Tekno

ArcaBoard, Teknologi Papan Terbang Futuristik Pertama di Dunia

ArcaBoard – Bicara tentang papan terbang, mungkin sekilas kita akan terbawa ke dongeng Aladdin yang dalam ceritanya dapat mengendarai karpet terbang. Memang mustahil sebuah karpet dapat terbang di udara tanpa bantuan mesin apapun. Ada pula film berjudul Back To The Future atau Silver Surfer yang memunculkan papan terbang berwarna pink yang dikendarai oleh pemeran utama Marty McFly dayang ke tahun 2015. Adanya film tersebut membuat papan terbang menjadi salah satu teknologi modern paling dinantikan kehadirannya.

Dengan adanya kemajuan teknologi yang semakin canggih ini seolah segala kemustahilan yang terjadi di dunia nyata dapat ditangkis dengan mudahnya. Bukti nyatanya adalah dengan munculnya teknologi baru bernama ArcaBoard. Yaitu sebuah papan terbang pertama di dunia.

Meskipun tidak dapat terbang setinggi karpet Aladdin dan terbang hingga berpuluh-puluh kilometer, tetapi adanya papan terbang futuristik ini dapat membuktikan bahwa dengan ilmu, dunia dapat menyatakan segala kemustahilan.

ArcaBoard Rancangan Arca Space Corporation

ArcaBoard merupakan papan terbang hasil rancangan dari Arca Space Corporation, Las Cruces, New Mexico. Papan ini memiliki ukuran panjang 57 inci, lebar 30 inci dengan ketebalan 6 inci, dan memiliki berat 81 kilogram. Selain itu, kemampuannya yang dapat melayang beberapa inci dari atas permukaan tanah adalah dengan adanya bantuan dari 36 baling-baling listrik tinggi. Yang mempu mendorong keatas massa dan memikul beban sebesar 430 pon atau sekitar 195 kilogram.

Spesifikasi ArcaBoard
Spesifikasi ArcaBoard (1) via http://www.arcaspace.com

ArcaBoard dapat melayang di udara selama 6 menit. Meskipun bisa dikatakan sebentar, tetapi papan terbang ini dapat menghasilkan daya seperti 272 daya kuda yang dengan kecepatan 20 kilometer per jam. Dengan fitur unit stabilisasi yang dimilikinya. Pengguna dapat dengan mudah menjaga keseimbangan agar tetap stabil dengan mengontrol dan menavigasi papan terbang futuristik ini melalui smartphonenya.

Untuk menjalankan papan terbang ini cukup mudah, pengguna cukup mendorong atau bersandar ke depan untuk membuat papan terbang ini bergerak ke depan. Dan sebaliknya untuk menggerakkan papan terbang ini ke belakang atau memberhentikannya, maka pengguna dapat mendorong diri atau bersandar ke belakang. Begitu pula apabila pengguna ingin menggerakkannya ke arah kanan ataupun kiri, pengguna dapat mencondongkan badan ke bagian tersebut.

Spesifikasi ArcaBoard
Spesifikasi ArcaBoard (2) via http://www.hardwarezone.com.sg

Namun untuk mendapatkan papan terbang ini, anda harus bersedia merogoh kantong cukup dalam. Papan terbang rancangan Arca Space Corporation ini dibanderol dengan harga yang tidak murah yaitu sebesar 20 ribu dollar atau setara dengan 263 juta rupiah.

ArcaBoard Masih Dalam Pengembangan

Saat ini papan terbang futuristik ini masih dalam pengembangan dan masih prototype sehingga tampilannya pun masih seperti box kotak besar biasa saja. Meskipun papan terbang ini masih terlihat begitu sederhana dan terlihat seperti hanya fantasi belaka. Tetapi bahan pembuat ArcaBoard yang komposisinya dari aerospace-grade membuat papan ini benar-benar menjadi nyata.

Loading...

Dumitru Popescu yang merupakan CEO dari Arca Space Corporation dalam salah satu video promosi ArcaBoard mengungkapkan. Bahwa ia berharap untuk dapat menciptakan produk yang dirancang secara massal dan segera memasarkannya secara bebas.

Lihat video : The Making of ArcaBoard

Demikian sepercik informasi tentang papan terbang ArcaBoard yang dapat penulis sampaikan. Harapannya agar ArcaBoard dapat terbang di udara lebih tinggi dan lebih lama lagi. Dengan begitu akan mengubah transportasi dunia dengan papan terbang yang lebih modern daripada transportasi roda yang saat ini manusia gunakan untuk bepergian.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

"Menulislah, karena tanpa menulis engkau akan hilang dari pusaran sejarah." -Pramoedya Ananta Toer- Email: [email protected] IG: @arifa_nida

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button