Kode Lensa Kamera Sony

Arti Kode Lensa Kamera Sony, Panduan Sebelum Beli Lensa Tambahan

Arti Kode Lensa Kamera Sony – Kamera Sony termasuk kamera terbaik bagi anda yang hoby dengan fotografi. Dari banyaknya seri kamera Sony hasilnya selalu membuat takjub. Bahkan untuk smartphone high-end level sering menyematkan kamera Sony sebagai kameranya.

Oleh karena banyak ragamnya, setiap lensa kamera Sony memiliki kode tersendiri. Kode lensa kamera Sony ini harus diperhatikan sebelum Anda membeli agar bisa sesuai dengan kebutuhan. Bagi para pemula mungkin banyak belum tahu akan hal ini.

Bagi Anda yang masih bingung untuk memilih lensa kamera Sony maka bisa melihat informasi tentang kode lensa kamera Sony di artikel ini. Namun sebelumnya akan dibahas terlebih dahulu mengenai kelebihan dari kamera Sony.

Kelebihan Kamera Sony

Sebelum membahas mengenai kode lensanya ada baiknya untuk mengenal dulu apa saja kelebihan dari kamera Sony. Kenapa merk kamera Sony dipilih menjadi yang terbaik? Lihat pembahasannya dibawah ini.

Baca juga :Ini Dia 15 Genre Fotografi yang Wajib Kamu Ketahui

Kualitas Rekaman Videonya Selalu Diperbaiki

Meski kualitas dari rekaman videonya biasanya sudah bagus tapi Sony tidak berpuas diri. Mereka masih sering melakukan perbaikan pada berbagai kamera baru yang diluncurkannya. Termasuk dalam hal kualitas rekaman video.

Contoh kamera Sony dengan fitur rekaman video yang sangat bagus adalah Sony A6000. Namun karena baru bisa merekam video dengan format full HD 1080p makanya Sony memperbarui kamera selanjutnya hingga bisa merekam video dengan kualitas 4K.

Fitur Autofocus Selalu Ditingkatkan
Autofocus Kamera Sony
Via youtube.com

Fitur autofocus dari kamera Sony sudah termasuk yang sangat baik. Sebelumnya kecepatan fokus paling baik ada pada kamera Sony A6000 yaitu selama 0,06 detik. Namun akhirnya diperbaharui menjadi 0,05 detik kepada Sony A6300 yang diluncurkan setelahnya.

Loading...

Selain itu kemampuan autofocusnya mencapai 425 titik fokus. Dengan jumlah titik fokus yang banyak, apapun benda yang bergerak cepat bisa Anda dapatkan gambarnya dengan mudah. Meski Anda mengambil gambar yang ada di dalam ruangan, kualitas gambarnya tetap tajam.

Punya Fungsi Viewfinder yang Baik

Anda bisa menginstal aplikasi Playmemories di kamera Sony supaya bisa mengedit foto dengan lebih mudah. Mirip dengan mengedit foto di sebuah smartphone.

Selain itu kamera Sony milik Anda dapat dikendalikan oleh smartphone Anda yang dijadikan sebagai sebuah remote.

Tanpa Lensa Tambahan Hasil Fotonya Keren

Beberapa kamera kurang bagus dalam mengambil gambar sehingga harus ditambahkan dengan lensa tambahan. Jika Anda ingin menggunakannya bisa juga karena ada banyak lensa untuk kamera Sony.

Namun jika tidak menggunakannya juga bisa karena hasil fotonya sudah bagus. Anda hanya perlu melakukan pengaturan.

Misalnya jika Anda ingin memperpanjang jangkauan dari lensa standarnya maka hanya perlu menggunakan fitur digital zoom, dan clear image zoom.

Fitur clear image zoom dapat membuat hasil gambar memiliki ketajaman yang optimal.

Desain Bodi Tangguh

Bentuk dari kamera Sony dibuat dengan praktis tapi tidak mudah rusak. Oleh karena itu sangat cocok dipilih sebagai kamera pilihan jika Anda sering membawanya bepergian ke mana saja.

Itulah dia beberapa kelebihan dari kamera Sony.

Kode Lensa Kamera Sony yang Harus Diketahui

Sekarang saatnya untuk mengetahui kode lensa kamera Sony. Perhatikan kode ini sebelum Anda membelinya untuk membuat hasil foto dari kamera Sony idaman menjadi lebih baik. Penamaan kode lensa dibagi berdasarkan dua hal. Yaitu mengenai teknologi dan kelasnya, lalu berdasarkan tipe lensanya.

Meski kualitasnya sudah sangat baik tapi akan lebih baik lagi jika kamera Sony Anda menggunakan lensa tambahan. Langsung saja ini dia pembahasan mengenai kode-kodenya.

Berdasarkan Teknologi dan Kelasnya

Apabila Anda memperhatikan, lensa dari kamera Canon memiliki seri tersendiri. Misalnya L series yang ditandai dengan adanya gelang merah. Kamera Sony juga memiliki kode serupa dengan menggunakan satu sampai tiga huruf.

Langsung saja berikut ini daftar kodenya.

  • T*

Apabila Anda menemukan kamera Sony dengan kode lensa seperti ini maka artinya, lensanya menggunakan coating khusus. Yaitu coating khusus dari Zeiss. Tujuan penggunaan coating ini adalah agar lensanya bisa menangkal adanya ghostting dan flare ketika memotret.

  • PZ

Maksud dari kode ini adalah Power Zoom. Dengan adanya kode ini menandakan bahwa lensa kamera Sony dapat di zoom in dan zoom out langsung lewat kameranya. Oleh karena ini proses zooming akan menjadi lebih halus. Begitu juga hasil gambarnya, apalagi jika digunakan untuk merekam video.

  • ED

Merupakan singkatan dari Extra Low Dispersion. Maksudnya adalah kamera memiliki elemen ED, yaitu elemen yang mampu mengatasi lensa yang memiliki kelemahan dalam hal abrasi kromatik.

Selain itu ada Super ED, artinya kamera Sony ini memiliki elemen lensa ED yang lebih baik dalam menangkal kelemahannya tersebut.

  • OSS

Merupakan singkatan dari Optical Steady Shot. Optical Steady Shot adalah sebuah penamaan kepada kamera yang memiliki kemampuan dalam stabilitasi getaran. Dengan adanya OSS maka lensa lebih mampu untuk menggunakan shutter speed dalam kecepatan rendah. Dengan demikian hasil foto tidak akan blur atau tetap tajam.

  • SAM

Kode lensa kamera Sony ini artinya adalah Smoot Autofocus Motor. Dengan dengan kode ini memberitahukan bahwa lensanya memiliki motor fokus yang lebih tegas dan halus.

  • SSM

Artinya adalah Super Sonic Motor. Akan diberikan kepada kamera Sony yang memiliki lensa dengan motor fokus ultrasonik terbaik atau sangat berkualitas.  Jika Anda menemukan kamera Sony dengan kode ini maka artinya lensa kamera tersebut memiliki kecepatan fokus yang luar biasa.

  • ZA

Kode lensa kamera Sony ini menandakan bahwa kamera tersebut merupakan seri hasil dari kerjasama Sony dan Zeiss. Hasil lensa kameranya berkualitas tinggi dan sangat tajam.

  • G

Artinya adalah Gold Series. Kamera Sony dengan kode ini menandakan kamera tersebut memiliki lensa terbaik atau high class. Ketajaman foto dari kamera Sony berlensa gold series sangat luar biasa. Makanya harganya sangat mahal.

  • GM

Kode lensa kamera Sony ini artinya adalah Gold Master. Merupakan kode lensa untuk kamera Sony paling baru ,yaitu sejak tahun 2016. Memang ada di bawah Gold Series tapi termasuk seri kamera Sony yang paling canggih.

Kamera ini khusus dibuat untuk para fotografer profesional. Ketajaman dari lensa ini sangat baik apalagi jika digunakan dengan kamera yang memiliki resolusi tinggi.

Berdasarkan Tipe Lensa

Dengan mengetahui kode lensa kamera Sony ini Anda bisa tahu jenis lensa apa yang cocok untuk kamera APS C atau full frame Sony.

APS C dan Full Frame dibedakan berdasarkan ukuran sensor yang dimilikinya. Ukuran sensor ini akan memberikan efek yang berbeda pada crop faktor lensanya.

Lensa Kamera Sony APS C
Via pinterest.com

Langsung saja ini dia kode-kodenya.

  • DT

Kependekan dari Digital Technology. Lensa kamera dengan kode ini berarti dibuat dengan desain yang sesuai dengan APS C atau crop sensor.

  • SEL

Kode ini hanya digunakan untuk kamera Sony jenis E-Mounth atau mirrorless. Ada untuk tipe kamera full frame maupun APS C. Biasanya kode SEL ini digabungkan dengan ukuran lensanya misalnya pada Sony E 55-210mm ditulis sebagai SEL55210.

  • SAL

Artinya adalah Sony Autofocus Lens atau Sony Alpha Lens. Lensa yang penamaannya menggunakan kode ini juga biasanya khusus digunakan pada kamera  berjenis A-Mount.

  • E

Kode lensa kamera Sony ini khusus untuk kamera yang mempunyai sensor tipe APS C. Diameter lensa dengan kode E bentuknya kecil karena ukuran sensornya juga kecil. Dengan demikian harga lensa dengan kode E terbilang murah.

  • FE

Adalah kode untuk lensa kamera Sony full frame. Harganya lebih mahal karena kebalikan dari lensa E. Diameternya pun lebih besar.

Tips Sebelum Beli Lensa Kamera

Selain perlu mengetahui kode lensa kamera Sony, sebelum mulai beli lensa, Anda harus mempersiapkan dan mempertimbangkan hal lainnya. Apa saja? Ini dia tips yang bisa coba Anda lakukan.

1. Perhatikan Budget

Ini adalah hal lumrah yang harus diperhatikan sebelum membeli sesuatu. Tentu saja harus membeli lensa yang sesuai dengan budget. Dengan mengetahuinya maka Anda dapat menetapkan batasan harga termurah sampai termahal yang mampu dibeli.

Untuk mendapatkan yang sesuai buat dulu daftar lensa-lensa pada harga yang sesuai budget Anda.

Misalnya, jika Anda punya budget 5 juta rupiah maka buat daftar lensa dengan harga kurang atau sampai 5 juta saja. Lensa yang lebih mahal singkirkan dulu dari pikiran Anda.

2. Seberapa Butuh Anda Terhadap Lensa Tersebut

Banyak orang yang memutuskan membeli lensa kamera hanya karena ingin mengambil sebuah foto secara mendadak. Misalnya mengambil gambar suasana balapan. Maka memaksakan membeli lensa yang memiliki kemampuan untuk mengambil momen secara cepat.

Padahal sebenarnya hal itu hanya keinginan sementara saja. Jika seperti ini maka lebih baik urungkan niat untuk membelinya karena akan sia-sia. Pikirkan secara matang-matang dulu seberapa penting kamera itu bagi Anda, apakah memang akan selalu digunakan?

3. Sesuaikan dengan Passion

Setiap fotografer pastinya memiliki passion tersendiri. Ada yang suka memotret landscape, foto model, dan lain sebagainya.

Meski ada juga yang tidak memiliki genre tertentu untuk diseriusi. Namun, agar bisa memilih lensa yang lebih spesifik akan lebih baik jika Anda memiliki satu genre fotografi yang dipilih.

Dengan hanya memiliki satu genre fotografi maka Anda hanya perlu memiliki satu buah lensa. Hal ini tentunya akan membantu keuangan Anda supaya lebih terkontrol karena tidak perlu sering membeli lensa yang berbeda-beda.

4. Sesuaikan dengan Ukuran Sensor

Ukuran sensor dari sebuah kamera dinamai dengan APS C dan full frame. Nah, untuk memilih lensa yang akan dibeli harus disesuaikan dengan ukuran sensor ini.

Kenapa seperti ini? Memang sudah ketentuan dari pabrikan bahwa lensa dibuat berdasarkan kepada dua ukuran sensor tersebut.

Perbedaan dari keduanya adalah lensa dengan sensor full frame mempunyai diameter yang besar. Sementara itu lensa dengan sensor APS C lebih kecil.

Apabila lensa yang Anda beli tidak sesuai dengan kamera yang digunakan maka fungsinya justru tidak akan maksimal. Bahkan justru tidak dapat digunakan sama sekali.

5. Pilih Lensa Third Party atau Sesuai Pabrikan Kamera
Lensa Kamera Third Party
Via harga-kamera.com

Lensa third party adalah lensa pihak ketiga yang tidak sama dengan merk kamera Anda. Perbedaan membeli lensa dari third party atau sesuai pabrikan kamera adalah dari segi harganya.

Lensa third party tentunya lebih murah. Beberapa merek kamera third party yang terkenal antara lain Tamron, Tokina, dan Sigma.

Meski memang bisa digunakan untuk kamera Sony Anda tapi kualitasnya tidak sebagus lensa kamera Sony asli. Hal ini karena proses quality controlnya tidak terlalu ketat.

Namun ternyata banyak review bagus mengenai lensa ini. Katanya bisa menyamai kualitas dari lensa pabrikan.

6. Garansi

Sesudah menentukan mana lensa yang akan dipilih maka selanjutnya pastikan bahwa garansinya masih berlaku. Garansi yang paling baik adalah garansi asli dari pihak resmi.

Oleh karena jika menggunakan garansi toko biasanya ujung-ujungnya Anda harus memperbaikinya ke service center resmi. Justru biaya jadi double.

Baca juga6 Kamera yang Sering Digunakan YouTubers Untuk Membuat Vlog

Nah, itulah dia informasi mengenai kode lensa kamera Sony yang harus diperhatikan sebelum membelinya. Jangan sampai salah karena nanti tidak akan sesuai dengan apa yang Anda harapkan.



Loading...


Bagikan

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *