Review ProdukTekno

Xiaomi Pamerkan MIUI 12: Fitur, Tanggal Rilis, dan Masih Banyak Lagi

MIUI 12: 10 Fitur Terbaik, Tanggal Rilis, & Daftar Smartphone yang Akan Menerima MIUI 12 UPDATE

Mengenal Lebih Dalam MIUI 12 – Seperti yang kita ketahui, Xiaomi baru saja merilis smartphone mid-range 5G terbarunya di Cina yakni Mi 10 Youth Edition.

Mi 10 Youth Edition juga kabarnya akan dirilis untuk pasar Global yang nantinya akan dikenal dengan nama Mi 10 Lite Zoom.

Mi 10 Lite Zoom dipersenjatai dengan Snapdragon 765G chipset dan akan menjadi smartphone pertama yang mengadopsi teknologi Qualcomm Quick Charge 3+.

Di acara perilisan Mi 10 Youth Edition, Xiaomi juga memperkenalkan beberapa fitur custom skin terbaru yang tidak lain adalah MIUI 12 dalam rangka ulang tahun-nya yang ke-10.

Xiaomi menyatakan bahwa MIUI telah mencapai lebih dari 310 juta pengguna aktif setiap bulanya. Dan berbicara tentang MIUI 12, custom skin ini termasuk yang pertama yang memperoleh sertifikasi “Android System Enhanced Privacy Protection Test.” dari TÜV Rheinland.

Untuk yang belum tahu, TÜV Rheinland adalah lembaga yang mengesahkan kepatuhan standar keselamatan dan kualifikasi produk, sistem manajemen, proses manufaktur, dan personel.

Tanpa panjang lebar lagi, mari kita bahas 10 fitur dari MIUI 12 yang paling menonjol dan kapan serta smartphone apa saja yang akan menerima MIUI 12 update.

10 Fitur MIUI 12

1. Dark Mode 2.0

Meskipun Xiaomi telah memperkenalkan custom dark mode di MIUI 11, MIUI 12 kini hadir dengan Dark Mode versi terbaru yakni (2.0).

Dark Mode 2.0 memiliki beberapa peningkatan signifikan dari predesessornya seperti fitur wallpaper dimming.

Apa itu wallpaper dimming? fitur ini dirancang khusus untuk Xiaomi/Redmi smartphone dan berfungsi untuk mengatur kecerahan wallpaper secara otomatis mengikuti waktu/jam.

Dark Mode 2.0 juga dengan sendirinya mengatur ukuran dan ketebalan text saat di-aktifkan.

Tidak hanya itu, sistem juga akan secara otomatis mengatur kontras text mengikuti kondisi cahaya sekitar yang memastikan agar text selalu terlihat jelas.

2. Desain Visual Baru

Tidak hanya menambahkan fitur, Xiaomi juga me-revamp tampilan visual untuk MIUI 12.

Xiaomi MIUI 12
Sumber: Xiaomi
fitur MIUI 12
Sumber: Xiaomi

Diberi nama “Sensory Visual Design”, perubahan ini menghadirkan desain visual terbaru yang bertujuan untuk mempermudah pengguna agar mereka dapat dengan lebih mudah mengetahui semua informasi penting mengenai smartphone miliknya i.e kapasitas RAM/Storage, Status baterai, Versi firmware, dan masih banyak lagi.

3. Tema MIUI 12 Terbaru

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Xiaomi merilis MIUI 12 dalam rangka ulang tahun-nya yang ke-10.

Xiaomi me-revamp tema klasik dari MIUI 11 dengan tema-tema terbaru untuk MIUI 12.

Xiaomi MIUI 12
Sumber: Xiaomi

Selain itu, MIUI 12 juga menyediakan lebih dari 1,000 animasi third-party yang berfungsi sebagai Always-On display.

4. Animasi Terbaru

Membahas animasi, MIUI 12 menyediakan berbagai macam pilihan animasi. Bahkan beberapa di-antaranya akan mengikuti kondisi cuaca yang akan berubah secara real-time dalam format time-lapse video.

Aktifitas seperti membuka/menutup aplikasi, rotasi layar, scroll, dsb juga kini memiliki animasi baru pada MIUI 12.

Selain animasi, MIUI 12 juga menghadirkan icon-icon terbaru yang animasinya akan  mengikuti gestures/perintah pengguna secara real-time.

5. Super Wallpapers

Smartphone tanpa wallpaper pastinya akan terasa kurang lengkap, oleh karenanya, Xiaomi menambahkan fitur terbaru untuk MIUI 12 yang diberi nama “Super Wallpapers”.

Fitur tersebut menyediakan berbagai wallpaper dimulai dari static wallpaper dan 3D wallpaper bertema interstellar.

Xiaomi MIUI 12
Sumber: Xiaomi

Seperti MIUI 11, Super Wallpaper memungkinkan penggunanya untuk mengatur wallpaper favorit agar tampil di Homescreen/LockScreen atau keduanya sekaligus.

Uniknya, saat pengguna meng-aktifkan mode Dark Mode 2.0 di Xiaomi/Redmi smartphone miliknya, tema wallpaper tersebut akan memasuki mode malam dengan sendirinya.

6. Multi-tasking

Untuk yang sering menggunakan lebih dari 2 aplikasi dalam waktu bersamaan, MIUI 12 menghadirkan fitur multi-tasking yang lebih baik untuk smartphone Xiaomi/Redmi.

Kali ini, pengguna dapat memantau beberapa aplikasi sekaligus dalam waktu bersamaan.

Xiaomi telah membuat agar aplikasi tidak akan tertutup saat pengguna beralih ke aplikasi lain alias float seperti mode picture-in-picture.

Aplikasi tersebut akan mengambang di atas aplikasi lain dan akan beradaptasi mengikuti skenario yang ditentukan pengguna.

7. New Gestures

Selain fitur-fitur di atas, MIUI 12 juga menghadirkan gestures terbaru.

Sebagai contoh, jika pengguna menggeser ke-bawah pada bagian panel notifikasi. Pengguna tetap dapat berinteraksi dengan notifikasi tanpa harus meninggalkan aplikasi yang sedang berjalan/aktif.

Dan jika pengguna menggeser panel notifikasi secara penuh, sistem akan menampilkan jendela kecil dan mengaktifkan mode multi-tasking (floating apps)

8. AI Phone Assistant

Xiaomi melengkapi MIUI 12 dengan fitur AI Phone Assistant yang fungsinya mirip seperti Duplex yang belum lama diperkenalkan oleh Google.

AI Phone Assistant berfungsi untuk membuat panggilan secara otomatis dan membantu individual tertentu seperti orang cacat yang tidak dapat membuat panggilan telefon.

Xiaomi MIUI 12
Sumber: Xiaomi

Xiaomi mengklaim bahwa mereka sudah menge-test AI Phone Assistant dengan membuat lebih dari 4 juta panggilan untuk para beta tester dalam enam bulan terakhir.

9. Privacy yang Lebih Baik

MIUI 12 menghadirkan rangka kerja privasi (framework) terbaru untuk perangkat Xiaomi yang sebelumnya sudah diperkenalkan dengan hadirnya Android 10 Developer Preview builds.

Fitur tersebut akan memberitahu pengguna saat aplikasi tertentu berusaha mengakses kamera, microphone, storage, dsb.

MIUI 12 memungkinkan penggunanya untuk mengizinkan atau menolak akses aktivitas aplikasi tersebut hanya satu kali, atau saat pengguna menggunakan-nya.

10. Health Tracking

Sebelumnya, Xiaomi benar-benar fokus dalam mengembangkan aplikasi kesehatan pada MIUI 11. Dan untuk MIUI 12, Xiaomi telah mengambil langkah yang lebih jauh dengan menambahkan fitur-fitur kesehatan terbaru.

Fitur-fitur tersebut akan secara otomatis merekam semua aktivitias olahraga seperti lari, berjalan, naik/turun tangga. Bahkan saat smartphone berada di-dalam saku.

Xiaomi MIUI 12
Sumber: Xiaomi

Xiaomi MIUI 12

Bagian terbaik dari fitur kesehatan pada MIUI 12 adalah, semua fitur tersebut hanya membutuhkan daya baterai yang tidak lebih dari 1% untuk seharian penuh.

Selain itu, MIUI 12 juga menyediakan fitur sleep monitoring yang uniknya akan merekam suara dengkuran penggunanya.

Tanggal Rilis & Ketersediaan MIUI 12

Xiaomi mengatakan bahwa mereka akan mulai untuk mendistribusikan MIUI 12 stable update pada akhir bulan Juni, 2020.

Berikut daftar beberapa smartphone yang di-duga akan menerima MIUI 12 Update:

Fase Pertama

  • Xiaomi Mi 10 Pro
  • Xiaomi Mi 10
  • Xiaomi Mi 10 Youth Edition
  • Xiaomi Mi 9 Pro
  • Xiaomi Mi 9
  • Xiaomi Mi 9 Explorer Edition
  • Redmi K30 Pro
  • Redmi K30
  • Redmi K30 Pro Zoom Edition
  • Redmi K20 Pro
  • Redmi K20

Fase Kedua

  • Xiaomi Mi Mix 3
  • Xiaomi Mi Mix 2S
  • Xiaomi Mi 8
  • Xiaomi Mi 8 Explorer Edition
  • Xiaomi Mi 9 SE
  • Redmi Note 8 Pro
  • Redmi Note 7, 7 Pro
  • Mi CC9, CC9 Pro

Fase Ketiga

  • Mi Mix 2
  • Xiaomi Mi Note 3
  • Xiaomi Mi Max 3
  • Xiaomi Mi 8 SE
  • Xiaomi Mi 8 Youth Edition
  • Xiaomi Mi Mix 2
  • Redmi Note 8
  • Redmi 6, 6A, 6 Pro
  • Redmi 8, 8A
  • Redmi 7, 7A
  • Redmi Note 5
  • Mi CC9e

Loading...
Baca selengkapnya

Only a writer and a drop of water in the endless sea :) Business Contact: Sweetestnier@gmail.com

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close