Menggunakan VPN

3 Alasan Mengapa Kamu Wajib Menggunakan VPN (Virtual Private Network)

Apa yang kamu ketahui tentang VPN (virtual private network) ? Kebanyakan netizen Indonesia menggunakan VPN untuk mengakses situs web atau layanan tertentu yang diblokir internet service provider ( ISP) atas instruksi dari pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo). Betul nggak?

Situs-situs yang diblokir, umumnya mengandung muatan konten dewasa, perjudian, situs penyebar berita hoax, situs penyebar kebencian serta berbagai konten negatif lain.

Sebenarnya fungsi VPN bukan sekedar alat untuk membuka blokir atau mengalihkan alamat IP ke negara tertentu. Menggunakan VPN boleh dibilang salah satu keharusan (wajib) untuk alasan keamanan bagi setiap orang yang sering menggunakan internet.

Saya sendiri sering menggunakan VPN untuk kondisi tertentu dalam berinternet, banyak sekali jasa penyedia VPN yang gratis maupun berbayar yang bisa kamu gunakan.

Salah satu yang gratis dan mudah digunakan adalah extensions dari google chrome, yaitu Free Proxy to Unblock any sites atau SetupVPN – Lifetime Free VPN. (Tersedia fitur premium/berbayar).

Bisa juga menggunakan browser opera yang menyediakan fitur VPN gratis.

3 Alasan mengapa kamu wajib menggunakan VPN

Nah, kali ini penulis sedikit akan mengulas fungsi penting sebenarnya menggunakan VPN, jadi bukan hanya sekedar membuka situs yang diblokir saja.

1. Alasan keamanan

Taukah kamu, bahwa data-data yang keluar masuk melalui jaringan internet bisa saja disadap oleh siapa saja. Termasuk riwayat pencarian, transaksi online, email, dan berbagai kegiatan lainnya.

Loading...

Apabila data ini bocor ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab, maka bisa saja disalah gunakan. Dengan menggunakan VPN, maka semua data yang sedang kamu akses akandi enkripsi  dan disembunyikan oleh VPN.

Apabila ada seseorang yang sedang berbuat jahat mengintai data ini,  setidaknya harus memecahkan enkripsi VPN tersebut. Tak jarang banyak perusahaan berani membayar mahal penyedia jasa VPN untuk keamanan data serta enkripsi yang lebih kuat, sehingga sulit ditembus.

Beberapa layanan VPN premium bahkan mempunyai fitur-fitur keamanan lain yang lebih canggih, sehingga menjamin keamanan data penggunanya.

2. Mencegah Pelacakan

Pelacakan terhadap pengguna internet bukan hal yang asing lagi, sebut saja Facebook, Google, atau Twitter. Tiga raksasa sosial media ini melakukan pelacakan terhadap penggunanya.

Alih -alih mereka menyediakan timeline serta semua histori yang dapat kamu buka kapan saja. Hal ini mungkin tidak disadari bahwa kamu telah dimanfaatkan untuk dikendalikan oleh iklan yang berbasis minat.

Suatu saat, bisa dipastikan pada linimasa kamu akan ada lebih banyak konten iklan lainnya yang relevan dengan histori kamu sewaktu membuka-buka internet.

Walaupun kamu mungkin tidak ada minat atau ketertarikan dengan iklan, Facebook, Google, atau Twitter telah berhasil melacak kamu dengan sukses. Kecuali itu, Apapun, dimanapun lokasi Anda berada mereka dapat mengetahuinya melalui peta lokasi yang Anda bawa-bawa di smartphone.

Ini salah satu contoh kecil saja, banyak metode pelacakan yang bisa dilakukan melalui internet dan pastinya adalah suatu bentuk niat jahat (cyber crime).

Dengan menggunakan VPN data akan di enkripsi dari perangkat kamu, riwayat pencarian dan aktivitas lainnya yang berkaitan dengan internet tidak akan bisa dibaca karena traffic yang diterima berasal dari IP Address VPN.

3. Membuka blokir geolokasi

Nah, ini yang penulis katakan sejak awal. Dengan menggunakan VPN maka kamu bisa membuka situ-situs yang istilahnya di blokir, nah…kesana-sana pasti mikirnya 😀

Setiap negara memberlakukan peraturan yang berbeda melalui ISP (internet service provider), sehingga keberadaan situs tersebut di blokir dan tidak bisa diakses.

Namun, dengan menggunakan VPN, kita bisa leluasa mengganti IP Address yang kita gunakan dengan IP address negara lain. Kamu juga bisa berpindah pindah geolokasi internet kamu hanya dalam beberapa menit saja, meski kenyataanya kamu masi ada di negara sendiri.

Nah, itulah fungsi dan manfaat menggunakan VPN. Pesan saya, jangan salah gunakan yak…



Loading...

Bagikan

ganisebastian

Penulis

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *