Dunia InternetTekno

Ajarkan Agama Islam Secara Menyenangkan Kepada Anak dengan Aplikasi Belajar Agama untuk Anak-anak

Aplikasi Belajar Agama untuk Anak-anak – Pelajaran mengenai agama memang harus diberikan sejak dini agar sudah terbiasa. Bahkan banyak orangtua muslim yang mengajarkan anak mengenai agama sejak masih dalam kandungan. Dengan cara membacakan surat-surat dalam Al-Quran.

Apabila anak Anda masih susah untuk diajari maka bisa menggunakan bantuan aplikasi belajar agama anak-anak. Ada banyak aplikasi yang bisa memberikan edukasi agama dengan cara yang menarik. Tentunya dengan visual-visual penuh warna dan gambar yang sesuai dengan kesukaan anak-anak.

Banyak sekali aplikasi belajar agama di Google Play Store yang bisa Anda download. Namun mungkin saja akan membuat bingung mengenai mana yang harus dipilih.

Maka dari itu saya akan membantu Anda untuk memilihnya. Kegunaan aplikasi-aplikasi ini beragam, ada yang untuk mengajarkan belajar huruf hijaiyah, tajwid, sholat, berbuat kebaikan, dan lain sebagainya.

Aplikasi Belajar Agama Islam untuk Anak

Berikut ini daftar beberapa aplikasi belajar agama untuk anak-anak yang bisa coba didownload.

1. Rumah Amalia
Aplikasi Belajar Agama
Via appannie.com

Sebenarnya Rumah Amalia adalah sebuah yayasan yang digunakan untuk menampung anak-anak yang kurang mampu. Di rumah atau yayasan tersebut sering diadakan kegiatan yang menyenangkan. Sebagai tanda kasih sayang sesama manusia kepada anak-anak yang kurang beruntung.

Namun sekarang Rumah Amalia bukan hanya sebuah yayasan tapi juga nama sebuah game. Game berbasis android ini bisa mengajarkan kebaikan kepada anak-anak. Visualnya dibuat dengan sangat baik sehingga pastinya membuat anak-anak suka memainkannya.

Game yang mendidik ini tentunya sangat bermanfaat bagi perkembangan anak dibandingkan dengan game umumnya. Game ini sebenarnya sederhana tapi mampu mengajarkan akhlak yang baik sehingga nanti menjadikan anak manusia yang lebih berguna.

Loading...

Dengan game ini anak-anak akan diajarkan perilaku-perilaku baik seperti belajar, merapikan tempat tidur, membuang sampah, berdoa, dan masih banyak hal lainnya.

Kemudian untuk bentuk mainnya terdiri atas 4 buah, yaitu sodaqah zariah, ilmu yang bermanfaat, doa anak soleh, dan mengenal lingkungan.

Game edukasi Islami ini sudah ada sejak tahun 2013. Memiliki desain khusus anak-anak yang lucu, menarik, dan menyenangkan begitu juga dengan suaranya. Cara pengajarannya juga sangat menarik, yaitu dengan cerita perjalanan karakter bernama Maulana.

Jika Anda ingin anak menjadi rajin dan melakukan banyak kebaikan maka game ini pantas untuk Anda berikan.

2. Marbel Muslim Kids
Aplikasi Belajar Agama
Via 148app.com

Mainan ini cocok sekali dimainkan oleh anak dari usia 4 sampai 8 tahun. Aplikasi Marbel memang memiliki banyak sekali jenis, semuanya berguna untuk mengenalkan Islam dengan menyenangkan.

Dengan aplikasi Marbel Muslim Kids ini maka anak-anak bisa belajar dengan lebih mudah. Jadi meski belum bisa membaca tapi mereka bisa memainkannya.

Di dalam Marbel biasanya ada game-game yang edukatif dan puzzle juga. Bisa menguji daya ingat, ketangkasan, tepat cepat, asah otak, kecerdikan, dan lain sebagainya.

Game ini tergolong kepada apliaksi permainan edukasi, pendidikan, belajar interaktif, buku belajar, permainan anak, puzzle, belajar mewarnai, buku mewarnai, dan buku gambar. Jadi semuanya lengkap.

Pembelajaran-pembelajaran yang disajikan di aplikasi belajar agama Marbel Muslim Kids ini ada banyak sekali. Antara lain belajar Asmaul Husna, tata cara shalat dan wudhu, dzikir, angka Arab, huruf Hijaiyah, nama hari dan bulan dalam Islam, Khulafaur Rasyidin, 25 nabi dan rosul, malaikat dan tugas-tugasnya, rukun Iman, dan rukun Islam.

Agar anak senang belajar agama di sini maka game Marbel Muslim Kids ini sudah dilengkapi dengan animasi, dan gambar yang sangat menarik. Kemudian untuk membantu anak-anak yang belum bisa atau lancar membaca ada narasinya.

3. Marbel Shalat
Aplikasi Belajar Agama
Via Youtube.com

Marbel Shalat termasuk aplikasi belajar agama paling penting karena shalat merupakan hal yang wajib. Maka dari itu anak harus diajarkan sejak dini agar sudah bisa mengenal shalat sampai rajin melakukannya. Cocok dimainkan anak usia 4 sampai 8 tahun.

Dengan aplikasi ini maka Anda dapat mengajarinya shalat 5 waktu pada anak dengan lebih baik. Anak-anak pastinya akan lebih semangat dan lebih mudah untuk diajari. Konsep dari aplikasi ini adalah belajar dan bermain jadi anak belajar tidak akan terasa terbebani.

Ada beberapa poin khusus yang terdapat pada game ini seperti Morning Prayer (Shalat Subuh), Noon Prayer (Shalat Dzuhur), Afternoon Prayer (Shalat Ashar), Evening Prayer (Shalat Maghrib), dan Night Prayer (Shalat Isya). Memang baru shalat wajib yang diajarkan di sini tapi memang bagus karena anak bisa fokus dulu belajarnya.

Kelebihan-kelebihan lain dari game ini adalah terdapat teks di dalam bahasa Arab dengan terjemahannya dalam bahasa Indonesia. Lalu animasi dan gambarnya menarik, permainannya edukatif, dan ada narasinya jadi memudahkan.

4. Marbel Wudhu
Marbel Wudhu
Via appannie.com

Jika sudah belajar shalat tentu harus belajar wudhu juga. Meski Anda bisa mengajarkannya langsung dengan mudah tapi tidak ada salahnya menggunakan bantuan dari aplikasi ini. Anak-anak jadi bisa belajar wudhu secara lebih menyenangkan. Mereka akan tahu urutan gerakan wudhu dan doanya.

Pelajaran-pelajaran yang ada di dalam game Islami ini ada banyak. Antara lain belajar kenal gerakan wudhu, menghapal gerakan wudhu, tebak gambar, dan tebak gerakan wudhu.

5. Marbel Hijaiyah
Marbel Hijaiyah
Via sensortower.com

Supaya anak bisa menghapalkan huruf hijaiyah dengan lebih senang maka bisa mengajarkan mereka dengan aplikasi ini. Diperuntukkan anak 3 sampai 5 tahun.

Di dalam sini terdapat huruf-huruf Hijaiyah yang sudah dilengkapi dengan suara. Jadi anak-anak dapat belajar pengucapan dengan mendengarkannya.

Aplikasi ini juga seperti aplikasi marbel lainnya, yaitu dilengkapi dengan animasi dan ilustrasi menarik. Pastinya anak-anak akan suka. Selain untuk belajar huruf Hijaiyah, di dalam aplikasi ini juga ada banyak permainan.

Hal-hal yang dapat dilakukan di aplikasi ini adalah belajar huruf Hijaiyah mode baca sendiri dan otomatis. Lalu permainan Pasang Hijaiyah dimana anak harus menebak huruf dengan benar dan cepat.

Tebak Hijaiyah untuk menguji daya ingat anak, dan Puzzle Hijaiyah yang mengharuskan anak membentuk puzzle dari huruf Hijaiyah yang sudah diacak.

6. Shalat 3D
Aplikasi Shalat 3D
Via bukalapak.com

Ini adalah aplikasi belajar agama paling menyenangkan yang dibahas di sini. Oleh karena berbasis augmented reality. Aplikasi shalat 3D bisa digunakan untuk mengajarkan anak shalat juga wudhu dengan tokoh 3D.

Ini adalah aplikasi yang dibuat oleh Masagi Studio. Namun, agar bisa menggunakannya maka harus punya kartu shalat 3D dulu. Karakter 3D akan muncul dari kartu tersebut di layar smartphone Anda.

Anda harus membeli kartu shalat 3D dengan harga 179 ribu rupiah. Di dalamnya ada beberapa buah kartu yang jumlahnya sesuai dengan gerakan shalat.

Penggunaan kartu ini sangat mudah karena Anda hanya perlu mengunduh aplikasi. Selanjutnya masukkan nomor registrasi yang sudah ada di dalam kartu. Arahkan kamera hp Anda langsung ke kartu, dalam sekejap karakternya akan muncul. Selain itu nanti akan terdengar juga suara bacaan shalatnya.

Agar sudut pandangnya lebih baik maka posisi kartu serta arah kamera bisa diubah atau diputar. Dengan demikian visualisasi dari karakter 3D-nya akan berubah juga. Sehingga gerakan apa pun akan mudah untuk dipelajari.

Jika ingin memesan kartunya maka Anda harus menghubungi pembuat kartu ini. Cara ordernya adalah menghubungi nomor Whatsapp atau SMS 081286926294 atau BBM di D3585F89.

Format ordernya adalah Nama # Alamat Lengkap # Kode Pos # No telepon # jumlah pemesanan kartu. Untuk jumlah pemesanan kartu sebutkan saja 1 pack atau 2 pack, bisa juga berapa saja.

7. Puzzle Anak Muslim
Puzzle Anak Muslim
Via youtube.com

Meski merupakan game puzzle tapi juga bisa mengedukasi anak-anak. Tentunya game puzzle yang punya tujuan untuk mengenalkan ajaran Islam dengan menyenangkan. Di dalamnya ada berbagai materi seperti belajar baca Al Quran/ mengaji, belajar wudhu, belajar akhlak, belajar shalat, dan belajar olahraga.

Pada setiap gamenya ada pesan kepada pemain terhadap pentingnya ibadah. Pesan ini akan muncul ketika puzzle berhasil diselesaikan. Menarik bukan?

Selain itu masih banyak aplikasi belajar agama lainnya. Namun hanya itu saja yang dibahas di sini.

Demikianlah informasi mengenai beberapa aplikasi belajar agama anak-anak yang bisa Anda download. Daripada memberikan game yang tidak bermanfaat dan hanya buang-buang waktu, lebih baik berikan aplikasi-aplikasi ini. Meski untuk belajar tapi mereka akan merasa senang dan pastinya betah memainkannya.



Loading...

Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *