Seri Ponsel Sony Ericsson

12 Seri Ponsel Sony Ericsson ini Salah Satunya Mungkin Pernah Kalian Pakai

Seperti yang kita ketahui, ponsel Sony Ericsson merupakan salah satu ponsel yang cukup populer dipakai oleh sebagian orang pada era 2000-an, disamping brand ponsel lainnya seperti Nokia, Samsung, Motorola, Blackberry dan LG.

Sebagai tambahan juga, brand merger-an antara Sony dan Ericsson ini pada masanya menjadi brand ponsel tersukses kedua setelah Nokia.

Sony Ericsson ini merupakan perusahaan joint venture antara Sony dan Ericsson yang didirikan pada tahun 2001.

Alasan Sony Ericsson didirikan tentu karena kedua merek tersebut punya visi yang kuat untuk sukses pada pasar ponsel pada masanya.

Selama sepuluh tahun tersebut, Sony dan Ericsson melakukan suatu kerjasama dengan merilis ponsel yang memiliki keunggulan fitur ala Sony dan juga punya keunggulan teknologi komunikasi ala Ericsson.

Kerjasama tersebut tentu membuahkan hasil dengan bukti pencapaian Sony Ericsson yang mampu menyaingi kehebatan Nokia pada masa itu.

Namun pada tahun 2011, Sony dan Ericsson akhirnya sepakat untuk berpisah. Berdasarkan rumor yang beredar, kedua perusahaan tersebut berpisah karena masing-masing perusahaan ingin fokus ke bidangnya masing-masing.

Seperti halnya Sony yang ingin lebih fokus pada pasar smartphone dan Ericsson yang ingin lebih fokus pada bisnis infrastruktur telekomunikasi.

Loading...

Meskipun sudah berpisah sejak 6 tahun lalu, brand yang satu ini tentu tidak akan terlupakan begitu saja. Kebetulan juga, saya mau bernostalgia sejenak akan hal-hal kecil dari Sony Ericsson ini seperti dari seri-seri ponselnya.

Baca jugaInilah 5 Smartphone Pilihan di Ajang CES 2018, Sony Xperia Merajai

OK, tanpa lama lagi, langsung saja kita bahas 12 seri ponsel Sony Ericsson tersebut pada ulasan di bawah ini.

12 Seri Ponsel Sony Ericsson yang Mungkin Pernah Kalian Pakai

1. Seri J

Ponsel Sony Ericsson
Sony Ericsson J132 – Sumber : reviewhandphone.com

Seri ponsel Sony Ericsson yang pertama yaitu seri J. Seri yang satu ini merupakan seri yang paling basic diantara seri ponsel Sony Ericsson yang lainnya.

Sebagai seri yang paling basic, tentu fitur yang dibawa pun cukup sederhana seperti telepon, SMS dan ada beberapa seri J yang telah dilengkapi Radio FM.

Untuk range harganya sendiri, ponsel Sony Ericsson seri J ini biasanya dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau yaitu berkisar Rp200 ribu s/d Rp500 ribuan. Dengan kata lain, ponsel Sony Ericsson seri J ini menyasar kelas low-end.

2. Seri T

Ponsel Sony Ericsson
Sony Ericsson T650i – Sumber : mobile88.com

Pada masanya, seri ponsel Sony Ericsson biasanya selalu mengedepankan desai yang unik dan tentunya cukup menawan.

Untuk masalah fiturnya sendiri, ponsel dengan seri ini tentu jauh lebih lengkap jika dibandingkan dengan seri J barusan seperti telah dilengkapi kamera, browser, pemutar musik sederhana dan lain-lain.

Meskipun fiturnya sedikit lebih lengkap, harga ponsel Sony Ericsson seri T ini juga masih terbilang murah yaitu di kisaran Rp800 ribu sampai Rp1 jutaan.

Dengan range harga segitu, tentu ponsel seri ini sudah termasuk ke dalam kategori menengah ke bawah.

3. Seri K

Ponsel Sony Ericsson
Sony Ericsson K810i – Sumber : knowyourmobile.com

Pada masanya, seri ponsel Sony Ericsson selalu mengedepankan fitur kamera sebagai nilai jual.

Beberapa dari seri K ini bahkan ada yang dilabeli “Cybershot” ala kamera Sony yang berarti sudah cukup unggul dalam memotret suatu objek.

Berdasarkan review yang ada, memang rata-rata hasil kamera pada ponsel Sony Ericsson seri K ini memang selalu bisa diandalkan pada masanya. Hasilnya rata-rata cukup jernih dan natural menurut sebagian orang.

Pada masanya, ponsel Sony Ericsson seri K ini biasanya dibanderol dengan harga yang cukup bervariasi yaitu berkisar Rp600 ribu sampai Rp3 jutaan (bisa lebih juga).

Dengan harga segitu, bisa dipastikan kalau ponsel seri ini sudah termasuk ke dalam kelas menengah.

4. Seri R

Ponsel Sony Ericsson
Sony Ericsson R306 – Sumber : coroflot.com

Seri R sebenarnya tergolong cukup baru jika dibandingkan dengan seri ponsel Sony Ericsson yang ada.

Pada masanya, ponsel Sony Ericsson seri R ini selalu mengandalkan fitur Radio yang lumayan mumpuni sebagai nilai jual.

Untuk range harganya sendiri, ponsel Sony Ericsson seri R ini pada masanya dibanderol berkisar Rp800 ribu sampai Rp1 jutaan.

Dengan begitu, ponsel Sony Ericsson seri ini termasuk ke dalam kategori menengah ke bawah pada masanya.

5. Seri W

Ponsel Sony Ericsson
Sony Ericsson W200 – Sumber : technopad.net

Seri ponsel Sony Ericsson yang ini mungkin paling familiar bagi sebagian besar pengguna gadget masa lalu bahkan masa kini sekalipun.

Ponsel pada seri ini biasanya selalu dilengkapi dengan fitur musik Walkman ala Sony yang terkenal sangat mumpuni dan tentunya sangat eksklusif.

Pada masanya, banyak para reviewer ponsel yang cukup tersanjung akan fitur Walkman di ponsel seri ini. Mereka berkata demikian karena suara yang dihasilkan dari ponsel Walkman ini cukup nyaring dan komposisi antara bass dan treble-nya pun sangat baik.

Selain itu, fitur pendukung musiknya pun juga lengkap banget. Jadi pada intinya, ponsel Sony Ericsson seri W ini punya fitur musik yang sangat mumpuni pada masanya.

Untuk range harganya sendiri, ponsel seri W ini punya range harga yang cukup beragam yaitu di kisaran Rp1 jutaan s/d Rp6 jutaan.

6. Seri C

Ponsel Sony Ericsson
Sony Ericsson C902 – Sumber : gsmarena.com

Seri C merupakan seri yang terbilang baru jika dibandingkan dengan seri-seri ponsel Sony Ericsson yang ada.

Seri C pada ponsel Sony Ericsson ini sebenarnya lebih dikhususkan untuk ponsel yang menomorsatukan fitur kamera sebagai nilai jual, persis seperti seri K sebelumnya.

Hanya saja yang membedakan seri C ini dengan seri K yaitu harga yang ditawarkannya. Biasanya seri C ini dibanderol dengan harga yang cukup tinggi dibanding dengan seri K.

Hal tersebut dikarenakan seri C ini punya fitur kamera yang jauh lebih mumpuni pada masanya jika dibandingkan dengan seri K ini.

Dengan kata lain, Seri C pada ponsel Sony Ericsson ini bisa dibilang sebagai Seri K versi flagship.

7. Seri F

Ponsel Sony Ericsson
Sony Ericsson F305 – Sumber : mobilarena.hu

Seri ini merupakan seri ponsel Sony Ericsson yang ditujukan buat kalangan muda yang suka have fun, karena huruf F pada seri ini sebenarnya diambil dari kata Fun.

Adapun ponsel Sony Ericsson seri F yang paling terkenal yaitu Sony Ericsson F305 yang dikhususkan buat para gamers pada masanya.

Sebagai tambahan saja, ponsel seri F ini sudah termasuk ke dalam ponsel kelas menengah pada masanya.

8. Seri P

Ponsel Sony Ericsson
Sony Ericsson P1i – Sumber : allaboutsymbian.com

Seri Ponsel Sony Ericsson P merupakan seri PDA alias smartphone jadul ala Sony Ericsson. Ponsel yang satu ini merupakan cikal bakal dari seri Xperia yang juga dikhususkan untuk smartphone.

Ponsel Sony Ericsson seri P lebih ditujukan kepada para bos-bos dan eksekutif yang otomatis ponsel seri ini sudah termasuk ke dalam kategori flagship pada masanya.

Sebagai ponsel (atau mungkin smartphone) flagship, tentu harga yang ditawarkan pastinya cenderung tinggi.

9. Seri Xperia

Ponsel Sony Ericsson
Sony Ericsson Xperia X8 – Sumber : xda-developers.com

Seri ponsel Sony Ericsson yang berikutnya yaitu seri Xperia. Seri yang satu ini merupakan seri yang dikhususkan untuk smartphone buatan Sony Ericsson yang kedepannya seri ini juga diterapkan pada ponsel Sony di masa depan.

Sebagai seri smartphone, tentu seri Xperia ini punya banderol harga yang lebih mahal dibanding seri-seri ponsel Sony Ericsson lainnya.

Pada awalnya, seri Xperia ini memang rutin menggunakan OS Windows Mobile sebagai OS andalan pada smartphone seri ini. Namun seiring berjalannya dengan waktu, akhirnya seri Xperia ini beralih ke OS Android.

Sebagai tambahan juga, seri Xperia ini merupakan seri penutup dari Sony Ericsson karena beberapa waktu kemudian.

Sony dan Ericsson sepakat untuk berpisah dan lebih memilih fokus ke bidangnya masing-masing. Setelah Sony Ericsson tiada, seri ini tentunya dilanjutkan ke smartphone-smartphone Sony sampai saat ini.

10. Seri Z

Ponsel Sony Ericsson
Sony Ericsson Z610i – Sumber : cellphones.ca

Ponsel Sony Ericsson seri Z lebih dikhususkan untuk ponsel clamsheel ala Sony Ericsson.

Pada masanya, seri Z ini cukup diminati oleh sebagian pecinta ponsel karena desainnya yang cukup unik dan tentunya juga terlihat menawan dan keren.

Untuk range harganya sendiri, seri Z ini cukup bervariasi, dari yang murah sampai yang mahal sekalipun ada. Ponsel dengan seri ini tentunya sudah termasuk ke dalam kategori menengah pada masanya.

11. Seri S

Ponsel Sony Ericsson
Sony Ericsson S312 – Sumber : gsmarena.com

Seri Ponsel Sony Ericsson S biasanya selalu dilapisi dengan desain yang cukup menarik dan stylish tentunya.

Untuk banderolnya sendiri, seri S ini pada masanya dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp1 jutaan yang tentu sudah termasuk ke dalam kategori menengah.

12. Seri G

Ponsel Sony Ericsson
Sony Ericsson G502 – Sumber : sony-ericsson.mobilephonesbrands.com

Seri ponsel yang terakhir yaitu seri G. Seri yang satu ini lebih mengunggulkan kecepatan internetnya yang diklaim cepat pada masanya. Ponsel pda seri ini juga biasanya memiliki desain yang mewah dan tentunya elegan.

Untuk range harganya sendiri, ponsel Sony Ericsson seri G ini dibanderol mulai Rp2 jutaan dan otomatis ponsel seri G ini masuk ke dalam kategori kelas menengah.

Baca juga7 Seri Smartphone Android Samsung yang Ada Saat Ini

Penutup

Nah, itulah 12 seri ponsel Sony Ericsson yang mungkin pernah kalian pakai pada masanya. Mungkin cukup sekian saja artikel panjang ini dan semoga saja artikel ini bisa bermanfaat bagi yang membacanya. OK cukup sekian dan terima kasih.


Loading...

Bagikan

Penulis

ekkyerdiansyah
ekkyerdiansyah
Seseorang yang suka akan hal-hal yang berkaitan dengan ponsel, smartphone, gadget dan game. Jika kalian pengen lihat konten bermanfaat lainnya yang berkaitan dengan smartphone dan gadget, kalian bisa mampir ke channel YouTube saya di http://bit.ly/2nJQPc7. OK cukup sekian dan terima kasih.
ekkyerdiansyah

Penulis

Seseorang yang suka akan hal-hal yang berkaitan dengan ponsel, smartphone, gadget dan game. Jika kalian pengen lihat konten bermanfaat lainnya yang berkaitan dengan smartphone dan gadget, kalian bisa mampir ke channel YouTube saya di http://bit.ly/2nJQPc7. OK cukup sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *