Internet

YouTube Umumkan Dana USD100 Juta untuk Kreator Kulit Hitam

Kematian George Floyd memunculkan demo besar-besaran di AS. Akibatnya, Negeri Paman Sam banyak mengalami aksi penjarahan dan pengerusakan oleh sebagian oknum pendemo. Kematian George Floyd tidak hanya memunculkan demo besar, namun juga memunculkan rasa hormat publik akan orang-orang yang berkulit hitam.

Di Amerika Serikat sendiri, mayoritas perusahaan teknologi memberikan dukungannya kepada warga yang berkulit hitam. Bahkan, perusahaan-perusahaan tersebut membuat kebijakan terkait orang-orang berkulit hitam, dan YouTube adalah salah satu perusahaan yang melakukan hal tersebut.

YouTube Sediakan USD100 Juta untuk Kreator Kulit Hitam

Di laman resmi perusahaan, Susan Wojcicki selaku CEO YouTube menyampaikan bahwa pihaknya telah menyiapkan dana sebesar USD100 juta untuk para kreator yang berkulit hitam. Dengan dana besar tersebut, Wojcicki berharap konten-konten dari kreator kulit hitam semakin nampak dan kuat di platformnya.

Tidak sampai di situ, Susan Wojcicki juga mengatakan bahwasanya YouTube akan terus mengatasi kebencian dan pelecehan untuk menciptakan lingkungan yang aman bagi para pengguna berkulit hitam untuk secara bebas menggunakan platform mereka, apakah itu pemirsa yang menonton, yang mengomentari, atau yang membuat konten di YouTube.

Dan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, mayoritas perusahaan teknologi di AS saat ini mendukung warga yang berkulit hitam setelah kematian George Floyd terungkap. Dan YouTube bukanlah satu-satunya yang mendukung warga kulit hitam, karena masih ada beberapa perusahaan lain seperti Apple, Google, Facebook, dan juga Amazon.

Baca juga: Facebook Diprotes Karyawannya Sendiri Karena #BlackLivesMatter

Untuk Apple, perusahaan pimpinan Tim Cook itu telah meluncurkan Program Inisiatif Keadilan Rasial yang total nilainya sebesar USD100 juta. Sedangkan untuk perusahaan induk YouTube, yakni Google, mereka telah menyiapkan dana sebesar USD12 juta. Adapun untuk Facebook dan juga Amazon, kedua perusahaan tersebut siap menyumbangkan masing-masing USD10 juta.

Adapun bagaimana rincian penyaluran dana dari perusahaan-perusahaan yang sudah disampaikan itu tidak diketahui secara pasti. Sejauh ini, hanya YouTube yang cukup gamblang terkait rincian penyaluran dananya tersebut, di mana penyaluran dana mereka gelontorkan melalui kreator-kreator kulit hitam.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close