Internet

7 Fakta tentang Libra, Mata Uang Digital Facebook

Mata uang Digital Facebook bernama Libra Diklaim Lebih Aman

Libra Facebook- Mata uang digital atau cryptocurrency adalah jenis mata uang yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai transaksi secara online. Dengan uang digital ini, transaksi akan menjadi lebih mudah dan aman. Hal ini karena mata uang digital dapat digunakan untuk melakukan pembelian atau pembayaran dari berbagai layanan di seluruh dunia.

Saat ini, Bitcoin yang dibuat oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009 merupakan mata uang digital yang paling populer. Selain itu, ada pula mata uang digital yang dikembangkan oleh perusahaan besar, Facebook.

Baca juga: Cara Mengenali Hoaks di Facebook Itu Mudah, Begini Caranya

Fakta tentang Libra, Mata Uang Digital dari Facebook

Mata uang digital yang diberi nama Libra tersebut diklaim lebih aman dan tidak akan mengambil data dari para penggunanya. Penasaran seperti apa bentuknya? Berikut 7 fakta tentang Libra yang harus kamu ketahui.

1. Dipimpin oleh mantan wakil CEO PayPal

Fakta tentang LibraSebagai anak perusahaan dari Facebook, Libra saat ini dipimpin oleh David Marcus. Pria berusia 46 tahun tersebut merupakan mantan wakil CEO PayPal yang berhenti dari jabatannya sejak tahun 2014.

Ini bukanlah kali pertama bagi Marcus bekerja di bawah perusahaan Facebook. Sebelum menjadi pimpinan Libra, ia juga pernah bekerja di Facebook Messaging sebagai wakil pimpinan produk.

2. Tidak seperti Bitcoin

Fakta tentang LibraMeski sama-sama merupakan mata uang digital, Libra diklaim memiliki beberapa perbedaan dengan Bitcoin. Dengan mata uang Libra, pengguna dapat mengakses melalui aplikasinya tanpa diharuskan memiliki akun bank.

Selain itu, Libra dikendalikan dalam sebuah blockchain di bawah lembaga Libra Association. Cryptocurrency baru dari Facebook ini juga dibuat dengan bahasa pemrograman bernama Move yang diciptakan secara khusus untuk Libra. Dengan demikian, Libra dapat digunakan hingga 1000 transaksi setiap detiknya.

3. Memiliki anak perusahaan yang diberi nama Calibra

Fakta tentang LibraSeperti dilansir dari Bloomberg, Libra juga memiliki sebuah anak perusahaan bernama Calibra, sebagai layanan dompet digital. Platform ini nantinya akan terpisah dengan Facebook.

Calibra dibuat untuk mewujudkan misi sistem keuangan Libra yaitu memisahkan data finansial dengan informasi pribadi pengguna. Hal tersebut seperti yang diungkapkan oleh David Marcus, selaku pimpinan, bahwa nantinya data finansial pengguna akan berada dalam server yang berbeda serta tidak dibagikan melalui server Facebook.

Singkatnya, jenis mata uang yang digunakan Libra atau Calibra sama. Akan tetapi, data yang dikirimkan tidak akan menyatu alias terpisah di antara kedua platform tersebut. Jadi, kemungkinan pengguna bisa melakukan transfer keuangan dari Libra ke Calibra atau sebaliknya.

4. Mendapat dukungan dari banyak perusahaan besar

Layanan mata uang digital dari Facebook ini juga telah mendapat dukungan dari sekitar 27 perusahaan besar lain yang bergerak dalam bidang keuangan, seperti contohnya PayPal, Visa, Coinbase, MasterCard, dan berbagai perusahaan lainnya.

Selain itu, Libra juga masih membuka kesempatan bagi perusahaan lain yang ingin ikut berpartisipasi dengan menjadi partner.

Namun syaratnya, perusahaan tersebut harus memiliki nilai pasar setidaknya USD 1 juta. Atau jika tidak, memiliki minimal pelanggan sebanyak 20 juta setiap tahunnya.

5. Tidak terbatas hanya untuk Facebook

Selain dapat diakses melalui Facebook, namun mata uang digital ini tidak dibuat khusus hanya untuk Facebook. Libra nantinya juga dapat diakses melalui WhatsApp, Instagram, dan juga Facebook Messenger.

Selain itu, pengguna juga dapat secara langsung menggunakan layanan dari Libra tersebut melalui aplikasi atau web untuk melakukan berbagai transaksi.

6. Diperatori oleh perusahaan non-profit bernama Libra Association

Libra sendiri diatur oleh sebuah perusahaan non-profit yang bermarkas di Geneva, Swiss, yaitu Libra Association. Sebagai organiasis nirlaba, perusahaan yang bergabung dalam Libra Association tersebut akan mengontrol tidak lebih dari 1 persen jaringan blockchain yang ada pada mata uang digital Libra.

Hal ini membuat Libra menjadi anak perusahaan Facebook yang ditujukan untuk menciptakan mata uang digital tersendiri, lebih khusus lagi bagi mereka yang ada di kalangan Facebook.

7. Belum bisa diluncurkan tahun ini

Mata uang digital Libra ini rencananya akan diluncurkan secara resmi mulai tahun 2020 nanti. Tahun peluncuran tersebut bisa saja mundur dari waktu yang semestinya.

Hal ini dikarenakan Libra harus melakukan penyesuaian terhadap regulasi pemerintah setempat. Mereka juga masih berencana untuk melakukan kerja sama dengan berbagai bank di seluruh dunia.

Itulah berbagai fakta tentang Libra, sebuah mata uang digital baru yang dikembangkan oleh perusahaan multinasional besar Facebook. Gimana, kamu tertarik mencoba menggunakannya nanti kalau sudah diluncurkan?


Loading...
Baca selengkapnya

Rain or shine, I want to see you smile.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close