Artikel Tidak Terindex Di Google

Artikel Tidak Terindex Di Google Dan Hilang Dari SERP? Ketahui Penyebabnya

Halo sobat blogger, to the point aja ya. Mengapa artikel tidak terindex di google dan hilang dari daftar SERP? Apa penyebab yang komplex untuk masalah ini? Rasanya kecewa sekali kan, mau mencakar-cakar tembok atau gulung- gulung di depan teras. Yah terserah anda mau mengekpresikan kekesalan dalam versi apa, itu gaya anda masing masing.

Tapi sebelumnya saya akan menjelaskan terlebih dahulu perbedaan artikel tidak terindex google dan artikel tidak ditemukan, banyak yang salah kaprah mengenai hal ini. Dan ini sedikit penjelasan singkatnya (termasuk artikel deindex)

Artikel Tidak Terindex (hilang dari SERP)

Artikel ini secara nyata masih ada dalam posting di blog anda, dan anda juga bisa membuka secara langsung di dalam posting anda sendiri. Tetapi artikel ini tidak dapat muncul di halaman google atau hilang dari SERP, walaupun anda sudah mengacak acak dengan kata kunci yang anda targetkan.

Otomatis juga artikel ini tidak bisa di akses pengunjung yang datang dari search engine google. Biasanya artikel tidak terindex atau hilang dari SERP hanya sebagian saja, tidak semuanya.

Artikel Deindex

Kalau sudah status deindex, berarti total semua artikel tidak ada satupun yang bisa tampil dihalaman pencarian google. Biasanya blog yang terkena masalah deindex adalah blog yang menyalahi semua ketentuan webmaster, menerapkan optimasi yang berlebih dan menggunakan tehnik blackhat SEO. Sehingga terkena hukuman pinalty oleh google.

Artikel Tidak Ditemukan (page not found 404)

Artikel ini hilang karena di sebabkan oleh broken link, hasil redirect yang tidak benar atau kesalahan admin yang tidak sengaja menghapus link aktif dari duplikat konten, komentar, atau hasil pengeditan yang salah.

Loading...

Biasanya akan muncul pemberitahuan “page not found 404” jika anda kebetulan membuka link tersebut. Untuk jenis artikel ini sebagian bisa di perbaiki sehingga tidak menampilkan pesan eror lagi.

Nah sekarang yang kita bahas adalah penyebab artikel tidak terindex di google, apa permasalahannya sehingga artikel yang sudah kita tulis susah payah tidak muncul di halaman pencarian google.

Padahal awalnya artikel ini sudah muncul di halaman google dan menempati posisi terbaik. Seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.

artikel tidak terindex google
Gambar dari dokumentasi pribadi

Keterangan

Artikel awalnya terindex dengan baik dan berjumlah 276 (nomor1), tetapi tiba- tiba jadi hilang dari SERP dan tidak terindex lagi dan berkurang menjadi 206 (nomor 2).

Penyebab Artikel Tidak Terindex Dan Hilang Dari SERP

Artikel mempunyai judul yang sama

Ketatnya persaingan dalam membuat artikel dan kategori topik yang di posting secara tidak sengaja ada persamaan judul dalam artikel tersebut, bahkan hampir setiap hari ratusan hingga jutaan artikel dipublikasikan.

Jika artikel anda kalah bersaing, maka posisi artikel bisa turun dari SERP dan merosot jauh dari halaman pencarian dan akhirnya hilang dari SERP dan tidak terindex lagi.

Tips untuk permasalahan ini adalah membuat judul yang unik dalam artikel, variasi dengan longtail keyword atau membuat judul panjang.

Buatlah artikel yang jauh lebih berkualitas agar posisi SERP bisa bertahan dan tidak mudah tergoyahkan. Untuk standar kualitas artikel yang baik adalah minimal 600 kata, jika masih berpedoman dengan 300 kata maka masih terdapat banyak persaingan.

Baca : Mempertahankan SERP Artikel Di Halaman Google

Menerapkan SEO on page yang salah

Untuk lebih meningkatkan SERP kita bisa menerapkan SEO onpage, salah satunya adalah membangun internal link. Yaitu link yang menghubungkan artikel satu dengan artikel lainnya dalam satu blog.

Tapi tidak selamanya internal link itu bermanfaat untuk blog, karena penerapan internal link yang tidak tepat justru akan memperburuk kondisi blog tersebut di mata google.

Baca : Membuat Internal Link Yang Benar Dan Aman

Backlink anda di anggap spam

Jangan anda kira backlink itu selamanya juga bagus untuk blog, saat ini google sudah tidak menganggap backlink sebagai acuan peringkat sebuah blog.

Hanya backlink yang berkualitas yang masih menjadi prioritas dan mengangkat sebuah blog menuju level yang lebih baik.

Kondisi ini akan di perparah jika ternyata backlink yang anda dapat justru di anggap sebagai spam. Lho kok bisa? Temukan jawabanya pada artikel dibawah ini.

Baca :Mencari Backlink Berkualitas Atau Indikasi Para blogger Buat Nyepam?

Mengenai artikel tidak terindex oleh robot.txt

Jika kita menerapkan robot txt untuk memblokir suatu halaman untuk tidak muncul di halaman google, hal ini tidak usah di bicarakan. Karena tugas dari robot txt memang untuk memblokir halaman tertentu agar tidak terindex di halaman google.

Sitemap blog mengalami masalah/eror/warning

Artikel tidak terindex bisa pula disebakan karena sitemap blog(sitemap.xml) mengalami masalah. Dalam beberapa kasus, hal ini sering dialami oleh blog dengan platform WordPress.

Kebanyakan pada blog WordPress menggunakan sitemap generator seperti yang terintegrasi pada plugin Yoast SEO. Apabila plugin mengalami masalah, maka sitemap generator akan terkena dampaknya, sehingga sitemap tidak di generate dengan sempurna.

Artikel Tidak Terindex Di Google Dan Hilang Dari SERP
Sitemap generator klik mania

Pastikan untuk memeriksa seting pada plugin Yoast, buka XML sitemap.

Klik pada sitemap, apabila hasilnya “page not found”, maka bisa dipastikan bahwa sitemap generatornya bermasalah. Untuk itu harus diperbaiki, Anda bisa lihat caranya dibawah ini

BacaMemperbaiki Sitemap Error 404 Plugin Yoast SEO WordPress Tanpa Instal Ulang

Untuk blog dengan platform blogspot..pastikan juga sitemap blog sudah terpasang dengan baik. Pastikan melakukan pengujian sitemap dan resubmit sitemap di google webmaster.

Baca disiniCara Submit Sitemap Custom Domain Blogger Di Google Webmaster

Nah itulah penyebab artikel tidak terindex dan hilang dari halaman SERP, memang serba susah ya buat artikel jaman sekarang ini.

Selain banyak persaingan antar sesama blog, kegiatan dan aktifitas ngeblog kita selalu dipantau oleh google. Salah sedikit aja bisa digusur.

Yah begitulah namanya kompetisi, siapa yang terbaik dia akan menjadi juara. Semoga bermanfaat.



Loading...


Bagikan

ganisebastian

Penulis

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Komentar

    blog saya aneh, saya submit dan terindex kemudian hilang dari google. saya coba submit lagi dan hilang lagi indexnya di google

    Rosihan Aji

    ( - 12:44)

    Saya mengalami masalah ini. Sampai sekarang belum ketemu masalahnya. Ya Allah…..

    […] dari backlink adalah untuk menaikan SERP (Seacrh Engine Results Page) yang berfungsi agar mudah ditemukan di pencarian google, maka dari itu backlink berkualitas sangat […]

    Safitri

    ( - 03:11)

    ada beberapa artikel saya yang dulu dindeks google akan tetapi saya perikasa sekarang malah tidak terdeteksi lagi padahal postingan belum dihapus. aneh ya..

    Mas, artikel saya perlahan lahan turun … apakah gonta ganti judul artikel yang sudah di publish mempengaruhi penurunan tersebut ? dari halaman 1 google ke halaman 3

    gonta ganti judul karena jenis artikel memang harus diupdate talu untuk permalink gak diotak atik mas, apa bikin artikel baru dengan judul yang hampir sama dan permalink yang beda ? apa cara ganti judul memang sudah tepat ?

    thanks

    Dadang Failed

    ( - 22:46)

    saya kan udah pernah submit sitemap di webmaster, apakah harus submit ulang ketika ada penambahan artikel ?
    tolong di jawab Mas Gani, Terima Kasih.

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 02:40)

      Untuk blog baru, submit URL artikel di webmaster memang disarankan agar artikel cepat terindex.

    Mas kalau blogspot kan ada sitemap.xml untuk di submit… tapi ada sebagian yang tidak terseubmit…giaman tuh mas?

    Cara Manual

    ( - 04:23)

    Punya saya juga ada artikel yang tidak terindeks google, tapi kalau di bing ada, itu kenapa ya?

    Benni

    ( - 04:27)

    Terima kasih atas pencerahannya mas, nambah ilmu lagi mas..

    Tap pulsa

    ( - 01:13)

    mas, klo hasil copas udah diedit hampir setengahnya. apa susah terindex juga ya???

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 01:31)

      Index bukan masalah copas, mau full copas juga bisa terindex…
      Index artikel dengan cepat dengan memasang sitemap blog dengan benar.

    Alam

    ( - 11:50)

    Mas, minta tipsnya, salah satu blog saya, artikelnya kemaren udah bisa bertahan lama di halaman 1 google, tapi udah dua hari ini, banyak artikel saya yang udah ke-indeks hilang, pengunjung makin dikit.

    Saya mau nanya gan, artikel saya kan udah tak submit ke google webmaster, tapi udah 4 hari belum juga muncul di google ketika di cek site:url. Padahal pada artikel sebelumnya tidak demikian. Mohon pencerahannya gan. Terima Kasih.

    andik

    ( - 22:42)

    Mau nanya mas..
    blog saya kok status index hilang ya…??
    padahal 3 minggu yang lalu sudah tersubmit, dan terindex semua..
    apa ganti template pengaruh untuk indexing nya..???
    sementara google verifikasi nya masih nempel….
    terus aku balikin lagi ke template yang aslinya(pertama)..
    tapi masih juga status index ga ada, cuman tersubmit aja..
    bantuannya mas….

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 01:37)

      Cek dulu dengan kode site:URL blog di browser mas, apabila masih belum terindex bisa submit ulang.

        andik

        ( - 14:13)

        oke mas…
        kemarin sudah saya submit ulang..
        dan alhamdullilah, udah terindex semua, sama seperti yang sebelumnya…
        terimaksih mas masukkannnya…
        🙂

    Jojoe

    ( - 03:10)

    Kalau situs unreachable kenapa ya ? saya sudah tunggu berhari hari dan coba manual, kenapa ya ?

    yuda budaya

    ( - 11:48)

    hai mas gani salam kenal
    jadi gini, situs saya kenapa ya waktu cek sitemap selalu pending, sudah 1 bulan malah. tapi untuk semua artikel saya cek semuanya sudah muncul di mesin pencari. apakah itu normal ?

    Yuni

    ( - 08:20)

    Kalau sitemap tidak terindex penyebabnya apa iya bang?

    faiz

    ( - 19:47)

    Misi gan mau nanya ni saya, ta doain semoga kalo dijawab ente dpet pahala dah…
    BLOG pertama saya dulu tuh artikelnya udah 40+ biji, lha trus suatu ketika ane hapus permanen tuh blog pertama (karena masalah teknis), trus ane buat BLOG kedua dengan diisi artikel yang sama persis dengan BLOG pertama yang sudah ane hapus… Pertanyaannya , 1.kenapa artikelnya kog gak muncul sama sekali di index Google padahal udah ane fetch as google kaya dulu. 2. Apakah BOLEH saya mengisi artikel dari BLOG pertama yang sudah saya hapus kedalam BLOG kedua?

    Pou Mod Apk

    ( - 14:34)

    mantap, klau artikel udah terindex namun saih kalah dengan pesaing tipsnya gmana tuh msa

    Pou Mod Apk

    ( - 13:54)

    artikel udah unik, dan fresh tapi ttep tidak bisa mengalahkan pesaing gan, gimana solusinya itu ya?

    getoffplace

    ( - 03:58)

    terima kasih, mungkin punya saya juga kena nih, kemarin ada, eh sekarang ngilang, submit lagi, ada lagi.

    Aziz

    ( - 08:57)

    kalau kasus saya, bikin artikel 300-500 kata original, kemudian saya submit hanya beberapa menit terindex dari keyword yg sy ketik, besoknya saya iseng cek pakai keyword serupa ternyata hilang, ga ada smpai ujung halaman mentok, saya submit ulang terindex lagi tapi besoknya hilang lagi,

    ada yg salah kah? Btw, saya submitnya pakai plugin Google XML mas formatnya seperti ini: namasitus(dot)com/sitemap(dot)xml

    Mojawa

    ( - 21:03)

    mas sama mau tanya kenapa blog saya tb2 artikelnya hilang dan kembali lagi di google dan sekarang hilang lagi itu karena apa??????

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 00:04)

      Hilang bagaimana ya mas 😀
      Kalau hilang dari SERP sementara itu tandanya belum terindex dengan baik, biasanya setelah 3 hari akan normal mas.

    pinjaman uang

    ( - 14:49)

    terima kasih untuk infonya gan

    Daniel

    ( - 00:21)

    Gan, cuma informasi nih. Ane punya blog yang udah ada menduduki page one. Lalu suatu hari ane iseng buka Google Console, dan edit sitemapnya. Trus tiba tiba semua postingan ane hilang semua dari google. :'(

    Sialan >.<
    Kenapa bisa gitu ya?

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 02:57)

      Sitemap adalah pemetaan situs di search engine google, kalau dirubah ya akan hilang dadan tidak terindex lagi di google, walaupun terindex pastinya akan membutuhkan waktu lama.

    ilik

    ( - 19:29)

    gan saya ada keluhan masalah artikel yang tidak terindex oleh google ini,,,,,
    kemaren tepatnya pada tanggal 15 November saya sudah melakukan Sitemaps dan karena sedang proses jadi saya tinggal dan baru sekarang saya cek lagi tapi setelah saya cek kenapa dari 13 artikel hanya 4 artikel yang ke index gan,,,?
    karena saya tidak bisa bahasa inggris saya makin susah memahami tapi yang jelas ada tulisan seperti ini
    Web pages
    13 Submitted
    4 Indexed
    mohon pencerahannya gan,,,,

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 18:52)

      Yang penting URL blog bisa dubuka secara normal mas, untuk masalah index di webmaster memang butuh waktu, tidak sekaligus langsung terindex semua.

    Dyas

    ( - 03:44)

    Mas, sebelum buat artikel kan saya cek di google belum ada yang buat artikel itu, lalu saya buat bahasanya 100% unik. setelah saya posting lalu beberapa jam saya cek pakai kata kunci artikel tadi saya lihat artikel saya sudah ada di halaman satu, tapi keesokan harinya saya cek lagi dengan kata kunci yang saya cari kemarin tapi artikel saya sudah hilang. sudah cek sampai halaman 5 tapi belum ketemu. itu kenapa ya mas ?
    tapi kalau saya searchnya pakai URL artikelnya masih ada.

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 20:38)

      bisa jadi itu efek google honeymoon mas, nantinya juga akan tampil kembali dalam beberpa hari.
      Patikan sebelum cek, log out dari akun google dan clear history browser.

    SONN

    ( - 20:27)

    Mas, seandainya kalau artikel yang sudah ada diedit lagi dengan 2 kali lipat lebih panjang dari artikelnya apa berpengaruh

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 04:14)

      Tidak berpengaruh mas, justru malah lebih bagus,,merubah atau mengedit artikel adalah bentuk tindakan update dan tidak akan merubah Link URL yang sudah terindex.

    firdaus

    ( - 16:20)

    seindex sebabnya kenapa, maaf saya newbie

    dony

    ( - 16:34)

    gak ada penyelesainnya mas? artikel yang sudah terlanjur tidak terindex di google?

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 05:45)

      BIsa saja mas, coba masukkan ke draft dan publish ulang dengan URL yang berbeda.

        dony

        ( - 21:15)

        Saya sudah coba tetap gak bisa mas. Artikel saya itu yang gak ngefek disubmit mulai hari jumat 24 juni.
        sejak itu semua yang saya tulis lalu submit tidak terindex di google.

        Padahal sebelumnya paling lama 5 menit sudah terindex.

        Hari kamis malam, Saya merubah permalink manual, lalu deskripsi penelusuran yang sebelumnya gak saya isi itu saya isi. Saya juga submit link ke bookmarkIndonesia dan jumat pagi saya promosi di facebook yang berbayar, apa yang saya lakukan itu ada pengaruhnya ya?

        terima kasih

          ganisebastian

          ganisebastian

          ( - 00:23)

          Coba cek sitemap yang dikirim ke webmaster..apakah ada bermasalah?
          Jika sitemap bermasalah kemungkinan tidak bisa melakukan submit

            dony

            ( - 04:43)

            sebelumnya saya tidak otak atik sitemap yang ada di web master. dan itu dapat terindex dengan baik. Setelah tidak terindex, lalu saya baca sana sini, saya tambahkan sitemap ke web master seperti ini.

            : /atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=1000
            dan
            /atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

            statusnya pending semua.

            sitemap yang benar bagaimana? tulisan saya sudah hampir 500
            Mksh

              ganisebastian

              ganisebastian

              ( - 10:37)

              Untuk sitemap yang benar cukup satu saja, yaitu sitemap.xml

    FHx

    ( - 22:14)

    owh jadi ternyata itu penyebabnya

    Alfin Auzikri

    ( - 06:40)

    wkwkwkwk ” salah sedikit bisa digusur :v ” . btw mas informasinya sangat bermanfaat sekali. karena akhir – akhir ini banyak yang ngeluh status indexnya turun drastis. apa mungkin google sedang melakukan penggusuran atau update algoritma baru ” SEREM “

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 11:10)

      Yang penting menulis saja mas 😀 Hasil sendiri dan original..itu akan tetap bertahan dari segala perubahan Algoritma 😀

    Master Lowker

    ( - 14:47)

    Terimakasih informasinya. Mungkin blog saya masih terlalu baru jadi nggak keindex.

    Sigit Purnomo

    ( - 12:51)

    Ini yang sering saya alami mas, kadang-kadang artikel saya yang ada di page one menghilang entah kemana.
    saya curiga penyebabnya karena saya hapus backlink rusak atau kesalahan 404, padahal url nya jelas2 beda ada tanda
    “/” dibelakangnya. url yang saya hapus juga yang ada tanda “/” contohnya:
    url error: contoh-com/harga-oppo-r5.html/
    url asli: contoh-com/harga-oppo-r5.html
    Biasanya setelah penghapusan url yang salah tadi dibatalkan + fetch as google artikel akan terindex lagi dan nongkrong di posisi semula. Pertanyaaannya, apa mungkin robotnya google salah baca, padahal saya cek url yang saya hapus benar2 url rusak.

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 13:53)

      Kalau memang awalnya ragu bisa dicek dulu mas sigit, tapi kalau permalink blogspot akhirannya memang tanpa slash, dan hanya .html saja.
      Kalau robot google jelas nggak salah mas, sebab pendeteksiannya berdasarkan hasil yang tidak ditemukan (404). Terkecuali habis seting robot txt yang secara sengaja memblokir indexs laman tertentu.

        Sigit Purnomo

        ( - 15:46)

        Iya permalink blogspot mas, tapi yang saya hapus ada tanda slash dibelakang html soalnya dari situs AGC, saya sudah dua kali mengalami seperti itu. Ada 2 backlink dari situs AGC, setelah url tersebut saya hapus 2 artikel saya yang ada di page one langsung hilang, bahkan saya ketikan url saya di pencarian tidak keluar hasilnya. Solusinya url yang kena AGC terpaksa diredirect 301 , padahal hampir 150 artikel. Dari pada dihapus url nya nanti malah trafik jadi turun.

          ganisebastian

          ganisebastian

          ( - 22:21)

          Wah, 150 artikel..banyak sekali mas. Tapi kok bisa permalink dari blog AGC masuk ke halaman eror webmaster sampeyan? Ya buat pengalaman mas Sigit, salah satu solusinya memang harus diredirect.

          Saya juga banyak menerapkan redirect, bahkan membuat halaman posting baru yang URL-nya di redirect dari halaman yang tidak ditemukan. tapi kalau pakai WordPress nggak begitu repot mas, hanya pasang plugin saja.

            Sigit Purnomo

            ( - 04:22)

            iya mas 150 artikel samapai bosen buat pengalihan. Blog saya ken AGC mas, saya coba cek sumbernya ternyata ga ada link yang menuju blog saya. Tapi setelah saya ctrl U saya menemukan ini link ini.
            link rel=’canonical’ href=’http://blog_saya_blogspot.com/2014/04/aplikasi-fototerbaik.html/’ />
            jadi mungkin itu yg dirayapi sama robot, tapi sekarang blog saya sudah bebas setelah saya tegur yg punya blog AGC, tapi yaitu ada 150 artikel saya yg sudah terlanjur disana.

              ganisebastian

              ganisebastian

              ( - 05:59)

              Wah,,Syukurlah kalau sudah bebas. saya belum pernah mengalami hal serupa mas, jadi tidak bisa membantu dan menjelaskan secara detail. kalau selama ini yang saya gunakan masih dalam redirect saja.

    Kontenxyz

    ( - 15:15)

    terkadang memang berada di posisi teratas .. tapi beberapa waktu kemudian artikel turun ke bawah, bahkan turun dan turun lagi, padahal misal nya saya buat post A di waktu pagi hari (anggap saja yang paling pertama) menyusul blog yang lainya dengan tema yang sama, tapi yang menjengkelkan kita nya yang ketendang! adakah solusi biar bisa naek lagi mas ke posisi atas ?

    Muzaku

    ( - 15:10)

    persaingan untuk memperebutkan posisi teratas di halaman pertama google memang sebuah pertempuran yang tidak bisa di elakan lagi mas .. 😀 harus siap menendang atau di tendang! hehe

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 15:12)

      Betul mas…inilah kompetisi yang sebenarnya 😀 Btw, harus pakai sepatu yang tepat buat menendang 😀

    rudy

    ( - 13:56)

    Kalau pengalaman sy waktu itu lebih dari sebulan tidak terindek dgn kata kunci apapun yg ditargetkan gak keluar di SE, sampai akhirnya kira2 hari ke 35 tiba2 muncul pemberitahuan dari google katanya situs saya belum di submit ke webmaster (padahal waktu itu sudah didaftarkan krn sy sering mengakses webmaster u/ mengecek siapa tahu ada kelainan, sepertinya gara2 gonta ganti template), langsung saya daftarkan ketika itu juga, dan ajaib dalam hitungan menit sdh keindek semua dgn bbrp kata kunci.

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 14:09)

      Bisa jadi mas Rudy sewaktu ganti template kode verifikasi webmaster tidak dipasang lagi 😀

      Salah satu resiko ganti template adalah artikel tidak cepat terindex google apabila kita tidak segera submit sitemap ke searc console (webmaster)

      By the way, thanks buat sharingnya mas Rudy : D

    hasna

    ( - 08:11)

    saya pernah mengalami itu mas. kalau tidak salah menurut google saya melakukan spam atau plagiat. kemudian ada digoogle webmaster ada muncul kotak untuk mempertimbangkan ulang (reconsider) dan saya mengisi kotak itu. intinya, saya bilang bahwa blog saya itu bukan plagiat karena sudah menulis sumber dan menggunakan tehnik penulisan ulang. juga permasalahan spamming karena saya tidak merasa melakukan spam. setelah mengirim reconsider kira2 3 minggu sudah ada balasan dari google bahwa reconsider diterima dan blog saya kembali di Google Search. demikian kisah saya. 🙂

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 08:50)

      Wah, makasih pengalamannya Mbak hasna, jadi menambah deretan penyebab artikel tidak ditemukan di pencarian google.

    Bima saputra

    Bima saputra

    ( - 00:45)

    Kalok artikel saya gk pernah muncul di SE , padahal gk pernh nyepam ataupun judula artikel sama

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 00:59)

      Coba di cek dulu mas Bima, caranya mudah..tinggal ketikkan site:url blog

      Dihalaman google, jika muncul berarti terindex dengan benar, hanya posisi SERP nya mungkin belum bagus 😀

        om

        ( - 11:18)

        site: url blog, sama sekali tidak terindek mas, kenapa ya?

          ganisebastian

          ganisebastian

          ( - 12:52)

          Coba submit sitemap blog terlebih dahulu URL blog/sitemap.xml
          Dan cek setelah 24 jam.

    Sangat bermanfaat informasinya Mas Gani…
    Sekarang ini saya sendiri harus benar-benar membuat artikel yang unik demi persaingan di luar sana yang semakin sulit untuk terindex…
    Namun dikarenakan saya masih pemula untuk sementara ini hanya eksis pada update artikel…
    Dan ternyata blogwalking juga sangat bermanfaat, karena akan terdapat banyak sekali informasi yang bisa didapat dengan cara gratis…
    Salah satunya adalah dengan membaca blog-nya Mas Gani klikmania.net dengan judul artikel tidak terindex 😀

      ganisebastian

      ganisebastian

      ( - 12:30)

      Makasih mas dedy, semua berangkat dari newbie. Termasuk saya juga terus belajar, memang banyak persaingan yang ketat diluar sana, pandai pandai aja membikin artikel yang unik dan fresh. Walaupun ini termasuk artikel yang lumayan agak tua,,, 😀 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *