Tekno

Begini Cara Menggunakan Fitur IGTV di Instagram

Baru-baru ini Instagram memperkenalkan fitur terbarunya, Instagram TV atau IGTV. Melalui Fitur IGTV di Instagram ini, pengguna yang pada mulanya berbagi video maksimal berdurasi satu menit, sekarang bisa lebih lama, yaitu sampai 15 menit.

IGTV tak hanya berfungsi sebagai streaming, tetapi juga menghadirkan fitur rangkaian video sepanjang 15 detik sampai 10 menit bahkan sampai 15 menit.

Bahkan, konten creator yang sudah terpilih atau yang sudah diakui oleh Instagram bisa mendapat kesempatan untuk upload video sampai dengan durasi satu jam.

Para pengguna Instagram juga bisa memilih dan melihat video dari pembuat konten favorit mereka yang sudah ditayangkan di IGTV.

Baca jugaSekarang Instagram Punya Fitur Repost ke Stories, Sudah Coba?

Tips dan Cara Menggunakan Fitur IGTV di Instagram

Dalam fitur IGTV, memungkinkan para pembuat konten untuk mengupload video mereka langsung ke Instagram. Fitur terbaru IGTV dari Instagram ini diluncurkan untuk menyaingi keberadaan situs streaming terbesar di dunia, yaitu YouTube.

1. Update aplikasi Instagram

Apabila tertarik menggunakan fitur IGTV di Instagram, silahkan update terlebih dulu aplikasi Instagram, baik dari iOS maupun Play Store Setelah itu akan muncul sebuah ikon televisi pada kanan atas halaman depan akun di samping ikon pesawat kertas.

Klik pada ikon tersebut, setelah itu buat channel milik Anda sendiri apabila ingin upload video. Tetapi, Anda harus merekam video terlebih dulu sebelum upload ke channel.

Loading...

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa upload video-video yang sebelumnya tersimpan di smartphone. fitur IGTV di Instagram ini cocok sekali buat Anda yang akan lebih leluasa mengekspresikan konten video tanpa harus terburu-buru.

2. Instal Aplikasi IGTV

Menggunakan Fitur IGTV di Instagram
Source : App Store

IGTV tak hanya hadir dalam sebuah fitur di Instagram, namun juga hadir berupa sebuah aplikasi tersendiri yang bernama IGTV yang dapat diunduh di App Store maupun Play Store.

Pada aplikasi IGTV ini terdapat menu Settings seperti pengaturan Switch Accounts, Linked Account, dan Log out.

Secara keseluruhan, tampilan IGTV terlihat sangat sederhana. Pada laman utama IGTV, memiliki 4 kelompok video yaitu For You, Following, Popular, dan Continue Watching.

Sebagian besar video yang tampil di kolom For You dan Following ini berasal dari akun-akun yang Anda ikuti di Instagram.

Baca jugaFitur Unduh Data Instagram, Fitur Baru yang Sudah Bisa Anda Gunakan

Sama seperti Instagram, Anda juga bisa memberikan like, komentar dan mengirimkan video IGTV kepada teman-teman melalui Direct.

Anda juga bisa mencari IGTV milik pengguna Instagram lain, tetapi jika Anda sudah mengikuti atau follow akun lain di IGTV. Sebab untuk dapat menggunakan IGTV, maka kalian harus punya akun Instagram terlebih dahulu.

Itulah Fitur IGTV di Instagram yang bisa Anda gunakan untuk mengupload video di Instagram dengan durasi panjang dari sebelumnya.



Loading...

Baca selengkapnya

Jesica Putri

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Artikel terkait

One Comment

  1. Saya sempat baca IGTV ini di sebuah situs berita, ingin nyoba tapi sayangnya ponsel yang saya pakai terlalu penuh memory..
    Mungkin lain kali bisa dicoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button