Apple Watch

Apple Watch Review Varian Model, Harga, & Perbandingan Spesifikasi

Apple Watch Review – Tak terasa sekarang sudah memasuki pertengahan bulan, dan, gak lama lagi akhir bulan akan segera tiba. Apa hal yang paling spesial pada saat itu bagi seorang karyawan swasta yang profesional ? Yup, Gajian !.

Berbelanja kebutuhan yang dapat menunjang performa dan penampilan selama bekerja, biasanya menjadi agenda penting bagi karyawan profesional, setelah mereka menerima gaji.

Apakah anda salah satu dari mereka, yang saat ini memiliki rencana mengganti jam tangan lama anda dengan yang baru setelah menerima gaji nanti ?

Jika jawabannya adalah “YA,” maka saya menyarankan anda, untuk mengganti jam tangan lama anda dengan jam tangan pintar Apple terbaru.

Foto : Macworld via Googleimage
Foto : Macworld via Googleimage

Nah, sembari menunggu gaji anda turun bulan depan, tidak ada salahnya jika sekarang anda mulai mencari informasi lengkap seputar Apple Watch.

Berkunjung ke Klik Mania adalah langkah yang tepat. Melalui postingan ini, anda akan mendapatkan ulasan mendalam tentang jam tangan pintar Apple Watch.

Anda akan mengetahui review performa, desain, dan fitur pada masing-masing model Apple Watch yang tersedia di Indonesia, perbandingan harga Apple Watch di beberapa toko online Indonesia, dan mengetahui perbandingan spesifikasi Apple Watch dengan produk serupa, namun dirancang oleh merek lain.

Seperti dilansir Kompas.com, jam tangan pintar Apple ini pertama kali diluncurkan di Amerika Serikat, pada pertengahan April tahun lalu, tepatnya tanggal 24 April 2015.

Loading...

Apple Watch akhirnya benar-benar meluncur ke pasar Indonesia dan mulai tersedia di iBox, di beberapa kota besar di Indonesia, pada Jum’at, 4/12/2015.

Apple menyajikan jam tangan pintar Apple Watch, dalam 3 pilihan varian atau model premium untuk pasar Indonesia. Diantaranya adalah varian Sport, varian Watch, dan varian Edition.

Apple Watch varian Sport Review

Ini adalah salah satu varian yang sempurna untuk anda yang memiliki gaya hidup bergerak aktif. Apple Watch Sport benar-benar dapat membuat penggunanya tetap dapat tampil sporty dan casual, selama menjalani aktifitas kerja yang super ketat sekalipun.

Review Performa

Untuk memastikan Apple Watch Sport tidak hanya dapat menampilkan waktu secara akurat, Apple juga melengkapi varian Sport dengan sebuah chip processor canggih yang dikombinasikan sistem operasi ekslusif.

Apple Watch Sport dilengkapi dengan chipset Apple S1 berkecepatan 520 MHz, dan didukung dengan RAM berkapasitas 512 MB.

OS watchOS 1.0, yang dapat di upgrade ke versi v2.1, dipastikan menawarkan anda sebuah pengalaman baru dalam memakai jam tangan.

WatchOS 1.0 membuat Apple Watch Sport memiliki antarmuka yang clean, smooth, dan juga dapat dinavigasikan dengan mudah oleh semua penggunanya.

Melakukan chatting, melakukan panggilan dan menerima telpon masuk, membuat dan membalas email, menjadi benar-benar mudah tanpa kendala dengan Apple Watch Sport.

Review Desain

Apple Watch Sport tersedia dalam dua ukuran 38 mm & 42 mm dengan bobot 70 gram. Cukup ringan dan benar-benar proporsional untuk tangan anda.

Layar Apple Watch Sport berukuran 1,65 inches beresoulsui 390 x 312 pixel, dengan tingkat kerapatan pixel mencapai 302 ppi.
Layar juga mengadopsi teknologi force touch dan multitouch dengan dukungan teknologi AMOLED capcitive touchscreen, 16 warna, dan diproteksi oleh Ion-X strengthened glass.

Review Fitur

Apple Watch Sport didukung berbagai macam fitur canggih. Beberapa diantaranya adalah, turn by turn navigation, sensor kesehatan, remot kamera dan musik.

Turn by turn navigation, merupakan fitur canggih pada Apple Watch sport yang memungkinkan penggunanya untuk mengetahui posisi mereka di dalam peta.

Dengan fitur ini setiap pengguna yang sedang melakukan olahraga sperti bersepeda atau jogging, dapat membuat atau mengatur rute perjalanan yang lebih akurat dan mudah dipahami.

App Health iOS 8 juga dapat digunakan pada Apple Watch sport. Dengan dukungan sensor Hearth Rate Glance, Apple Watch Sport dapat dijadikan sebagai dokter pribadi yang dapat mendeteksi detak jantung, dan mencatat semua informasi kesehatan setiap penggunanya sepanjang hari.

Fitur remote kamera pada Apple Watch Sport dirancang untuk membantu para fotografer pengguna iPhone menghindari kebingungan ketika harus berfoto sendiri.

Fitur ini juga dapat menampilkan review hasil foto yang telah di ambil, dan memungkinkan anda untuk mengambil foto dalam mode timer.

Sementara fitur kendali musik pada Apple Watch Sport memungkinkan anda untuk memutar lagu atau musik, yang terdapat pada perangkat iPhone anda.

Review kapasitas penyimpanan

Apple Watch Sport dilengkapi dengan memori penyimpanan internal berkapasitas sebesar 8 GB.

Hal ini membuat anda dengan leluasa menjadikan Apple Watch sebagai media penyimpanan berbagai file penting yang anda miliki. Bahkan anda dapat menyimpan ratusan file mp3 dan dapat memutar musik kapan saja layaknya piranti iPod.

Apple Watch varian Watch Review

Jam tangan pintar Apple varian Watch, dipersembahkan oleh Apple secara khusus untuk para eksekutif yang ingin selalu tampil profesional dan berwibawa, baik dalam situasi formal maupun santai.

Review Performa

Jam tangan pintar Apple varian Watch juga dilengkapi dengan sebuah chip processor terbaik. Apple benar-benar melakukan penelitian yang super ketat dalam memilih tipe processor dan optimasi software pada seluruh perangkatnya.

Perpaduan antara chips Apple S1, GPU PowerVR SGX543, dan kombinasi RAM 512 MB, membuat varian Watch memiliki clock speed mencapai 520 Mhz.  Komponen tersebut berperan penting untuk memastikan bahwa semua aplikasi yang terdapat pada Watch dapat dijalankan dengan lancar tanpa kendala.

Watch Apple sudah menggunakan sistem operasi watchOS terbaru versi 2.1.  Pembaharuan yang lebih segar benar-benar dirasakan oleh semua penggunanya.

Antarmuka yang dapat disesuaikan dengan mudah sesuai keinginan pengguna, serta ikon yang mengadopsi desain iPhone dan iPad, menjadi salah satu karakter yang khas pada Apple Watch.

Dalam kondisi stand by, antarmuka Apple Watch secara otomatis akan menampilkan informasi jam sama seperti jam tangan digital pada umumnya. Semua ikon yang terdapat dalam menu disajikan dengan desain flat yang khas, dimana ikon aplikasi berbentuk bulat dan saling berhimpitan.

Review Desain

Watch dirancang dengan desain khusus yang ditujukan untuk dapat disejajarkan dengan deretan brand-brand jam ternama yang stylish.

Tersedia dalam dua ukuran 38 mm dan 42 mm, kekuatan desain terletak pada bahan yang digunakan sebagai pelapis utama jam tangan pintar Apple ini. Watch dilapisi dengan bahan stainless steel.

Layar dengan dimensi 1,65 inci berteknologi AMOLED juga dilapisi dengan kaca yang terbuat dari bahan Shappire crystal. Watch, benar-benar memiliki akurasi warna yang sangat baik dan sangat detail.

Review Fitur

Selain fitur navigasi, app health, dan remote kendali, Apple Watch juga sudah dilengkapi dengan fitur voice dial dan voice command. Ini akan memudahkan pengguna untuk memanggil Siri yang ada pada iPhone.

Anda cukup mengangkat pergelangan tangan dan mendekatkannya pada sumber suara dan sapa Siri, atau minta Siri menampilkan agenda anda pada hari ini.

Review kapasitas penyimpanan dan kualitas baterai

Meski tidak dilengkapi dengan external memory card slot, Watch tetap dapat digunakan sebagai media penyimpanan yang berkualitas. Kapasitas memori internal Watch cukup besar yaitu sekitar 8 GB.

Watch dilengkapi dengan baterai jenis Li-Ion non removable berkapasitas 250 mAh. Baterai ini dapat diisi ulang dengan cepat dan mudah menggunakan teknik atau sistem induksi.

Varian Edition Review

Edition adalah varian terakhir, atau bisa saya bilang sebagai edisi tertinggi. Apple mempersembahkan Edition untuk anda yang ingin tampil elegan dan mewah dimana pun anda berada.

Dari segi spesifikasi processor, teknologi layar, clock speed, kapasitas baterai, dan RAM, Edition tidak berbeda dengan Sport dan Watch.

Namun, satu-satunya fakta yang membuat Edition menjadi salah satu varian tertinggi adalah lapisan yang digunakan pada Edition itu sendiri.

Jam tangan pintar Apple Edition dilapisi dengan emas 18 karat murni dengan dua pilihan warna yaitu kuning dan rose.

Tabel Persamaan Apple Sport, Watch, & Edition

Detail SpesfikasiSportWatchEdition
CPUApple S1 520 MHz + PowerVR SGX543Apple S1 520 MHz + PowerVR SGX543Apple S1 520 MHz + PowerVR SGX543
RAM512 MB512 MB512 MB
Memori8 GB8 GB8 GB
Ukuran38 mm & 42 mm38 mm & 42 mm38 mm & 42 mm
Teknologi LayarAMOLED capacitive touchscreen, 16M colorsAMOLED capacitive touchscreen, 16M colorsAMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
OSwatchOS 1.0, upgradable to v2.1watchOS 1.0, upgradable to v2.1watchOS 1.0, upgradable to v2.1
BateraiNon-removable Li-Ion 250 mAh battery (0.94 Wh)Non-removable Li-Ion 250 mAh battery (0.94 Wh)Non-removable Li-Ion 250 mAh battery (0.94 Wh)

 Tabel Perbedaan Sport, Watch & Edition

Detail SpesfikasiSportWatchEdition
ProteksiIon-X strengthened glassShappire CrystalShappire Crystal
BuildAluminumStainless Steel18-karat Gold
WarnaPutih, biru, silver, abu-abu, hitamStainless steel dan Black Stainless SteelYellow dan Rose
Kisaran Harga5 s.d 10 Juta10 s.d 18 Juta100 s.d 200 Juta

Foto Produk dan Table Spesifikasi Apple Watch Sport

apple-watch-sport-38-mm
Foto Produk Apple Watch Sport 38 mm
apple-watch-sport-42-mm
Foto Produk Apple Watch Sport 42 mm
Detail SpesfikasiWatch Sport
CPUApple S1 520 Mhz + PowerVR SGX543
OSwatchOS 1.0, upgradable to v2.1
Memori8 GB
BateraiNon-removable Li-Ion 250 mAh battery (0.94 Wh)
BodyAluminum
ProteksiIon-X strengthened glass
Dimensi & Teknologi layar1,65 inci, AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Resolusi390 x 312 pixels
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n
Bluetoothv4.0, LE
Tersedia diiBox, Lazada, dan Blibli

 Foto Produk & Tabel Spesifikasi varian Watch

watch-stainless-steel-38-mm
Foto Produk Watch Stainless Steel 38 mm
watch-stainless-steel-42
Foto Produk Watch Stainless Steel 42 mm
Detail SpesfikasiWatch Sport
CPUApple S1 520 Mhz + PowerVR SGX543
OSwatchOS 1.0, upgradable to v2.1
Memori8 GB
BateraiNon-removable Li-Ion 250 mAh battery (0.94 Wh)
BodyStainless Steel
ProteksiShappire Crystal
Dimensi & Teknologi layar1,65 inci, AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Resolusi390 x 312 pixels
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n
Bluetoothv4.0, LE
Tersedia diiBox, Lazada, dan Blibli

 Foto Produk dan Tabel Apple Watch varian Edition

apple-watch-edition-38-mm
Foto Produk Apple Watch dari Varian Edition 38 mm
apple-watch-edition-42-mm
Foto Produk Apple Watch dari Varian Edition 42 mm
Detail SpesfikasiWatch Sport
CPUApple S1 520 Mhz + PowerVR SGX543
OSwatchOS 1.0, upgradable to v2.1
Memori8 GB
BateraiNon-removable Li-Ion 250 mAh battery (0.94 Wh)
Body18 karat gold
ProteksiShappire Crystal
Dimensi & Teknologi layar1,65 inci, AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Resolusi390 x 312 pixels
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n
Bluetoothv4.0, LE
Tersedia diiBox, Lazada, dan Blibli

Dimana saya bisa membeli Apple Watch ?

Anda bisa membeli Apple Watch dengan berkunjung ke iBox perwakilan Apple untuk Indonesia disekitar tempat anda tinggal. Tapi jika anda ingin membelinya dengan harga diskon atau dengan program cicilan, serta mendapatkan fasilitas pengiriman gratis, maka saya menyarankan anda untuk membeli Apple iWatch melalui beberapa toko online terbesar di Indonesia.

Apakah ada garansi ?

ya Apple Watch dilindungi dengan garansi resmi selama 1 tahun.

Tabel Perbandingan Harga Semua Varian Apple Watch di Blibli & Lazada

Detail SpesfikasiSport 38 mmWatch 38 mmEdition 38 mm
BlibliHarga terendah mulai Rp. 5.042.500Harga terendah mulai Rp. 9.089.000Harga  Rp. 210.000.000
LazadaHarga terendah mulai Rp. 5.019.000Harga terendah mulai Rp. 8.769.000Belum tersedia

 

Detail SpesfikasiSport 42 mmWatch 42 mmEdition 42 mm
BlibliHarga terendah mulai Rp. 4.899.000Harga terendah mulai Rp. 9.299.000Harga Rp. 246.000.000
LazadaHarga terendah mulai Rp. 5.450.000Harga terendah mulai Rp. 9.879.000Belum tersedia

Note: Saya melakukan perbandingan harga menggunakan fasilitas quick search, yang tersedia pada masing-masing toko online tersebut. Informasi harga Apple Watch di ambil pada Sabtu, 17/09/2016. Harga sewaktu-waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Anda membutuhkan pilihan jam tangan pintar lainnya ?

Bagi anda yang mungkin membutuhkan jam tangan pintar kelas middle end berkualitas, dengan harga yang lumayan terjangkau alias murah. Maka saya menjadikan Asus Zenwatch SWI500Q sebagai salah satu produk yang paling direkomendasikan untuk anda.

Spesifikasi Zenwatch

Desain

Dari segi bentuk, sekilas ASUS Zenwatch SWI500Q sedikit mirip dengan Apple Watch. Hanya saja setelah dilihat lebih dekat, Zenwatch memiliki ukuran yang lebih besar dengan bobot yang juga lebih berat.  Zenwatch memiliki total dimensi 51 x 39.9 x 7.9 ~ 9.4 mm (LxWxH) dengan berat body 75 gram.

ASUS tidak menambahkan tombol pada sisi samping kanan dan kiri seperti yang dilakukan oleh Apple Watch. Asus mencoba menghadirkan kesan simple dan elegan, melalui perpaduan warna rose gold yang disisipkan diantara dua lapisan stainless steel.

Display

ASUS Zenwatch SWI500Q didukung dengan layar berteknologi AMOLED berukuran 1,63 inci. Jam tangan pintar Asus ini mampu menampilkan gambar beresolusi 320 x 320 pixel dengan tingkat kerapatan mencapai 278 ppi dengan baik.

Layar jam tangan pintar ASUS dipastikan tahan terhadap gesekan dan benturan halus. Kaca jam tangan ASUS Zenwatch  SWI500Q ini sudah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 3.

Performa

Asus Zenwacth SWI500Q didukung dengan processor Qualcomm Snapdragon 400 dengan clock speed 1,2 GHz. Sementara dibagian RAM, Zenwatch dilengkapi dengan RAM 512 MB.

Fitur

Selain dapat menampilkan waktu secara akurat sama seperti jam tangan pada umumnya, Asus Zenwatch juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, seperti Find My Phone, Cover to Mute, dan Unlock My Phone.

Zentwatch SWI500Q juga dapat digunakan sebagai alat pemantau kesehatan, seperti memantau detak jantung, menghitung langkah kaki, dan mengetahui berapa banyak jumlah kalori yang terbakar.

Sistem operasi

Asus Zenwatch SWI500Q menggunakan sistem operasi Android Wear, yaitu sistem khusus yang dirancang oleh Google untuk semua wearable device atau perangkat canggih yang bisa dipakai di tubuh.

Foto Produk dan Table Spesifikasi ASUS Zenwatch

Foto Produk Asus Zenwatch SWI500Q
Foto Produk Asus Zenwatch SWI500Q
Detail SpesfikasiWatch Sport
CPUQualcomm Snapdragon 400 1.2GHz
OSAndroid Wear
Memori4 GB
BateraiPolymer 1.4Wh
BodyStainless Steel
ProteksiCorning Gorilla Glass 3
Dimensi & Teknologi layarAMOLED 1,63 inci, 320×320, piksel, 278 ppi Touch Display
Resolusi320 x 320 pixels
Bluetoothv4.0, LE
Tersedia diLazada mulai Rp.1.985.000

Kesimpulan

Setelah menyelesaikan membaca Apple Watch review dalam postingan ini, saya yakin sekarang anda sudah mengetahui semua varian atau model Apple Watch dan perkiraan harganya.  Setelah anda menerima gaji nanti, anda tidak lagi bingung dalam menentukan model Apple Watch yang mana yang harus anda beli, yang sesuai dengan budget dan kebutuhan anda. Sukses selalu untuk karir anda.

Referensi lain : Samsung Galaxy S3 Mini Review Harga dan Spesifikasi


Loading...

Bagikan

Avatar

Penulis

Halo, salam kenal dari saya untuk seluruh pembaca Klik Mania.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *