in

Perbedaan Headphone, Headset dan Earphone yang Jarang Diketahui

headphone, headset dan earphone

Seiring maraknya penggunaan gadget, tentu Anda tidak sudah tidak asing lagi dengan istilah headphone, headset dan earphone. Perangkat dari gadget tersebut berperan penting, terutama untuk anak muda dan bahkan mereka yang membutuhkannya untuk keperluan pekerjaan.

Tapi, tahukah Anda bahwa istilah headphone, headset dan earphone berbeda?

Pengguna seringkali menyebut ketiga istilah perangkat tersebut seakan-akan merupakan satu benda yang sama. Namun, ternyata ketiga istilah tersebut mengacu pada jenis perangkat yang berbeda.

Lantas, apa saja Perbedaan Headphone, Headset dan Earphone tersebut?

Perbedaan Headphone, Headset dan Earphone

1. Headphone

Perbedaan Headphone

Headphone boleh dikatakan sebagai pendahulu klasik. Headphone merupakan sepasang pengeras suara kecil (loudspeaker) yang dirancang untuk diletakkan di dekat telinga pengguna.

Perangkat ini memungkinkan pengguna merasakan intensnya suara yang tersalurkan langsung ke telinga.

Headphone pertama kali dikembangkan pada 1910 oleh Nathaniel Baldwin. Selama bertahun-tahun, terdapat beberapa jenis headphone, diantaranya diletakan di atas telinga, di telinga, dengan kabel, dan nirkabel (wireless).

Jika saat ini Anda masih beranggapan bahwa headphone sama dengan headset, maka Anda kurang tepat.

2. Headset

Perbedaan Headphone

Headset adalah headphone yang memiliki mikrofon yang memungkinkan pengguna berbicara dengan orang lain di seberang sana.

Dengan sifatnya yang two in one, pengguna bisa mendengarkan lagu sekaligus berbicara dengan orang lain menggunakan mikrofon, itulah yang membedakan headset dengan headphone.

Dalam sebuah observasi, menunjukkan bahwa kebanyakan masyarakat lebih menginginkan headset karena fiturnya yang memungkinkan berbicara melalui mikrofon sekaligus mendengarkan lagu.

Apalagi bila Anda adalah seseorang yang keseharian bekerja menggunakan kendaraan, tentu penggunaan perangkat headset sangatlah membantu khususnya saat menelpon.

Headset juga tersedia dalam jenis single-earpiece dan double-earpiece.

Sehingga Headset merupakan pilihan ideal untuk komunikasi voice over IP, dengan layanan seperti Skype, berinteraksi dengan sistem telepon, hingga bermain game online dengan percakapan langsung.

BacaProlink Frolic2 PHC1002E Headset Stereo Nyaman dan Mantap di Telinga

3. Earphone

Perbedaan Headphone

Jenis small-loudspeaker selanjutnya, yang merupakan penerus dari headphone adalah earphone. Mungkin jenis ini merupakan yang paling sering ditemukan dan digunakan oleh orang-orang yang sedang bepergian.

Desain earphone tentunya paling berbeda diantara kedua diatas, jauh lebih kecil dan efektif.

Speaker mungil yang diselipkan ke lubang telinga otomatis membuat pengguna merasakan koneksi yang lebih langsung dengan sumber suara karena pergerakan udara antara speaker dan telinga lebih sedikit daripada headphone.

Namun, desain earphone yang demikian memiliki kompromi tersendiri. Dengan menyelipkan speaker mungil di saluran telinga, pengguna mungkin akan terasa kurang nyaman sehingga masih speaker kecil jenis ini kurang diminati.

Nah, sekarang kita sudah tahu apa itu headphone, headset dan earphone. Meskipun sebagian besar masyarakat menganggap sama, ternyata ada sisi perbedaan diantara ketiganya.

Author Dadan Hermansah

Berupaya menjadi orang yang bermanfaat khususnya bagi orang tua dan tentunya para pembaca setia Klikmania.Net

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0