Tekno

6 Aplikasi Zikir Android Ini Akan Buatmu Makin Khusyu Berdzikir, Kok Bisa ? Inilah Alasannya

Aplikasi zikir android, adalah salah satu aplikasi yang sangat tepat untuk kita miliki di bulan Ramadhan ini. Sebab dengan memiliki aplikasi ini, maka diharapkan setiap waktu yang kita lalui selalu dihiasi dengan zikir, sekalipun sedang menggunakan smartphone.

Karena memang seharusnya kita bisa menjadikan segala sesuatu yang ada di dunia ini, menjadi sarana kita untuk senantiasa mengingat Allah SWT.

Baca juga7 Aplikasi Pendukung Ibadah Puasa yang Harus Dimiliki pada Bulan Ramadhan

Manfaat Zikir

Manfaat zikir itu sangat banyak sekali, salah satunya merupakan sarana utama yang bisa menentramkan hati kita. Selain sangat berguna untuk diri kita, lebih dari itu zikir adalah salah satu bentuk ibadah kita kepada Allah.

Salah satu bentuk zikir adalah dengan menyebut dan memuji nama Allah. Adapun contoh bacaan zikir itu seperti tasbih, tahmid, takbir dan tahlil.

Zikir sendiri merupakan amalan yang sangat agung, oleh karenanya Allah telah memerintahkan umat muslim untuk senantiasa memperbanyak mengamalkannya Sebagaimana firman-Nya dalam Al-Qur’an :

يا أيها الذين آمنوا اذكروا الله ذكراً كثيراً وسبحوه بكرةً وأصيلاً هو الذي يصلي عليكم وملائكته ليخرجكم من الظلمات إلى النور وكان بالمؤمنين رحيماً

“Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang. Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman.” (QS. Al-Ahzab: 41-43)

Loading...

Dengan memperbanyak berdzikir, hati dan pikiran kita menjadi tenang. Melalui perantaranya pula akan menyebabkan datangnya berbagai keberuntungan, baik dunia terlebih akhirat.

Dan salah satu keberuntungan yang sangat besar faedahnya untuk kita adalah, Allah berikan kita ampunan dan pahala yang sangat berlimpah ruah.

Allah berfirman :

واذكروا الله كثيراً لعلكم تفلحون

“Dan sebutlah (nama) Allah sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung.” (QS. Al-Anfal: 45)

Banyak yang Membuat Kita Menjadi Lupa Akan Dzikir

Dalam aktivitas menjalani kehidupan, ada banyak hal yang membuat kita lupa akan mengingat Allah. Bahkan tak sedikit dari kita terlalu terbuai dengan urusan keduniaan, sehingga seolah kita akan hidup selama-lamanya.

Diantara hal yang membuat kita sering lupa berzikir, salah satunya adalah smartphone yang kita miliki. Aktivitas browsing, menggunakan medsos, aplikasi, game dan lainnya telah membuat banyak orang terbuai dan melupakan hakikat hidup yang dijalaninya.

Sejatinya waktu yang kita lalui adalah dua pilihan, yaitu pahala atau dosa. Dengan kita lupa berzikir kepada Allah, maka menjadikan waktu menjadi perantara penambah tumpukan dosa kita, sangat menjadi mungkin terjadi. Oleh karena itu, perlu siasat jitu agar setiap waktu yang kita jalani menjadi ladang pahala.

Salah satu siasat jitu adalah menambahkan aplikasi zikir di android, yang pasti sangat sering kita genggam.

Dengan adanya aplikasi zikir di android setidaknya kita bisa diingatkan untuk berzikir, terutama saat melihat logo aplikasi yang terpampang dalam menu android kita.

6 Aplikasi Tasbih Android

Saat umat Islam berzikir atau melafalkan tasbih, umumnya kita menggunakan tasbih yang memiliki butir manik dengan jumlah 33 atau pun 99.

Namun saat ini sobat tak perlu lagi gelang tasbih, sebab ada aplikasi android yang bisa menggantikannya. Berikut  6 aplikasi tasbih android yang bisa sobat pilih salah satunya.

1. Tasbih
via Jalantikus.com

Seperti namanya aplikasi tasbih hadir dengan penghitungan zikir yang sederhana. Meski terlihat sederhana namun fitur yang dimilikinya cukup mumpuni.

Sobat bisa mengaktifkan audio bacaan tasbih saat sedang berzikir. Bahkan saat sobat ada di suatu tempat asing atau baru, aplikasi ini juga mampu memberi petunjuk dimana arah masjid terdekat.

Kerennya lagi, aplikasi ini juga memiliki penghitung zikir (tasbih counter), yang juga dilengkapi dengan fitur doa harian dan berbagai kalender tanggal-tanggal penting Islam.

Kelebihan Software Tasbih

  • Merupakan tasbih digital yang sangat nyaman saat digunakan.
  • Memiliki panduan bacaan zikir yang lengkap.
  • Aplikasinya ringan dan tidak memakan banyak memori smartphone.
  • Tidak muncul iklan yang bisa merusak kekhusuan dalam berzikir.
2. Counter Tasbih Digital

via jalantikus.com

Penulis yakin sobat sering melihat alat penghitung zikir, yang sering digenggam oleh para pemiliknya. Jika melihatnya tampilan aplikasi ini, sangat mirip sekali dengan alat tersebut.

Dimana di dalamnya terdapat dua tombol yang dapat sobat gunakan. Baik untuk menghitung jumlah bacaan zikir, ataupun untuk melakukan reset ulang jumlah zikirnya.

Saat sobat menutup aplikasi ini, hitungan zikir yang telah sobat lakukan sebelumnya tidak akan hilang. Sebaliknya, saat sobat merestartnya maka hitungan zikir akan tetap terpampang di smartphone.

Uniknya lagi, saat sobat mengetuk layar untuk melakukan penghitungan zikir, maka saat itu akan merasakan getar sehingga sangat berasa seperti sedang memegang sebuah tasbih manual.

3. Simple Tasbih

via jalantikus.com
Simple Tasbih merupakan aplikasi zikir Android yang memiliki penampilan yang elegan dan minimalis. Untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna hanya akan menggunakan satu tombol untuk menghitung aktivitasnya zikirnya.

Hal ini tentu akan memudahkan sobat dalam menggunakannya. Selain di smartphone, aplikasi ini juga dapat digunakan pada smartwatch.

Seperti namanya, aplikasi ini dapat merubah perangkat yang sobat miliki menjadi tasbih digital yang sangat simpel, sederhana, dan sangat nyaman untuk digunakan.

Dalam antarmuka aplikasi ini, disediakan tombol (+) yang berada di tengah sehingga akan semakin memudahkan sobat untuk menyentuhnya, sekalipun pandangan sobat tidak melihatnya pada layar smartphone.

Saat sobat menekan tombol (+), maka saat itu pulalah hitungan zikir sobat berjalan. Kerennya lagi, tidak ada iklan sama sekali dalam aplikasi ini. Sehingga dengan demikian aktivitas zikir sobat tidak akan ada gangguan.

Selain dapat digunakan untuk berzikir, sobat pun bisa belajar berbagai macam bacaan zikir. Hal ini dikarenakan dalam aplikasi ini, disediakan pula berbagai panduan bacaan zikir yang siap untuk sobat gunakan.

4. Tasbeeh
via jalantikus.com

Tasbeh merupakan aplikasi zikir android yang sangat mirip dengan gelang tasbih aslinya. Hal ini dikarenakan sobat tidak memencet tombol saat menggunakannya, namun menggunakan mekanik digital yang digeser untuk melakukan penghitungannya.

Jika sobat merasa kurang nyaman dengan mode yang digunakan, maka sobat bisa juga mengganti modenya dengan cara menekan tombol.

5. Tasbih – Dhikr Counter

via jalantikus.com
Tasbih Dhikr Counter, merupakan salah satu aplikasi zikir Android terbaik yang dapat sobat pilih. Aplikasi ini sangat mudah untuk sobat gunakan, di dalamnya pun ada berbagai panduan bacaan lengkap yang bisa sobat pilih dan gunakan.

Dalam aplikasi ini, bisa menambahkan target bacaan zikir sobat ke dalam lima kategori yang sudah ada. Mulai dari kalimat syahadat, durood, nama-nama Allah, surat dalam Al-Quran, dan bacaan zikir umum.

Kelebihan Tasbih – Dhikr Counter

  • Memiliki hitungan zikir dalam bentuk digital.
  • Memiliki berbagai macan panduan bacaan yang lengkap.
  • Sangat mudah untuk digunakan.
  • Tidak ada iklan yang bisa mengganggu kekhusyuan dalam berzikir.
  • Geratis
6. Dhikr Counter / Tasbeeh Counter

Aplikasi zikir Android terakhir yang akan kita bahas di sini adalah Dhikr Counter / Tasbeeh Counter. Selain dapat memudahkan sobat dalam menghitung jumlah zikir, dalam aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan panduan berbagai bacaan zikir, do’a, serta memiliki kalender hijriah.

Untuk dapat menggunakannya sobat tinggal membuka aplikasinya. Dalam hal ini sobat bisa seting jumlah jikir yang akan dilakukan. Contohnya jika sobat ingin membaca bacaan zikir sebanyak 99 kali, maka sobat tinggal mengklik logo target, dan kemudian isikan angka 99. Sobat bisa mengklik set untuk mengakhirinya.

Kemudian sobat bisa memulai penghitungan zikir dengan cara menyentuh smartphone. Saat disentuh smartphone tersebut akan bergetar pendek, yang menandakan penghitungan sedang berjalan.

Namun jika sudah mencapai angka yang ditentukan yaitu 99 tadi, maka smartphone akan bergetar panjang, sebagai penanda bacaan zikir telah mencapai jumlah yang diinginkan.

Nah itulah sobat, 6 aplikasi zikir android yang bisa sobat pilih sebagai pengganti gelang tasbih. Semoga bermanfaat bagi sobat yang membutuhkan. Jangan lupa perbanyak ibadah di bulan Ramadhan ini ya sob…



Loading...

Baca selengkapnya

خير الناس أنفعهم للناس Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.Putra Kamal Larangan BrebesMe Visit us : https://www.duniaelektronik.net/ http://www.inspirasi-dttg.blogspot.com https://www.youtube.com/channel/UCX_QhoTDchMij5Mq0uwbZ9ABerusaha menebarkan ilmu, kemanfaatan, dan inspirasi melalui tulisan. Semoga bisa menjadi bekal untuk menjalani hari di berbagai alam setelah kematian.“Jika seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amalannya, kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah (yang mengalir pahalanya), ilmu yang dimanfaatkan, dan anak shaleh yang mendo'akan kedua orang tuanya (HR. Muslim).

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *