InternetTekno

11 Aplikasi Smartphone yang Wajib Dimiliki Oleh Para Mahasiswa

Aplikasi smartphone perlu dimiliki oleh setiap mahasiswa untuk mendukung mereka menjalankan setiap aktivitas yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Aktivitas perkuliahan yang padat akan tugas dan kegiatan organisasi akan terasa lebih ringan jika kalian memiliki aplikasi smartphone yang mendukung.

Apalagi dengan harga smartphone yang semakin murah dan bisa dijangkau hampir oleh setiap kalangan masyarakat menjadikannya bukan berupa barang mewah lagi. Jadi kalian para mahasiswa pun bisa memiliki smartphone dan mulai menggunakan aplikasi smartphone yang akan mempermudah kegiatan kalian.

Lalu apa saja aplikasi smartphone yang bisa mendukung kalian dalam beraktivitas sebagai mahasiswa di kampus. Berikut 10 aplikasi smartphone yang perlu kalian miliki.

WPS Office + PDF

aplikasi smartphone
WPS Office Via cnet.com

Aplikasi smartphone yang perlu kalian miliki adalah aplikasi pengolahan dokumen. Sebagai seorang mahasiswa kalian tentu akrab dengan berbagai jenis tugas, materi kuliah, ataupun presentasi yang sering kalian lakukan.

Bahkan tugas tersebut senantiasa ada setiap minggunya dan menjadikan kalian tidak mungkin untuk senantiasa membawa laptop ke kampus setiap hari. Belum lagi tambahan aktivitas seperti organisasi dan sekedar kumpul dengan teman sulit untuk kalian lakukan.

Namun tenang saja, ada solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Kalian bisa melakukan install aplikasi smartphone WPS Office + PDF untuk membantu kalian. Lewat aplikasi ini kalian tidak perlu berat membawa laptop hanya untuk mengerjakan tugas atapun proyek yang ada. Hanya melalui smatphone kalian sudah bisa membuat berbagai dokumen word, powerpoint, dan excel.

Jadi meskipun sedang kumpul dengan teman atau melakukan rapat organisasi kalian tetap bisa menyisihkan sebagian waktu untuk menyelesaikan tugas yang diminta dosen tanpa harus menggunakan laptop.

Google Translate

Aplikasi smartphone yang kedua yang perlu kalian install sebagai seorang mahasiswa adalah aplikasi untuk menerjemahkan bahasa.

Di zaman yang telah memasuki era MEA ini, kalian sebagai mahasiswa perlu mempelajari bahasa inggris agar mampu bersaing di dalam dunia kerja. Sebab nantinya yang akan menjadi saingan kalian dalam dunia kerja bukan hanya masyarakat Indonesia saja tapi juga seluruh masyarakat yang ada di ASEAN.

Jadi untuk latihan dan mendapatkan kosa kata baru, kalian perlu menginstall aplikasi Google Translate di smartphone yang dimiliki.

Dengan adanya aplikasi penerjemahan ini kalian akn dimudahkan untuk mendapatkan kosa kata baru atau sekedar mencari terjemahan kata yang tidak kalian mengerti.

Bukan Cuma itu saja kemudahan yang ditawarkan oleh google translate, kalian sebagai pengguna tidak perlu takut kehabisan paket data karena aplikasi ini bisa digunakan dalam mode offline dan tidak perlu terhubung dengan internet.

Lalu masih adakah keuntungan yang bisa didapatkan ?

Tentu masih ada, sebab dengan adanya google translate kalian dapat mencari tambahan pengetahuan lewat berbagai literasi luar negeri. Sehingga wawasan keilmuan kalian akan lebih maju dibandingkan degan teman sebaya kalian.

Namun saya tidak mengerti bahasa inggris ?

Itukah gunanya Google Translate, setiap kalimat yang tidak kalian mengerti bisa dicari terjemahannya lewat aplikasi tersebut. Namun, jika kalian benar-benar buta terhadap bahasa inggris, cara yang disebutkan barusan tidak efisien untuk kalian lakukan. Hal ini dikarenakan akan memakan banyak sekali waktu untuk menerjemahkan satu lembar literasi berbahasa asing.

Coursera

Coursera Via blog.coursera.org

Berbagai kesibukan kuliah mulai dari berorganisasi, menyelesaikan tugas dari dosen, dan melakukan presentasi di hadapan kelas sangat menyita waktu. Kalian yang sudah kelelahan akan sangat sulit untuk mengikuti tambahan kursus atau les setelah kuliah selesai. Belum lagi masalah jarak rumah dengan tempat kursus yang jauh akan semakin menjadikan kalian malas untuk datang kesana.

Meskipun kalian bisa hadir tentu konsentrasi kalian sudah terpecah karena tubuh dan pikiran yang semakin lelah.

Lalu bagaimana solusinya ?

Padahal dengan adanya tambahan kursus dan pelatihan akan menjadikan kalian lebih mahir dan kompeten saat akan menghadapi dunia kerja kelak.

Tenang saja, kalian bisa mulai melakukan download aplikasi Coursera. Lewat aplikasi ini kalian dapat belajar berbagai materi kuliah dan mengikuti kursus dari lebih 100 lembaga pendidikan dan Universitas di dunia. Jadi dengan Coursera kalian dapat ikut merasakan bagaimana menjadi mahasiswa yang sedang berkuliah di Universitas dunia seperti Stanford dan Yale.

Jangan takut harus mengeluarkan banyak biaya, karena aplikasi ini bisa kalian gunakan secara gratis tanpa dipungut biaya sepeser pun.

Jadi dengan adanya Cousera kalian tidak perlu lagi repot-repot datang kursus ditempat yang jauh dan memakan banyak sekali waktu. Kalian bisa belajar dimana saja dan kapan saja, menyenangkan bukan. Sambil istirahat di kasur atau sambil duduk di sofa ditemani makanan ringann pun bisa mengikuti kursus.

MoneyWise

Aplikasi smartphone selanjutnya yang perlu dimiliki sebagai seorang mahasiswa adalah aplikasi untuk mengatur keuangan bulanan.

Sering kali sebagai seorang mahasiswa, kalian mau tidak mau pergi ke kota lain untuk menempuh pendidikan tinggi di tanah rantau. Jauh dari keluarga dan sanak keluarga menjadikan tidak ada orang dekat yang bisa membantu kalian ketika sedang mengalami kesusahan. Belum lagi uang dari orang tua yang terbatas dan harus mampu kalian kelola dengan baik.

Jika kalian tidak pandai mengelola keuangan, bisa-bisa belum satu bulan uang yang diberikan oleh orang tua habis tak tersisa.

Oleh karena masalah inilah kalian sebagai mahasiswa perlu memiliki aplikasi smartphone yang bermanfaat untuk mengelola keuangan dengan bijak.

Aplikasi MoneyWise merupakan aplikasi pengelolaan keuangan yang bisa kalian download sebagai cara untuk mengelola keuangan yang dimiliki.

Jadi cara kerja Money Wise adalah kalian dapat lebih mudah memantau uang yang masuk dan keluar setiap bulannya. Ditambah lagi kalian bisa juga memantau keuangan kalian yang disajkan dalam bentuk grafik dan bisa kalian cek setiap periodenya.

Jadi lewat aplikasi ini, tidak ada lagi alasan kalian tidak memiliki uang, sebab setiap aliran uang yang ada telah dengan mudah kalian pantau lewat smartphone yang dimiliki.

Semoga dengan adanya aplikasi ini keuangan kalian sebagai anak kos tidak lagi memprihatinkan di akhir bulan.

Todoist

Daftar yang kelima sebagai aplikasi smartphone yang perlu dimiliki mahasiswa adalah aplikasi pengaturan jadwal.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa sebagai seorang mahasiswa pasti kalian memiliki banyak sekali kegiatan yang padat setiap harinya. Terkadang karena aktivitas yang padat kalian melupakan aktivitas yang perlu diprioritaskan dan mana yang tidak terlalu penting dan bisa ditunda.

Mengetahui mana yang prioritas dan mana yang tidak dapat membantu kalian untuk bisa lebih produktif. Sebagai contohnya, mengerjakan tugas yang diberikan dosen merupakan prioritas jika dibandingkan dengan berkumpul dengan teman-teman. Sebab berkumpul dengan teman bisa kalian tunda dan tugas dari dosen tidak bisa ditunda dan akan sangat berpengaruh terhadap nilai akhir kalian.

Maka dari itu kalian sangat memerlukan aplikasi yang bernama Todoist untuk melengkapi smartphone yang kalian miliki.

Dengan adanya aplikasi ini kalian bisa mengatur jadwal kegiatan sehari-hari mulai dari jadwal rapat organisasi, mengerjakan presentasi kelas, dan mengerjakan tugas dari dosen dapat kalian atu dengan mudah.

Todoist juga dilengkapi dengan pengingat atau reminder yang membantu kalian yang mudah lupa dengan berbagai kegiatan yang ada dan telah kalian rencananakan sebelumnya.

Dengan adanya aplikasi ini kalian sebagai seorang mahasiswa dapat lebih terorganisir dan produktivitas kalian dapat lebih meningkat dari sebelumnya.

PhotoMath

Photomath Via forbes.com

Aplikasi ke 6 yang perlu kalian miliki sebagai seorang mahasiswa adalah aplikasi untuk membantu mengerjakan tugas.

Buat kalian para mahasiswa yang mengambil mata kuliah matematika dan merasa kesulitan dalam hal pengerjaan soal pasti akan merasa bosan dan tidak mau lagi mempelajari matematika. Padahal matakuliah matematika merupakan mata kuliah yang hampir dibutuhkan oleh setiap disiplin ilmu baik itu teknik atapun sosial.

Jadi jika kalian berpikiran tidak mau mengikuti mata kuliah matematika kan banyak sekali kerugian yang akan kalian dapatkan.

Tapi tenang saja, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan agar dapat mempelajari soal matematika dengan lebih menyenangkan. Ini saatnya menginstal aplikasi smartphone yang bernama PhotoMath.

Aplikasi ini sangat canggih dan menyenangkan untuk kalian miliki. Sebab aplikasi ini dapat membantu kalian menyelesaikan persoalan matematika hanya dengan melakukan scan atas soal yang ada. Setelah kalian melakukan scan maka otomatis jawaban akan ditampilkan lengkap dengan langkah pengerjaannya.

Jadi tidak ada alasan lagi mata kuliah matematika menjadi mata kuliah yang harus kalian hindari.

Google Drive

Sebagai seorang mahasisiwa pasti kalian sangat membutuhkan penyimpanan data dalam jumlah yang cukup besar. Mulai dari menyimpan berbagai dokumen tugas, foto kalian bersama teman-teman satu angkatan, sampai file suara saat kalian sedang latihan dengan organisasi.

Membeli flashdrive yang berkapasitas yang besar sangatlah menguras biaya dan sangat tidak hemat untuk kalian lakukan. Lalu bagaimana untuk menemukan solusinya ?

Kalian bisa mengunduh Google Drive yang bisa dijadikan untuk menyimpan berbagai data penting yang kalian miliki selama kuliah. Dengan kapasitas penyimpanan yang besar kalian bisa menyimpan berbagai jenis file disini tanpa harus memusingkan tentang biaya penyimpanan.

Salah satu dokumen penting yang bisa kalian masukan disini adalah dokumen skripsi yang telah kalian selesaikan.

CamScanner

Dizaman yang serba digital ini sering kali dosen kalian akan meminta kalian untuk mengumpulkan tugas dalam bentuk softcopy. Dokumen tersebut biasanya akan beliau minta untuk dikirimkan via email dan nantinya akan dinilai.

Masalah terjadi jika kalian tidak sempat melakukan scan dokumen yang sudah dikerjakan belum lagi melakukan scan akan memerlukan biaya tambahan.

Tidak perlu khawatir dengan masalah ini, kalian bisa dengan mudah melakukan scan dokumen hardcopy ke dalam bentuk softcopy dengan memiliki aplikasi CamScanner. Lewat aplikasi smartphone ini kalian dapat melakukan scan dan hasilnya pun sangat baik dan jernih. Aplikasi ini menawarkan pengalaman scan yang sama disaat kalian melakukan scan dengan menggunakan alat scan biasa.

QR & Barcode Scanner

Seorang mahasiswa pasti sering kali mengikuti berbagai seminar, event untuk menambah kompetensi dan jaringan kalian selama diperkuliahan. Lalu yang menjadi masalah bagaimana ketika informasi yang kalian dapatkan tentang berbagai acara tersebut ketika kalian sedang tidak membawa catatan atau alat tulis apapun.

Disinilah peran penting dari QR & Barcode Scanner, karena dengan adanya aplikasi smartphone ini kalian tinggal melakukan scan terhadap informasi yang sedang kalian lihat dan langsung mengunjungi website terkait untuk mengetahuinya lebih lanjut. Sehinga informasi penting tentang berbagai seminar dan acara tidak akan terlewat dan kalian pun bisa hadir untuk mengikutinya.

Programming Hub

Bagi kalian anak IT yang sering berkutat dengan berbagai kode pemrograman yang memusingkan kepala. Bersyukurlah karena kalian akan lebih dimudahkan dengan aplikasi smartphone yang satu ini. Nama aplikasi ini adalah programming hub yang bisa kalian download dan kalian coba di smartphone.

Mengapa kami mengatakan bahwa Programming Hub mampu membantu kalian sebagai anak IT ?

Alasannya karena dengan adanya aplikasi ini kalian dapat melihat ribuan skrip pemrograman yang ada dari berbagai bahasa pemrorgaman. Aplikasi ini mengakomodasi berbagai bahasa pemrograman yang meliputi Java, Phyton, PHP, HTML, dan yang lainnya.

Programming Hub akan menjadi kamus pemrograman yang bisa kalian kamana pun dan akan memudahkan berbagai tugas kuliah yang berhubungan dengan bahasa pemrograman.

Pomodoro

Pomodoro Via churchm.aq

Bagi kalian para mahasiswa yang merasa kesulitan untuk fokus mengerjakan berbagai tugas atau pekerjaan yang penting, maka aplikasi smartphone yang bernama Pomodoro ini wajib kalian miliki.

Dengan aplikasi ini dijamin kalian dapat lebih fokus untuk mengerjakan suatu tugas sampai tugas tersebut benar-benar selesai dan tidak akan terganggu dengan berbagai gangguan yang akan menjadikan kalian tidak fokus.

Lalu yang menjadi pertanyaannya seperti apa cara kerja dari Pomodoro ?

Kalian pertama harus memilih suatu tugas yang sangat penting dilakukan, lalu aturlah sebuah timer untuk jangka waktu 25 menit, kemudian kalian bisa mulai mengerjakan tugas tersebut sampai timer Pomodoro berbunyi, lalu istirahatlah selama 5 menit, selesai beristirahat kalian bisa melanjutkan pekerjaan tersebut samapai selesai.

Teknik seperti ini terjamin lebih efektif membuat kalian yang sulit sekali fokus dan mudah terganggu dengan berbagai macam gangguan saat sedang mengerjakan tugas yang penting. Perpaduan antara kerja dan waktu istirahat yang dimiliki aplikasi Pomodoro diyakini menjadikan kalian lebih konsentrasi dan mampu untuk fokus.

Manfaatkan Aplikasi SMARTPHONE dengan Baik

Keberadaan smartphone seharusnya bisa memudahkan kalian untuk lebih produktif dan memudahkan kalian dalam melakukan berbagai aktivitas. Sebagai seorang mahasiwa yang aktif, kalian juga perlu berbagai aplikasi smartphone yang akan memudahkan aktivitas yang sedang dijalankan. Jangan hanya memanfaatkan smartphone untuk hiburan semata seperti membuka sosial media, chatting yang tidak perlu, dan menonton video yang tidak membawa manfaat apapun untuk kalian.

Hiburan memang diperlukan, namun jangan kalian jadikan hiburan yang bisa kalian dapatkan lewat sebagai aktivitas utama. Gunakanlah smartphone yang dimiliki sebagai alat yang akan memudahkan kalian untuk beraktivitas dan mendukung kegiatan kalian.

Dengan sikap yang bijaksana dalam memanfaatkan smartphone, maka kalian sebagai mahasiswa  dapat menjadi lebih produktif dan tidak menghabiskan waktu dengan hal-hal yang tidak bermanfaat


Loading...
Baca selengkapnya

Ideas and Thought Must be Submited | Passionate in Business and Investment |

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close