Optimasi Blog

Artikel Tidak Terindex Di Google Dan Hilang Dari SERP? Ketahui Penyebabnya

Halo sobat blogger, to the point aja ya. Mengapa artikel tidak terindex di google dan hilang dari daftar SERP? Apa penyebab yang komplex untuk masalah ini? Rasanya kecewa sekali kan, mau mencakar-cakar tembok atau gulung- gulung di depan teras. Yah terserah anda mau mengekpresikan kekesalan dalam versi apa, itu gaya anda masing masing.

Tapi sebelumnya saya akan menjelaskan terlebih dahulu perbedaan artikel tidak terindex google dan artikel tidak ditemukan, banyak yang salah kaprah mengenai hal ini. Dan ini sedikit penjelasan singkatnya (termasuk artikel deindex)

Artikel Tidak Terindex (hilang dari SERP)

Artikel ini secara nyata masih ada dalam posting di blog anda, dan anda juga bisa membuka secara langsung di dalam posting anda sendiri. Tetapi artikel ini tidak dapat muncul di halaman google atau hilang dari SERP, walaupun anda sudah mengacak acak dengan kata kunci yang anda targetkan.

Otomatis juga artikel ini tidak bisa di akses pengunjung yang datang dari search engine google. Biasanya artikel tidak terindex atau hilang dari SERP hanya sebagian saja, tidak semuanya.

Artikel Deindex

Kalau sudah status deindex, berarti total semua artikel tidak ada satupun yang bisa tampil dihalaman pencarian google. Biasanya blog yang terkena masalah deindex adalah blog yang menyalahi semua ketentuan webmaster, menerapkan optimasi yang berlebih dan menggunakan tehnik blackhat SEO. Sehingga terkena hukuman pinalty oleh google.

Artikel Tidak Ditemukan (page not found 404)

Artikel ini hilang karena di sebabkan oleh broken link, hasil redirect yang tidak benar atau kesalahan admin yang tidak sengaja menghapus link aktif dari duplikat konten, komentar, atau hasil pengeditan yang salah.

Loading...

Biasanya akan muncul pemberitahuan “page not found 404” jika anda kebetulan membuka link tersebut. Untuk jenis artikel ini sebagian bisa di perbaiki sehingga tidak menampilkan pesan eror lagi.

Nah sekarang yang kita bahas adalah penyebab artikel tidak terindex di google, apa permasalahannya sehingga artikel yang sudah kita tulis susah payah tidak muncul di halaman pencarian google.

Padahal awalnya artikel ini sudah muncul di halaman google dan menempati posisi terbaik. Seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.

artikel tidak terindex google
Gambar dari dokumentasi pribadi

Keterangan

Artikel awalnya terindex dengan baik dan berjumlah 276 (nomor1), tetapi tiba- tiba jadi hilang dari SERP dan tidak terindex lagi dan berkurang menjadi 206 (nomor 2).

Penyebab Artikel Tidak Terindex Dan Hilang Dari SERP

Artikel mempunyai judul yang sama

Ketatnya persaingan dalam membuat artikel dan kategori topik yang di posting secara tidak sengaja ada persamaan judul dalam artikel tersebut, bahkan hampir setiap hari ratusan hingga jutaan artikel dipublikasikan.

Jika artikel anda kalah bersaing, maka posisi artikel bisa turun dari SERP dan merosot jauh dari halaman pencarian dan akhirnya hilang dari SERP dan tidak terindex lagi.

Tips untuk permasalahan ini adalah membuat judul yang unik dalam artikel, variasi dengan longtail keyword atau membuat judul panjang.

Buatlah artikel yang jauh lebih berkualitas agar posisi SERP bisa bertahan dan tidak mudah tergoyahkan. Untuk standar kualitas artikel yang baik adalah minimal 600 kata, jika masih berpedoman dengan 300 kata maka masih terdapat banyak persaingan.

Baca : Mempertahankan SERP Artikel Di Halaman Google

Menerapkan SEO on page yang salah

Untuk lebih meningkatkan SERP kita bisa menerapkan SEO onpage, salah satunya adalah membangun internal link. Yaitu link yang menghubungkan artikel satu dengan artikel lainnya dalam satu blog.

Tapi tidak selamanya internal link itu bermanfaat untuk blog, karena penerapan internal link yang tidak tepat justru akan memperburuk kondisi blog tersebut di mata google.

Baca : Membuat Internal Link Yang Benar Dan Aman

Backlink anda di anggap spam

Jangan anda kira backlink itu selamanya juga bagus untuk blog, saat ini google sudah tidak menganggap backlink sebagai acuan peringkat sebuah blog.

Hanya backlink yang berkualitas yang masih menjadi prioritas dan mengangkat sebuah blog menuju level yang lebih baik.

Kondisi ini akan di perparah jika ternyata backlink yang anda dapat justru di anggap sebagai spam. Lho kok bisa? Temukan jawabanya pada artikel dibawah ini.

Baca :Mencari Backlink Berkualitas Atau Indikasi Para blogger Buat Nyepam?

Mengenai artikel tidak terindex oleh robot.txt

Jika kita menerapkan robot txt untuk memblokir suatu halaman untuk tidak muncul di halaman google, hal ini tidak usah di bicarakan. Karena tugas dari robot txt memang untuk memblokir halaman tertentu agar tidak terindex di halaman google.

Sitemap blog mengalami masalah/eror/warning

Artikel tidak terindex bisa pula disebakan karena sitemap blog(sitemap.xml) mengalami masalah. Dalam beberapa kasus, hal ini sering dialami oleh blog dengan platform WordPress.

Kebanyakan pada blog WordPress menggunakan sitemap generator seperti yang terintegrasi pada plugin Yoast SEO. Apabila plugin mengalami masalah, maka sitemap generator akan terkena dampaknya, sehingga sitemap tidak di generate dengan sempurna.

Artikel Tidak Terindex Di Google Dan Hilang Dari SERP
Sitemap generator klik mania

Pastikan untuk memeriksa seting pada plugin Yoast, buka XML sitemap.

Klik pada sitemap, apabila hasilnya “page not found”, maka bisa dipastikan bahwa sitemap generatornya bermasalah. Untuk itu harus diperbaiki, Anda bisa lihat caranya dibawah ini

BacaMemperbaiki Sitemap Error 404 Plugin Yoast SEO WordPress Tanpa Instal Ulang

Untuk blog dengan platform blogspot..pastikan juga sitemap blog sudah terpasang dengan baik. Pastikan melakukan pengujian sitemap dan resubmit sitemap di google webmaster.

Baca disiniCara Submit Sitemap Custom Domain Blogger Di Google Webmaster

Nah itulah penyebab artikel tidak terindex dan hilang dari halaman SERP, memang serba susah ya buat artikel jaman sekarang ini.

Selain banyak persaingan antar sesama blog, kegiatan dan aktifitas ngeblog kita selalu dipantau oleh google. Salah sedikit aja bisa digusur.

Yah begitulah namanya kompetisi, siapa yang terbaik dia akan menjadi juara. Semoga bermanfaat.



Loading...

Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

75 Comments

  1. website saya sudah terikdeks di webmaster, tapi setelah pengecekan di google pakai allintitle tetap saja tidak muncul di google…padahal sudah terindeks di webmaster…mohon dicarikan solusi yang tepat master…makasih

  2. Saya mengalami hal yang sama.. kayaknya deindex, tapi anehnya ketika di cek di console nya.. google bilang artikel gue sudah terindex tapi ketika saya cek manual tidak ditemukan.. bahkan di semua halaman google dengan kata kunci yang sama persis

  3. Beberapa artikel saya juga mengalami deindex oleh Google. Tapi sampai sekarang tidak tahu penyebabnya.

  4. blog saya aneh, saya submit dan terindex kemudian hilang dari google. saya coba submit lagi dan hilang lagi indexnya di google

  5. ada beberapa artikel saya yang dulu dindeks google akan tetapi saya perikasa sekarang malah tidak terdeteksi lagi padahal postingan belum dihapus. aneh ya..

  6. Mas, artikel saya perlahan lahan turun … apakah gonta ganti judul artikel yang sudah di publish mempengaruhi penurunan tersebut ? dari halaman 1 google ke halaman 3

    gonta ganti judul karena jenis artikel memang harus diupdate talu untuk permalink gak diotak atik mas, apa bikin artikel baru dengan judul yang hampir sama dan permalink yang beda ? apa cara ganti judul memang sudah tepat ?

    thanks

  7. saya kan udah pernah submit sitemap di webmaster, apakah harus submit ulang ketika ada penambahan artikel ?
    tolong di jawab Mas Gani, Terima Kasih.

    1. Index bukan masalah copas, mau full copas juga bisa terindex…
      Index artikel dengan cepat dengan memasang sitemap blog dengan benar.

  8. Mas, minta tipsnya, salah satu blog saya, artikelnya kemaren udah bisa bertahan lama di halaman 1 google, tapi udah dua hari ini, banyak artikel saya yang udah ke-indeks hilang, pengunjung makin dikit.

  9. Saya mau nanya gan, artikel saya kan udah tak submit ke google webmaster, tapi udah 4 hari belum juga muncul di google ketika di cek site:url. Padahal pada artikel sebelumnya tidak demikian. Mohon pencerahannya gan. Terima Kasih.

  10. Mau nanya mas..
    blog saya kok status index hilang ya…??
    padahal 3 minggu yang lalu sudah tersubmit, dan terindex semua..
    apa ganti template pengaruh untuk indexing nya..???
    sementara google verifikasi nya masih nempel….
    terus aku balikin lagi ke template yang aslinya(pertama)..
    tapi masih juga status index ga ada, cuman tersubmit aja..
    bantuannya mas….

      1. oke mas…
        kemarin sudah saya submit ulang..
        dan alhamdullilah, udah terindex semua, sama seperti yang sebelumnya…
        terimaksih mas masukkannnya…
        🙂