in

Tips Mengembangkan Blog Menjadi Besar dan Terkenal

mengembangkan blog

Blog adalah sumber informasi. Masing masing blog memiliki ciri khas sendiri dalam pembahasan di setiap artikelnya, baik dari segi tema maupun dari segi gaya bahasanya. Kebanyakan blog dibuat dengan tujuan komersial, alias mendapatkan keuntungan sebanyak banyaknya. Karena kemudahannya itulah maka sekarang ini banyak orang yang ingin membuat blog dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan sebaik baiknya. Dalam mengembangkan blog mereka masing masing juga memiliki perbedaan.

Namun ada sisi kelam dibalik itu, yaitu blog banyak yang terlantar karena tidak bisa menghasilkan uang. Para pemilik blog atau yang biasa disebut blogger ini mudah putus asa. Mungkin mereka sudah tahu akan banyak hal, namun mereka belum mempraktikannya sama sekali, atau bisa juga dalam mempraktikannya ada kesalahan.

Untuk mengembangkan blog menjadi besar itu bisa dibilang susah. Selain butuh waktu, juga butuh tenaga dan juga modal keuangan yang kuat. Karena tanpa semua itu rasanya akan sangat sulit untuk bisa bersaing berlomba lomba mengalahkan banyak blog antara yang satu dengan yang lainnya di era yang semakin marak dan semakin banyak muncul blog baru ini.

Dalam mengembangkan blog, beberapa pemilik menggunakan strategi tersendiri untuk membawa blog tersebut menuju kesuksesan. Nah di kesempatan kali ini saya ingin memberikan sedikit tips mengenai cara mengembangkan blog menjadi lebih luas jangkauannya dan menjadi terkenal oleh banyak orang. Ini adalah hasil dari riset dari beberapa situs di Indonesia yang memiliki pertumbuhan yang begitu pesat.

Tips mengembangkan blog agar jadi populer

Mengembangkan blog itu adalah tahapan yang dilakukan setelah blog itu berdiri dan memiliki reputasi yang baik. Dan tentunya mengembangkan blog itu butuh waktu yang tidak sebentar. Untuk mencapai tujuan apapun memang harus dibutuhkan perlakuan sabar dan tak mudah putus asa.

Mungkin untuk membuat dan mendirikan blog anda bisa melakukannya dalam waktu singkat. Sehari mungkin bisa membuat hingga 3 sampai 10 blog, namun untuk mengembangkannya, 1 blog saja butuh waktu 4 bulan lebih. Jadi mengembangkan itu lebih sulit daripada cuma membuat. Langsung saja simak beberapa tipsnya berikut ini dan silakan praktikan untuk blog utama anda agar menjadi bisa menjadi populer. Cekidot …

1. Jadilah viral dan jadilah peloporlor

mengembangkan blog
Image from wikipedia/commons

Sekarang ini banyak blog yang suka membahas akan sesuatu yang sedang viral. Jadi saat ada suatu berita hangat yang menjadi sebuah trend, atau sekedar isu, maka situs tersebut akan langsung membahasnya. Dari sinilah biasanya akan terjadi mendapatkan banyak pengunjung, dan mereka juga suka mengesharenya ke sosial media.

Kita bisa mencontoh situs di Indonesia yaitu Hipwee, dia bisa dibilang menggunakan strategi menciptakan konten viral agar situsnya tersebut juga ikut viral. Apalagi dia selalu menggunakan sosial media, karena dari sosial media itulah mereka bisa menjadi terkenal dan juga mendapatkan banyak pengunjung. Bahkan situs ini dari pertama kali dibuat hingga 3 bulan saja sudah memiliki ribuan pengunjung.

Selain itu, ada juga situs luar negeri yang mengusung konsep viral semacam viralnova. Yang mana situs itu dibeli dengan harga yang begitu mahal. Jadi bisa dibilang, situs dengan mengutamakan konsep viral ini akan memiliki potensi ledakan pengunjung yang begitu tinggi dan akan semakin eksis kedepannya.

Kadang seseorang ingin membuat blog mereka menjadi viral, mereka melakukan cara cara yang bisa dibilang licik. Seperti menggunakan isu SARA yang menjatuhkan satu pihak demi mendapatkan uang. Hal ini tentunya begitu memprihatinkan, terutama di negara kita ini yang memiliki banyak sekali keanekaragam dalam satu wadah. Namun bagaimanapun juga kedepannya situs yang penuh dengan isu SARA itu tidak akan memberikan banyak keuntungan, selain dikecam banyak orang, juga tidak sesuai dengan yang namanya undang-undang.

Sebenarnya teknik membuat konten yang viral ini menjadi salah satu teknik dari promosi gratis. Tentu hal ini karena konten viral itu sangat berpotensi untuk dishare oleh orang lain. Mereka secara sukarela mengeshare artikel yang sekiranya menurut mereka itu bagus dan perlu diketahui oleh orang lain. Tentu hal ini akan menjadi salah satu keuntungan tersendiri dari anda menggunakan teknik ini, yaitu tidak perlu mengeluarkan uang lebih banyak untuk melakukan biaya promosi.

faktor untuk mendapatkan share yang bagus

Perlu anda tahu, bahwa konten viral itu bukan hanya datang dari isu politik atau peristiwa yang sedang terjadi. Namun jika anda pandai, maka anda bisa menjadikan konten anda itu viral tanpa adanya suatu peristiwa atau trend masyarakat. Karena konten yang baik, berkualitas, bermanfaat dan disukai banyak orang itulah yang bisa menjadikannya menjadi viral. Inilah faktor untuk mendapatkan share yang bagus maka akan menjadi dikenal banyak orang.

Nah disinilah peran penting dari sebuah sosial media. Tanpa adanya sosial media, walau sebagus apapun konten anda, maka hal tersebut tidak bisa menjadi jaminan bahwa hal tersebut itu akan menjadi viral. Maka dari itu, hal yang perlu anda lakukan jika ingin menciptakan konten viral, maka anda harus sering bercengkrama di sosial media. Karena dari situlah anda bisa mendapatkan banyak orang yang sehati dengan konten yang dibuat.

Selain menggunakan teknik viral, anda juga bisa menciptakan teknik sebagai pelopor. Misalnya anda memiliki ide untuk membuat sesuatu yang benar benar kreatif atau sangat berguna dan menimbulkan ketertarikan untuk dilakukan oleh orang lain. Asalkan hal tersebut belum pernah dibahas oleh orang lain, maka anda bisa menjadi pelopor. Jadi nanti blog anda bisa menjadi rujukan banyak orang yang nantinya menjadi viral pada akhirnya.

Jadi jangan sungkan untuk membagikan ilmu yang anda miliki dengan cara membagikannya lewat blog ya. Karena kebaikan kita itulah yang nantinya akan dicari oleh banyak orang. Nah inilah sebenarnya hal yang sering digunakan oleh banyak orang untuk mengembangkan blog miliknya menjadi besar.

Baca juga: 10 teknik menciptakan konten viral bagi blog

2. Pahami kebutuhan orang lain

mengembangkan blog
Image from wikipedia/commons

Ngeblog adalah suatu aktivitas yang dilakukan dengan maksud dan tujuan untuk membagikan pengetahuan, informasi dan juga pengalaman kita kepada orang lain. Nah kita juga harus memahami apa yang dibutuhkan oleh orang lain. Hal itu bisa berupa hiburan, informasi, dan sebagainya. Kebutuhan orang lain menjadi dasar bagi kita untuk mengarahkan blog kita seperti apa kedepannya.

Sebenarnya ada fungsi lain dari blog, yaitu bisa menjadi tempat untuk bertermunya banyak orang yang memiliki beragam masalah. Jadi setidaknya blog tersebut bisa menjadi tempat untuk memecahkan masalah. Namun kadangkala pembahasan dalam artikel tidak sesepesifik yang diinginkan oleh pengunjung.

Maka untuk mengatasi hal tersebut, setidaknya anda visa membuat blof dengan memiliki sautu forum yang bergunak untuk tanya jawab. Asalkan anda pandai dalam niche yang dibahas dalam blog, maka tidak apa apa untuk membuat sebuah forum dalam blog.

Intinya, anda harus memahami kebutuhan orang lain. Hal ini bisa dilakukan dengan mengechek menggunakan tools seperti halnya google analytics. Karena dengan tools seperti itu, anda bisa mengetahui mengenai apa saja yang berkaitan dengan perilaku dan aktivitas pengunjung di blog anda. Misal mulai dari apa yang suka mereka cari, umur pengunjung, seberapa sering pengunjung yang balik lagi dan sebagainya.

Jika kita ingin mengembangkan blog menjadi lebh besar lagi, maka memahami kebutuhan pengunjung ini perlu anda lakukan. Karena bagaimanapun juga, hal ini akan bermanfaat bagi jangka kedepannya. Karena antar pengunjung dan pemilik blog akan selaras dan sesuai dengan keinginannya masing masing.

3. Gaet anak muda

mengembangkan blog

Anak muda mulai dari remaja hingga umur 20an itu adalah tipe orang yang suka untuk berkarya. Mereka suka mencurahkan isi hatinya kepada semua orang dari sini. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membuat mereka suka berkarya dan blog anda sendiri menjadi tempat bagi mereka untuk bisa berkarya. Hal ini tentunya akan sangat direspon oleh banyak orang.

Anak muda suka sekali update status di sosial media, mereka juga ingin berkreasi lebih dari hal tersebut. Maka dengan adanya blog ini, itu menjadi suatu wadah bagi anda untuk bisa berkreasi lebih lanjut mengenai kemampuan mereka dalam menulis serta mencurahkan kemampuan mengungapkan perasaan mereka.

Menggaet anak muda untuk bisa ikut berkarya dengan tulisan maupun dengan video yang mereka miliki juga diterapkan oleh situs hipwee. Yang mana karena situs tersebut membahas hal yang benar benar pas di seumuran mereka. Misalnya membahas mengenai percintaan atau asmara, tips sehari hari, tips sekolah, mengelola keuangan dan sebagainya. Bahkan saat ini situs tersebut sudah memiliki banyak sekali penulis.

Jadikan visitor anak muda untuk ikut bergabung

Contoh lainnya tak perlu jauh-jauh. Blog klikmania ini juga menggaet anak muda. Blog ini memberikan kesempatan kepada semua orang terutama mereka para generasi muda untuk bisa ikut mengisi blog ini untuk berbagi pengetahuan dan juga dalam rangka memberi inspirasi. Ya seperti moto dari blog ini, yang mana blog ini akan memberikan inspirasi terhadap para pembacanya. Apalagi hal ini mendapatkan bayaran dari admin, jadi tentunya akan sangat menarik perhatian golongan anak muda seperti saya.

Nah dengan menggaet anak muda untuk ikut berpartisipasi atau ambil bagian dalam mengisi blognya, maka itu akan mampu memajukan blog dengan cepat. Namun hal yang terpenting adalah selain membangun konten, blog kita juga harus memiliki tampilan yang menarik, ramah pengguna dan juga tidak ribet serta loadingnya ringan. Karena kenyamanan pengunjung itulah yang akan menjadikan mereka anak muda menyukai blog kita.

Bahkan sekarang ini banyak situs yang sengaja memberikan kesempatan kepada semua orang untuk ikut berpartisipasi kedalam blognya tersebut. Mungkin karena dengan itu mereka tidak perlu membayar jasa penulis artikel yang cukup mahal dan juga tidak perlu capek capek harus menulis sendiri. Jadi hal ini akan terjadi keuntungan timbal balik antara pemilik situs dengan penulis.

Jadi jika anda ingin mengembangkan blog lebih jauh lagi, yang anda lakukan adalah dengan menambahkan form untuk penulis tamu. Untuk di wordpress ini saya rasa akan mudah, namun untuk semacam blogspot, saya rasa hal ini sulit, mungkin anda bisa menggunakan email untuk menerima kiriman penulis.

Dengan adanya interaksi dari pengunjung, maka blog memungkinkan untuk lebih cepat berkembang, namun yang perlu diperhatikan juga adalah anda harus menyiapkan bandwidth yang lebih besar pula agar tidak terjadi kendala suatu saat nanti.

4. Promosikan secara tepat

mengembangkan blog
Critical mass Promotion budapest from Wikimedia

Promosi adalah salah satu hal yang perlu dilakukan oleh blogger untuk mengembangkan blognya lebih besar lagi kedepannya. Mempromosikan blog secara tepat maka anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik dan jangka panjang. Walaupun sekarang ada berbagai tools yang bisa digunakan untuk spam di berbagai FB, namun bagaimanapun juga, anda tidak bisa mendapatkan hal yang lebih baik dalam jangka panjang. Bisa bisa link blog anda di blokir di FB.

Mempromosikan secara tepat itu juga tidak harus menggunakan uang dan biaya yang mahal. Namun anda bisa melakukannya secara gratis. Misalnya dengan memberikan link kita saat ada orang yang membutuhkan, guest blog di blog orang lain, sering blogwalking dan sebagainya, hal itu akan menjadikan blog anda lebih dikenal oleh banyak orang.

Blog baru memang sangat perlu dipromosikan, karena tanpa kegiatan ini, blog kita tidak akan bisa laku dan terkenal oleh banyak orang. Hal tersebut bisa diibaratkan dengan berjualan di tempat yang sepi atau bahkan dikuburan. Maka dari itu carilah pengunjung, jangan menunggu pengunjung yang tahu blog kita.

Untuk mengembangkan blog menjadi besar memang membutuhkan promosi yang tidak sebentar. Selain terus menerus memperbarui blog dengan konten yang orisinil, fresh dan juga berkualitas, melakukan kegiatan promosi atau mengenalkan kepada banyak orang juga perlu dilakukan secara berkesinambungan.

Ada banyak sekali media promosi blog, mulai dari menggunakan sosial media, f2f, m2m, menggunakan kaos, sticker atau endorse dan sebagainya. Anda bisa menggunakan yang termuda menurut sendiri. Karena bisa saja yang saya lakukan terasa mudah tapi tidak mudah untuk dilakukan oleh orang lain.

Yang penting, promosikan secara bijak, bangun personal branding dan kenalkan kepada banyak orang. Jangan suka melakukan spam ini dan itu. Karena hal ini bisa berakibat buruk dikemudian hari.

5. Jangan mudah putus asa (sabar)

mengembangkan blog

Ini merupakan faktor dari diri kita sendiri. Kita perlu melakukan dengan penuh kesabaran dan terus semangat. Karena saat ini banyak yang menjadi blogger kurang dari seminggu. Karena mereka mengira bisnis adalah sesuatu yang mudah dikerjakan dari rumah dan bisa mengalirkan uang begitu saja. Jika persepsi anda tentang blogger juga demikian, maka anda juga tidak akan bisa mengembangkan blog lebih besar lagi.

Saran saya, jangan dulu memasang iklan, mencari pengiklan dan menggunakan blog untuk mendapatkan keuntungan komersial sebelum blog bisa memberikan manfaat dan efek positif bagi orang lain. Jika sudah ada orang lain yang dapat mengambil manfaat dari blog anda, barulah menggunakan blog untuk tujuan komersial.

Dengan melakukan hal tersebut maka anda tidak akan terpicu dengan uang dan uang. Namun anda berpaku terhadap kemanfaatan blog bagi orang lain. Hal ini juga penting, karena jika hanya berpaku terhadap uang, maka anda bisa frustasi jika tidak mendapatkan hasil dengan cepat.

Jujur saja, saya awal awal ngeblog dulu tidak semata-mata untuk uang, namun bagaimana cara membuat blog dan bisa mengisi dengan konten yang saya pelajari dari sekolah. Namun setelah beberapa waktu saya kembali ngeblog setelah sebelumnya vakum, saya mulai terbius oleh uang yang sering ditunjukan oleh mereka yang sudah sukses. Nah disitulah saya mulai goyah dan tidak mendapatkan jati diri.

Namun saya akhirnya sadar, bahwa ngeblog bukan soal uang, tapi tentang berbagi dan belajar. Disitu saya merasa lebih sadar walau tak kunjung menghasilkan uang setelah sekian lama ngeblog, tapi ada suatu manfaat yang bisa saya berikan kepada orang lain. Nah saat sudah mulai tidak ada hasrat tentang uang dan uang. Maka blog tersebut justru menunjukan hasil dengan uang yang sedang dicari-cari.

Dari situlah saya banyak mendapatkan pelajaran. Salah satunya adalah tidak ada sesuatu baik yang kecil atau yang besar sekalipun yang bisa kita dapat jika kita tidak bisa bersabar dan juga selalu putus asa.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai tips mengembangkan blog yang dapat anda coba sendiri terhadap blog anda. Jangan sampai anda tidak mendapatkan apapun dari blog. Setidaknya ada rasa bangga tersendiri yang bisa didapat dari memiliki blog. Soal uang pasti akan mengikuti apabila anda telah menyiapkan segala sesuatu yang terbaik untuk blog.

Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi kita semuanya. Jangan lupa utuk share artikel ini jika bermanfaat bagi orang lain. Terima kasih atas kunjungan anda.

Author Blogedewek

Salam kenal semuanya, Saya Blogedewek. Hobi saya membaca, berkebun, dan tidur. Suka nulis juga di blog klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora yang menjual padi basmati.

Komentar

Tulis Komentar
  1. Terima kasih tipsnya sangat bermanfaat bagi pemula yang baru aktif di blog seperti saya

  2. Jangan menyerah sobat blogger tetap bangun blog kalian karena jika sudah besar maka penghasilan kalian akan juga besar, jangan mengejar penghasilan dulu karena apalah artinya jika pengunjung masih dikit hasilnya sehari paling 100-500 rupiah tapi jika blog kalian sudah bisar maka bukan tidak mungkin jutaan rupiah setiap bulan menanti kalian. Salam sukses untuk kita semua

  3. Blognya bermanfaat kx, oh ya kx saya kan baru didunia blog ini, jadi saya bingung kx, blog saya masih baru tapi sudah mulai memasang iklan, dan tamplate saya juga belum bagus kx, tlong bantuin kx

  4. Perkenalkan nama saya rijalu ihsan, saya baru dalam menulis blog, saya bingung nih, blog saya kan masih baru dan diblog saya sudah dipasang iklan, it gimana ya min..?

  5. mantap sekali tipsnya,,sangat bermanfaat karena saya lagi mau ngembangkan blog baru agar bisa terkenal dam mendatangkan bnyak pengunjung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0