Xiaomi Redmi 4A dan Fitur Menarik yang Dibawanya

Jika kamu mencari smartphone murah tapi nggak murahan, kamu perlu cobain smartphone terbaru keluaran Xiaomi. Xiaomi baru saja merilis smartphone terbarunya yakni Xiaomi Redmi 4A. Dengan harga yang tidak jauh beda dengan pendahulunya, dan justru sangat disayangkan smartphone terbaru dari Xiaomi ini malah mengalami banyak penurunan dari segi spesifikasi.

Bodi Berbahan Metal

Source image: www.indianexpress.com

Xiaomi tampaknya sudah benar-benar hijrah dari bahan plastik, buktinya beberapa smartphone terbarunya kini sudah mulai menggunakan bahan metal, tidak terkecuali Xiaomi Redmi 4A.

Smartphone terbaru dari Xiaomi ini memiliki dimensi 139.5 x 70.4 x 8.5 mm, yang dipadukan dengan layar sebesar 5 inch. Namun, sayangnya tipe layar yang digunakan masih sama dengan smartphone Xiaomi lainnya yakni IPS LCD dan tidak dilengkapi dengan pelindung layar seperti Corning Gorilla Glass , sehingga masih cukup rentan terhadap goresan.

Masih dengan Resolusi Kamera yang Sama

Tak ada perubahan yang diberikan Xiaomi pada smartphone terbarunya tersebut di sektor kamera. Masih menggunakan resolusi yang sama dengan pendahulunya, Xiaomi Redmi 3, yaitu 13 MP untuk kamera utama dan 5 MP untuk kamera selfie.

Meskipun begitu, kualitas kamera dari Xiaomi ini memang tak bisa diremehkan. Pengalaman saya selama menjajal smartphone Xiaomi selalu puas dengan hasil jepretan kameranya. Yah, meski hasilnya belum bisa dikatakan sempurna, namun sudah melebihi ekspektasi saya.

Penurunan di Sektor Dapur Pacu

Sayangnya, pada Xiaomi Redmi 4A ini hanya dibekali prosesor Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425, ada penurunan jika dibandingkan dengan Xiaomi Redmi 3 yang telah menggunakan prosesor Qualcomm MSM8939v2 Snapdragon 616. Meski begitu, performa yang dihasilkan juga tidak kalah dengan kakaknya tersebut.

Yang menjadikannya lebih unggul dibanding kakaknya adalah dari segi OS yang dibawanya. Xiaomi Redmi 4A sudah menggunakan Android v6.0.1 Marshmallow, sedangkan Xiaomi Redmi 3 masih menggunakan OS Android v5.1 Lollipop.

Kapasitas Baterai Ikut-ikutan Menurun

Nah, ini juga sangat disayangkan. Dengan harga yang tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya, justru Xiaomi memangkas kapasitas baterai yang dibenamkan menjadi 3.120 mAh. Padahal sebelumnya sudah cukup lumayan dengan baterai 4.100 mAh.

Loading...

Dikutip dari laman GSMArena, fitur fast charging juga tidak disematkan pada smartphone ini. Sehingga proses pengisian baterai menjadi sedikit lebih lama.

Fitur Second Space dan Dual Apps

Xiaomi Redmi 4A

Fitur Second Space ini merupakan salah satu fitur menarik dari MIUI 8, yang mana kita dapat menggandakan smartphone. Jadi, seolah-olah kita memiliki dua buah smartphone di dalam Xiaomi Redmi 4A. Ingat ya guys, fitur ini untuk menggandakan smartphone, bukan untuk menggandakan uang.. hehe

Fitur kedua yaitu Dual Apps, fungsinya sama yaitu untuk menggandakan juga, tetapi bukan untuk menggandakan smartphone melainkan untuk menggandakan aplikasi yang ada pada Xiaomi Redmi 4A. Fitur ini sangat bermanfaat bagi kita yang memiliki akun sosial media yang banyak. Jadi, nggak perlu install aplikasi tambahan lainnya,cukup digandakan dengan menggunakan fitur ini.

Baca Juga:

Harga Xiaomi Redmi 4A

Untuk harga, di Indonesia sendiri sangat bervariasi. Xiaomi Redmi 4A dibandrol dengan harga 1.4 juta – 1.6 juta. Minat guys?

Untuk yang pernah membeli dan menggunakan smartphone terbaru dari Xiaomi ini silakan share pengalaman di kolom komentar ya guys. Semoga bermanfaat.


Loading...

Bagikan

Penulis

zakiyfauzi
zakiyfauzi
Penulis amatir yang hanya bisa menggunakan kata-kata sederhananya untuk sekedar berbagi dan menuangkan isi pikiran. Jadi, maaf jika tak ada yang istimewa. Karena yang istimewa cuma KAMU.

Kunjungi: Channel Youtube Saya
zakiyfauzi

Penulis

Penulis amatir yang hanya bisa menggunakan kata-kata sederhananya untuk sekedar berbagi dan menuangkan isi pikiran. Jadi, maaf jika tak ada yang istimewa. Karena yang istimewa cuma KAMU.Kunjungi: Channel Youtube Saya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *