Internet

Bangunan di Benua Asia yang Memiliki Nilai Sejarah Tinggi, Indonesia ada Juga Loh

Bangunan di Benua Asia yang Memiliki Nilai Sejarah Tinggi – Banyak sekali bangunan di dunia ini yang sangat menakjubkan dari segi keindahan, kekuatan, kesucian dan aspek lainnya. Aspek yang membuat bangunan itu terlihat menakjubkan dimata orang yang melihatnya.

Berikut ini beberapa Bangunan di Benua Asia yang memiliki nilai sejarah tinggi yang dapat membuat kita takjub karena keindahan dan kehebatannya :

1. Tembok Besar Cina, Cina

Bangunan di Benua Asia

Rakyat Cina menjulikinya dengan Dinding 10.000 Li(1 Li = 500 meter). Bangunan di Benua Asia yang sangat indah nan kokoh ini berawal dari tembok pertahanan yang dibangun negara Chu di tahun 656 SM, hingga zaman pemerintahan Dinasti Ming, kurang lebih 2700 tahun kemudian.

Tembok Besar Cina membentang sepanjang 6.350 km mulai dari Shanhaiguan di sebelah timur, melewati perbatasan Cina dan Manchuria, hingga Lop Nur, disebelah tenggara daerah otonomi Xianjiang Uygur. Bangunan indah nan kokoh ini patut dikunjungi karena memiliki nilai sejarah yang kuat, keindahannya yang tidak lenyap ditelan zaman, dan juga ketangguhannya yang mampu melindungi Cina pada zaman kekasiaran Cina dimasa lampau.

Takukah kamu bahwa Tembok Besar Cina dapat dilihat dari langit hingga ketinggian 320km diatas permukaan tanah dengan mata telanjang! Asal mengetahui letaknya dengan tepat, tembok ini masih terlihat dari angkasa dengan kokohnya.

2. Candi Borobudur, Indonesia

Bangunan di Benua Asia

Siapa yang tidak tahu candi yang keindahannya diakui oleh Dunia dan dijadikan salah satu keajaiban dunia ini. Para ahli memperkirakan bangunan yang penuh sejarah ini dibangun dengan memakan waktu 30-60 tahun.

Pembangunannya diawali ketika Raja Samaratungga, salah seorang penerus tahta dari Dinasti Syailendra. Sampai sekarang keindahan Candi Borobudur dapat disaksikan oleh banyak Wisatawan domestik maupun manca negara.

Candi ini terletak di Kota Magelang, provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Candi Borobudur termasuk bangunan yang wajib dikunjungi karena bentuk serta susunan bangunan, patung-patung dan ratusan reliefnya mengabadikan ajaran Budha yang begitu indah dipandang mata. Bangunan di Benua Asia yang satu ini memang kebanggaan Negara Indonesia.

3. Menara Petronas, Malaysia

Bangunan di Benua Asia
Sumber : MNmagic Petronas Towers

Menara yang terletak di Kuala Lumpur, Malaysia ini dianggap sebagai sallah satu keajaiban arsitektur dunia. Struktur bangunan yang menggabungkan rangka baja raksasa dan kaca ini mencapai ketinggian 452 meter.

Bangunan ini berdiri kokoh dan sangat indah di pusat kota Kuala Lumpur yang dapat digunakan untuk perkantoran, pusat perbelanjaan dan hiburan. Rancangan bangunan ini didominasi arsitektur Islam dan dipenuhi ornamen serta dekorasi yang kental dengan budaya Malaysia.

Terwujud berkat teknologi dari dunia barta. Tak salah jika Menara Petronas disebut sebagai perpaduan dari dua dunia, barat dan timur. Skybridge atau jembatan yang menghubungkan menara kembar ini menjadi salah satu daya tarik wisata yang sering dikunjungi turis dan digunakan juga untuk atraksi oleh para akrobat di Negara Malaysia.

4. Taj Mahal, India

Bangunan di Benua Asia
Bangunan yang begitu indah ini ternayata punya kisah sedih pada sejarah pembangunannya. Maharaja penguasa India pada tahun 1627-1658, Shah Jahan begitu berduka ketika istinya, Mumtaz Mahal, menutup mata untuk selamanya.

Shah Jahan mengenang mendiang istrinya dengan membangun Taj mahal di tahun 1631. Kata Taj Mahal memiliki arti yang sangat indah, kata “Taj” berati mahkota atau permata. Sedangkan kata “Mahal” berati kerajaan. Jadi Taj Mahal bisa diartikan sebagai mahkota atau permata kerajaan.

Bukan namanya saja yang sangat indah, keindahan arsitektur bangunan dan material yang melapisi bangunan ini disebut sebagai “Air Mata di Wajah Keabadian” oleh sastrawan besar India bernama Rabindranath Tagore. Memang Taj Mahal termasuk salah satu bangunan yang patut kita kunjungi di Benua Asia.

5. Jembatan Akashi-Kaikyo

Bangunan di Benua Asia

Jembatan Akashi Kaikyo adalah jembatan gantung yang menghubungkan kota Kobe dan kota Awaji di Propinsi Hyogo, Jepang. Jembatan ini Juga dikenal sebagai Jembatan Mutiara. Berdasarkan www.japanhoppers.com Jembatan Akashi-Kaikyo terdaftar sebagai jembatan gantung terpanjang di dunia oleh Guinness Book of Records dengan panjang 3.911 meter.

Jembatan ini akan menyala mulai dari matahari terbenam hingga pukul 11 malam pada hari kerja dan dari matahari terbenam sampai pukul 12 malam pada akhir pekan/weekend. Warna dari cahaya yang dipancarkan oleh jembatan ini berubah tergantung pada musim yang sedang berlangsung di Negeri Sakura itu.

Baca juga : Jembatan Layang Kelok 9, Maha Karya Elok Nan Memanjakan Mata

Bayangkan keindahan yang dapat dilihat oleh mata kita saat kita berkunjung kesana. Jembatan Akashi-Kaikyo juga dirancang untuk menahan arus deras, hembusan angin berkecepatan tinggi dan tahan gempa berkekuatan hingga 8,5 skala Ricther loh… WOW!

Nah itulah beberapa bangunan di Benua Asia yang patut dikunjungi menurut tim penulis, bagaimana menurut kamu sekalian?


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close