market place

10 Tips Agar Bisnis Anda Tetap Eksis di Pasaran

Berhasil membangun kerajaan bisnis sendiri, merupakan sesuatu yang membanggakan. Terlebih bila brand anda telah dikenal, dan memiliki pelanggan tetap yang lumayan banyak jumlahnya. Namun, semakin hari kebutuhan pasar akan produk baru semakin meningkat. Oleh karenanya, seorang pengusaha selalu dituntut untuk melakukan pengoptimalan agar bisnis anda tetap eksis di pasaran.

Kebutuhan masyarakat akan barang serta produk baru sangat penting untuk diperhatikan. Tentu saja karena masyarakat merupakan calon konsumen, yang akan memberikan pemasukan kepada bisnis yang anda jalankan.

Sehingga akan muncul pertanyaan seperti ini . . .

Apakah anda yakin, dapat mempertahankan eksistensi dari bisnis atau usaha anda ??

Mungkin anda merasa bila bisnis atau perusahaan anda telah memiliki nama, dan memiliki banyak sekali konsumen loyal. Sayangnya, semua itu bukan jaminan untuk bisnis anda akan bertahan. Kebutuhan konsumen akan hal baru, bisa saja membuat mereka merasa bosan dengan produk atau jasa yang anda tawarkan. Konsumen bisa saja mencari perusahaan yang menyediakan produk dengan inovasi baru, sehingga anda akan kehilangan mereka.

Tidak satupun pengusaha di dunia ini, yang dapat memperkirakan kapan tepatnya perusahaan mereka mengalami krisis, bahkan kebangkrutan. Namun, semua pengusaha dapat memikirkan strategi untuk mencegah serta menangani keadaan terburuk yang akan terjadi pada perusahaan mereka.

Baca Juga : Strategi Bisnis Agar Produk Anda Laku di Pasaran

Mari kita belajar dari perusahaan kelas dunia, yakni Nokia. Perusahaan ini dahulu memiliki konsumen setia, menawarkan produk yang saat itu terasa “Wah”, serta memimpin pasar.

Apa yang terjadi ??

Loading...

Bisa anda lihat, perusahaan yang dulunya memimpin perusahaan dan seakan tidak tertandingi ini, seakan tidak “dilirik” sama sekali oleh konsumen, bahkan berada jauh di bawah pesaingnya, atau kata lainnya perusahaan tersebut sedang terpuruk.

Bagaimana cara mempertahankan eksistensi bisnis atau usaha saya ?

Beruntung sekali anda mendapatkan artikel ini di internet, karena dalam artikel ini saya akan membahas tips yang layak dicoba agar bisnis anda tetap eksis. Bahkan, tips yang akan saya bahas di sini tidak hanya membuat bisnis anda eksis, tetapi bisa juga diterapkan untuk memperbesar peluang larisnya produk serta jasa yang anda tawarkan.

10 Tips Agar Bisnis Anda Tetap Eksis

market place

1# Pastikan perusahaan anda telah memberikan pelayanan maksimal bagi konsumen

Konsumen merupakan sumber keuntungan dari bisnis dan perusahaan anda. Karena, dengan adanya konsumen, maka produk atau jasa yang anda tawarkan akan memiliki daya jual.

Saat mengunjungi perusahaan anda, tentu saja konsumen ingin diperlakukan dengan maksimal. Oleh karenanya fokus untuk memberikan kepuasan kepada konsumen anda, merupakan suatu hal yang wajib.

Baca Juga : Sukses Berbisnis Dengan Fokus Terhadap Konsumen, Bukan Uang

Selain itu, konsumen yang diberikan pelayanan yang maksimal, maka kemungkinan besar mereka akan tertarik untuk ikut serta mengajak orang lain menjadi konsumen anda, serta mereka akan bersedia untuk menjadi pelanggan loyal bagi perusahaan anda.

2# Inovasikan produk anda agar masyarakat semakin tertarik untuk menjadi konsumen anda

Seperti yang saya jelaskan di atas tadi, bila masyarakat kini menuntut adanya produk yang memiliki inovasi baru, serta berbeda dari produk pada umumnya.

Anda mungkin dapat memperbarui ide-ide dalam produk atau jasa yang anda tawarkan, agar masyarakat semakin tertarik untuk mencoba produk tersebut, serta menjadi konsumen anda.

Menciptakan produk atau jasa baru memang bukan sesuatu yang mudah, dan juga tidak murah. Mungkin anda dapat memperkerjakan kariawan yang memiliki ide sangat luas, serta pengalaman yang matang dalam bidangnya bila ingin berinovasi dan menciptakan produk baru.

Namun, modal untuk berinovasi saya rasa cukup kecil, bila dibandingkan dengan keuntungan yang akan anda dapatkan setelah produk atau jasa laku terjual.

3# Mengikuti trend dan perkembangan yang ada di pasaran

Bila poin kedua mengajak anda untuk melakukan inovasi dengan menciptakan sesuatu yang baru, maka poin ketiga ini sedikit mirip tetapi berbeda juga. Di poin ini, anda dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan trend yang ada di pasaran.

Agar Bisnis Anda Tetap Eksis

Tidak perlu memberikan banyak inovasi, cukup dengan menyediakan produk yang sedang diminati oleh masyarakat saja. Hanya saja, pada produk atau jasa yang anda tawarkan, perlu diberikan sedikit pembeda agar tidak menimbulkan kesan menjiplak produk orang lain.

Mengikuti perkembangan dan trend sangat dibutuhkan agar bisnis anda tetap eksis. Bayangkan bila perusahaan anda terlalu mempertahankan satu produk saja (seperti Nokia), tentu saja masyarakat akan cepat merasa bosan dengan produk yang terkesan monoton, sehingga produk anda mulai kehilangan peminat.

4# Siasati pergerakan kompetior bisnis anda

Tips agar bisnis anda tetap eksis yang selanjutnya, yakni selalu perhatikan dan siasati pergerakan kompetitor bisnis.

Persaingan sudah menjadi “bumbu” dalam perjalanan bisnis dan perusahaan anda. Bahkan, bisa saja persaingan tersebut berasal dari banyak perusahaan, karena ide produk atau jasa yang ditawarkan memang sedikit mirip.

Maka dari itu, selalu perhatikan perkembangan serta strategi apa yang mereka terapkan. Karena, dengan mengetahui cara mereka melakukan strategi perdangangan, maka semakin mudah juga untuk mengatasi “larinya” semua konsumen ke perusahaan mereka. Tentunya selalu perhatikan agar persaingan yang anda lakukan, adalah persaingan yang sehat.

5# Perluas jaringan bisnis anda

Memperluas jaringan bisnis, bisa ditempuh dengan melakukan beberapa teknik promosi yang hasilnya terbukti sangat ampuh dalam menarik hati masyarakat.

Salah satu teknik berpromosi yang terbukti ampuh saat ini, yakni dengan memanfaatkan media internet sebagai sarana dalam mempromosikan produk serta jasa yang anda tawarkan. Tentu saja hal ini dibarengi dengan pengguna internet yang semakin meningkat dari hari-kehari, serta internet yang tidak memiliki batasan dalam jarak, serta waktu.

Selain melakukan promosi, memperluas jaringan bisnis, bisa anda lakukan dengan membangun relasi dalam bisnis anda. Membangun relasi, atau kerjasama antar pedagang juga merupakan cerminan dari persaingan yang dilakukan secara sehat.

Baca Juga : 5 Alasan Mengapa Anda Harus Mempromosikan Produk Usaha Secara Online

6# Berikan harga produk yang berkualitas dengan harga yang lebih murah dari pesaing

Berbicara tentang harga, tentu saja akan langsung berkaitan dengan keuntungan yang akan didapatkan. Kebanyakan perusahaan selalu mengambil keuntungan, dengan menetapkan harga yang sangat mahal untuk setiap produk atau jasa yang ditawarkannya.

Agar Bisnis Anda Tetap Eksis

Meskipun produk atau jasa tersebut benar-benar berkualitas, namun konsumen akan berpikir berulang-ulang sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa atau membeli produk anda. Hal ini tentu sama saja dengan “membuang” kesempatan untuk mendapatkan konsumen baru.

Namun, bila anda menetapkan harga yang lebih murah, untuk produk atau jasa yang berkualitas, tentu saja konsumen akan menggunakan jasa, serta membeli produk anda tanpa berpikir panjang.

Tentu saja, mematok harga yang murah, yakni dengan mengambil keuntungan yang sedikit saja dari penjualan produk atau jasa,  agar anda tetap mendapatkan untung dari penjualan produk serta jasa tersebut.

7# Buatlah bisnis anda memiliki ciri khasnya sendiri

Ciri khas bisnis sangat penting agar bisnis anda tetap eksis di pasaran. Tentu saja karena saat bisnis anda memiliki ciri khas yang berbeda dari perusahaan sejenis, maka masyarakat akan semakin tertarik untuk menjadi konsumen anda, selain itu ciri khas juga mempermudah masyarakat untuk menghafal perusahaan anda.

business

Membuat ciri khas bisnis, dapat ditempuh dengan berbagai cara. Apa saja cara menentukan ciri khas bisnis ??

Silahkan baca artikel ini : Teknik Menentukan Ciri Khas Bisnis Yang Anda Jalankan

8# Fokus dan serius untuk mengembangkan bisnis anda

Fokus dan serius merupakan hal yang sangat penting bila ingin bisnis berkembang.

Sudah saatnya anda mengesampingkan kebutuhan pribadi dan lebih berfokus untuk mengembangkan binsis yang anda punya, terlebih lagi bila perusahaan anda masih tergolong baru.

Anda dapat berfokus kepada pelayanan, kualitas serta mutu dari produk atau jasa yang anda tawarkan.

9# Pekerjakanlah SDM yang berkualitas

Perkembangan serta eksistensi perusahaan sangat bergantung bukan hanya kepada pemimpin perusahaan, tetapi sumber daya manusia atau kariawan yang anda pekerjakan juga meruakan kunci sukses dalam mempertahankan eksistensi sebuah bisnis atau perusahaan.

Maka dari itu, pastikan anda benar-benar menyeleksi pekerja yang memiliki kemampuan yang benar-benar baik dalam bidangnya, selain itu penting untuk memperkerjakan kariawan yang bertanggung jawab akan pekerjaan, serta perusahan tempat dia bekerja.

10# Pikirkan sejak jauh hari, penanganan bila bisnis mengalami keterpurukan

Setiap pengusaha tentunya ingin bisnis mereka berjalan dan berkembang sesuai rencana. Sehingga kata gagal tidak ada dalam kamus mereka.

Akan tetapi, memikirkan penanganan saat bisnis anda mengalami keterpurukan merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Meskipun tidak ingin terpuruk, namun mencegah tentunya lebih baik bukan.

Karena tidak ada yang dapat memperediksi kapan tepatnya bisnis anda akan mengalami masa krisis serta keterpurukan, maka memikirkan penanganan sejak dini merupakan pilihan yang tepat.

Hal ini bertujuan agar anda tidak kebingungan dalam menentukan keputusan apa yang mau diambil, pada saat bisnis benar-benar berada pada masa sulitnya.

Baca Juga : Ketahui Beberapa Faktor Penyebab Gagalnya Berwirausaha

Saya rasa cukupsekain yang bisa saya jabarkan dalam tips agar bisnis anda tetap eksis di pasaran. Sebenarnya masih banyak lagi cara mempertahankan eksistensi bisnis, namun di atas adalah beberapa yang memang sangat direkomendasikan untuk dipraktekkan dalam kegiatan berbisnis anda.

Sukses selalu 🙂


Loading...

Bagikan

Vilandus

Penulis

Saya suka menulis jika ditemani segelas kopi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *