Artikel Adsense

Butuh Berapa Lama Blog Menghasilkan Uang Dari Adsense Untuk Pemiliknya?

Pasti sobat merasa penasaran dan selalu bertanya tanya, butuh berapa lama blog menghasilkan uang? Butuh berapa bulan sebuah blog bisa menghasilkan pendapatan untuk pemiliknya? Jika masih ingin menjawab pertanyaan sobat, mari kita lihat uraian di bawah ini.

Nah, akhirnya malah curhat juga..
Saya boleh katakan dari awal, bahwa untuk menghasilkan uang dari blog itu tidak bisa dikatakan sebagai hitungan pasti. Waktunya bisa bervariasi, bisa 6 bulan, 1 tahun atau bahkan lebih.

Kenapa demikian?Β Sebab kita bukan jualan onde-onde yang di buat hari ini, besok dijual laku dan mendapatkan uang.Β Ada hal-hal tertentu yang membuat anda mungkin jadi tidak sabar. Karena untuk membuat blog di butuhkan ekstra kesabaran dan kejelian, sehingga blog menjadi besar dan mulai menghasilkan.

Kembali ke masalah waktu

Banyak faktor untuk sebuah blog dan membutuhkan berapa lama menghasilkan uang tergantung dari pemiliknya sendiri, apakah blog itu hanya untuk sekedar iseng, hoby atau memang berniat untuk di monetize dan menghasilkan uang. Banyak cara untuk melakukan hal itu, salah satunya dengan mendaftarkan blog ke google adsense.

Perlu kita ketahui jika google adsense bukanlah hal yang asing lagi, program periklanan berbasis PPC ini memberikan komisi yang lebih besar dari PPC lain, tetapi apakah dengan ikut program google adsense lantas bisa langsung mendapatkan uang?

Nah, ini bagian penting yang harus anda ketahui. Sebab tidaklah mudah untuk langsung mendapatkan uang sekalipun kita sudah diterima google adsense, banyak sekali faktor penentu untuk masalah ini. Karena penghasilan dari adsense itu tidak pasti, dan juga sangat tergantung dari trafik pengunjung yang dihasilkan dari blog itu sendiri. Selain trafik niche blog juga sangat berpengaruh.

Butuh berapa lama untuk membangun trafik yang ideal?

Seorang pakar blog atau master Β SEO juga tidak bisa memberikan jawaban secara pasti, bahkan tidak berani menjamin sebuah blog mendapatkan trafik yang ideal hanya dalam waktu 1 bulan saja. Nah konsekuensinya terletak pada pengelola blog itu sendiri. Apakah bisa mendapatkan trafik yang ideal dengan cara rutin update artikel secara berkala?

Ingat, yang mempunyai blog itu bukan hanya anda sendiri. Di luar sana, banyak sekali ratusan bahkan ribuan blog mengupdate artikel setiap hari, bahkan dengan topik yang hampir sama. Mampukah anda bersaing dan mengadu keberuntungan mendapatkan posisi artikel di halaman google? Lalu butuh berapa lama lagi?

Berapa lama blog menghasilkan uang
Salah satu post di forum IAPD

Jika anda perhatikan gambar di atas, kira kira jawaban yang pasti bisa anda kira kira sendiri, sebab selain membutuhkan konsistensi kita juga perlu rutinitas secara kontinyu untuk menghasilkan trafik yang ideal dengan mengupdate artikel secara berkala.

Perlu 5000 – 7000 visitor per dayΒ Atau setidaknya 10.000 – 15.000 page view setiap hari jika anda ingin buah adsense setiap bulan.

Berapa lama blog menghasilkan uang dari adsense juga tidak pasti

Ini menurut perhitungan secara kasat mata, bahwa dengan 5000 sampai 7000 pengunjung setiap hari bisa di pastikan akan memperoleh penghasilan antara 3 – 5 dolar setiap hari. Itupun kalau tidak terbentur dengan kendala lain. Seperti pengguna internet yang memasang adblock pada perangkatnya. Otomatis iklan dari google adsense tidak akan tampil.

Nah, sekarang kira-kira sudah tau kan. Berapa lama blog menghasilkan uang untuk pemiliknya. Anda sendiri yang bisa menjawabnya. Sebab saya sendiri benci menjawab pertanyaan yang jawabannya tidak pasti.

Pengalaman saya menghasilkan uang dari blog

Berapa lama blog menghasilkan uang untuk saya pribadi? Jujur saja selama menjalankan google adsense hampir selama 1 tahun ini, saya baru mendapat gaji 2 kali. Untuk PO yang pertama saya peroleh setelah 7 bulan dan pembayaran ke 2 setelah memasuki bulan ke 10. Itupun saya mengerjakan artikel dari hari senin sampai senin lagi di sela-sela waktu saya bekerja sebagai TKI di Saudi Arabia.

Pesan saya kepada sesama blogger

Jika anda kebetulan membaca artikel ini, jangan sekali-kali berkata kepada orang lain bahwa mendapatkan penghasilan dari blog itu mudah dan dengan waktu yang singkat. Jangan berkata bohong, apalagi kepada newbie, mendingan anda sarankan mencari uang dengan cara lain. Seperti jualan onde-onde yang bisa langsung laku dan mendapatkan uang pada hari itu juga. Dengan catatan “onde-onde nya murah dan rasanya enak. Happy blogging sobat.


Loading...
Baca selengkapnya

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

168 Comments

  1. Terimakasih infonya pak, saya jadi gak bakal php lagi deh kalau tau ternyata memang butuh waktu yang lama buat dapet hasil dari adsense. Apalagi bagi saya yg newbie. Tapi saya akan tetap lanjut menjalankan blogging untuk mengisi waktu dan menyalurkan hobi tsb. Happy blogging everyone! πŸ˜€

  2. benar gan lebih baik perdalam kualitas menulis artikel sambil baca2 dan sharing bagi mereka yang sudah punya pengalaman termasuk dengan klikmania, treima kasih mengingatkan dan memotivasi salam sukses

  3. emang ngeblog itu berat butuh trafic lah harus update artikel lah tapi saya senang dibidang ini biarpun belom menhasilkan ga papa yang penting saya senag

  4. wah saya pikir mendapatkan uang dri hasil ngeblog itu mudah makanya sya rela membagi bgi waktu hanya utk mengurus sebuah blog sy yg msh baru huft. Btw sy jd laper pingin beli onde onde tp dh malem mn ada org jualan onde” malem” gni

  5. Dulu motif semata untuk dapat uang, tapi sekarang saya ganti mindset , semata untuk saling berbagi informasi.

    Alhamdulillah dengan jumlah artikel 103 saja, blog saya sudah menghasilkan dollar, besar kecilnya dollar udah tidak saya pedulikan, bisa PO atau tidak juga tidak peduli.

    Tulus ikhlas dalam menulis adalah kuncinya, Soal penghasilan sudah saya pisahkan dari angan-angan, sebab kalau rezeki tidak akan kemana.

  6. Mulai ngeblog tahun berapa mas? sepertinya sudah berpengalaman sekali dalam dunia perblogan. BTW nice info

  7. memang betul gan, saya jga baru menyadari. setelah menjalani dunia blogging.
    pengalaman yg membuat saya selalu berpikir untuk mengulang kembali sebuah blog
    kesalahan saya adalah, tidak memikirkan topik yang pasti, tidak memilik target. template blog yang sering diubah ubah karna tambah y label yang mnurut sya bisa menarik visitor banyak.

    intinya memang harus fokus dan konsisten. jangan seperti pengalaman pribadi saya. terlalu banyak label. terlalu banyak keinginan. menghasilkan website gado-gado tak terarah.
    thanks min sya bisa curhat disini.. salam blogger

  8. Makasih banyak mas ganteng, informasi yang sangat bermanfaat banget buat saya, menambah pengalaman bagi saya yang baru dan sangat sangat teramat sangat newbie sekali2 bulan menjadi blogger, Alhamdulillah 1 minggu yang lalu diterima oleh Google AdSense, semoga kedepan nya menjadi lebih baik lagi. tentang hasil pasti semua ingin mendapat yang terbaik. karena usaha kerja keras dan berdo’a semoga hasilnya lebih baik. keep spirit bagi semua sesama blogger.

  9. Bener apa yg disebutkan di atas setiap jadi blogger harus dengan tulus dan ikhlas terutama konsisten dalam postingan .krna mengumpulkan uang di adsen tak semudah yg di bayangkan masih enak jualan onde” konsumen datang otomatis dompet berisi jadi adsen ini untuk hobi menulis kita jangan fokus untuk 100% mencari rezeky krna Allah uda ngatur semua rezeky manusia jadi tetap semangat dalam mengejar visitor wkwkwkwkw

  10. Assalamualaikum mas..saya suka dengan ide dan postinganya jual onde-onde lebih cepat untuk menghasilkan uang ..kreatif dan mntab

  11. Izin Gan, Mau bertanya dan mohon bimbingan, ane punya web berita nusantaraterkini. Pembaca ane sehari rata-rata 3 K. baru pasang google adsense 3 hari , mohon petunjuk biar bisa beli remason,, web berdiri udah dari Maret 2016, remason udah habis tiga truk, belum dapat uang gan

  12. Izin Gan, Mau bertanya dan mohon bimbingan, ane punya web berita nusantaraterkini. Pembaca ane sehari rata-rata 3 K. baru pasang google adsense 3 hari , mohon petunjuk biar bisa icip-icip uang dari internet dan web ane gan,, web berdiri udah dari Maret 2016, remason udah habis tiga truk, belum dapat uang gan

  13. Yup….bener banget…klo saya mengelompokkan sendiri pendapatan adsense buat pemula sebagai publisher itu butuh waktu 2 tahun untuk rutin gajian…..mengapa?karena itu merupakan waktu ideal bg sebuah situs yg matang …dg catatan situs dibuat dr 0…..

  14. Nggak nyangka google search engine membawa saya kesini. tulisan yang luar biasa dan mengingatkan saya akan susah nya mendapatkan profit dari adsense . saya sendri sudah setahun nmun belum mendapatkan hasil yang signifikan

  15. Nggak nyangka google search engine membawa saya kesini. tulisan yang luar biasa dan meningatkan saya akan susah nya mendapatkan profit dari adsense

  16. Maaf agan agan,saya baru belajar tentang blog,mohon pencerahannya dari agan agan yang sudah hidup dan dihidupi dari blog
    Trims

  17. Mas. Mohon Pencerahannya
    Blog saya memiliki Page view Rata-rata 10rb/hari. UV 4-5rb/hari. Namun penghasilan Adsensenya tdk capai 100dollar/hari.
    Apa penyebabnya?
    dan berapa Normalnya penghasilan Blog dgn Pengunjung segitu?
    Thanks

  18. Saya suka bagian akhir catatan ini. So d*mn true. Jangan bohong kepada newbie. Tidak baik untuk ‘motivasi’ mereka ngeblog. Banyak blog tidak diurus karena di awal berpikir bahwa sebulan ngeblog konsisten bisa langsung dapat uang. Akhirnya lelah dan membiarkan blog itu nganggur, padahal domain yang dia pakai juga ditaksir oleh bloger lain yang lebih serius. Terima kasih catatannya.

  19. Adsense hanyalah bonus. Yang penting minat buat nulis dan urus blog harus konsisten :p

  20. Tetap semangat…..
    Anggap aja gaji dari adsense itu bonus…. Cintai pekerjaan dengan begitu kamu nggak akan kecewa walaupun nggak ada hasil….

  21. Mantab ni gan post nya… memang membutuhkan kesabaran extra ya untuk mendapatkan hasil dari blog…

  22. waaahhh,, bermanfaat sekali buat newbie seperti saya. mungkin dengan cara2 seperti ini (sering2 lihat2 semangat kayak gni) saya bakalan lebih semangat lagi untuk ngeblog. dan nggak lupa buat agan2 ganteng yang disini yang sudah share segini banyak nya buat nambah ilmu saya. sekali lagi terima kasih…

    1. wkwkwk baca ini aku ketawa2 sendiri, aku newbie. aku kira setelah keterima adsene bakal langsung dapet uang. eh harus jd marketing internet dulu πŸ™ tapi stelah baca artikel ini, aku ngerasa kalau aku gaak berjuang sendiri πŸ˜€

  23. Benar banget. Tdk semudah jual onde-onde untuk mndptkn uang dari iklan.
    .
    .
    boro-boro mencairkan byran iklan.
    blog saya diterima adsense saja baru 2 hari,yang sblmny sdh sering ditolak belasan kali.

  24. Namanya aja usaha. Pingin sukses harus butuh modal dan waktu.

  25. sayangnya di dashboard adsense saya ada garis merah dengan keterangan ” akun adsense anda di tangguhkan selama 30 hari,dan setelah 30 hari akun dan iklan adsense anda akan otomatis aktif kembali ” pedahal sudah 1 minggu ini traffic blog saya naik tajam,yang tadinya hanya 700/hari,sekarang pv menjadi 8000/hari.karena saya setiap waktu share artikel saya di forum facebook dan forum-forum bule sana,semoga tanggal 13 februari 2018 bulan ini iklan dan akun adsense saya bisa kembali mendulang rupiah..trims mas gani atas tempat curhat nya

  26. 1 blog 1 postingan bisakah menghasilkan uang?
    Klo bisa… brpa lama kah kita menunggu agar dapat uang dr adsense

  27. Terima kasih loh, kak..
    Berkat artikel ini, sy sdh paham..
    Mmg ya, musti sabar dan konsisten..
    Semangat para blogger!! ^^

    Salam Blogger,
    SNW

  28. Banyak dukanya modalin buat ngebangun blog agar bisa mendapat kunjungan 5000 sampai 7000 sehari. Tapi ya di jalani aja, ga ada yang instant, tapi saya pikir belum bisa di jadika mata pencarian tetap

    1. Memang nggak bisa mengharapkan terlalu muluk mas, tapi apabila 100.000 visitor mungkin mata pencarian tetap akan jadi Alternatif utama πŸ˜€

  29. Assalamualaikum
    Setelah saya membaca postingan ini saya menjadi termotivasi πŸ˜€
    saya sudah 8 tahun menjadi blogger dan viewers blog saya sudah dikatakan lumayan akan tetapi blog saya baru diterima oleh adsense sekitar 3 minggu yang lalu, ternyata setelah membaca postingan diatas, saya berfikir untuk mendapatkan uang dari adsense ternyata tidak mudah yaa :’) saya kira dengan viewers yang banyak dan lamanya menjadi blogger, uang yang kita dapatkan akan sangat mudah, ternyata tidak :’)

    1. Walaikumsalam…
      Kalau sudah 8 tahun, berarti diatas saya Gan πŸ˜€
      Coba dalam 8 tahun konsisten dan continuous, pasti trafiknya juga udah bejibun.

      Untuk banyaknya viewers, sebenarnya sangat berpengaruh Gan, artikel ini sendiri dibuat pada tahun 2015..dalam masa itu trafik juga akan meningkat apabila selalu aktif dan konsisten dalam membangun blog.

      Artinya, potensi penghasilan juga akan semakin meningkat, apabila jumlah visitor juga meningkat.

      Keep spirit and Happy blogging πŸ˜€

  30. Makasih banget mas pencerahannya. Emang ngeblog itu butuh kesabaran dan prjuangan, skrg udah msuk 11 bulan blm prnh po mas :'(

  31. Thanks banget mas infonya, ane sadar bahwa mendapat uang dari ngblog memang tidak semdah apa yg di pikirkan karena harus perlu proses kesabaran , dan yg pasti segala usaha pasti akan membuahkan hasil pada nantinya yg terpenting kita tetap kosistensi dalam menjalani apa yang sudah di mulai… πŸ˜€

  32. Setelah saya baca tulisan yang ada di SS , berarti kalo cuma 1 blog akan lama sekali ya mas buat bisa PO dari adsense.

  33. Halo mas gani hehe.
    Jujur ya mas, setelah saya baca artikel ini dari awal. Saya merasa termotivasi sekali, berhubung saya baru seminggu jadi blogger hehe..

  34. Makasih mas info artikelnya menarik buat newbie seperti saya.
    Biasanya newbie seperti saya nggak sabaran pingin cepet – cepet dpet visitor banyak padahal butuh proses dan waktu yang cukup lama yaa.
    Ternyata ngeblog tak sesimple itu. Kukira cuma harus banyak artikel = banyak pengunjung.

  35. Ngga sesulit itu kok mas..bukti nya blog ku baru 8 bulanan, udh dapet penghasilan 62.000 dollar. Ciyuus..

    Tapi sayangnya bkn USD , tp dollar Zimbabwe, yg cuma bisa dituker sama nasi kucing ama amunisi ngebul temen setia bkin artikel..

    Inti nya tetap semangat ya mas.. Cemungudh cemungudh.. Hehe

  36. Sebenarnya gimana sih menjaga semengat ngeblog tidak luntur, padahal kan ngeblog juga kadang menimbulkan stress?

  37. Mas ganii, membaca artikel anda ini saya rasa ada hal yag musti kita lihat dan rasakan dampak dari nge-blog . Saya mempunyai akun adsense dan punya penghasilan sekitar rp.217.000,-
    rupiah per bulan sampai hari ini tanggal 21 oktober 2017 dan berharap bisa semakin lebih tinggi lagi. Itu hanya penghasilan dari adsense yag memang kecillll sekali, namun saya senang bisa dapat akun adsense dalam arti, artikel saya salah satunya lolos copy paste.

    Mengenai penghasilan sampingan sebagai blogger yang membahas tentang geliat bidang usaha export import , customs clearance , import charge , freight forwarder , courier service maka dalam dunia offlinenya saya mendapatkan ratusan kali lipat dari penghasilan adsense yang anda bahas dalam artikel ini

    Jadi dalam hal ini jika kita membahas masalah penghasilan adsense memang tidak sesuai apa yang di harapkan terutama bagi saya yang masih baru dalam blogging , namun jika kita memanfaatkan popularitas blog kita sebagai ajang pembelajaran maka penghasilan dan dampaknya akan sangat jauh dari hasil adsense .

    Buat sobat pembaca khusus artikel ini , jangan berkecil hati jika hasil adsense anda tidak sesuai harapan, kalau blog sobat nangkring di rangking dan halaman google page , insya allah sobat akan mendapat hasil yang jauh lebih besar , maka teruslah berkarya tanpa mengenyampingkan hasil dari adsense, salam sukses buat semua

  38. Oke, saya anggap sebagai fasilitas gratis untuk publik saat ini.
    Tapi untuk masalah hosting masa ya harus 2 tahun lebih baru bisa balik modal bang

  39. makasih buat artikel nya mas
    aku ngblog bagian dari menyalurkan hobby nulis
    jadi nikmatin aja dulu
    penghasilan itu bagian dari bonus

  40. luar biasa biasa tenyata cari uang di google dengan blog lumayan susah dan tidak banyak kepastian. thanks mas buat newbie macam ane sangat bermanfaat artikel ini

  41. Gan tentang Blogger2 yg berpenghasilan puluhan bahkan ratusan juta itu apakah hanya hoak ? jika nyata berpakah kira2 pengunjung perharinya ya ??
    numpang tanya gan

  42. kalo boleh tau sekarang per bulannya daper berapa dari Google adsense mas ? punya saya kok kecil yaa, pageview 2000-3000 per hari tapi penghasilan sekitar 5000 sehari :'( ada saran mas ?

  43. Assalamualaikum mas gani…
    Saya berterimakasih atas pencerahannya. Saya seorang teknisi printer, pengetahuan saya mengenai printer lumayan sekitar 80% menguasai. Saya jg hobi touring&travelling dan juga saya senang berbisnis buat tambah uang jajan πŸ™‚ Kalau boleh minta saran saya harus buat blog spesifik tentang yg mana mas “servis printer,touring&travelling,bisnis atau semuanya ?”
    Mohon pencerahannya dan apa yg hrs sy siapkan dan lakukan sbg lgkah awal.

  44. Ternyata masih jauh Klo dibandingin dengan blog saya yg baru berumur 4 bulan dengan traffic 500 pageview . Cobaan terberat nulis artikel original yg berkualitas . Nulis 1 artikel selesai 5 sampai 7 hari saking malasnya :V
    Nice info mas gani

  45. Terimakasih Motivasinya mas. Seperti saya sekarang yang sedang berjuang di sela sela kesibukan kerja saya selalu monitoring web saya. Dan alhamdulilah setelah 6 bulan berjuang trafik sudah mencapai angka seribu hehe

    1. Mantep tuh mas Darmawan, 6 bln udah dpat 1000 lbih.. Punyaku daftarin domain bln april, per awal dsmber ini jmlah artikel 130 an, tapi visitor nya enggan melompati angka keramat 100

  46. Ternyata perjuanganya berat juga.

    Untuk mendapatkan ribuan visitor, kira2 harus punya berapa artikel bang?

  47. memang betul mas, untuk mendapatkan hasil perbulan dalam waktu singkat sangatla sulit. saya aja hampr 2 tahun masih belum dpt apa2 πŸ™

  48. Menjalankan adsense lewat blog banyak susahnya. Udah dapat Visitors banyak eh malah lebih dari 40%-nya datang dari browser ad-block.

  49. “… Itupun saya mengerjakan artikel dari hari senin sampai senin lagi.”
    petikan kalimat di atas bagiku sangat memotivasi, bahwa untuk mendapatkan penghasilan $100 pertamanya perlu perjuangan luar biasa.
    bener juga mending jual onde-onde, kacang, atau aqua botol, bisa langsung dapat duit…
    kalau ada yang mengatakan cepet kaya dari ngeblog berarti bombastis banget ya Bang πŸ™‚

  50. Selamat siang master, artikel ini membuat saya menelan ludah berkali-kali, sangat tertegun.
    Saya punya dua pertanyaan, mohon dijawab ya master.
    1). Di atas ditulis bahwa ada yang bisa 6 bulan atau 1 tahun, jadi ada juga yang bisa menghasilkan dalam waktu kurang dari 1 tahun? Jika tetap konsisten, disiplin, dan terus kerja keras apa itu jadi memungkinkan? Karena ini bisa menjadi motivasi juga.
    2). Pada gambar post tersebut, ditulis bahwa bisa ditopang dengan 2 blog. Lebih baik mana apakah 1 email 1 blog saja atau 1 email langsung 2 blog?
    Terima kasih banyak, master.

    1. 1. Ya betul mas, asalkan konsisten. Pasti trafik akan segera meningkat. Menghasilkan di sini relatif, bisa banyak atapun sedikit. Karena nilai pembayaran dari google adsense juga berubah-ubah setiap hari.

      2. Satu email bisa digunakan untuk beberapa blog sekaligus agar lebih mudah mengelola.

  51. Mantap Infonya mas, ngeblog itu jangan kaya mancing sambil jalan, ada ikan disana kita kesana. ikan ke situ kita ikut ke situ. yg jelas diam saja ditempat dan fokus saja toh nanti juga ikan datang sendirinya πŸ˜€

  52. Terimakasih banyak kang ganisebastian infonya sangat berguna dan pastinya membantu khususnya bagi saya seorang blogger pemula yang perlu bantuan juga bingbingan para suhu seperti kang ganisebastian..salam sukses jangan lupa di tunggu kunjungan baliknya..!!!

  53. Wah ternyata jadi bloggeritu sangat sulit, butuh waktu yang lama harus bisa gajian tapi untuk semua blogger jangan gampang putus asa tetapsemangat ya ?

  54. suwun gan ijin nangkring di atas πŸ˜€
    soba tertular backlink blogg saya πŸ˜€

  55. Informasinya sangat bermanfaat gan. Ane baru belajar mengenai hal ini. Semoga dengan adanya ilmu yang agan bagikan, menambah ilmu saya. Semoga kepada admin, terus diberikan kesehatan, sehingga terus bisa menambah ilmu-ilmunya, dan bersedia membagikannya.
    …………….
    site:bangcara.blogspot.com

  56. Iya betul mas, perjuangan main di adsense itu ngga mudah, perlu kerja keras, dan sabar. Agar bisa mendapatkan maksimal yah mas.

  57. Trims mas info nya,,manfaat banget buat saya yang baru belajar jadi blogger..

  58. ternyata harus banyak-banyak bersabar ya, saya baru 1bulan nge-blog, terima kasih buat penjelasannya mas

  59. betul mas jangan ada lagi bohong berpendapatan besar untuk newbie seperti saya ini, salam kenal mas

  60. Mas Ghani tanya donk saya habis bikin akun youtube baru lalu saya tautkan ke adsene (“adsenya baru juga”) sudah dapet email persetujuan, tapi ko di creator studionya masih belum bisa memonetisasi video, keterangan yang didapat
    “Pengajuan AdSense Anda sedang ditinjau. Anda akan segera menerima email tentang status pengajuan.” padahal sudah dapet email persetujuan mohon pencerahanya mas.

  61. Terima kasih atas infonya mas gani sangat bermanfaat bagi saya pasti bagi orang lain juga yg membacanya

  62. Mas gani terima kasih atas infonya saya baru saja bikin blog karna saya sering membaca artikel dri sosmed atau di pencarian hingga akhirnya saya juga ingin berbagi, karena berbagi pengetahuan menyenanggkan.. sekali lagi terima kasih mas gani
    Semoga ilmu saya juga bermanfaat karna sering berbagi

  63. itu benar sekali mas,, perjalanan saya mulai membuat blog…hingga pindah dari Blogspot ke WP hingga mendatangkan 200 visitor saat ini ketika blog saya umur 3 bulan.. berkat mas gani.. kapanpun tidak henti2nya saya bertanya dan mas gani selalu menjawab pertanyaan saya. terimakasih banyak mas saya ucapkan, semoga kelak blog saya bisa menjadi besar,, terkenal sehingga orang2 akan mengenal kalau di balik blog saya itu ada sosok mas gani yang selalu memberi arahan motivasi dan solusi. sukses terus mas gani

    1. Salam sukses juga mas, buat sampeyan..
      Yang penting masih tetap bisa eksis, main blog memang butuh kesabaran.. apalagi persaingan sekarang juga bertambah banyak πŸ˜€
      Sekarang banyak blog yang tumbang dan tidak terurus, karena konsistensinya putus ditengah jalan πŸ˜€
      Keep spirit saja mas.

  64. Betullll…
    Ane dah 2 tahun ngeblog..
    Tapi belum sepeserpun terima tuh ( $)
    But… tetap semangat tuh..
    Ahahahha

  65. kalau saya mulai ari bulan kemaren ber arti saya bisa menghasilkan dengan apdate artikel per hari 1 artikel, setelah 3 tahun mendatang, heemmmmmm sunggung ironis dan kasihan jadi se orang bloger pengejar gaji bulanan

  66. Sebenarnya kalau udah hobi nulis (tulisan sudah enak dibaca) cukup butuh 4-6 bulan saja bisa PO tiap bulan dengan visitor 2000-3000 dengan topik spesifik, tetapi ya intinya harus konsiten. SEO itu belakangan, pada intinya yang dicari pembaca/visitor adalah artikel yang memberi jawaban/keterangan sehingga pengunjung merespon dengan kata menarik, puas, mmberi komentar dll. Bukan mengesampingkan SEO, tetapi SEO utama dan terbaik untuk blog adalah artikel yang memberi jawaban/keterangan secara jelas dan detail. Bukankah seperti itu bang dani? hahaha, soalnya saya malas belajar seo ini itu, ya walaupun pengunjung sudah buka blog kita di page 1 google baris pertama tetapi kalau ga puas pasti buka di baris selanjutnya, dan kalau pengunjung puas walau dibaris 4-5, rangking blog kita naik seiring pengunjung yg menilai/merespon artikel kita.

    1. Betul mas, artikel terbaik adalah yang memberi jawaban/keterangan secara jelas dan detail.. Tetapi dengan SEO seteidaknya kita memikirkan juga masalah persaingan πŸ˜€

  67. kuncinya sabar ya mas…perjalanan seorang newbie…merangkak dulu deh…
    makasih infonya ya mas

  68. salam kenal mas Gani Sebastian, saya juga blogger newbie banget, motifasi saya bikin blog juga karena pengen dapet duit dari blogging, tapi selama saya menyibukkan diri di dunia blog, saya ngrasa ada yang bertambah, meskipun belom bisa dapet duit dari blogging saya jadi lebih sering dan rajin baca, saya jadi banyak pengetahuan, banyak koneksi juga, banyak temen, pokoknya selain duit, dunia blogging itu memberi banyak hal lah,, mendukung juga buat usaha offline saya,,, hehe

    1. Betul mas Adi prasetya, tidak selamanya tujuan membuat blog untuk mencari uang,, ada diantara mereka untuk sharing dan berbagi pengalaman πŸ˜€

  69. sedih ya dengar ceritanya…… kasihan juga saya blogger newbie luntang lantung….

  70. 5000-7000 visitor/hari itu nggak mudah banget, pasti butuh waktu lama untuk mendapatkan trafic seperti itu. Sedangkan blog saya untuk mendapatkan 500 pengunjung 1 hari dah luar biasa, artikle mas gani ini, persis yg saya alami beberapa minggu ini, harapan dapet $ dari blogging, ternyata yg didapat masih jauh dari harapan. Harus konsisten dan terus optimalkan seo agar dapet trafik tinggi, terma kasih artikle nya mas, buat saya berpikir ulang lagi untuk fokus blogging.

    1. Ada level tertentu untuk dilewati menuju blogger berpengghasilan tetap, salah satunya adalah meningkatkan trafik. Dan kuncinya adalah konsisten, hanya itu kok mas πŸ˜€

      1. halo mas, boleh gak mas minta komunikasi sosial media nya mas, via bbm kalau boleh lebih bagus mas, besar harapan saya minta bimbingan mas kepada newblogger seperti saya

        58827965 , itu pin BBM nya mas, maaf sebelumnya lancang mas

  71. Makasih mas Gani, saya suka ini artikel karena sesuai fakta dan benar adanya bahwa blog memang ga kaya jualan onde2.

    Karena saya sendiri baru bikin blog (alias newbie) dan ngalami hal yang katanya bisa hasilkan uang berapa juta dalam waktu singkat, tapi nyatanya tidak demikian.

    Akhirnya diskusi dengan seseorang yang menurut saya memang ahli dalam internet marketing (karena memang real saya tahu sendiri kehidupannya hanya dari blog dan bikin web). Bahwa blog ini penyalur hobby khususnya menulis dan juga bisa dikatakan sebuah investasi yg nantinya sapa tahu bisa menghasilkan.

    Bahkan sempat dibilang sama beliau “memangnya blogmu sudah brp lama? Sudah ada 30rb visitor?” Nah log kaget dah jadinya harus segitu banyaknya visitornya.

    Akhirnya pemikiran saya terbuka bahwa blog ini tidak semudah kaya jualan onde2 haha..

    Thank’s mas.. Artikel yg bagus dan sesuai kenyataan saya amat sangat hargai artikel mas ini.

    Salam mas..

    1. Thanks juga buat apresiasinya mas Prayitno, jarang orang menghargai artikel yang terkadang isinya hanya basa-basi, cerita pengalaman dan terkadang kesan yang dibuat-buat.

      Btw, memang ini yang saya alami mas πŸ˜€ istilahnya sharing curhat…hehe

  72. terimakasih atas informasinya, pada awalnya saya sangat menggebu-gebu untuk segera mendapatkan uang dari blog, tapi setelah membaca artikel ini saya sadar bahwa untuk mendapatkan uang dari blog membutuhkan yang namanya proses dan harus sabar. dan tentunya di iringi dengan tindakan yang konsisten

  73. Walaupun telah bertahun-tahun ngeblog dan tak menghasilkan, tak apa. Tetap semangat berbagi-menebar- informasi. Yakin pada saatnya nanti akan berbuah manis. Happy blogging!

  74. ternyata tidak mudah, yang hanya saya tahu berita di TV tentang blogger yang menghasilkan pundi2 uang banyak perbulan. padahal ngolah blog tidak semudah yang kita lihat saja mas

  75. Bener banget mas ganie, dulu saya pikir ngeblog bisa menghasilkan uang dengan waktu 2-3 bulan saja. Ternyata kenyataannya berbeda jauh. butuh konsistensi dan dedikasi tingkat tinggi hehehe. tapi berhubung saya sudah terlanjur nyemplung ke dunia bloging jadi ya mau apa lagi. Jadi sekarang mindset saya, saya ganti, yang tadinya mau cari uang, sekarang saya mau berbagi pengetahuan ajaa. Mungkin uang sebagai hadiahnya. jadi beban saya untuk update artikel lebih ringan.
    Terima kasih sharenyaa

    1. Nah, itu baru pandangan yang tidak terlalu membebani. kalau niatnya mengejar uang melalui blog maka ujung-ujungnya akan frustasi, karena yang dikejar membutuhkan banyak pengorbanan, termasuk waktu. Menurut saya enjoy saja, tapi tetap jalan dan konsisten πŸ˜€

  76. Blog mas yang sudah menghasilkan po tu niche blognya tentang apa.. Thanks newbie

  77. Kalau di hitung-hitung jika dengan 5000 visitor per hari dan penghasilan dari adsense sekitar 1 sampai 5 dolar berarti kecil ya. Tapi mengapa banyak blogger yg bisa menghasilkan banyak uang dengan GA tersebut. Apakah mereka mempunyai banyak blog atau ada hal lainnya.
    Terima kasih

    1. Karena mereka sudah mengelola blognya bertahun-tahun, dan dalam kurun waktu selama itu blognya sudah menghasilkan trafik yang luar biasa.

      Seperti kita tau, untuk meningkatkan penghasilan adsense sekarang sulit. Beberapa diantaranya karena rata-rata pengunjung sudah tau dan memahami iklan, belum lagi pemakaian browser yang menggunakan adblock ataupun adblockplus.

  78. postingnya jadi motivasi mas bagi yang belum po termasuk saya. Intinya kerja keras dan usaha berbanding lurus sama penghasilan adsense

    1. Saya kira posting saya tidak ada yang menanggapi πŸ˜€
      Nah, terbukti kan mas @deddia permana, jika perjalanan untuk menghasiklan uang dari blog itu tidak semudah yang kita pikirkan.

      Insya Allah jika kita tetap komitmen, maka usaha kita selama ini akan menghasilkan. Keep spirit mas πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close