konten berkualitas

10 Teknik Dalam Menyusun Konten Blog Berkualitas

Konten menurut saya dapat diibaratkan sebagai “jantung” pada sebuah blog, bagaimana tidak, para pengunjung pastinya akan menilai blog yang kita kelola dari postingan terlebih dahulu, oleh sebab itu, menyusun konten blog berkualitas sangat penting untuk dilakukan.

Mesikipun blog yang kita kelola memiliki design template yang biasa saja, namun bila konten atau postingan sangat bermanfaat saya rasa pengunjung tentu akan sangat merasa terbantu dengan adanya konten atau postingan tersebut, malahan sebaliknya bila design template yang kita pakai begitu bagus dan responsive tapi konten blog tidak memadai atau bahkan konten copas, saya yakin pengunjung justru akan memberikan cap yang jelek untuk blog anda, bahkan hal paling buruk bisa saja anda akan kehilangan pengunjung karena mereka malas untuk berkunjung kembali.

“Apa yang menjadikan konten berkualitas itu benar-benar penting, lalu apa keuntungan yang kita dapatkan bila memiliki konten blog berkualitas ??”

Konten berkualitas adalah hal nomor satu dan yang paling penting untuk membuat blog menjadi lebih SEO , karena dengan konten berkualitas biasanya pembaca atau pengunjung akan betah dan senang berlama-lama untuk membaca. Bahkan ada kemungkinan para pengunjung tidak terpaku dengan satu artikel saja, beberapa dari mereka bisa saja akan terpikat dengan artikel lain lalu membacanya juga, hal ini wajar saja terjadi bila konten atau artikel yang kita miliki memang sangat berkualitas, dan sangat penting untuk tidak melakukan tindakan copy paste artikel dari blog orang lain, karena itu juga akan membuat blog anda jelek dimata semua orang termasuk dari kalangan sesama blogger.

Selain itu ada juga keuntungan yang akan didapatkan bila blog yang kita kelola memiliki konten berkualitas,  yaitu selain blog akan lebih dikenal, tetapi blog juga akan lebih “disayang” oleh mesin pencari, maksudnya blog anda akan semakin mudah ditelusuri oleh mesin pencari, dan bila anda nantinya berencana mendaftarkan blog ke layanan periklanan seperti Google Andsense dan sejenisnya, pengajuan anda akan sangat mudah untuk diterima (di approve) karena blog anda masuk dalam kriteria mereka.

Baca Juga : Yuk, Ketahui 10 Tips Agar Tidak Kehabisan Ide Dalam Menulis Artikel

10 Cara Membuat Konten Blog Berkualitas

10 Teknik Menyusun Konten Blog Berkualitas

1. Mulailah dengan menentukan topik yang akan dipergunakan

Sama halnya seperti menyusun karangan, hendaknya anda benar-benar menentukan topik atau tema yang akan dipergunakan dalam membuat artikel tersebut, untuk anda yang mempunyai blog yang hanya mengangkat satu topik saja mungkin langkah ini bisa dilewati, sedangkan untuk yang memiliki blog dengan mengangkat banyak topik, atau biasa kita sebut dengan blog gado-gado, hal pertama ini wajib untuk dipikirkan dengan matang-matang, agar tulisan nantinya bisa menjadi tulisan yang sangat berkualitas, dan bermanfaat bagi pengunjung.

2. Tentukan siapakah target pembacanya

Selanjutnya hal yang perlu dilakukan adalah menargetkan penikmat konten tersebut, maksudnya adalah sebelum kita menyusun sebuah artikel, hendaknya kita terlebih dahulu mengetahui siapkah yang nantinya akan membaca postingan tersebut.

Dalam poin kedua ini kita ambil contoh seperti artikel yang saya buat ini, pada saat sebelum memposting artikel ini saya sudah mengira-ngira bila nantinya yang paling banyak membaca artikel ini adalah dari kalangan sesama blogger, hal ini tentu sangat wajar bila penikmat atau pembaca artikel ini adalah dari kalangan sesama blogger, karena artikel dengan bahasan seperti ini memang sangat diperlukan untuk menunjang kualitas blog, dan memaksimalkan SEO,   dan kita semua juga tau yang ribet sama SEO ya pasti dari kalangan sesama blogger. Lain halnya bila artikel saya ini berjudul “Cara mengatasi rambut rontok”, tentu saja artikel seperti ini target pembacanya adalah mereka yang peduli dengan dirinya dan kecantikan tertuatam kaum wanita.

3. Membuat judul “unik” yang dapat menarik minat pembaca

Menentukan judul itu penting sekali dalam konten blog berkualitas, pasalnya kita tau sendiri bila ketika orang hendak membaca, hal pertama yang akan mereka perhatikan adalah pada bagian judul, jadi buatlah judul yang benar-benar “unik”, Unik dalam artian judul tersebut yang orang merasa penasaran, atau seakan-akan dapat menarik minat pengguna internet untuk membaca artikel anda.

Loading...

4. Sediakan juga isi yang benar-benar berkualitas

Judul Unik saja tidak cukup bila tidak disertai dengan isi yang memadai, jadi pada poin ke keempat ini usahakan pada artikel yang anda buat, telah dilengkapi dengan isi yang berkualitas, karena bila judulnya bagus tapi isinya ternyata asal-asalan, saya berani menjamin pengunjung tiadak akan membaca artikel tersebut, atau bisa jadi mereka akan langsung menutup tab blog anda, dan tidak akan berkunjung lagi karena merasa telah anda ditipu dan dibohongi.

5. Menyapa pengunjung untuk membuat pengunjung merasa menjadi bagian dari artikel tersebut

Yang kelima yaitu dengan cara menyapa, meskipun hal ini sebenarnya tidak wajib untuk dilakukan, tetapi lebih baik lagi untuk bila diterapkan dalam setiap artikel blog anda, jadi anda dapat menyapa pengunjung blog anda mungkin bisa dengan menggunakan kalimat-kalimat yang bisa anda kreasikan sesuai dengan anda sendiri. sedangkan saya, biasanya membuat kalimat-kalimat tanya pada artikel saya, yang bertujuan agar pengunjung merasa ambil bagian dalam artikel yang saya sajikan.

6. Pastikan konten atau artikel anda sangat berkualitas untuk manusia maupun robot

Semua blogger pasti mengetahui bila yang akan mengunjungi blog kita bukan hanya manusia, tetapi robot juga akan ikut mengunjungi blog yang kita kelola, robot yang saya maksud bukanlah robot seperti Megatron, melainkan robot perayapan mesin pencari, jadi pastikan konten yang anda buat berisikan kata kunci yang cukup padat untuk memaksimalkan robot mesin pencari menjelajahi blog anda.

7. Berikan deskripsi pada setiap gambar yang digunakan

Memberikan deskripsi pada gambar sebenarnya lebih berfokus kepada mesin pencari, karena robot perayapan biasanya tidak bisa mengidentifikasi gambar, oleh karenanya deskripsi di sini bertujuan agar robot perayapan tetap dapat mengenali gambar dengan cara membaca deskripsi yang telah anda berikan. Selain itu ada juga manfaatnya untuk pengunjung manusia,  yakni bila koneksi pengunjung blog sedang mengalami gangguan, yang pada akhirnya menyebabkan browsernya tidak bisa meloading gambar, maka pengunjung tetap dapat mengerti maksud gambar tersebut melalu deskripsi dapat dilihat saat gambar blog tidak sepenuhnya terloading.

8. Sisipkan beberapa link yang berkaitan dengan artikel tersebut

Menyisipkan link juga membantu robot perayapan dalam menjelajahi blog anda, menyisipkan link tidak boleh dilakukan secara sembarangan, usahakan hanya menyisipkan link yang benar-benar ada kaitannya dengan artikel yang anda sajikan, atau bila link tersebut mengarah ke blog lain, maka pastikan blog tersebut memiliki topik yang sekiranya memiliki kemiripan dengan topik pada blog anda.

9. Penting untuk tidak menggunakan keyword secara berlebihan

Dalam membuat artikel tentu kita akan membuat agar artikel tersebut kaya atau padat dengan kata kunci, biasanya hal ini kita lakukan untuk mempercepat pengindeksan halaman blog kita pada mesin pencari, tetapi bila penggunaannya berlebihan, maka sangat tidak disarankan, sekiranya 1%- 3% saja sudah cukup, malah kalau kebanyakan kata kunci, blog bisa saja dianggap spam, dan parahnya lagi pengunjung dari kalangan manusia akan sulit untuk mengerti isi dari artikel tersebut, karena dengan memaksakan penggunaan kata kuci yang berlebihan bisanya membuat artikel menjadi sedikit aneh dan tidak terlihat natural.

10. Baca artikel anda berulang-ulang untuk menghindari adanya kesalahan eja

Sebetulnya hal ini sering saya lewatkan untuk konten blog berkualitas, sehingga sering kali saya “kecolongan” dengan kesalahan eja pada isi artikel saya, padahal hal ini cukup penting, karena dengan tidak adanya kesalahan eja, mala blog anda lebih terkesan profesional dimata pengunjung, selain itu, dengan pengejaan yang benar, konten atau artikel blog anda akan memiliki harga yang tinggi, atau sangat berkualitas untuk pembaca dan juga untuk robot mesin pencari.

Itulah 10 teknik menulis artikel atau konten blog berkualitas yang bisa saya sampaikan. semoga bisa bermanfaat untuk dipraktekkan oleh teman-teman blogger.



Loading...


Bagikan

Vilandus

Penulis

Saya suka menulis jika ditemani segelas kopi.

Komentar

    Ruben

    ( - 15:34)

    Luar biasa. artikel ini sangat menginspirasi. Selama ini saya selalu membaca artikel dari klikmania karena penyajian konten yang singkat,pada dan jelas serta mudah dipahami..saya tertarik dengan trik pembuatan konten dan isi konten ini

    fuadproperty

    ( - 04:09)

    wah benar itu konten yg baik tidak mudah membuatnya dibutuhkan kesabaran dan perbanyak referensi bacaan jadi perbanyak ilmu.

    ligapoker

    ( - 00:12)

    makasi admin atas info yang di berikan …. sangat membantu sekali terutama bagi saya yang masih newbie di bidang ini

    rino aji

    ( - 12:14)

    Izin Copy buat tugas 🙂

    mediadaeng

    ( - 03:41)

    Terima kasih pencerahnya, salam silaturahmi dari blog pemula banget mediadaeng.blogspot.com, datang berkunjung dan berikan masukan. hehe

    rumah murah

    ( - 18:53)

    terima kasih buat artikel sangat bermanfaat buat saya

    Designkain

    ( - 16:41)

    Benar blog yang baik menpunyai judul yang unik dan isi konten yang berkualitas, regards designkain dot com

    Ya benar sekali “konten adalah raja”

    Muzaku

    ( - 13:42)

    konten adalah raja .. tanpa konten yang berkualitas, maka blog kita tidak akan menarik minat para pembaca ..

      Vitalis Arnoldus

      Bener banget mas muzaku, makanya dalam tulisan di atas saya ibaratkan konten sebagai “Jantung” dari blog yang kita miliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *