Adsense Di Youtube

Aplikasi Edit Video untuk Youtubers Pemula

Aplikasi Edit Video untuk Yourubers pemula – Kembali lagi klik maina memberikan postingan megenai youtube. Jika kalian pengikut setia postingan saya mengenai youtube. Kalian pasti tahu mengapa klik mania dan saya selalu memberikan pengetahuan baru mengenai youtube.

Buat yang belum tahu. Jelas jawabannya simple. Karena youtube ini adalah suatu media yang tak lepas jaman. Atau istilahnya tidak cepat kadaluarsa. Tidak seperti hiburan lain yang cepat bikin bosen.

Bahkan ke eksisan youtube ini bakalan mengalahkan televisi. Hal ini dikarenakan para khalayak atau penonton. Ya seperti kalian dan saya. Jelas sudah mulai bosan dengan tayangan televisi yang itu itu saja. kita ingin hiburan yang baru yang fresh. Apa liburannya? Ya ini dia youtube.

Namun kali ini saya akan memberikan pengetahuan baru yang sangat berguna bagi kalian yang ingin berkarya diyoutube. Atau yang sering disebut sebagai orang yang ingin menjadi seorang youtubers.

Apa yang bakal saya berikan? Ini adalah salah satu hal terpenting buat para youtubers. Ya apalagi kalau bukan aplikasi edit video. Kebayang kan betapa pentingnya sebuah aplikasi edit video? Jelas sangat penting menurut saya.

aplikasi edit video

Youtubers. Setiap hari semangkin bertambah saja. percaya atau tidak. 8 dari 10 orang yang menjadi maniak youtube pasti mempunyai keinginan untuk menjadi seorang youtubers. Alasannya juga bermacam macam.

Loading...

Ada yang termotivasi sama youtubers idolanya. Biasanya youtubers yang suka kasih motivasi nih yang sering membuat populasi anak yang mempunyai cita-cita menjadi youtubers bertambah.

Ribet juga sih jika semua penikmat youtube nya punya pikiran yang sama. Yaitu menjadi seorang youtubers. Karena jika semua orang didunia mau jadi youtubers terus yang mau jadi petani, pedagang, supir angkot, siapa?

Kan bakalan jadi makin ribet kalau semua ingin menjadi youtubers. Itu masih belum menjadi masalah besar sih sob. Ya paling kehidupan mereka di dunia youtube bisa dihitung pakai jari lah.

Walau banyak juga dari mereka yang sukses. Ada juga yang terkenal dan di bully. Huftt ribet dah jadinya. Tapi kebanyakan yang dibully adalah mereka yang belom cukup umur sih. Alias masih anak-anak atau bocah. Ya konten mereka juga jelas tidak semenarik mereka yang sudah matang.

Tapi saya tidak bilang bahwa karya bocah itu jelek ya. Ada beberapa youtubers yang masih anak-anak tapi editannya sudah keren. Saya tidak tahu apakah dia edit sendiri apa di edit sama orangtua atau engkongnya. Saya tidak tahu.

Referensi lain : Ingin Menjadi Youtuber? 5 Hal Penting ini Yang Harus Anda Persiapkan

Pertanyaan pasaran para youtubers pemula

Jadi karena banyak orang yang terispirasi menjadi youtubers. Banyak juga orang orang yang mulai belajar bagaimana cara menjadi seorang youtubers. Hal ini terkadang menjadi sebuah kebodohan.

Kenapa kebodohan? Karena mereka kebanyakan didik jadi manja. Walau memang tidak semua pemula bakalan manja. Ada juga yang belajar mandiri semua serba cari sendiri. Yang ini nih yang boleh di acungi jempol.

Walau memang nggak semua karyanya keren. Bahkan memang nggak ada yang keren. Tapi disini saya respect dengan kemauan dan kegigihan anak tersebut untuk menjadi seorang youtubers.

Buat kalian yang mau jadi youtubers tapi males. Satu kata buat kalian STOP! Sebelum kalian melangkah kedunia youtube mendingan kalian tidak perlu menjadi youtubers. Karena dari awal mental yang ada sudah menjadi mental lembek.

Sedikit-sedikit minta bantuan. Jika saya ada yang nanya mengenai youtube pasti saya akan jawab. Namun jangan sampai minta edit dan lain lain jelas saya akan memberikan penolakan besar.

Kalian sebenarnya boleh melakukan hal seperti itu. Tapi nggak semua youtubers mau dengan ikhlas membantu kalian berkali-kali. Jelas tidak. Kita sebagai seorang youtubers juga mempunyai kesibukan masing masing.

Kecuali kalian memang tajir dan memilih untuk memakai jasa sewa untuk edit video. Nah kalau itu saya tidak bisa memberikan komentar lebih. Karena itu hak kalian masing masing. Lagian kaya bebas sob.

Masalah terbesar youtubers pemula

Namun pada umumnya banyak youtubers pemula atau mereka yang ingin menjadi youtubers bingung. Kenapa bingung? Ya bingung aja. Terutama mengenai aplikasi edit . Karena dengan pengalaman pribadi saya sebagai seorang youtubers. Banyak sekali yang menanyakan aplikasi edit video.

“Bro ngedit video pakai apa?”

“Pakai Laptop bro!”

“Aplikasinya maksud gue.”

“Ohh Pakai Paint :v”

“&(!*@&(*#%^(*&!!!! ”

Tidak! Dialog diatas itu bohong banget. Saya orangnya tidak pelit ilmu. Ya walau setelah saya memberitahu mereka jelas mereka bakal menjadi rival atau saingan saya jika mereka masuk dalam bidang yang sama.

Tapi saya mah nggak pelit. Sudah saya bilang berkali-kali saya tidak pelit. Jika ada yang nanya seperti itu saya langsung jawab. Saya kira tuh orang memang ingin menjadi editor atau youtubers. Rupanya nggak juga. Mungkin dia cuma kepo belaka.

Menjadi editor itu tidaklah mudah

Ya sudahlah. Tetapi memang menjadi editor tidaklah mudah. Jadi pada postingan ini konotasinya tidak hanya mencakup kepada youtubers melainkan mencakup editor. Karena jika kamu menjadi youtubers jelas kalian juga berperan sebagai seorang editor. Kecuali kamu pakai cara youtubers pemalas tadi.

aplikasi edit video

Jadi keuntungan menjadi seorang youtubers adalah kalian menadapat ilmu lebih. Ya apalagi kalau bukan ilmu dalam editing video. Namun permasalahan balik lagi. Ini edit pakai apa sih? Perasaan paint tidak bisa dipakai buat edit video? Ya jelas tidak bisa lah.

So langsung saja kita lanjut. Aplikasi apa yang bakal saya rekomendasikan kepada kalian. Jadi aplikasi yang saya berikan adalah aplikasi edit video yang mudah dan untuk pemula. Jadi buat kalian yang nanya.

“Kok aplikasinya aplikasi cetek alias mudah?”

“Ya ini kan untuk pemula. kali  saja saya kasi aplikasi untuk pro. Yang ada pada trauma terus nggak mau jadi youtubers. Ya nggak apa sih. Biar ngurangin saingan. Hehehe.”

Jadi aplikasi edit video yang digunakan. Kita mulai dari yang mudah saja ya. Disini memang rata rata mudah sih. Jadi cocok sama kalian yang tidak faham sama sekali dengan dunia editing.

Tapi sebelum itu kita masuk dulu kebagian equipment. Ya ini adalah alat-alat yang harus kalian siapkan sebelum editing.

Alat yang harus disiapkan dalam editing

1. Data video

Jelas ini yang penting sob. Kebayang edit video nggak pakai video. Ya bisa sih pakai foto. Tapi disini kita bakalan membahas video. Jadi edit video disini adalah yang benar-benar full video bukan gambar ok.

Jadi data video ini penting banget. Kalian bisa rekam pakai HP. Jika kalian pengen lebih keren bisa buat video dengan kamera. Kamera banyak jenisnya juga jadi kalian tidak perlu takut harga yang mahal. Karena jika kalian pandai dalam memilih atau menawar maka yang namanya kamera bagus bukan menjadi sebuah angan-angan.

Setelah kalian shooting. Nah disini perlu kalian ketahui. Jadi video yang kalian hasilkan biasanya memiliki format video yang berbeda. Berbedanya format video ini jelas akan memberikan kendala jika aplikasi edit video kalian tidak bisa menerima format video tersebut.

Hal yang perlu kalian lakukan jika terjadi seperti itu. Kalian harus mengubah fotmat video. hal ini bisa kalian lakukan dengan mengconvert video kalian dengan aplikasi yang sudah tersedia.

Format video yang saya rekomendasikan adalah mp4. Karena mp4 cukup bagus dan format yang satu ini mudah sekali diterima oleh aplikasi editing. Sehingga kalian tidak perlu capek-capek mengconvert video kalian. Lebih baik jika kalian settingnya di dalam kamera langsung.

2. Pc atau laptop

Untuk ngedit paling enak menggunakan pc. Tapi pcnya harus memenuhi keriteria dalam editing ya. Untuk laptop bisa juga sih. Tapi juga harus punya spec yang tinggi dan juga jika kalian edit di laptop bahaya.

Kenapa bahaya? Karena jika kalian edit di laptop maka kinerja laptop jelas akan mengalami sebuah paksaan. Apalagi jika laptop kalian kurang memadai. Hal ini bisa memicu laptop kalian menjadi panas.

Jika laptop kalian kepanasan. Maka akan merusak perangkat dari laptop kalian sendiri. Wah bahaya juga kan? Karena pengalaman saya. Dulu saya edit pake laptop lama dan boom hangus sob.

3. Ini yang paling penting….

Apa yang harus disiapin yang ketiga ini? Yang ketiga sangat penting. Yaitu CAMILAN! Ya enak. Bisa dengan secangkir kopi atau teh. Dengan sedikit snack dari indo*aret atau al*amart.

Tidak lupa rokok buat kalian yang merokok. Jika tidak ya sudah jangan. Camilan sangat membantu kalian jika suntuk dalam mengedit video.

Oke yang ketiga skip. Langsung saja kita menuju kedalam aplikasinya.

Aplikasi edit video youtube paling mudah

1. Windows Movie maker

aplikasi edit video

Banyak editor yang bisa dikatakan pro meremehkan aplikasi edit video yang satu ini. Hal ini yang membuat para pemula tersesat dan mencoba ke aplikasi Pro. Alhasil mereka bingung dan nggak ngerti cara mengoperasikannya.

Ini yang menjadi sebuah kegagalan. Karena untuk mereka yang ingin belajar ngedit jangan langsung mencoba aplikasi edit video yang Pro. Coba dengan aplikasi yang easy alias level mudah.

Karena jika kalian belajar apapun itu ibarat anak kecil yang mencoba berjalan. Jika mereka masih merangkak apakah mereka bisa langsung berjalan? Jelas tidak. Mereka harus mengalami proses untuk bisa berlari. Ini sama hal nya jika kalian ingin belajar editing.

Jadi untuk aplikasi edit video ini kalian tinggal cari. Karena ini aplikasi editing yang cukup mudah untuk ditemukan. Jadi kalian tidak perlu terlalu ribet mencari aplikasi yang satu ini.

Kenapa saya bilang aplikasi ini mudah?

Jadi jika kalian ingin mencoba aplikasi edit video ini kalian harus menentukan jenis atau model video apa yang ingin dibuat. Jika projectnya berat seperti film pendek maka aplikasi ini bukanlah aplikasi yang cocok untuk digunakan.

Kecuali film yang pendek tidak membutuhkan editan yang ribet dan professional look. Ya itu tidak menjadi masalah besar sih menurut saya.

Kenapa? Karena fitur didalam movie maker ini merupakan fitur yang standar. Tidak seperti aplikasi edit video lainnya yang memiliki fitur Pro, yang jelas lebih kompleks dari aplikasi editing ini.

Jadi untuk menggunakan aplikasi ini kalian hanya perlu memasukkan video kedalam sini. Kalian bisa menyusun scene demi scene dan juga bisa menambahkan lagu didalamnya.

Setelah itu proses render dan selesai. Mudah bukan?

2. Wondershare

aplikasi edit video

Ada yang sudah pernah dengar aplikasi edit video yang satu ini? Dengan fitur yang lebih tinggi dari windows movie maker membuat aplikasi ini menjadi lebih keren.

Bukan berarti windows movie maker ini buruk. Jelas tidak. Karena didalam aplikasi editing sendiri memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Jika semuanya bagus maka persaingan akan menjadi semangkin ketat.

Menurut pengalaman pribadi saya dalam memakai aplikasi editing ini. Ya menurut saya aplikasi ini lumayan bagus. Dibilang bagus banget juga nggak. Dibilang jelek juga tidak.

Hal yang menurut saya menjadi sebuah kelemahan adalah performancenya yang cukup lambat. Saya tidak tahu ini karena laptop saya apa karena aplikasinya memang berat.

Karena jika saya bandingkan dengan aplikasi edit video lainnya jelas berbeda. Bahkan jika saya menggunakan aplikasi yang bisa dikatakan Pro ya juga tidak seberat menggunakan wondershare ini.

Namun saya tetap merekomendasikan aplikasi edit ini kepada sobat klik mania semua. Karena sama seperti windows movie maker. Aplikasi ini juga sama sih cara pemakaiannya.

Hanya kalian memberikan video saja. bisa ditambah musik. Namun kebelihan disini kalian bisa mengatur ukuran layar. Jadi didalam layar bisa kalian masukkan seperti pembatas untuk membuat film.

Jadi kesimpulannya aplikasi edit video ini bisa kalian gunakan untuk mengedit film. Jadi tidak perlu mecari aplikasi yang berat banget untuk mengedit video kalian. Walaupun wondershare termasuk aplikasi yang berat.

Ohh iya didalam wondershare juga terdapat opening intro. Jadi ini berfungsi untuk video depan project kalian. Video seperti ini sering disebut sebagai video bamper. Ya sebagai intro gitu deh.

Ini juga menjadi nilai plus tersendiri untuk aplikasi wondershare. Untuk download aplikasi edit video ini juga tidak susah. Karena aplikasi ini sudah tersebar luas digoogle. Namun jangan menyakalakan aplikasi ini jika kalian menggunakan aplikasi crack.

Karena jika kalian menyalakan internet. Aplikasi ini akan terdeteksi ilegal sehingga kalian harus crack lagi.

3. Sony Vegas Pro

aplikasi edit video

Lah kak. Kok ini malah dikasi aplikasi editing pro? Saya kan masih pemula. Bagaimana saya bisa menggunakan aplikasi yang satu ini. Apa saya mesti terbang menemui sung go kong.

Tidak! Jangan terlalu berlebihan nak. Karena aplikasi sony vegas pro ini tidak seseram yang kalian bayangkan. Walaupun ini sudah berbasis Pro. Namun sebenarnya untuk mengaplikasikannya tidaklah sesulit aplikasi Pro yang sebenarnya.

Kenapa aplikasi ini dikatakan Pro? Karena fiturnya yang lumayan kompleks. Untuk beberapa versi mungkin akan mengalami ketertinggalan terurama dibagain effect. Jadi kalian harus mencari eksternalnya.

Disarankan untuk mendownload versi terbarunya yaitu sony vegas Pro 13. Bayak kok. Tapi saya tidak tahu jelasnya apakah aplikasi edit video ini sudah tersedia untuk windows 32 bit. Karena yang dipakai teman saya untuk saat ini adalah sony vegas 13 untuk 64 bit.

Sedangkan saya sendiri dalam editing juga menggunakan aplikasi sony vegas. Namun dalam kadar versi yang bawah. Saya menggunakan sony vegas 10. Bisa dibilang sony vegas 10 lebih ringan dan tidak ribet.

Untuk cara penggunaan jelas sama dengan aplikasi edit video yang lainnya. Namun ini bisa saya rekomendasikan sebagai aplikasi editing yang dapat kalian gunakan dalam mengedit sebuah film.

Karena didalam aplikasi edit ini sudah ada color grading yang bisa dibilang bagus tidak hanya itu di dalam sony vegas ini juga ada beberapa efek yang mengsupport kalian dalam memperbaik kualitas video.

Jika kalian tidak mau setengah setengah dalam belajar editing ini bisa kalian pakai sebagai alternatif pembelajaran. Daripada nanggung mendingan menggunakan aplikasi semi pro seperti sony vegas ini.

Editing adalah bagian hidup para youtubers

So..semoga kalian menjadi paham dan mendapat pencerahan dalam mencari sebuah aplikasi edit video. Karena untuk menjawab pertanyaan mereka satu persatu memakan banyak waktu.

Jadi semoga dengan postingan kali ini kalian bisa paham dan semoga rekomendasi aplikasi yang saya berikan bisa cocok dengan kalian. Ingat belajar edit juga butuh proses.

Bisa dibilang editan saya juga masih tingkat pemula. Masih banyak yang harus saya pelajari untuk menjadi seorang professional. Namun saya masih berpegang kepada proses.

Karena semuanya butuh proses teman teman tidak ada yang instan. Rajin rajin cari referensi video diyoutube. Ini juga penting buat kalian. Sehingga kalian bisa mendapatkan konsep terbaik.

Keuntungan lain kalian bisa mengkuti perkembangan zaman alias model editan yang sangat berkembang dari tahun ke tahunnya.

-RJ-



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Mahasiswa yang hobi menulis :)Find me: Instagram : ChardsonzSupport saya berkarya di dunia youtube dengan subscribe ke channel saya :) Youtube : Youtube.com/chardsonz

Artikel terkait

36 Comments

  1. Aku mau nanya, kalo mau buat video yang direkam dari atas kaya tutorial gitu pakai tripod apa ya? Atau ada alat lain?

  2. Saya tambah lagi gan, saya seringnya pake AVS Video Editor. Aplikasi ini juga gampang buat edit video, gak ketinggalan jaman dan cocok juga buat pemula. Salah satu yang saya suka adalah transisi dan efek-efeknya. Terus kalo mau potong dan nambah musik pun gampang editnya.. Itu aja sih, barangkali ada yang mau kunjungi web saya. Klik saja profil saya, thanks 🙂 🙂 🙂

  3. belum ada pemasukan, jadi pilihan jatuh ke aplikasi gratisan, nanti klo udh menghasilkan bisa upgrade yang bebayar 😀

  4. Bang adobe primier ato apalah nama program nya, Saya Pengen Bljr Editing Video Pake Ini.
    Bisa Tolong Review Kan Yang Satu ntuh bang?