Adsense Di Youtube

YouTube Tak Lagi Jadikan Video 720p Sebagai Video HD

YouTube adalah platform berbagi video yang dimiliki oleh Google, yang saat ini dipimpin oleh Susan Wojcicki. Di YouTube, ada banyak jutaan video yang bisa ditemukan oleh para pengguna mengingat YouTube memungkinkan publik dunia untuk menjadi kreator konten.

Selain itu, YouTube juga membagi kualitas video yang ada di platformnya ke dalam beberapa kategori, yakni Standard Definition (SD), dan High Definition (HD). Video yang masuk ke kategori SD adalah 480p ke bawah, adapun untuk HD adalah 720p.

Baca juga: YouTube Akan Tampilkan Lebih Banyak Info Produk di Dalam Video

YouTube Keluarkan 720p dari Kategori HD

Setelah bertahun-tahun memasukkan video 720p ke kategori HD, pihak perusahaan akhirnya resmi mengeluarkan 720p dari kategori tersebut. Wccftech melaporkan (18/5/2020), bahwasanya perusahaan telah mengeluarkan 720p pada hari tersebut.

Apa yang disampaikan oleh Wccftech memang benar adanya. Saat ini, apabila para pengguna YouTube menonton video kesukaan mereka, maka para pengguna tidak akan menjumpai keterangan HD di samping resolusi 720p.

Seperti yang sudah disebutkan, sebelumnya 420p ke bawah adalah video-video yang masuk ke dalam kategori SD. Kemudian, 720p adalah HD, dan 1080p adalah Ultra High Definition (UHD). Dengan adanya perubahan ini, maka 1080p akan turun kasta menjadi HD, dan 720p ke bawah akan menjadi SD.

Temuan yang didapatkan oleh Wccftech sendiri sampai saat ini belum dikonfirmasi oleh pihak Google. Nampaknya, pihak Google juga tidak akan melakukan konfirmasi. Hal yang demikian itu berkaca dari penyematan fitur miniplayer di YouTube.

Saat itu, pihak YouTube juga tidak memberikan konfirmasi bahwasanya mereka telah meluncurkan fitur tersebut di platformnya. Tidak adanya konfirmasi terkait peluncuran fitur baru atau perubahan di platform yang dikelola sendiri merupakan sebuah hal yang lumrah, karena hal yang demikian itu tidak hanya dilakukan oleh Google, namun juga beberapa perusahaan lain seperti Facebook.

Baca juga: Jaga Platform, YouTube Luncurkan Fitur Pengecek Fakta

Terkait perubahan pengkategorian video ini, pihak YouTube nampaknya mulai menekankan kualitas video 1440p dan juga 2160p di platformnya. Seperti yang sudah diketahui, semakin tinggi piksel sebuah video, maka kualitas gambar yang dihasilkan pun juga akan semakin baik.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close