Aplikasi Mengenal Profesi

Aplikasi Mengenal Profesi untuk Mengajarkan Anak Tentang Pekerjaan

Aplikasi Mengenal Profesi – Ketika dalam masa kanak-kanak kita perlu sekali mendapatkan banyak informasi mengenai dunia luar. Misalnya mengenai berbagai profesi yang ada. Mengenalkan profesi sejak dini adalah hal yang bagus supaya anak-anak sudah punya impian.

Apabila Anda sebagai orangtua ingin anaknya bekerja dalam profesi tertentu juga bisa dimulai dengan mengenalkan profesi sejak kecil. Dengan terus mengenalkan sebuah profesi bisa membuat di dalam otaknya tertanam bahwa dia juga ingin memiliki profesi tersebut ketika besar nanti.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengajarinya adalah menggunakan bantuan aplikasi mengenal profesi. Biasanya aplikasi ini akan dibuat dengan visual yang menarik, tentunya yang cocok dengan kesukaan anak-anak.

Baca jugaAplikasi Belajar Agama untuk Anak-anak

Disini akan dibahas mengenai beberapa aplikasi mengenal profesi terbaik untuk anak-anak.

Cara Mengenalkan Profesi

Anak-anak mungkin sudah memiliki impian untuk menggeluti sebuah profesi ketika besar nanti. Namun hal ini biasanya akan terjadi jika dia sudah tahu apa saja pekerjaan-pekerjaan yang bisa dilakukan di luar sana.

Jika sebelumnya dia belum mengenal bahwa ada berbagai macam pekerjaan atau profesi dunia ini, mungkin dia belum tahu ingin menjadi apa nanti. Maka dari itu Anda sebagai orangtua harus membantu untuk mengenalkannya.

Meskipun nanti anak-anak sering mengubah cita-citanya tapi hal itu bukan masalah. Hal yang paling penting adalah anak itu sudah memiliki banyak pengetahuan tentang hal ini.

Loading...

Di sekolahnya nanti dia juga pasti akan dikenalkan dengan profesi. Namun tentunya profesi yang dikenalkan hanya terbatas. Umumnya hanya akan diajarkan profesi sebagai dokter, guru, dan polisi. Padahal masih ada banyak profesi baik yang bisa diajarkan.

Ada beberapa manfaat dalam mengenalkan profesi kepada anak sejak masih kecil. Antara lain membuatnya tidak akan menganggap remeh profesi lain, menghargai profesi, memotivasi dan mengarahkan anak terhadap pilihan profesinya kelak, dan membantu mengarahkan bakat dan minatnya.

Jika Anda ingin mengenalkan profesi kepada anak maka bisa melakukan berbagai macam cara seperti berikut.

  • Kenalkan Secara Bertahap

Untuk mengajarkan anak sesuatu, Anda harus melakukannya dengan perlahan-lahan. Jangan sampai membuatnya merasa terbebani dan terpaksa. Anda jangan sampai menyuruh anak untuk memahami berbagai profesi dalam waktu yang singkat.

Anda harus mengajarkan kepada mereka sedikit demi sedikit beberapa profesi. Dimulai dari profesi yang paling umum sampai yang jarang diajarkan kepada anak-anak.

  • Kenalkan Secara Langsung

Apabila memungkinkan maka Anda bisa mengenalkan profesi secara langsung. Anda bisa membawanya ke tempat-tempat yang di dalamnya terdapat beberapa profesi. Misalnya dengan mengajaknya ke mall Anda bisa mengajarkan anak mengenai profesi kasir, SPG, cleaning service, satpam, dan lain sebagainya.

Dengan mengenalkan profesi secara lebih konkret maka anak-anak bisa belajar mengenai sesuatu yang nyata.

  • Berikan Memori Positif

Anda dapat memberikan memori yang positif dengan pengenalan yang menyenangkan. Salah satunya adalah dengan mainan atau aplikasi mengenal profesi.

Aplikasi Mengenal Profesi untuk Anak

Ada banyak sekali aplikasi untuk mengenal profesi yang bisa dimainkan oleh anak-anak. Dengan aplikasi ini maka mereka bisa belajar berbagai profesi dengan cara yang menyenangkan.

Daripada smartphone digunakan untuk mendownload aplikasi atau game anak yang tidak berguna, lebih baik gunakan saja sebagai media pembelajaran.

Berikut ini beberapa daftar aplikasi mengenal profesi bagi anak-anak yang terbaik.

1. My Fire Station
My Fire Station
Via tibs.com

Diluar negeri pemadam kebakaran adalah profesi populer bahkan membuat banyak anak-anak memiliki cita-cita tersebut. Namun di indonesia profesi ini kurang banyak dipilih oleh anak-anak.

Dengan aplikasi My Fire Station mereka akan diajarkan mengenai profesi yang sangat mulia ini. Aplikasi ini memiliki visualisasi berupa kantor pemadam kebakaran.

Anak-anak akan dikenalkan kepada beberapa bagian dari kantor pemadam seperti garasi, ruang kantor stasiun pemadam, dan kota. Tujuan dari aplikasi ini adalah membuat anak untuk lebih berkonsentrasi terhadap cara memadamkan api.

Dengan aplikasi My Fire Station, anak-anak jadi bisa mengenal profesi yang sangat dekat dengan penyelamatan nyawa banyak orang ini. Sehingga mereka akan diajarkan juga untuk saling membantu.

Apabila Anda mendampingi anak menggunakan aplikasi ini maka bisa membantunya dalam cara memadamkan api yang benar.

2. Kids Policeman
Kids Policeman
Via playstore

Meskipun polisi salah satu cita-cita yang banyak diinginkan oleh anak tapi banyak juga yang takut dengan profesi ini. Bisa karena sering di takut-takuti bahwa jika nakal nanti ditangkap polisi, atau karena sifatnya yang tegas terhadap orang-orang.

Dengan aplikasi ini Anda dapat mengajarkan kebaikan dari para polisi sehingga anak Anda bisa lebih menghargainya.

Aplikasi ini akan mengajarkan anak-anak untuk menjadi seorang polisi. Di dalam game mereka akan memakai seragam polisi yang lengkap, membuat lencana polisi, mengendarai mobil polisi dengan sirine yang menyala, menangkap penjahat yang sebanyak mungkin, dan membantu anak-anak yang akan menyebrang jalan.

Bahkan ada cara mengajari anak mengenai bagaimana melatih anjing yang digunakan untuk membantu pekerjaan polisi.

3. Doctor Kids
Doctor Kids
Via playstore

Aplikasi mengenal profesi ini termasuk yang terbaik karena memiliki banyak sekali pemahaman mengenai masalah kesehatan. Kemudian banyak juga informasi mengenai peralatan pendukung dalam mengobati berbagai masalah kesehatan yang ada di aplikasi ini.

Tugas mereka dalam aplikasi ini adalah harus melakukan pertolongan pertama kepada pasien rawat darurat. Kemudian mencoba untuk merawat gigi pasien, mengobati luka bekas kecelakaan, memeriksa mata, memberi vaksin, memeriksa virus dengan layanan laboratorium, sampai mengecek patah tulang dan rontgen dengan mesin x-ray.

Selain mengajarkan anak mengenai pekerjaan-pekerjaan dari seorang dokter, Anda juga bisa sekaligus memberikan edukasi.

Misalnya memberitahu mengenai berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau virus, dan menyuruhnya untuk selalu menjaga kesehatan.

4. Baby Airlines
Baby Airlines
Via playstore

Baby Airlines adalah aplikasi untuk mengenalkan anak-anak mengenai aktivitas bqndara. Juga mengenai bagaimana caranya menjadi awak pesawat terbang. Baby Airlines termasuk aplikasi simulasi terbaik yang cocok diberikan kepada anak untuk media pembelajaran.

Dengan aplikasi ini anak akan dikenakan kepada profesi pilot dan pekerjaan yang dilakukannya. Selain itu juga mengenalkan para awak yang ikut terlibat dalam sebuah penerbangan.

Anak akan diajarkan mengenai aktivitasnya di dalam sebuah bandara. Meski anak belum pernah merasakan datang langsung ke bandara atau melakukan perjalanan dengan pesawat, mereka sudah tahu bahwa ada hal yang seperti ini di luar sana.

Aplikasi ini dibuat sangat sesuai untuk anak-anak karena semua awak dan penumpangnya juga digambarkan dengan visualisasi seorang anak.

Di dalam aplikasi Baby Airlines ada banyak sekali fitur. Antara lain, cara mencocokkan tujuan, mengecek penumpang, mengecek nomor bangku, mencari tas penumpang yang hilang, memeriksa barang bawaan, dan simulator pekerjaan seorang pilot dalam menerbangkan pesawat.

5. Marbel Kereta Api
Marbel Kereta Api
Via playstore

Aplikasi ini akan mengajarkaan anak-anak mengenai caranya naik sebuah kereta api. Anak-anak bisa belajar bagaimana caranya membeli tiket kereta api, membayar tiket, sampai mengetahui informasi mengenai kereta.

Anak juga akan mengetahui bagaimana profesi atau pekerjaan seorang masinis dalam menjalankan kereta api. Jadi anak-anak bisa tahu bagaimana rasanya naik kereta api dan tahu apa saja yang ada di sebuah stasiun.

6. Marbel Pengasuh Bayi
Marbel Pengasuh Bayi
Via educastudio.com

Meski  profesi yang kurang dibanggakan tapi anak-anak juga harus diajarkan mengenai profesi ini agar bisa mengerti bagaimana sulitnya menjadi seorang pengasuh bayi.

Anak akan diajarkan menjadi seorang babysitter yang profesional dan harus merawat bayi dengan baik. Dengan aplikasi ini anak akan diajarkan untuk mencintai bayi-bayi yang lucu. Lalu mengajarkan mereka mengenai pentingnya kasih sayang.

Anak bisa mencoba untuk membuat bayi selalu tenang dengan memberikannya mainan atau aktivitas lain.

7. Marbel Rumah Sakit Indonesia
Marbel Rumah Sakit Indonesia
Via dailymotion.com

Dengan aplikasi mengenal profesi ini maka diharapkan bisa mengembangkan rasa empati anak terhadap orang lain. Mereka bisa diajarkan bagaimana caranya mengobati pasien dan menjadi dokter yang baik.

Dengan aplikasi ini juga anak-anak dapat diajarkan untuk lebih mengenal rumah sakit. Mungkin juga bisa menghilangkan ketakutan mereka akan profesi dokter yang sering dianggap menyeramkan. Meski mirip dengan aplikasi Doctor Kids tapi banyak hal berbeda yang bisa diajarkan di sini.

Itulah dia berbagai aplikasi mengenal profesi yang bisa diberikan kepada anak-anak. Dengan mengajarkan anak lewat berbagai aplikasi ini pasti mereka akan lebih senang dan bisa lebih menyerap apa yang diajarkan.

Meski memang aplikasi ini bersifat edukasi tapi sebagai orangtua Anda lebih baik tetap mendampinginya ketika memainkan aplikasi ini. Jadi bisa sambil memberikan pengarahan dan lebih bisa membuatnya mengerti akan profesi yang dipelajarinya.


Loading...

Bagikan

Avatar

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *