mediatex

Yuk, Ketahui Macam-macam Processor Pada Smartphone

Di jaman modern seperti saat ini, smartphone tidak hanya berperan sebagai alat komunikasi saja, tetapi mulai meramban fungsi pekerjaan dan kebutuhan sehari-hari lainnya. Kebutuhan yang makin meningkat tersebut pula, secara tidak langsung memaksa sejumlah produsen smartphone. Untuk mulai memperbaiki dan meningkatkan kualitas processor pada smartphone besutan mereka.

Eits, tunggu dulu. .

Produsen smartphone boleh saja meningkatkan kualitas processor pada smartphone besutan mereka. Tetapi, apa kita yang bertindak sebagai konsumen dan user telah mengetahui lebih lanjut mengenai processor?. Atau kita hanya bertindak sebagai “User trending” ?. Yang hanya membeli dan mempergunakan smartphone berdasarkan pemikiran : Harga mahal, pasti processornya bagus.

Apa sih keuntungan mengetahui processor yang digunakan pada smartphone ?

Tidak semua orang menggunakan smartphone untuk pekerjaan yang menguras fungsi processor, sehingga untuk user yang lebih banyak menggunakan smartphone sebagai alat komunikasi. Sepertinya tidak terlalu penting dalam mengetahui jenis dan kualitas processor yang digunakan pada smartphone.

Akan tetapi, untuk anda yang merasa diri seorang gamers atau yang membutuhkan smartphone untuk digunakan sebagai alat bekerja. Maka mengetahui jenis dan kualitas processor sangat dianjurkan untuk anda, hal tersebut tentu saja dikarenakan tenaga processor yang sebagai inti “otak”. Sebuah smartphone akan terkuras lebih banyak apabila dipergunakan untuk aktivitas yang berat.

Processor seperti apakah yang cocok untuk user smartphone seperti saya  ??

Tenang saja, di sini saya akan menjabarkan beberapa macam jenis smartphone yang dibedakan berdasarkan kemampuan, kualitas, dan kinerja processor tersebut. Meskipun saya akan menjelaskannya di sini, tetapi jangan lupa cocokkan juga dengan minat dan selera anda saat hendak mengganti dan membeli smartphone baru.

Ketahui Macam-macam Processor Pada Smartphone

mediatex
mediatex via http://www.androidpolice.com

1# MediaTek (MTK)

Untuk jenis processor pada smartphone yang pertama ini, saya yakin anda pernah atau bahkan seringkali mendengarnya. Processor Mediatek merupakan sebuah procesor yang didesain untuk perangkat android dan dikeluarkan oleh perusahaan bernama MediaTek.

Processor MediaTek sering dikatakan sebagai processor sejuta umat, hal ini di latar belakangi oleh banyaknya perusahaan smartphone. Yang mempercayakan smartphone besutan mereka untuk ditenagai oleh processor buatan MediaTek.

Loading...

Jika dilihat dari penggunaannya yang dirasa sangat diminati oleh perusahaan smartphone, hal ini justru lebih dikarenakan MediaTek menawarkan harga yang cukup murah untuk produk processor yang mereka keluarkan. Sedangkan untuk bagus atau tidaknya jenis processor ini, sepertinya bisa dikatakan lumayan.

Karena sering juga didapati keluhan-keluhan dari user yang smartphonenya ditenagai oleh processor MediaTek. Tapi untuk saat ini MediaTek telah melakukan beberapa terobosan dan upaya guna mengejar ketertinggalan. Mereka dengan mengeluarkan processor terbaru mereka yang telah mengusung arsitektur 64bit.

2# Qualcomm Snapdragon

Processor pada smartphone qualcomm snapdragon
Snapdragon 821 via qualcomm.com

Snapdragon merupakan sebuah processor olahan Qualcomm yang didesain untuk perangkat android. Qualcomm sendiri telah banyak memproduksi processor android dari kelas Low-End hingga kelas High-End dengan nama Qualcomm Snapdragon.

Jujur saja processor milik Qualcomm ini merupakan processor yang mentenagai smartphone pertama saya. Kala itu saya menggunakan android Smartfren Andromax I2 yang ditenagai oleh processor Qualcomm Snapdragon.

Menurut saya processor ini sungguh memberikan pengalaman luar biasa kala itu, bahkan kebiasaan saya yang mendownload game-game berkualitas HD pun tidak jadi masalah. Karena processor tersebut benar-benar mampu memberikan kenyamanan pada saat bermain game, maupun pada saat berpindah-pindah aplikasi (Multitasking).

Qualcomm sepertinya menjadi saingan berat bagi MediaTek, karena dalam perkembangannya Qualcomm dan MediaTek sama-sama mengeluarkan processor murah, namun memiliki tenaga yang tidak murahan. Selain smartphone Andromax yang saya sebutkan tadi, Qualcomm Snapdragon ini banyak diadopsi untuk smartphone kelas Medium dan High. Seperti Lumia, Sony, Samsung, Xiaomi, Motorola. Lenovo. Asus. dan Blackberry.

3# PXA

Jenis processor yang ketiga adalah processor dengan nama PXA, perusahaan yang memproduksi processor ini bernama Marvell. Processor ini memang jarang dipergunakan pada perangkat smartphone dan tablet, sehingga sangat wajar apabila anda merasa asing dengan processor PXA ini.

Sebenarnya, processor PXA dinilai memiliki keunggulan yang berupa teknologi SoC atau System on a chip yang memberikannya banyak sekali keuntungan. Selain untuk fungsi dan kinerja yang mantab, processor PXA ini dinilai mampu membuat baterai smartphone kita sedikit lebih awet.

4# OMAP

OMAP merupakan sebuah processor yang diproduksi oleh Texas Instrument. Processor OMAP cukup sering dipergunakan dan memiliki sebuah kelebihan, yaitu mampu memproses dan membuka tampilan situs /website seperti tampilan yang ada pada saat anda membuka situs tersebut melalui browser dekstop.

Processor OMAP dinilai memiliki User Interface yang cukup cepat dan Smooth, selain itu processor bernama OMAP ini sangat cocok untuk menunjang kualitas kamera pada smartphone dan mampu menampilkan video Full HD dengan kualitas yang sangat bagus.

5# Nvidia Tegra

processor smartphone nvdia tegra
Nvidia Tegra via xtremetech.com

Siapa yang tidak kenal dengan Merek sebesar Nvidia?. Ya . .  Awalnya Nvidia telah lebih dahulu mengeluarkan berbagai macam produk pendukung game untuk perangkat PC dan Laptop, akan tetapi seiring permintaan pasar akan smartphone yang “ajib” sepertinya Nvidia tidak mau tinggal diam. Nvidia mengeluarkan processor dengan nama Nvidia Tegra yang diyakini memiliki performa di atas rata-rata.

Processor Nvidia Tegra merupakan processor pada smartphone yang sempat sangat terkenal pada saat lebih dahulu mengeluarkan produk dengan dukungan quad core sementara para kompetitornya masih “terpaku” dengan teknologi dual-core.

Processor yang satu ini dinilai memiliki keunggulan dalam bidang visualisasi, namun tidak memakan baterai terlalu banyak. Smarphone dengan processor Nvidia mungkin merupakan rekomendasi untuk anda yang mengaku gamers sejati.

6# Exynos

Processor pada smartphone yang ke enam yang akan kita bahas, yakni Exynos. Processor  yang satu ini diproduksi dan dikembangkan di bawah naungan perusahaan besar yaitu Saamsung Electronic. Processor Exynos ini diproduksi dengan basis Shistem on a chip (SoC) yang sangat dikhususkan untuk perangkat smartphone maupun tablet.

Exynos dipasarkan dengan berbagai macam jenis yang memiliki keunggulan dan spesifikasi kinerja yang berbeda pula. Untuk keluaran awal mungkin processor ini belum bisa menandingi yang lain, tapi kabarnya untuk produk baru processor Exynos sangat unggul di bidang game dan multitasking, sehingga cocok untuk anda yang suka bermain game dan juga membuka banyak aplikasi sembari bermain game tersebut.

9# Apple Chipset

Processor A9 via Applenesian.com

Selanjutnya yang tidak kalah saing ( Bahkan menurut saya paling bagus) yakni datang dari processor yang dipergunakan oleh Apple dengan produk smartphonenya yang bernama Iphone tersebut. iphone yang ditenagai dengan processor buatannya aple sendiri mampu membuat kagum semua orang yang pernah mencoba, dan membandingkan kinerja processor tersebut dengan yang lainnya.

Meskipun rata-rata produk iPhone hanya mengusung teknologi dual-core, akan tetapi kinerja yang sangat baik ditunjang oleh arsitekturnya yang berbeda dari processor pada umumnya. Terlepas dari itu, processor iPhone memang sudah selayaknya ditunjang dengan kemampuan yang tinggi dikarenakan smartphone iPhone sendiri merupakan smartphone dengan kelas High-End.

8# Intel

Intel juga tidak mau kalah dalam bersaing di pasar processor pada smartphone. Intel dapat menunjukkan “taring” dalam mengeluarkan processor pada smartphone dengan seri Intel Atom. Sama seperti Qualcomm Snapdragon, saat ini ponsel yang saya gunakan adalah dari seri Zenfone yang menggunakan Intel sebagai dapur pacunya.

Menurut pengalaman saya selama menggunakan processor Intel, performanya cukup baik dalam bidang gaming, multitasking, dan bekerja. Hanya saja, dari apa yang saya rasakan konsumsi baterai cukup terkuras jika dipaksa bermain game dengan menggunakan mode performa, dan juga smartphone agak terasa panas saat harus bekerja dengan “paksaan”.

Terlepas dari itu semua, Intel dapat dijadikan rekomendasi untuk anda yang memerlukan smartphone untuk bekerja atau sekedar bermain game berat.

Baca Juga : iPhone Android Dan BlackBerry, mana yang Terbaik ?

Itulah 8 dari processor pada smartphone yang sering dipergunakan, sebenarnya semua memiliki keunggulan yang sama asal dibandingkan dengan type dan seri yang sama juga. Jadi pada saat anda memutuskan untuk membeli sebuah smartphone baru, maka saya sarankan untuk tidak terlalu terpaku pada penjelasan yang terpadat di artikel ini.

Melainkan cobalah untuk mencoba dan membandingkan di toko tempat penjualan ponsel tersebut untuk merasakan hasilnya langsung, dan agar benar-benar yakin dalam memilih yang sesuai dengan kebutuhan, budget, dan minat anda.


Loading...

Bagikan

Vilandus

Penulis

Saya suka menulis jika ditemani segelas kopi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *