Optimasi Blog

11 Penyebab Utama Pengunjung Blog Turun Drastis Terjun Bebas

Penyebab trafik blog anda menurun drastis. Pernah mengalami yang demikian, tiba tiba trafik blog anda yang semula stabil tetapi tiba tiba turun dengan drastis, anjlok, seperti parasut, terjun bebas, padahal selama ini kita rajin update artikel.  Apakah ada sesuatu yang salah dengan blog kita? atau mungkin google lagi berbenah dan menata ulang algoritma terbarunya? kira kira apa penyebab utama nya sehingga blog kehilangan sebagian pengunjung tidak seperti biasanya.

Pasti ada salah satu di antara kita yang flash back ke belakang, apa kira kira kesalahan yang di lakukan dalam sepekan sehingga terjadi penurunan pengunjung yang terlihat sangat mencolok. Semua tak lepas dari peran mesin pencari, yang menempatkan artikel anda sehingga di temukan oleh pengunjung, sebab trafik terbesar adalah dari mesin pencari, terkecuali blog anda sudah sangat populer sehingga pengunjung langsung datang dengan mengetahui alamat URL blog tersebut.

Penyebab Utama Pengunjung Blog Turun
Terjun bebas

Dari banyak argumentasi, penyebab menurunya pengunjung secara drastis bisa di sebabkan karena hal hal seperti di bawah ini.
1. Sering mengganti template blog, tanpa submit sitemap ulang ke google webmaster.
Sebenarnya tidak menjadi masalah mengganti template blog, tetapi hal yang sering di lupakan adalah mendaftarkan ulang peta situs (sitemap) ke google webmaster, hal ini sangatlah penting sekali,agar robot google segera meng crawl template baru anda, agar cepat terindex kembali.

Baca : Cara mengganti template blog dengan benar.

2. Banyak kesalahan atau eror di google webmaster tools
Periksa secara berkala di halaman/dashboard google webmaster tools, apakah banyak eror, seperti Structured data (missing author, missing update)
HTML Improvements (Duplicate meta descriptions, Duplicate title tags)
Crawl errors (Page not found/error 404)
Security Issues (Malware di browser)

3. Menerapkan keyword stuffing
Menuliskan kata kunci yang berulang ulang dan meletakkan dalam kalimat posting tanpa di imbangi kosa kata yang relevan. Hal ini akan di anggap oleh spam oleh google,resiko terburuk adalah artikel anda akan de-index (tidak terindex oleh google) ini berlaku juga untuk penerapan blackhat SEO lainnya.


4. Banyak link spam
Terdapat banyak link yang mengarah keluar dari blog anda yang menuju situs lain, terkadang google tidak begitu suka terhadap link atau website tersebut, karena bukan merupakan situs yang terpercaya, buatlah link keluar hanya kepada situs atau mitra google saja.

5. Banyak komentar spam
Jangan bangga dengan banyaknya komentar pada blog anda, yang menautkan link sembarangan. Ini salah satu faktor penyebab menurunnya jumlah pengunjung, sekali lagi google sangat tidak menyukai spam, buatlah moderasi kotak komentar anda, untuk mengatasi hal ini.

6. Jumlah backlink yang banyak dalam waktu yang singkat
Hati hati dalam mencari backlink,apalagi backlink otamatis atau di dapatkan dengan cara membeli, sebaiknya mencari backlink dari situs yang berkualitas.

7. Jarang update artikel
Yang ini termasuk salah satu penyakit blogger kambuhan, obatnya ada pada anda sendiri.

8. Sering update artikel,tetapi artikel lama
Google sangat menyukai konten atau posting yang fresh, baru serta informatif, ini pengalaman saya saja.Trafik pengunjung blog anda tidak akan naik jika anda hanya memposting artikel yang sudah banyak di bahas orang,apalagi kata kunci artikel tersebut sudah padat. Hanya buang buamg waktu saja. Untuk mencapai halaman 10 besar google juga akan sulit, karena artikel sudah berjubel.

9. Penerapan SEO yang salah
Untuk hal ini saya tidak bisa menjelaskan secara detail, sebab saya sendiri bukan ahli SEO. banyak pelajaraan SEO yang anda bisa terapkan untuk blog anda, selama ini saya hanaya melakukan optimasi SEO on Page dan SEO offpage seperlunya saja. 

10. Update algoritma google
Pengunjung bisa turun secara drastis ketika google melakukan update algoritma terbaru, hal ini wajar dan bisa terjadi pada situs atau web yang besar sekalipun,perubahan ini biasanya mempunyai dampak terhadap artikel di mesin pencarian, posisi SERP dan rangking blog secara global.

11. Blog kurang promosi
Faktor lain adalah promosi blog anda, baik secara online dan offline, hal ini tidak perlu saya jelaskan lagi, banyak cara untuk mempromosikan blog ada, mulai dari mendaftar ke blog directori, social media maupun forum yang se-Niche dengan blog anda.

Nah,apakah penjelasan di atas kira kira masuk dalam salah satu kategori yang sedang anda alami? Naik turun nya pengunjung blog itu sebenarnya wajar, tetapi kalau kita memperhatikan dan menerapkan secara benar, insya Allah trafik pengunjung blog anda akan normal kembali, dan bahkan bisa cenderung naik dan meningkat.



Loading...

Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

48 Comments

  1. terima kasih mas sudah memberikan referensi untuk saya, blog saya saat ini sedang anjlok tapi saya merasa tidak melakukan hal yang disebutkan diatas mas. lalu solusinya gimana??

  2. Bener kata mas Ganie, setelah ganti template visitor blog saya terjun bebas. Padahal sudah saya submit ulang semua url, apa karena sekarang lagi ada algoritma baru mas ? apa karena konten blog saya yang tidak masuk kategori. Terima kasih dan salam kenal mas Ganie.

  3. blog sy view trun drastis gan gara2 backlink yg berlebihan, mkasih infonya gan artikel anda bagus

  4. Terima kasih mas artikelnya sangat membantu saya dalam mengatasi masalah anjloknya visitor yang tadinya 60% skrng jadi 30% ternyata pas saya cek google webmaster banyak banget yang error dan lupa submit sitemap juga, mudah-mudahan kedepannya visitor bisa stabil terus

  5. Nomor 8 yang masih saya lakukan, Mas. Kadang-kadang otak ini mampet, tapi pengen nulis. Pada situasi seperti itu saya cek keyword yang masuk ke analytic saya atau cek iklan yang muncul di blog saya. Dari situlah dasar saya membuat artikel baru. Tujuannya agar nantinya iklan yang lebih relevan yang muncul di halaman baru saya. Tapi belum tahu juga hasilnya. Blog saya masih baru dan iklan juga baru seminggu.

  6. Kalau boleh kasih tambahan, penyebab visitor blog turun drastis karena banyak yang “copas” atau terkena “AGC”. Ini pegalaman pribadi, jadi jika anda tidak melakukan kesalahan tiba-tiba visitor blog anjlok coba cek duplikat konten. Mungkin blog agan-agan wati sudah jadi korban AGC atau copaser.

    Terima kasih semoga bermanfaat.

  7. pengunjung saya turun banyak banget setelah ganti template.. padahal baru 2x saya ganti template dengan waktu yang berjauhan..

    untuk template yang baru padahal memiliki fitur lebih banyak dari template sebelumnya. atau memang sedang ada perubahan dari algoritma google.. agak sedih kalo turun terus gini.

  8. Bang punya saya turunnya bertahap,
    dari 2300 – 2000 – 1800 – 1600 -1500 Dst
    itu kenapa ya ? padahal selalu update artikel tapi hari demi hari malah turun terus ?
    adakah yang salah . Jadi malas blogging nih

    1. Memang lagi msuimnya anjlok visitor kayaknya nih mas 😀
      Blog ini aja sampai 40% turunnya, mungkin ada pengaruh perubahan algoritma google.

  9. Beberapa hari terakhir ini, blog terus mengalami penurunan visitor secara perlahan, di cek web master g ada masalah, apakah mungkin berdampak dari perubahan algoritma google.

  10. penyakit yg mnr 7 gan yg selalu menghantui…..niat bikin artikel setelah didepan pc yang dikerjain yg lain, mw konsisten kok rasanya berat ya..tp selalu dicoba untuk belajar konsisten walaupun msh tambal sulam

  11. klo blog saya turun perlahan setelah update Themes nya mas. terima kasih sudah berbagi saya sedang berusaha semoga pengunjungnya nambah lagi

  12. mas, saya mau nanya. klu misal ganti domain.. dari blogspot ke .com .. cara mengembalikan trafiknya gimana gan?? dan pada saat saya mau “view blog”, terjadi kesalahakan dan tidak mau terbuka… katanya DNS nya blum ada,,, itu gimna gan?… silahkan liat blognya di ahlicara
    tolong di jawab gan master…

  13. Yang paling sering nomer 1 nih. Huft, padahal sudah hampir stengah bulan blog saya dapat 1rb pengunjung/hari. Kemarin 500 dan sekarang nggak sampai 400 🙁