Yuk, Ketahui 10 Tips Agar Tidak Kehabisan Ide Dalam Menulis Artikel

Yuk, Ketahui 10 Tips Agar Tidak Kehabisan Ide Dalam Menulis Artikel

Sering kali dalam melakoni aktivitas blogging, kita mengalami masa-masa di mana blog yang kita kelola serasa tidak mengalami perkembangan atau stuck selama beberapa saat, yang disebabkan oleh kehabisan ide dalam menulis artikel baru.

Sebagai seorang blogger, terlebih lagi untuk anda yang menjadikan blog sebagai kegiatan atau penghasilan utama, setiap harinya otak akan dituntut untuk lebih bisa memunculkan ide dan inspirasi baru, karena dengan adanya konten atau artikel baru, maka posisi blog yang anda kelola akan semakin memiliki peringkat yang baik pada mesin pencari, selain itu bila konten tersebut memiliki nilai dalam artian berkualitas, tentu saja blog anda akan lebih “disayang” oleh raksasa mesin pencari, yakni Google.

Tapi nyatanya tidak semua orang memiliki kemampuan yang sama dalam berpikir dan memunculkan ide dan inspirasi baru setiap harinya, terutama bila orang tersebut sama sekali tidak memiliki latar belakang sebagai seorang penulis, contohnya seperti saya ini.

Maka dari itu saya akan mencoba untuk sedikit mebagikan beberapa tips dan cara yang sering saya lakukan, agar tidak kehabisan ide dalam menulis artikel blog yang saya kelola.

10 Tips agar tidak kehabisan Ide dalam menulis artikel

Ilustrasi ide menulis artikel baru

1. Budayakan membaca

Hal pertama yang ingin saya tekankan untuk memunculkan ide dan inspirasi baru, adalah dengan menerapkan tradisi yang sudah ada sejak jaman nenek moyang, yakni membudayakan membaca, terlebih lagi di jaman modern sekarang ini media untuk membaca semakin beragam, jadi bukan hanya buku, tetapi gadget dan internet juga dapat dipergunakan untuk membaca dan mencari refrensi serta menambah wawasan anda.

2. Memanfaatkan tool riset kata kunci

Kata kunci atau keyword merupakan sebuah elemen penting dalam artikel blog, dikarenakan dengan keyword yang tepat akan semakin memudahkan blog ada untuk dijelajahi oleh robot mesin pencari, saya sendiri biasanya memanfaatkan tool gratisan seperti Goolge Trends dan Ubersuggest sebagai sarana mencari refrensi keyword yang populer dan tepat untuk artikel yang hendak saya buat.

3. Baca-baca artikel yang sedang hangat, namun tidak mudah basi.

Ketimbang anda bengong dan pasrah saat kehabisan ide, lebih baik waktu digunakan untuk mencari dan membaca artikel yaIlustrasi artikel yang sedang hangat atau top trendingng sedang hangat di internet, perlu diingat untuk lebih berfokus kepada artikel yang kiranya sulit untuk “basi” alias dilupakan, artikel basi ini biasanya berupa gosip artis atau trend musiman yang sangat mudah untuk dilupakan.

Loading...

Dengan membaca artikel terbaru yang sedang hangat biasanya bisa akam mudah mendapat inspirasi, dan tak jarang ide baru akan muncul dengan sendirinya dalam pikiran anda.

4. Sembari iseng dan bersantai, cobalah melihat di sekeliling anda.

Apapun yang ada disekliling anda, entah itu hal yang sedang anda lakukan, canda dan tawa bersama keluarga, kehidupan di sekitar anda, bahkan meja dan kursipun dapat anda jadikan bahan refrensi yang dapat memunculkan inspirasi dan ide ide baru buat anda.

Selanjutnya tinggal bagaimana caranya anda mengolah hal-hal dan kejadian tersebut menjadi sebuah tulisan yang berkualitas, tentu perhatikan juga agar tulisan tersebut berkaitan dengan topik blog anda, bila anda mengangkat satu topik pada blog yang anda kelola.

5. Manfaatkan sarana blogwalking

Sama halnya dengan poin nomor satu dan tiga, lagi lagi anda dituntut untuk membaca, hanya saja, selain mendapatkan refrensi dan inspirasi baru, anda juga akan bisa lebih dekat lagi atau bersilatuahmi dengan sesama blogger, atau bisa juga anda medapatkan baclink berkualitas dari blog mereka.

6. Mencari inspirasi dan ide baru melalui Youtube

Kebanyakan orang akan lebih mudah mencerna isi video ketimbang bacaan, padahal dalam kasus ini, bila seorang blogger malas membaca, mending tidak usah saja membuat blog, hehe. tapi saya yakin blogger indonesia pada rajin membaca.

Tetapi tetap saja kan, meski rajin dan suka membaca,”kekuatan” dari video memang sangat luar biasa, video memang lebih mudah dicerna, dan lebih mudah pula memberikan kita ispirasi, oleh karenanya sangat disarankan untuk sering sering melihat video-video yang ada di Youtube, terlebih video yang ada kaitannya dengan topik blog anda.

7. Sering-sering main ke forum diskusi

Forum yang bisa anda manfaatkan disini seperi Kaskus, dan BloggerAtoZ, sedangkan kelebihan forum menurut saya, yaitu anda tidak harus membaca informasi yang sudah disediakan, tetapi anda juga bisa mengajukan pertanyaan-pertanyaan di sana, dengan begini anda dapat lebih mengerti tentang suatu hal yang dapat membuat anda semakin memiliki wawasan  baru, dengan begitu inspirasi dan ide ide baru akan lebih mudah untuk anda didapatkan.

8. Manfaatkan Televisi yang adalah media terpercaya

Ilustrasi memanfaatkan Tv sebagai mendia mencari ide dalam menulis artikelOke, meski dalam beberapa kasus ada juga siaran Televisi yang menyajikan berita yang belum tentu benar, tetapi berita yang disiarkan oleh stasiun Tv terutama yang sudah ternama cukup bisa kita percayai kebenarannya, dan hal ini bisa sangat menguntungkan untuk anda yang memiliki blog dengan mengusung topik berita sebagai pokok bahasannya.

9. Jangan mengundur waktu, tulislah selagi ide itu masih dalam pikiran anda

Kebanyakan orang salalu mengundur waktunya untuk menulis dengan berbagai alasan, kalau menurut pengalaman saya pribadi, selagi ide tersebut masih ada dalam pikiran saya, maka akan saya tulis ketika itu juga, karena bila saya mengundur waktu, ada kemungkinan ide tersebut telah saya lupakan, dan yang terjadi malah bingung mau menulis artikel apa.

Jadi saya juga menyarankan untuk anda agar segera menulis selagi ide tersebut masih terngiang-ngiang dalam otak anda, karena bila anda memutuskan untuk menunda waktu menulis, ada kemungkinan ide tersebut keburu”di caplok lalat”.

10. Jangan memaksakan otak anda, segera istirahat bila anda memang lelah

Hal ini wajib untuk dipertimbangkan, bila memang saat itu anda sedang merasa lelah, maka saya sarankan untuk tidak terlalu memaksakan pikiran untuk mencari ide ide artikel baru, karena hal yang memaksakan itu biasanya berujung tidak bagus, dan memaksakan otak untuk berpikir saat kondisi letih juga beresiko pada kesehatan anda, jadi bila memang terasa letih dalam berpikir lebih baik tidurlah terlebih dahulu atau bisa juga dengan sekedar berkeliling mencari udara segar, lalu lanjutkan kegiatan mencari inspirasi dan ide baru tersebut pada saat kondisi anda telah bugar kembali.

Sekian 10 tips yang dapat saya bagikan agar anda tidak kehabisan ide ide baru dalam menulis artikel blog

Perlu diingat, mesikipun saya menyarankan untuk mencari refrensi sebanyak-banyaknya, bukan berarti anda dapat melakukan tindakan plagiarisme dengan meniru artikel orang lain tanpa ada yang berbeda sedikitpun, Ide boleh saja mirip, tetapi isi juga harus beda ya, hal ini juga untuk menghindari konten atau artikel anda di anggap spam oleh mesin pencari, dan berimbas buruk pada blog yang anda miliki.

Bila teman-teman mempunyai tambahan tips lagi, bolehlah untuk menambahkannya melalui kotak komentar, untuk dijadikan refrensi dan bahan pembelajaran untuk teman-teman kita yang juga sedang mengalami kebingungan dalam mencari ide postingan blog mereka. terimaksih.


Loading...

Bagikan

Vilandus

Penulis

Saya suka menulis jika ditemani segelas kopi.

Komentar

    Avatar

    Novian Hanu

    ( - 13:07)

    pakai google trend cocok

    Avatar

    civo

    ( - 15:59)

    saya sering melaukan beberapa hal yang sudah anda sampaikan ini,hanya nomor 8-10 yang tidak pernah terpikirikan ….

    Avatar

    Ruland

    ( - 10:56)

    Sangat setuju pak… terima kasih telah mengingatkan saya akan hal ini…

    Avatar

    kris

    ( - 07:13)

    Boleh di coba mas. sering kehabisan ide mau nulis apa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *