belajar ngeblog

Belajar Ngeblog Step by Step Hingga Jadi Blogger Mahir

Belajar Ngeblog – Untuk menjadi mahir dalam satu bidang profesi tentu memerlukan proses. Salah satu proses yang pasti dilewati adalah belajar atau mempelajari segala hal yang berkaitan dengan bidang profesi yang ditekuni.

Sama halnya jika kamu ingin benar-benar menjadi seorang Blogger yang mahir. Kamu juga harus rajin dan tahu bagaimana cara belajar ngeblog yang benar.

Blog atau weblog merupakan sebuah media canggih yang dapat dijadikan sarana terbaik bagi kamu untuk berbagai keperluan.

Mulai dari untuk keperluan belajar memposting ide dalam bentuk tulisan, juga belajar mempublikasikan foto atau gambar yang mengesankan.

Menariknya, setiap Blogger, juga berpeluang besar belajar bagaimana membuat blog dengan desain yang bagus dan bermanfaat untuk para pembaca. Sehingga blog tersebut nantinya bisa dimanfaatkan untuk memperoleh penghasilan.

Blog dapat dibuat menggunakan berbagai macam platform. Dan dua platform yang populer yang dapat dipelajari dan digunakan dengan mudah adalah Blogger.com dan WordPress.com.

Saya sendiri kebetulan hingga saat ini juga menggunakan dua platfrom blog populer tersebut di atas. Dan sampai sejauh ini masih terus memperdalam dan menambah ilmu agar dapat mahir ngeblog di Blogger.com.

Ketahui 2 Step Ngeblog yang Paling Mendasar

Step 1 : Ketahui Cara Membuat Blog

Step pertama ini adalah awal dimana kamu harus mengetahui pilihan platform blog terbaik yang mana yang sesuai keinginan.

Loading...

Mengetahui bagaimana cara membuat blog, menentukan judul dan alamat blog secara tepat. Menulis konten yang informatif bermanfaat. Menambahkan gambar terbaik ke dalam postingan, hingga menentukan kategori blog.

Step 2 : Pahami Metode Optimasi Blog

Step kedua adalah step yang menurut saya paling sulit. Karena, hingga saat ini saya sering mengalami kesulitan untuk mengoptimasi blog yang saya miliki. Tapi saya tetap terus belajar.

Agar blog berperforma baik di mesin pencari dan mendapatkan posisi teratas. Sehingga mendapatkan kunjungan visitor sesuai yang diharapkan. Ada banyak hal yang perlu dipelajari. Dan prosesnya juga tidak instan dan saya bilang melelahkan.

Kita perlu belajar untuk mengetahui bagaimana menentukan keyword blog dan keyword tulisan. Memilih template yang bagus. Membuat internal link blog yang benar. Membuat peta blog atau sitemap, setting robot.txt, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Anda Perlu Perangkat & Koneksi Internet, Juga Meluangkan Waktu

Jika ingin belajar bisa ngeblog hingga mahir. Yang kita perlukan sebenarnya hanyalah sebuah perangkat berteknologi canggih apakah itu PC, tab, smartphone atau laptop.

Selanjutnya, pastikan juga perangkat tersebut tersambung ke jaringan internet. Dan terakhir sebelum melakukan action. Anda hanya perlu meluangkan waktu membaca referensi dari berbagai sumber terbaik.

Saya sendiri sejak awal beruntung sempat mendapatkan arahan langsung dari seorang guru dan beberapa teman yang kebutulan juga ngeblog.

Dan saat ini, saya memperdalamnya dengan menggunakan cara “gratis” ini selama belajar agar mahir ngeblog.

Jika kamu tertarik dengan metode tersebut di atas, pastikan kamu belajar dari :

Sumber Terbaik yang Bisa Dijadikan Tempat Belajar Ngeblog

Terima Kasih Sugeng ID karena sudah menyediakan tutorial Blogger dari A-Z lengkap dengan gambar sehingga mempermudah saya untuk memperaktekannya.

Bagi kamu yang kebetulan baru saja tertarik dalam dunia blogging. Jangan sungkan untuk meluangkan waktu untuk belajar banyak hal tentang blog di Sugeng ID.

Kita bisa mengetahui apa itu Blogger.com dan apa itu WordPress.com juga WorPress.org. Lalu dapat mengetahui bagaimana harus menganti dan memasang template blog dengan mudah berkat tutorial Mas Sugeng ID.

Saya sendiri menganggap, Blogodolar merupakan salah satu blog populer berkat peraihan prestasi yang dicapai penulisnya, serta sajian materi-materi edukasi ngeblog yang mudah dibaca dan dipelajari.

Kita dapat belajar gratis bagaimana cara membuat konten postingan sebuah blog yang bagus melalui Blogodolar. Karena memang konten seputar topik membuat postingan blog di bahas secara mendalam di Blogodolar.

Panduan IM memberikan kesempatan pada saya untuk menamatkan beberapa bab atau panduan premium untuk saya pelajari secara cuma-cuma.

Ada 7 bab atau panduan belajar yang disediakan untuk para Blogger dan juga Internet Marketer. Menariknya semua panduan berisi grafis yang keren dan dipadukan dengan data dan contoh yang mudah untuk diterapkan.

Omblogging menjadi salah satu tempat belajar terbaru yang beberapa hari terakhir sering saya kunjungi. Saya cukup ketagihan membaca lebih dari 3 postingan dalam satu kali kunjungan.

Materi SEO blog disajikan secara readable dan dibahas secara asik dan lengkap. Teknik-teknik terbaru dan sifatnya bisa jadi rahasia pun disajikan oleh omblogging.

  • Klik Mania

Klik Mania adalah salah satu website yang kaya akan konten informatif yang bermanfaat dan dibutuhkan oleh para pembaca dan pengguna internet.

Para blogger, juga direkomendasikan untuk membaca Klik Mania. Karena Klik Mania menyediakan kategori khusus untuk belajar Adsense.

Ada lebih dari 200 postingan terbaik mengenai Adsense untuk blog dan Youtube yang telah dipublikasikan oleh Klik Mania. Kita bisa belajar mulai dari bagaimana cara mendaftarkan blog ke Google AdSense, Tips-tips agar diterima AdSense.

Dan yang tak kalah menarik Problem Solving seputar AdSense, juga disajikan dalam kategori AdSense, website Klik Mania.

Penutup

Asal ada kemauan, cukup waktu, dan perangkat lengkap dengan koneksi internet stabil. Maka menurut hemat saya kesulitan belajar ngeblog bisa diatasi menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Apalagi jika sudah mengetahui step by step dasar untuk ngeblog. Maka cepat atau lambat impian untuk jadi seorang Blogger yang benar-benar mahir dapat segera terealisasikan. Salam, semangat belajar.



Loading...


Bagikan

Penulis

Halo, salam kenal dari saya untuk seluruh pembaca Klik Mania.

Komentar

    Simon Weldy

    ( - 14:30)

    Omblogging asik

    Semua rekomendasi diatas memang paling sering aku kunjungi min.

    Wong anom

    ( - 15:45)

    Baru pemula saya mas alhamdulillah dapat ilmu mudah2an bermanfaat buat semua nya

    Abdee Aziz

    ( - 11:12)

    emm ga ada yg mau di tanyain sih, sudah jelas dari tiap artikel yg diberikan. thanks min buat informasinya. jadi lebih tau perihal ngeblog

    dny

    ( - 15:19)

    mentalnya hrus dipupuk biar ngeblog ga membosankan , mksh infonya gan

    kevin

    ( - 14:07)

    MANTAP

    Khoirun

    ( - 16:14)

    Bermanfaat sekali kang, tapi saya masih bingung. Hehe

    dara muda

    ( - 06:53)

    Terimakasih untuk informasinya

    Nur Hikmah

    ( - 06:01)

    Terma kasih gan sangat bermanfaat

    jawadomino

    ( - 08:56)

    semangat belajar gan…

    bmwqq

    ( - 08:55)

    sangat terperinci banget.. cocok buat aku yang baru belajar

    dimensiqq

    ( - 08:52)

    makasih infonya gan

    Gilaotomotif

    ( - 07:58)

    Wah terima kasih mas..
    Sangat membantu.. saya lagi belajar ngeblog nih.. minta doanya ya mas..

    Cinemax21

    ( - 12:53)

    saya sedikit bingung untuk menaikan website saya, karena saya baru terjun di dunia seo, dan terima kasih sesepuh sudah membantu membuatkan artikel yang membuat saya mudah untuk memahaminya.

    alimbanjar

    ( - 04:29)

    Saya bersyukur menemukan artikel ini, sangat berguna bagi blogger pemula seperti saya. thanks

    Terimakasih ka informasinya ..bermanfast banget … jangan lupa mampir k blog aku ya ka 🙂

    fdl2207

    ( - 18:10)

    AlviyatuN, untuk saat ini saya sendiri masih memperdalam atau mempelajari blog dengan platform populer Blogger.

    Khusus untuk setting index home page, baik untuk penambahan atau penghilangan, garis strip, kutip dan simbol (&). Bisa dilakukan melalui kolom judul blog.

    Caranya masuk ke menu Setelan, lalu pilih Dasar dan Klik Edit pada bagian judul.

    Jika ternyata bagian postingan blogger nya juga sama menyertakan judul blog lalu diikuti strip dengan judul postingan atau sebaliknya.

    Pengeditan bisa dilakukan di bagian meta tag header template bawaan blognya. Khususnya di meta tag halaman post.

    Pada salah satu template blogspot yang saya kelola. Caranya masuk ke menu Tema, lalu klik edit html, pastikan struktur meta tag halaman post nya
    cukup itu saja tanpa ada tanda strip setelah kode data:blog.pageName.

    Yang perlu diketahui, masing-masing template blogger biasanya memiliki struktur meta tag header yang berbeda. Salah satu contonya, ada yang tetap menyertakan judul blog setelah judul postingan pada halaman postingan. Baik itu dipisahkan garis strip atau garis tegak.

    Khusus blog Alviyatun, setelah saya lihat, ternyata menggunakan platform WordPress. Dan, meta tag headernya memanfaatkan plugin populer karya Yoast.

    Karena sudah lama tidak menggunakan mesin canggih WordPress. Terus terang saya agak lupa-lupa ingat, tapi saya coba mencari jawabannya dengan membaca ulang di situs Yoast dan beberapa situs informatif Indonesia seperti Seni Berpikir dan PanduanIM.

    Tentang pengaturan plugin Yoast. Sepertinya pengaturan yang bisa dilakukan di bagian judul utama blognya atau pada menu Home Page.

    Mungkin jika hompage nya tidak ingin muncul nama blognya. Mungkin variabel sitename nya saya rasa tidak usah disertakan. Cukup isi pada kolom judul blognya dengan variabel title saja.

    Sementara jika tidak ingin menggunakan garis sebagai tanda pemisah, sepertinya kamu bisa gunakan jenis atau simbol pemisah atau separator lainnya. Ada bintang, titik, dan lainnya.

    Namun jika dihilangkan pemisahnya saya tidak tahu caranya. Karena dalam peninjauan saya pada beberapa blog dengan platform WordPress. Separator pada judul Home Page tetap disertakan, juga tetap menggunakan paduan sitename dan title.

    Mungkin itu jawaban terbaik saya, jika jawaban kurang tepat. Semoga Admin Klik Mania berkenan memberi jawaban yang lebih tepat terkait pertanyaan dari AlviyatuN. Karena kebetulan, Klik Mania menggunakan platform canggih WordPress. Salam.

      AlviyatuN

      ( - 08:06)

      untuk yang sekarang kan deskripsi blog saya sertakan, tapi sebelumnya deskripsi tidak saya sertakan. nah yang saya mau saat deskripsi tidak disertakan yang muncul di hasil penelusuran google nama judul blog tanpa ada garis pemisah dibelakangnya

    AlviyatuN

    ( - 12:16)

    mas mau nanya caranya supaya judul blog muncul tanpa garis pemisah gimana ya?
    soalnya blog saya kalo cari digoogle halaman home page muncul judul blog dan garis pemisah dibelakang judul blog

    ShareMaz

    ( - 15:21)

    saya sering berkunjung di blog blog yang disebutkan diatas, terutama klik mania, saya sangat senang bisa belajar di klik mania. banyak ilmu tentang optimasi yang saya dapatkan disini. yaaa kali aja bisa mengikuti jejak keberhasilan para master. saya akui emang butuh waktu dan menguras pikiran tapi saya gak pernah bosan berkunjung untuk belajar di klik mania karna bahasa yang mudah dipahami dan mudah diterapkan langsung.
    Salam Sukses.

    Motorisweb

    ( - 06:22)

    Kemudian yang terberat justru adalah konsistensi. Setelah bisa konsisten, tantangan berikutnya adalah meningkatkan trafik. Selanjutnya, ujung-ujungnya pasti tujuan komersil (khususnya saya). Setelah menginjak di tahap itu, tantangannya adalah bagaimana mendapatkan penghasilan dari blog?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *