dua buah LED flash.

Smartphone Paling Canggih

Loading...

Banyak yang berpikir jika sensor fingerprint akan ditempatkan pada bagian bawah layar, sebagaimana sensor fingerprint milik iPhone 8 yang akan segera dirilis. Tetapi ternyata tidak, karena dalam gambar yang beredar, jelas – jelas jika sensor tersebut ditempatkan di bagian bawah kamera.

Sebagaimana biasanya, Xiaomi selalu menempatkan logo Mi di bagian belakang, begitu juga hal nya dengan Xiaomi Mi Mix 2 ini. Hanya saja, penempatanya agak dinaikkan ke atas jika dibandingkan dengan ponsel Xiaomi pada umunya. Tidak hanya itu, logi Mi ini juga terlihat sangat besar, menunjukkan kalau Xiaomi pede dengan merk dan ponselnya.

Layar Xiaomi Mi Mix 2

Sektor inilah yan membuat Xiaomi Mi Mix 2 sangat berbeda dari pada smartphone flagship lainnya. Jika Samsung S8 series memiliki layar melengkung pada kedua sisi kiri dan kanan-nya, maka berbeda pula dengan Mi Mix 2. Xiaomi Mi Mix 6 memiliki rasio layar ke body hingga 93%.

Jika dilihat dari segi layar, maka flagship Xiaomi ini pantas diberi julukan sebagai smartphone paling canggih di dunia.

Smartphone Paling Canggih

Memang Xiaomi Mi Mix 2 tidak memiliki layar lengkung se-ekstrim layar Samsung S8 series, tetapi dengan layar yang hampir menutupi seluruh bagian depan ponsel, tentu akan memberikan nilai tersendiri untuk ponsel besutan Xiaomi ini. Layar ponsel ini benar – benar istimewa dan belum dimiliki oleh ponsel manapun dari pabrikan lain.

Hadir dengan rasio layar yang sangat tinggi sudah tentu menjadi kelebihan smartphone ini. Bukan hanya itu, flagship ini juga kabarnya akan menggunakan ukuran aspek rasio layar yang sama persis dengan layar dari Samsung Galaxy S series, yakni rasio 18 : 9. Aspek rasio layar seperti ini masih terbilang baru dan belum banyak digunakan oleh pabrikan lain.

Smartphone Paling Canggih
Layar Xiaomi Mi Mix 2 via concept-phones.com

Mengenai ukuran layar, belum diketahui secara pasti. Namun bisa dipastikan jika layar flagship yang satu ini akan berada di atas 5 inchi. Bahkan banyak kabar yang beredar, jika layar 5,7 inchi adalah ukuran layar yang akan diusung oleh Mi Mix 2 nantinya.

Ukuran ini menurun jika dibandingkan dengan layar Mi Mix generasi pertama, yakni 6,4 inchi. Xiaomi beranggapan jika layar sebesar itu terlalu bongsor dan kurang nyaman untuk dipegang.

Kamera Xiaomi Mi Mix 2

Lanjut ke sektor kamera, bisa dibilang jika sektor inilah yang membuat para netizen lumayan bingung, dalam hal ini adalah peletakan kamera depan.

Bagaimana tidak?, bagian depan ponsel ini nyaris ditutupi oleh layar. Lantas, dimana letak kamera depannya?. Banyak yang berpikir jika sensor kamera depan akan diletakkan di bagian bawah layar.

Smartphone Paling Canggih

Tetapi pada kenyataanya tidak, karena Xiaomi Mi Mix 2 memiliki kamera depan dengan sistem sliding out.Jadi, sensor kamera depan diletakkan pada bagian dalam atas ponsel.

Saat pengguna berganti ke mode kamera depan, maka secara perlahan sensor kamera akan menyembul keluar. Banyak yang menyebutkan jika kamera depan Mi Mix 2 ini mempunyai resolusi sebesar 12 MP.

Fitur ini pun terbilang sangat canggih, karena sampai saat ini belum ada ponsel flagship yang memiliki kamera demikian. Selain sektor layar, sektor inipun pantas disebut sebagai pendongkrak ponsel ini sebagai smartphone paling canggih.

Kamera belakang

Beralih ke sektor kamera belakang, terlihat 2 buah kamera dengan desain yang agak berbeda dari kamera produk Xiaomi kebanyakan. Hal ini disebabkan ukuran lensa kamera yang digunakan tergolong besar.

Kamera yang digunakan pun ada 2, atau lazim disebut dengan dual – camera. Pada bagian kanan lensa kamera terdapat dual LED Flash, sedangkan pada bagian kirinya terlihat semacam sensor, yang belum diketahui sensor apa.

Smartphone Paling Canggih
Lensa kamera belakang Xiaomi Mi Mix 2 via phonesreview.co.uk

Melihat ke sisi bagian bawah kamera, terlihat bulatan yang sangat mirip dengan bulatan kamera di atasnya, dan itu adalah sensor fingerprint. Mengenai resolusi kamera yang digunakan, belum diketahui dengan pasti Xiaomi akan menggunakan resolusi kamera ukuran berapa. Hal ini disebabkan ponsel ini memang masih dalam tahap produksi massal dan belum beredar di pasaran.

Banyak berita yang menyebutkan, jika kamera belakang dilengkapi dengan lensa berukuran 16 MP. Namun, berapapun ukuran lensa kamera belakang yang digunakan, bisa dipastikan jika Xiaomi pasti tidak akan main – main dalam menggarap sektor tersebut.

User Interface MIUI 9.

Smartphone Paling Canggih
Xiaomi MIUI 9 via en.miui.com

Mengenai user interface, sudah dipastikan jika flagship ini akan menggunakan MIUI terbaru mereka, yakni Miui 9. Versi Miui 9 ini masih baru dirilis dan tentu akan menjadi hot item dalam paket pembelian Xiaomi Mi Mix 2.

Miui 9 ini diklaim akan lebih hemat daya dan hemat memory jika dibandingkan dengan MIUI 8, yang sekarang ini masih banyak digunakan pada produk – produk keluaran Xiaomi.

Harga dan Kesimpulan

Smartphone falgship besutan Xiaomi ini bagaikan ponsel yang datang dari masa depan. Bayangkan saja, fitur kamera depan dengan sistem sliding out, layar yang mencapai 93% dari body ponsel, dan penggunaan bahan keramik pada bagian belakangnya, membuat ponsel ini jauh mengungguli para rivalnya.

Belum diketahui dengan pasti kapan ponsel ini akan resmi diperkenalkan dan dijual di pasaran. Namun, banyak kabar beredar menyebutkan, jika pertengahan September nanti adalah waktu yang tepat untuk memperkenalkan Xiaomi Mi Mix 2 ini.

Mengenai harga, memang tidak bisa dipungkiri jika ponsel ini adalah ponsel yang mahal. Xiaomi Mi Mix 2 akan dibanderol  dengan harga sekitar Rp.9 Jutaan. Namun, perlu dicatat jika fitur dan kelebihan yang ditawarkan sebanding dengan harganya.

Ponsel ini memiliki segudang kelebihan, bahkan menurut saya lebih baik dari Samsung Galaxy S8 series, jadi wajar saja jika ponsel ini memang dibanderol dengan harga tinggi.

Selama ini Xiaomi dikenal sebagai produsen smartphone dengan harga terjangkau, mulai dari kelas mid-end sampai kelas high-end. Maka, tidak heran memang jika Xiaomi memiliki pasar yang lumayan besar.

Apakah Xiaomi akan sanggup merebut pasar flagship dengan Xiaomi Mi Mix 2-nya?. Kita tunggu saja sepak terjang mereka dalam berbagi konsumen dengan flagship dari pabrikan lainnya.

Baca Juga :



Loading...

Baca selengkapnya

ronauli80

Menulis bukan hanya tentang hobby, tetapi juga sebagai media belajar untuk kemudian membagikanya kepada orang lain lewat tulisan - tulisan.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *