long tail keywords

Menerapkan Long Tail Keywords Untuk Judul Posting Blog

Menggunakan long tail keywords untuk menentukan judul posting pada artikel. Dalam persaingan kata kunci (keywords) yang semakin padat dirasa perlu menggunakan Strategi dan tehnik SEO yang sedikit berbeda. Long tail keywords atau kata kunci berekor panjang mempunyai kekuatan pada artikel dalam hasil pencarian di search engine.

Long tail keywords memberikan spesifikasi ketika orang mencari sesuatu berdasarkan kata kunci, maka yang ditampilkan adalah saran dari kata kunci pendek yang diketik dalam  kotak penelusuran. Google Search Auto Suggestion menambahkan kata secara otomatis di belakangnya, jadi pencarian akan lebih spesifik.

Google Search Auto Suggestion

Fungsi dan dan manfaat long tail keywords adalah untuk menjabarkan serta menjelaskan kata kunci utama agar lebih detail, sehingga pengunjung yang sedang mencari artikel yang di inginkan di mudahkan dengan penjelasan di judul tersebut.

Selain itu juga untuk memenangkan persaingan kata kunci yang sudah padat, dengan jumlah pencarian yang sangat tinggi. Sebuah blog baru tentu saja tidak akan menang dalam hasil pencarian jika hanya menggunakan kata kunci yang pendek. Karena kata kunci tersebut sudah dikuasai oleh blog blog ternama dan sudah berumur.

Kelebihan menggunakan long tail keyword pada judul posting

long tail keywords

1. Target yang lebih spesifik dan mendetail dibandingkan menggunakan kata kunci pendek (short keyword) untuk penerapannya bisa untuk jenis niche blog yang dominan mengarah kepada kata kunci yang di targetkan.

Sebagai contoh dengan kata kunci “jaket kulit” , kita bisa membuat long tail keywords nya menjadi

Loading...

Jaket kulit keren untuk pria”

atau bisa juga

Menjual jaket kulit murah kualitas terbaik”

2. Lebih berpeluang memenangkan hasil pencarian di search engine, karena hal yang lebih spesifik dan mendetail banyak di cari orang, kata kunci pendek biasanya mengartikan dan menjabarkan kata utama yang di maksud, dan mengulas kata utama tersebut lebih dalam.

Jadi fokusnya hanya itu saja (contoh banyak di wikipedia), penggunaan long tail keywords bisa meluas dan mempunyai target yang dituju, contohnya tadi : Jaket kulit murah berkualitas untuk pria.

3. Menghasilkan kualitas lalu lintas pencarian yang lebih baik dengan tingkat konversi yang lebih tinggi. Hal ini juga dapat meningkatkan SERP (search engine result page), jika halaman atau artikel tersebut di temukan dan banyak dibuka oleh pengunjung.

Ingat pelajaran SEO, page view tinggi dapat mengurangai bounce rate, dan jika bounce rate rendah SERP akan meningkat.

Penerapan long tail keyword untuk judul posting

Sekali lagi, kita tidak bisa mengandalkan sebuah kata kunci (keywords) untuk bisa langsung menduduki halaman utama di mesin pencari. Perlu memerlukan riset kata kunci untuk melihat kompetitor kita di search engine.

Jangan memaksakan kata kunci dengan tingkat pencarian tinggi dan persaingan tinggi pula. Karena akan sia-sia, dan bahkan mungkin artikel anda akan mubazir dan tidak diketemukan pada hasil pencarian (di temukan tetapi entah pada halaman berapa). Manfaatkan tool dari google adwords untuk menganalisa kata kunci utama

Riset Keywords Menggunakan Google Keyword Planner

Dalam artikel tersebut saya jelaskan lengkap mengenai fungsi dan contoh Short tail keyword dan Long tail keyword. Tahap yang paling penting adalah menganalisa persaingan kata kunci, kita bisa ambil kata kunci pencarian dengan pesaing yang rendah (low) dan tingkat pencarian yang tinggi dari Long tail keyword.

Update : Google Keyword Planner sudah tidak gratis lagi.

Dengan kobinasi yang variatif, kita bisa menempatkan kata kunci tersebut dalam deretan artikel yang kita buat. Perlu di ingat google menampilkan hasil pencarian exact (menyeluruh), berdasarkan kata kunci yang diketik para searching di halaman pencarian.

Meletakkan kata kunci pada judul dan artikel

Optimasi kata kunci pada judul, bisa di lakukan secara variatif. Anda harus benar-benar bisa menyiasati persaingan sebuah artikel dalam hasil pencarian. Anda harus dapat menyusun kata kunci utama dengan kata variatif lainnya.

Cari kata variatif lain yang jarang di gunakan,

Bisa di ambil contoh

Jual jaket kulit pria dengan style terkini

dan anda bisa menempatkan kata

” termurah, berkualitas, terbaik, keren, dan seterusnya pada bagian artikel.

Long tail keyword spesifik dan tertarget

Contoh ini bisa di terapkan untuk hasil yang lebih tertarget, dengan tingkat persaingan yang lebih rendah. Karena hanya meliputi daerah atau wilayah tertentu saja, contohnya seperti di bawah ini.

Diskon jaket kulit kualitas ekspor tanah abang jakarta
Bursa jaket kulit murah berkualitas pasar turi surabaya
Obral besar jaket kulit khusus pria pasar johar semarang

Menggunakan Tool atau software longtail keywords

Banyak fasilitas gratis selain dari google adwords (keyword planner tool) seperti ubbersuggest, keywordshitter, keywordtool serta banyak lagi. Cara kerjanya juga hampir sama, yaitu memberikan data tentang kata kunci yang sering di cari atau di tuliskan orang melalui pencarian di search engine.

Tetapi jika anda mempunyai sedikit dana, anda bisa mencoba tool berbayar seperti, SEmrush atau Longtailpro.

Nah, jika anda tidak ingin kalah bersaing dalam hasil pencarian di search engine dan berkesempatan mendapatkan pengunjung dari hasil pencarian yang lebih spesifik dan tertarget. Ada baiknya anda menggunakan long tail keywords dalam judul posting atau artikel anda.


Loading...

Bagikan

ganisebastian

Penulis

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Komentar

    Avatar

    Anton

    ( - 11:31)

    Makasih mas penjelasannya, artikel ini selalu membuat saya bersemangat.. Sukses selalu mas biar selalu bisa kasih pelajaran buat blogger2 newbie kayak ane… 🙂

    Avatar

    Blogger OPS

    ( - 13:31)

    Makasih bang artikel ini sangat bermanfaat untuk meriset kata kunci long tail keyword bagi pemula

    Avatar

    mahmur kumara

    ( - 14:42)

    pengertian yg sangat luarbiasa dan bermanfaat. makasih atas penjelasanya.

    Avatar

    SinaQui

    ( - 09:13)

    Mas kalo setelah menerapan long tail keyword apakah bisa sasaran short tail juga terjamah. Misal dari 5 ilmuwan terbaik di dunia yang disegani yang keluar di SE adalah ilmuwan terbaik saja. Itu bagaimana caranya? terimakasih

    Avatar

    Bang boleh jelaskan sedikit dimana meletakan kata kunci dengan benar

    Avatar

    Bagus sekali, tapi buat saya kok agak susah ya gan nemuin keyword yang pas. apa terlalu banyak persaingan?

    Avatar

    Riandi

    ( - 18:31)

    Gw sempat berpikir kalau longtailkeyword itu adalah keyword yang super panjang. ternyata cuma keyword pendek yang dibuat panjang dengan cara membuatnya lebih spesifik. Makasih gan

    Avatar

    seberapa besar sih om long tail keyword di perlukan

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 08:11)

      Saya rasa perlu untuk bersaing dengan keyword utama, terutama untuk pencarian dengan kata yang lebih spesifik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *