Dunia Internet

5 Alasan Mengapa Bosan dengan Pekerjaan, Padahal Sudah Terlanjur Dijalani

Rasa bosan adalah sifat alami manusia yang tidak bisa di hilangkan. Termasuk bosan dengan pekerjaan yang sudah Anda jalani. Lantas, kenapa sih Anda bisa bosan dalam bekerja? Berikut beberapa alasannya.

Bukan pekerjaan yang di inginkan

Ini adalah alasan pertama dan tidak bisa di sangkal, bahwasanya yang membuat Anda sering merasa bosan dengan pekerjaan adalah Anda sendiri tidak ingin melakukan pekerjaan itu.

Sering sekali di antara Anda (termasuk saya) yang masuk ke dalam dunia kerja karena bujuk rayu akan mendapat gaji yang besar.

Dengan mendengar itu saja, pikiran Anda jadi melayang tinggi. Tidak peduli itu pekerjaan apa. Yang penting Anda bisa cepat dapat uang banyak.

Namun ternyata, setelah Anda terjun di dalamnya Anda merasa tidak cocok mengerjakan pekerjaan tersebut. Hingga akhirnya yang ada di dalam pikiran Anda adalah, Anda merasa bosan dan ingin segera berhenti dari pekerjaan tersebut.

Sayangnya, bayangan gaji besar itu tidak bisa lepas begitu saja. Akhirnya itu membuat Anda ingin tetap bertahan dan mencoba lagi.

Harus Anda ketahui! Ketika Anda sudah mulai bosan, jangan pernah mencoba untuk bertahan! Mengapa? Karena itu hanya membuat diri Anda lebih menderita lagi di buatnya.

Contohnya saja saat Anda bermain catur dengan teman Anda. Sudah berapa ronde bermain tiba-tiba Anda merasa bosan dan ingin mengakhiri permainan tersebut.

Loading...

Namun karena Anda merasa tidak enak hati dengan teman Anda yang masih semangat itu, jadinya terpaksa harus bertahan dan main lagi.

Bukankah itu membuat Anda merasa tersiksa dengan kebohongan Anda sendiri? Mungkin niat Anda baik, mau nemenin teman main catur biar terhibur.

Tapi bila Anda sendiri tidak terhibur dan merasa tersiksa, kenapa harus bertahan? Bicaralah! Dan semua akan baik-baik saja.

Nah kedepannya, biar Anda tidak ingin bosan dengan pekerjaan Anda, maka ada baiknya lakukanlah pekerjaan yang memang Anda sukai dan Anda sangat berminat sekali dengan pekerjaan tersebut. Bukan karena gajinya.

Kurangnya motivasi

kurang motivasi

Alasan kedua yang membuat Anda sering merasa bosan dengan pekerjaan adalah, karena kurangnya motivasi yang Anda dapatkan.

Anda mungkin suka dengan pekerjaan tersebut. Namun karena alasan tertentu, tiba-tiba Anda merasa ingin mengakhirinya.

Hal ini mungkin di karenakan lingkungan kerja Anda yang tidak mendukung agar Anda tetap semangat bekerja.

Contohnya konflik antar atasan dan bawahan yang selalu tersebar luas di antara karyawan, persaingan antar karyawan yang kurang sehat, dan banyak lagi lainnya faktor yang membuat Anda menjadi bosan dengan pekerjaan tersebut. Padahal Anda sangat menyukainya.

Dalam hal ini Anda tidak bisa menyalahkan siapapun. Karena memang tidak ada yang patut di salahkan. Semua orang yang terhubung dalam suatu hubungan, entah itu kekasih, sahabat, atau rekan kerja, semuanya pasti memiliki konflik sendiri-sendiri.

Untuk itu yang perlu Anda lakukan adalah dengan mencari motivasi sendiri. Entah itu membuat suasana pekerjaan menjadi berbeda, atau mengabaikan semua konflik yang ada dan terus bekerja dengan profesional.

Karena yang dapat menemukan motivasi itu bukan orang lain, melainkan diri Anda sendiri.

Saya contohkan dengan sebuah kasus. Misalkan Anda sedang patah hati karena pacar Anda baru saja menikah. Saya sebagai teman ingin sekali memotivasi Anda agar bisa cepat move-on.

Berbagai macam cara saya lakukan agar Anda bisa tersenyum kembali. Tapi emang dasarnya saya tidak tahu apa yang bisa membuat Anda bahagia, ya saya pun tidak bisa membuat Anda bangkit kembali.

Jadi, carilah motivasi sendiri dengan melakukan hal-hal yang Anda sukai, saat merasa bosan dengan pekerjaan Anda.

Semuanya karena uang

Seperti yang saya katakan di atas. Anda sering kali bekerja pada sebuah perusahaan atau semacamnya atas dasar iming-iming gaji besar.

Hal itu mungkin dapat memotivasi Anda dalam bekerja. Tapi masalahnya, kalau Anda tidak suka dengan cara kerjanya, gimana Anda tidak cepat bosan dengan pekerjaan?

Misalnya, ada seorang cewek matre. Setiap cowok kaya dia deketin, meskipun cowoknya (maaf) jelek parah, si cewek tetap deketin karena ingin uangnya saja.

Nah dari situ saja sudah kelihatan, apakah si cewek menikmati kisah cintanya itu dengan si cowok? Tentu tidak! Iya kalau si cowoknya ngasih duit tanpa tapi.

Tapi kalau si ceweknya suruh cium si cowoknya, apakah mau? Kalaupun mau, apakah menikmati ciuman itu? Tentu tidak, kan? Sama dengan Anda bekerja.

Meskipun Anda di bayar dengan gaji yang besar, kalau Anda tidak suka dengan pekerjaannya, yang tetap saja Anda bosan. Dan mungkin membencinya.

Terpengaruh rekan kerja yang keluar dari perusahaan

Awalnya mungkin Anda biasa-biasa saja ketika mendengar rekan kerja berhenti. Tapi lama-kelamaan, pasti itu akan mempengaruhi Anda juga.

Biasanya sering bareng si A kalau ke kantin, atau saling membantu dalam soal pekerjaan, karena sudah tidak kerja lagi, maka Anda merasa ada yang kurang. Dan perasaan itulah yang akan mempengaruhi Anda dalam bekerja. Dan akhirnya, Anda merasa bosan.

Sistem kerja yang monoton

Alasan ini juga bisa menjadi penyebab Anda sering merasa bosan dengan pekerjaan Anda. Mungkin karena pekerjaan Anda terlalu santai, tidak banyak bergerak, atau semacamnya.

Hal seperti ini memang terdengar sangat sepele. Tapi sebetulnya hal seperti inilah yang sering Anda jumpai saat mulai merasa bosan.

Anda mulai memikirkan tentang pekerjaan Anda, dan dari situlah mulai muncul kebimbangan antara lanjut atau bertahan?

Saya pun pernah mengalami berada di posisi dalam situasi seperti itu. Dimana saya bekerja di suatu tempat, dan cara kerjanya cukup sederhana.

Awalnya bagi saya memang menyenangkan karena tidak terlalu merepotkan. Terlebih ada waktu yang cukup buat saya tetap berkarya pada passion saya.

Namun setelah di jalani beberapa bulan ke depan, tiba-tiba saya merasa bosan dengan pekerjaan saya. Mungkin karena kurangnya tantangan atau bosan karena sehari-hari harus melakukan hal yang sama?

Saya pun tidak tahu. Yang jelas pada saat itu saya merasa bimbang antara lanjut atau bertahan. Padahal tidak ada masalah serius di tempat saya bekerja.

Ya saya tahu, pekerjaan saya memang seperti itu dan seharusnya saya tidak mengeluhkannya. Tapi jika secara berkala saya terus melakukan hal itu setiap hari, pasti siapapun akan merasa bosan juga kan?

Sama seperti halnya saat Anda makan. Kalau setiap hari Anda hanya makan itu-itu saja, sudah pasti bosan juga kan?

Solusi

Watak manusia memang kebanyakan seperti itu. Anda tidak bisa bertahan pada satu momen saja.

Pasti selalu menginginkan suatu hal yang baru dan baru lagi, hingga Anda menemukan sesuatu yang benar-benar membuat Anda berhenti untuk mencari lagi. Tapi itu pun bukan suatu jaminan Anda tidak merasa bosan.

Untuk itu, ada baiknya bila Anda melakukan sesuatu yang lain di luar pekerjaan Anda. Sebagai cara agar tidak bosan dengan pekerjaan dan tidak selalu monoton adalah, dengan cara mencari tantangan baru di luar pekerjaan.

Baca jugaSudah Kerja Keras Tapi Tetap Gagal? Inilah Alasan yang Harus Anda Tahu

Tidak harus mencari kerjaan sampingan. Anda bisa mendalami passion Anda, agar kebimbangan terhadap pekerjaan tidak terlalu di pikirkan.



Loading...

Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *