Tekno

9 Aplikasi Bisnis Terbaik yang Bermanfaat untuk Mendukung Aktivitas Bisnis Kalian

Aplikasi bisnis perlu kalian miliki untuk mendukung aktivitas kalian dalam menjalankan roda usaha. Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat setiap aspek kehidupan yang ada dapat menjadi lebih mudah untuk dijalankan salah satunya adalah kegiatan bisnis.

Dengan memiliki Aplikasi bisnis terbaik, setiap aktivitas yang ada bisa menjadi lebih ringan untuk dijalankan. Hal ini tentu menjadikan waktu yang kalian miliki lebih efisien karena tidak terbuang dengan percuma. Mengingat sebagai seorang pebisnis ada segudang aktivitas yang harus kalian lakukan setiap harinya, mulai dari mengurus bisnis, meeting dengan klien, bekerja sama dengan suplier, dan mengatasi keluhan pelanggan.

Lalu apa saja Aplikasi bisnis yang harus dimiliki untuk memudahkan aktivitasnya ?

Berikut 9 Aplikasi bisnis yang telah kami rangkum untuk kalian baca dan nikmati.

CamCard – Business Card Reader

Seorang pebisnis sudah semestinya selalu mengembangkan jaringan untuk mendukung perkembangan usahanya ke depan. Dengan semakin banyak jaringan yang dimiliki maka akan semakin banyak pula kemudahan yang bisa di dapatkan oleh pebisnis.

Mulai dari kemudahan untuk bekerja sama dengan pebisnis lain, kemudahan mendapatkan pasokan barang yang berkualitas, dan sharing tentang ide bisnis dengan jaringan yang ada.

Lalu bagaimana jika kita ingin menyimpan informasi tentang jaringan yang dimiliki ?

Biasanya para pebisnis akan saling bertukar kartu nama untuk dapat saling terhubung dan dapat bekerja sama ke depan. Namun, alangkah merepotkan jika kita harus mengumpulkan berbagai kartu nama yang dimiliki dari banyak jaringan yang ada.

Lalu bagaimana solusi terbaik untuk mengatasi hal ini ?

Aplikasi bisnis pertama yang perlu dipasang diperangkat kalian adalah pemindai kartu nama. Dengan aplikasi ini kalian tidak perlu lagi direpotkan dengan mengumpulkan banyak kartu nama karena informasi tentang rekan bisnis kalian telah terkumpul dalam satu perangkat.

Aplikasi pemindai kartu nama yang bisa kalian pilih adalah CamCard – Business Card Reader yang tersedia secara gratis dan berbayar. Namun, kami sarankan kalian menggunakan versi yang berbayar saat menggunakan layanan ini. Hal ini dikarenakan versi gratis memiliki jumlah penyimpanan yang terbatas dan hal ini sangat merepotkan jika kalian memiliki banyak sekali jaringan untuk disimpan dalam satu perangkat.

LinkedIn

aplikasi bisnis
LinkedIn Via Forbes.com

Media sosial yang profesional dan mendukung kalian untuk mendapatkan lebih banyak jaringan ke depan merupakan Aplikasi bisnis yang paling utama.

Ada banyak sekali media sosial yang bisa digunakan, namun banyak dari media sosial tersebut tidak mendukung kalian untuk mengenal orang yang kompeten dan kalian juga tidak bisa mengenalkan kompetensi kalian kepada orang lain.

Hal ini dikarenakan media sosial seperti Facebook, Twitter, Google Plus, Instagram lebih bertujuan untuk saling berbagi momen kehidupan dengan berbagai teman dan sangat jarang sekali digunakan untuk mengembangkan jaringan bisnis.

Bukan Cuma itu saja masalah yang sering kali ada dalam media sosial adalah informasi yang palsu. Kita ambil contoh saja Facebook, dimana informasi tentang pekerjaan, pendidikan, dan tempat tinggal sering kali dipalsukan oleh banyak pengguna. Meskipun ada segelintir pengguna yang benar-benar memberikan informasi yang akurat, tapi jumlahnya sangatlah sedikit.

Masalah seperti inilah yang menjadikan jaringan sosial diatas tidak bisa mendukung kalian untuk mengembangkan jaringan yang lebih luas.

Oleh karena itu, Aplikasi bisnis yang perlu kalian miliki adalah LinkedIn. LinkedIn merupakan jaringan sosial profesional terbesar yang akan membantu kalian untuk saling terhubung dengan orang yang memiliki kompetensi dan bisa kalian ajak untuk bekerja sama.

Mengapa bisa demikian ?

Hal ini dikarenakan dalam LinkedIn, kita sebagai pengguna dapat memberikan informasi lengkap tentang pengalaman bekerja, pendidikan yang dimiliki, organisasi yang diikuti. Informasi-informasi inilah yang sangat bermanfaat ketika kita ingin meluaskan jaringan yang berkualitas dan mampu mendukung kalian untuk mengembangkan bisnis yang lebih banyak dan luas.

Microsoft Office

Microsoft office merupakan Aplikasi bisnis terbaik yang meliputi word, excel, dan power point. Sebagai seorang pebisnis sudah biasa jika kalian disibukkan dengan membuat laporan dan berbagai jenis dokumen yang mendukung usaha kalian.

Masalah datang ketika membuat sebuah dokumen harus menggunakan laptop yang sangat berat untuk dibawa kemana-mana. Hal ini tentu tidak mungkin untuk kalian lakukan dan lebih baik jika kalian memiliki perangkat yang lebih ringan untuk bisa dibawa pergi kamana pun.

Masalah inilah yang menjadikan kalian perlu memasang aplikasi Microsoft Office dalam gadget yang dimiliki. Sehingga kalian dapat dimudahkan jika harus membuat sebuah dokumen disaat tertentu atau ketika tidak ada laptop yang mendukung aktivitas kerja.

Tidak perlu khawatir dengan biaya karena kalian bisa mendapatkan aplikasi Microsoft Office secara Cuma-Cuma alias gratis. Meskipun gratis bukan berarti kalian memiliki akses yang terbatas terhadap penggunaan Microsoft Office. Semua fitur dasar Microsoft Office bisa kalian gunakan untuk mendukung kalian membuat laporan dan berbagai dokumen bisnis lainnya.

My Budget Book

Aplikasi bisnis penting yang harus Anda miliki adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan kalian untuk mengelola keuangan.

Mengapa mengelola keuangan perlu dilakukan ?

Hal ini dikarenakan kemampuan kalian dalam mengelola keuangan akan menentukan keberhasilan kalian dalam mengelola usaha yang ada. Contoh mudahnya adalah seperti ini, seringkali para pebisnis pemula tidak sadar telah menggunakan uang yang seharusnya digunakan untuk mengembangkan bisnis mereka.

Hal ini sangat fatal karena bisnis kalian akan berpotensi berjalan ditempat. Sebab uang yang seharusnya untuk ekspansi sering kalian gunakan tanpa sadar.

Masalah inilah yang menjadikan kalian perlu sebuah aplikasi yang memiliki kemampuan untuk melacak setiap pendapatan dan pengeluaran yang kalian miliki.

Salah satu aplikasi yang kami rekomendasikan adalah My Budget Book sebagai aplikasi pengelolaan keuangan. Aplikasi bisnis ini mampu membantu kalian untuk mengetahui dari mana sumber penghasilan kalian dan kemana saja pengeluaran yang digunakan selama ini.

Sehingga masalah uang bisnis yang digunakan tanpa sadar tidak akan terjadi lagi di masa depan. Sebab kalian telah memiliki catatan yang lengkap tentang pendapatan dan pengeluaran yang kalian miliki.

Namun meskipun My Budget Book membantu kalian untuk mengelola keuangan secara lebih baik. Kalian juga perlu memiliki sikap yang mendukung agar keuangan yang ada tidak digunakan secara percuma. Artinya kalian harus disiplin dan tidak boleh menggunakan uang yang seharusnya digunakan untuk bisnis.

Sebab tanpa adanya dukungan sikap yang baik, aplikasi yang ada akan terasa percuma dan tidak bermanfaat untuk kalian gunakan.

Evernote

Evernote Via smartmobtech.com

Seorang pebisnis dituntut untuk memiliki ide yang kreatif dan inovatif agar ia mampu mengembangkan usahanya ke arah yang lebih baik dan terus berkembang. Ide sering kali datang lewat berdiskusi dengan rekan kerja atau melalui brainstorming yang serius. Jika hal ini yang terjadi bukanlah sebuah permasalahan karena kita telah memiliki catatan yang telah disiapkan sebelumnya.

Namun apa jadinya jika ide yang kalian dapatkan ketika sedang berlibur, makan siang, atau yang lainnya. Padahal saat itu kalian tidak membawa catatan untuk mencatat ide tersebut.

Jangan khawatir kalian bisa menggunakan aplikasi bisnis Evernote untuk mengatasi permasalahan ini. Jadi kalian tidak perlu lagi direpotkan dengan membawa catatan setiap akan berpergian. Hanya melalui gadget yang terpasang aplikasi Evernote kalian sudah mampu menuliskan ide yang ada di dalam benak kalian.

Bukan Cuma itu saja yang bisa kalian dapatkan dengan memiliki Evernote di dalam gadget kalian. Sebab Evernote dapat membantu kalian untuk menyimpan berbagai macam artikel yang bermanfaat untuk bisnis kalian. Jadi ketika kalian tidak sempat membaca artikel tersebut dan menginginkan membacanya dikemudian hari kalian bisa menyimpannya terlebih dahulu di Evernote.

Skype

Aplikasi bisnis yang penting lainnya adalah aplikasi komunikasi yang meliputi chatting ataupun video call. Aplikasi jenis ini sangat diperlukan mengingat kegiatan para pebisnis yang memerlukan efisiensi waktu dan tidak bisa lagi ditoleransi.

Sebagai contohnya ketika kalian sedang jauh dan tidak bisa mengawasi bisnis secara langsung maka kalian bisa dengan mudah melakukan koordinasi dan pengawasan terhadap para karyawan yang bekerja. Bukan Cuma itu saja, disaat kalian memiliki aplikasi untuk melakukan komunikasi dengan para karyawan tentu hal ini menjadi lebih efisien dan efektif.

Selain bisa menghubungkan kalian dengan para karyawan yang bekerja, aplikasi komunikasi juga akan berfungsi sebagai sarana menjalin komunikasi dengan para jaringan kerja dan rekan bisnis. Kalian bisa membicarakan perihal bisnis dengan segera tanpa harus bertatap muka secara langsung.

Aplikasi bisnis terbaik yang direkomendasikan sebagai sarana untuk melakukan komunikasi adalah Skype. Lewat skype kalian bisa melakukan komunikasi lewat chatting dengan para karyawan dan rekan bisnis yang ada. Skype juga memungkinkan kalian untuk berkomunikasi lewat panggilan video, jika kalian merasa hal ini lebih kalian sukai.

Periscope

Periscope Via androidheadlines.com

Sebagai pebisnis, Anda harus memiliki sarana pemasaran yang efektif selain melalui jaringan pemasaran offline.

Manfaatkan media sosial untuk mengembangkan bisnis kalian kearah yang lebih baik lagi. Faktanya dengan media sosial kalian mampu untuk melakukan promosi secara massal dan tidak perlu makan banyak biaya pemasaran.

Mengingat semakin banyak masyarakat yang menggunakan media sosial saat ini, membuat pemasaran lewat jalur ini menjadi lebih efektif.

Lalu, media sosial apa yang bisa kalian manfaatkan untuk pengembangan bisnis ?

Jawabannya adalah Periscope.

Periscope merupakan aplikasi yang sering digunakan oleh orang lain untuk menyiarkan sebuah kejadian secara langsung atau live streaming.

Kemampuan periscope untuk melakukan live streaming inilah yang bisa kalian manfaatkan sebaik-baiknya untuk pengembangan bisnis yang kalian miliki.

Bagaimana caranya ?

Ada banyak sekali cara pemasaran yang bisa kalian lakukan lewat Periscope. Pertama jika kalian memiliki sebuah produk baru yang akan diperkenalkan kepada masyarakat. Maka jadikanlah periscope sebagai tempat untuk kalian melakukan demo produk kepada banyak masyarakat.

Demo produk secara online sangatlah menguntungkan kalian karena akan semakin banyak masyarakat yang penasaran dan mulai mencoba produk kalian serta yang lebih penting kalian tidak perlu repot-repot mendirikan stand khusus di suatu mall untuk melakukan demo produk.

Fungsi Periscope yang selanjutnya adalah kalian bisa melakukan tanya jawab secara langsung dengan para pelanggan yang ada. Melalui cara ini akan ada 2 pihak yang akan diuntungkan. Pertama para pelanggan akan dengan mudah mendapatkan jawaban dari kalian secara langsung, sehingga mereka tidak perlu lama menunggu ketika mereka memiliki pertanyaan atau keluhan atas produk.

Keuntungan yang kedua adalah kalian sebagai pemiliki produk akan dinilai para pelanggan sebagai pebisnis yang bertanggung jawab dan memiliki respon yang cepat atas pertanyaan. Reputasi yang baik inilah yang akan bermanfaat dalam pengembangan usaha kalian di masa depan.

Selain keuntungan diatas, Periscope merupakan sarana yang bisa kalian gunakan sebagai tempat untuk menjalin hubungan yang baik dengan para pelanggan. Lewat Periscope kalian akan menjalin interaksi dengan pelanggan yang melihat dan akan timbul kedekatan antara kalian dan para pelanggan.

Melihat banyaknya manfaat yang bisa kalian dapat lewat Periscope sangat disayangkan jika kalian tidak memanfaatkan aplikasi bisnis di jaringan sosial ini untuk pengembangan bisnis.

Tempo Al

Aplikasi bisnis ini bermanfaat sebagai pengingat agenda dan kegiatan. Sebagai seorang pebisnis yang aktif melakukan kegiatan, pasti ada banyak sekali agenda yang harus kalian selesaikan setiap harinya. Mulai dari bertemu para suplier penting, menghadiri seminar bisnis, bertemu dengan rekan kerja, dan yang lainnya.

Masalah datang ketika kita tidak memiliki kemampuan untuk mengingat setiap detail acara tersebut. Akhirnya kita sering lupa dan tidak mampu menjalankan berbagai agenda penting tersebut.

Lalu bagaimana pemecahan masalahnya ?

Kalian membutuhkan aplikasi bisnis yang bernama Tempo AI. Aplikasi ini merupakan kalender digital yang bermanfaat untuk mengingatkan kalian atas berbagai kegiatan dan agenda yang harus kalian jalani.

Sehingga dengan adanya aplikasi ini, kalian dapat dengan mudah memasukan berbagai jadwal kegiatan yang kalian anggap penting. Serta yang lebih penting lagi, kalian tidak akan mudah lupa dengan agenda yang kalian miliki.

Mobile Banking

Mobile APP Via flauntresponsive.com

Aplikasi mobile banking menjadi aplikasi bisnis wajib yang harus ada di dalam gadget kalian.

Menjadi seorang pebisnis membuat kalian memiliki banyak kesibukan yang tidak mungkin harus mendatangi satu per satu ATM hanya untuk mengecek berbagai transaksi yang adal di dalam rekening kalian.

Selain tidak efisien, cara tersebut sangat memakan banyak waktu dan biaya. Dimana kalian harus bolak-balik ATM untuk mengecek berbagai transaksi, belum lagi uang bensin dan parkir yang harus dikeluarkan saat mendatangi ATM. Hal yang paling sering terjadi adalah ketika kita bertemu dengan orang yang melakukan banyak transaksi melalui ATM, maka akan semakin banyak waktu yang terbuang.

Cara mengatasi permasalahan diatas adalah dengan memfasilitasi gadget yang kalian miliki dengan aplikasi mobile banking sesuai dengan Bank yang kalian gunakan. Saat ini hampir semua Bank memiliki aplikasi mobile banking yang akan memudahkan para nasabahnya bertransaksi. Mulai dari BCA Mobile, HSBC Mobile Banking, CIMB Niaga Mobile, BRI Mobile, dan masih banyak yang lainnya.

Lewat aplikasi mobile banking kalian tinggal masuk kehalaman aplikasi dan lakukan berbagai transaksi yang kalian butuhkan dengan mudah dan cepat.

Semoga Bermanfaat

Itulah 9 aplikasi bisnis yang perlu kalian miliki agar mampu mengelola bisnis dengan lebih efisien dan efektif. Pengelolaan bisnis yang efisien diharapkan mampu membantu usaha yang sedang dejalankan dapat lebih bekembang di masa depan.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kalian dan semakin semangat dalam menjalankan usaha yang ada.

Salam Sukses dan Selamat Berwirausaha !


Loading...
Baca selengkapnya

Ideas and Thought Must be Submited | Passionate in Business and Investment |

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close