AdSense YouTube untuk jangka panjang

Tips Bermain AdSense YouTube Untuk Jangka Panjang Tanpa Takut Di Banned Atau Di Suspends

Tips Bermain AdSense YouTube Untuk Jangka Panjang – Akhir-akhir ini banyak sekali channel YouTube yang mengalami di suspends ataupun di banned, hal ini jelas mengundang resah para YouTuber, terutama bagi mereka yang videonya sudah cukup banyak dan juga sudah cukup menghasilkan uang dari videonya itu.

Tapi dibalik kejadian itu, ada hikmah yang bisa kita dapat. Bahwasanya, YouTube tidak bisa di jadikan tempat bermain-main soal hak cipta ataupun pelanggaran kebijakan. Dan berikut sedikit referensi cara bermain AdSense YouTube untuk jangka panjang, dan tidak takut di banned atau suspends. Tapi, pahami dulu penyebab suatu channel di banned.

Alasan penangguhan atau penghapusan channel YouTube (suspends / banned)

1. Hak cipta

Sebelum kita membuat channel dan bermain AdSense YouTube untuk jangka panjang, tentu kita telah mengetahui mengenai kebijakan yang ditetapkan oleh pihak YouTube, terkait hak cipta (konten audiovisual, dan lain sebagainya) yang kita gunakan untuk video kita. Kecuali jika Anda tidak membacanya terlebih dulu. Hak cipta sendiri, berguna untuk menjaga konten orang lain dari tindakan salah penggunaan ketika di gunakan orang lain.

Contoh kecilnya bisa kita lihat dari sekeliling kita, dimana banyak sekelompok orang yang mengunggah acara televisi untuk kepentingan komersil pribadi (mendapatkan uang dari AdSense). Tentu hal itu bisa dikatakan sangat merugikan pihak yang memiliki konten aslinya. Makanya tidak heran sekarang banyak stasiun televisi yang melindungi channel YouTube dengan Content ID. Itu supaya konten mereka tidak di salah gunakan lagi.

Selain untuk melindungi konten pemilik aslinya, hak cipta juga berguna untuk kita agar bisa menghargai karya orang lain yang sudah susah payah mereka buat, akan tetapi kita dengan semena-mena mencurinya demi mendapatkan recehan dari AdSense.

Baca : Mengetahui Jenis Pelanggaran Hak Cipta/Lisensi Di Youtube

Bukankah itu hal yang normal, jika YouTube melarang kita menggunakan konten berhak cipta? Jadi, Anda akan menyalahkan siapa? Tentu Anda tidak bisa menyalahkan YouTube, dan tidak bisa juga menyalahkan pemilik konten. Karena mereka punya kuasa. Sekarang, mulailah berkarya sendiri dan buat konten sendiri.

2. Kebijakan konten

Di YouTube, banyak sekali macam-macam video. Mulai dari animasi, Game, parodi, vlog, prank, dan sebagainya. Akan tetapi, tidak serta-merta kita bisa mengupload video apapun seenaknya. Apa lagi untuk mendapatkan uang dari AdSense, itu tidak akan bisa. Sekalipun bisa, tentu ada masa dimana video itu akan mendapat teguran. Jika sudah mendapat teguran, maka efeknya akan ke reputasi channel Anda.

Loading...

YouTube melarang kita mengunggah konten dewasa, apalagi untuk kepentingan komersil. Memang ada konten dewasa di YouTube, tapi itu mereka menggunakan YouTube Red. Artinya mereka membuat konten dengan di biayai oleh penggemar mereka. Akan tetapi di Indonesia belum tersedia, jadi gunakanlah kebijakan konten sebaik-baiknya. Lagipula, bila kita bisa memberi manfaat yang baik untuk orang lain, kenapa harus yang negatif yang kita berikan?

Jangan hanya karena AdSense, kita lekas mengabaikan kebijakan konten YouTube. Ingat! AdSense itu hanya recehan. Jika Anda ingin bermain AdSense YouTube untuk jangka panjang dan dapat uang yang banyak, maka haruslah Anda bekerja. Jika ingin instan, maka teruslah bermimpi! Apakah Anda akan mendapatkannya?

Tentu tidak! Sama halnya di YouTube, mereka juga tidak instan untuk mendapat penghasilan tetap dari AdSense. Mereka tentu terus bekerja keras demi membuat konten yang terbaik untuk penonton YouTube. Dan kita, dengan seenaknya mengunggah video karya orang lain, dan lebih parahnya video apa saja di upload. Meskipun itu konten dewasa, tetap tidak peduli. Semua itu hanya untuk AdSense.

3. Teguran dari komunitas YouTube

Masalah teguran dari pedoman komunitas YouTube, tentu tidak bisa lepas dari isi konten yang kita unggah. Apakah ada pelanggaran berat yang kita buat, atau masih bisa di maklumi? Semua tergantung dari tingkat pelanggaran yang kita buat.

Komunitas YouTube ini bukan kumpulkan sekelompok yang menamakan dirinya sebagai anggota komunitas YouTube, tapi ditunjukkan untuk orang-orang yang aktif menggunakan YouTube (bisa di katakan konten kreator dan penonton).

Jika seperti itu, tentu mereka bahkan kita punya kendali penuh untuk melaporkan channel-channel yang memiliki pelanggaran atas penyalahgunaan kebijakan YouTube, ataupun melaporkan konten-konten yang tidak layak untuk di tonton.

Di sini, kita memiliki tiga kali kesempatan. Jika telah mendapat tiga kali teguran dari komunitas YouTube, maka bisa dipastikan channel kita akan mendapat reputasi buruk.

Jika seperti itu, kita tidak bisa mengunggah video lagi, dan parahnya channel kita bisa di hapus dari YouTube tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Dan terkadang, kita tidak perlu menunggu tiga kali teguran. Karena banyak channel yang mengunggah video langsung di hapus oleh YouTube. Karena tingkat pelanggaran nya tidak bisa di maafkan lagi.

Tips Bermain AdSense YouTube untuk jangka panjang

Jika kita sudah memahami hal-hal yang membuat channel kita di hapus oleh YouTube, tentu kita pun harus berhati-hati. Oleh karenanya, mari kita perbaiki reputasi kita terlebih dulu di mata YouTube, sebelum channel kita.

Karena dengan begitu, kita akan tahu kenapa YouTube begitu ketat. Dan semuanya tidak lain karena YouTube pun ingin membuat para penggunanya nyaman dan memberi pengalaman seru dari YouTube, setelah melihat video-video yang ada di YouTube mereka. Dan berikut tips bermain AdSense YouTube untuk jangka panjang.

1. Perbaiki reputasi diri sendiri

Maksud dari memperbaiki reputasi diri sendiri di mata YouTube, adalah dengan cara menghargai karya dari para konten kreator. Caranya dengan menonton konten-konten mereka, bukan konten re-upload, dan juga dengan cara memberi komentar yang bermanfaat untuk memotivasi para konten kreator supaya semangat membuat konten lagi.

Anda tentu memiliki channel kesukaan kan? Ya mulailah dari channel yang Anda sukai, dengan begitu Anda mulai bisa memperbaiki reputasi diri Anda sendiri di YouTube. Karena nama Anda akan di kenal baik oleh para konten kreator.

2. Perbaiki reputasi channel

Mungkin Anda sudah tahu maksud dari perbaiki reputasi channel? Ya, dengan cara mengunggah konten yang bermanfaat bagi penonton setia channel Anda. Dalam hal ini, Anda pasti tahu konten seperti apa yang bermanfaat, bukan? Tidak lebih adalah konten asli buatan sendiri.

Meskipun hasilnya buruk, tapi setidaknya itu buatan sendiri, dan bukan hasil re-upload dari video milik orang lain. Lagipula, memiliki karya sendiri itu lebih menyenangkan ketimbang mencuri dari punya orang lain. Ya meskipun hasilnya lebih bagus dari orang lain. Hikmahnya adalah, kita bisa belajar banyak dan suatu saat kita pun akan terkenal dengan karya sendiri.

3. Tetap berpikir kualitas konten dari pada AdSense

Banyak sekali orang yang membuat channel YouTube, itu tujuannya tak lain adalah untuk mendapat uang dari AdSense. Sehingga tidak pernah terlintas di pikiran mereka mengenai kualitas konten. Padahal, jika dipikirkan dengan cara yang baik, kualitas konten itulah yang akan mendatangkan banyak uang. Bahkan bukan hanya dari AdSense, dari perusahaan besar pun bisa. Dengan cara mengiklankan produk mereka secara langsung, dan bayarnya lebih mahal dari AdSense.

Dengan mementingkan kualitas konten, tentu kita pun akan berpantangan untuk mencuri konten orang lain. Dalam artian, kita lebih suka membuat sendiri dari pada memakai punya orang lain. Meskipun hasilnya berbanding jauh dengan video orang lain, tetapi kita bisa menggunakan AdSense YouTube untuk jangka panjang.

Baca : Kualitas Konten YouTube Indonesia Vs Luar Negeri

Misalnya bila kita mengunggah video orang lain dalam sehari mendapat 1000 view, tapi jika video sendiri hanya 10 view. Itu tetap tidak akan berpengaruh, jika kita tetap memikirkan kualitas konten. Dan tentu saja, kita akan terus belajar hingga bisa menjadi konten kreator yang menghasilkan karya-karya yang berkualitas dan mendapat banyak uang dari karya kita sendiri. Bukalah itu lebih baik?

Kesimpulannya

Kita tidak sepatutnya terus mengandalkan AdSense untuk pendapatan tetap. YouTube itu sudah seperti ajang sarana hiburan untuk kita, untuk semua pengguna internet. Alangkah lebih baiknya kita menyalurkan bakat kita, kreatifitas kita, karya kita di YouTube. Dan itu juga untuk hiburan orang lain. Dengan begitu, orang lain akan tahu siapa kita, dan karya apa saja yang sudah kita buat?

Lagi pula, jika kita hanya bisa mere-upload video orang lain, sudah di pastikan bahwa kita bukanlah orang yang mau bekerja keras. Jadi, apakah Anda mau di cap sebagai orang yang pemalas? Jika tidak, mulailah bekerja dengan membuat karya sendiri. Mengenai audio, YouTube sudah menyediakan. Tinggal kita nya saja yang harus bisa memuat otak kita untuk membuat karya yang hebat di YouTube.

Jika Anda ingin bermain YouTube untuk jangka panjang, maka hindarilah tindakan mencuri konten orang lain, dan berhentilah re-upload video milik orang lain. Berusaha sendiri dengan menciptakan konten yang berkualitas, untuk di perlihatkan orang lain.

Di situlah Anda akan di nilai dari orang yang menonton video Anda. Dan dari situlah, nama Anda akan mulai di kenal banyak orang. Jadi, lebih baik konten sendiri atau konten orang lain? Tentu itu saya kembalikan pada diri kita masing-masing.


Loading...

Bagikan

Ahaerudin13

Penulis

Komentar

    Avatar

    Dico

    ( - 04:37)

    Mas,mau tanya klo kita buat video trus upload ke yotube aja tp gak punya akun adsense apa kita dpt penghasilan dr yotube?apa hrs punya adsen dlu baru bs dpt duit?thx

    Avatar

    samuji

    ( - 13:01)

    Dan bagaimana gan klau mengubah setelan di id adsen ,setiap mau sy ubah ada dua pilihan masuk atau buat akun lain
    Sy klik masuk ada tulisan akun tak aktif atau dlm tinjauan
    Klik buat akun baru. Tapi email tak blh email dari gmail. Apakah harus guna email selain gmail gan..agar bisa monetasi chanel sy yg lm..berat mau tinggalkan view sdh luar biasa..
    Sy jg heran dan rasa aneh gan..satu video dlm seminggu 250 ribu view..penghasilan 30 dolar..ataukan karena ini sehingga akun ku ditutup alassn trafik tdk valid..syg dpt email akun tdk di setujui karena travif tdk valid..dengan alasan blog tdk memadahi..padahal sy mula dpt adsen dr youtube ..mohon pencerahnya gan..trimakasih

      Ahaerudin13

      Ahaerudin13

      ( - 15:06)

      Waduh… Saya tidak tahu kronologi pastinya. Tapi kemungkinan besar akun di banned karena trafik tidak valid tersebut.

      Untuk masalah konten tidak memadai, mungkin itu karena konten tidak sesuai dengan kebijakan AdSense.
      Kalau mau buat akun AdSense yang baru, harus dengan akun Gmail yang baru juga. Mohon maaf kalau tidak bisa membantu banyak

    Avatar

    Dimaz

    ( - 06:41)

    mas kalo misalnya kita sudah memiliki video yang banyak viewnya dan sudah di monetasi, jika kita hapus videonya apakah penghasilannya akan ikut hilang?

      Ahaerudin13

      Ahaerudin13

      ( - 09:16)

      Itu tidak masalah mas… 🙂

      Avatar

      Samuji

      ( - 13:52)

      Gan permasalahan sy tanyakan di atas sdh bisa teratasi bisa monetasi video ,dengan mengundang pengarang jd admin,jd mail akun ytb,lps dr kaittan adsen yh travif tdk valid..dan c ytb td saya kaitkan denga adsen lama yg akun c ytb di baned tp adsen msh aktif.
      Sdh bs monetasi tp tak lm kena baned jg gan..apakah ini peraturan baru untuk ytb.satu akun ytb ,satu akun adsen,karena bila di kaitkan pasti akan di baned jg..jd skrng sy tkt kaitkan akum adsen ytb yang di banend dengan c ytb baru walau beda mail.apakah benar y gan ifonya..ku bingun jg..padahal peraturan adsen satu orang ngak boleh dua akun adsen..
      Mkasih gan

    Avatar

    Andri kocu

    ( - 16:25)

    Bagus artikel nya mas, kebetulan saya baru 3 bulan main di adsense ….Jadi banyak tau setelah baca artikelnya…
    Mas saya mau tanya bagaimana agar video saya tidak disalah gunakan….

      Ahaerudin13

      Ahaerudin13

      ( - 07:41)

      Kalau masalah itu, mas harus daftar konten id dulu di YouTube. Untuk lebih jelasnya untuk konten id, bisa cari di Google aja mas 🙂

      Ahaerudin13

      Ahaerudin13

      ( - 07:49)

      Kalau masalah itu, mas harus daftar konten id dulu di YouTube. Untuk lebih jelasnya untuk konten id, silahkan baca di atas aja mas

    Avatar

    rengsek

    ( - 10:15)

    Mas saya belajar jadi youtuber dari awal di kilk mania .dan udah pernah sekali dapat penghasilan tapi sekarang akun saya di banned .bagaimana ya ngirim permohonan sedang saya tidak tau url channel saya.
    Dan kalau saya bikin channel baru apakah bisa menerima pembayaran di rekening bank yang dulu atau rekening bank lain tapi tetap atas nama saya ?
    Makasih

      Ahaerudin13

      Ahaerudin13

      ( - 22:38)

      Kalau lupa url nya sulit mas. Tapi kalau buat channel baru lagi, bisa. Asalkan di takutkan ke AdSense yang sama.

      Ahaerudin13

      Ahaerudin13

      ( - 05:05)

      Kalau lupa url nya, itu akan sangat sulit mas… Kalau misalkan bikin Chanel baru dan di kaitkan dengan AdSense lama, itu nggak masalah mas. Lagian Google melarang penggunanya memiliki lebih dari satu akun AdSense.

    Avatar

    Ismail Shalih

    ( - 08:17)

    Mas tanya. Kenapa ya video yang telah dipublih sudah dimonetasi dan tidak ada peringatan klaim hak cipta. Tetapi setelah 7 hari monetasi video tersebut hilang muncul “simbol $ hitam” keterangannya “video tidak memenuhi syarat monetasi” tetapi tidak ada keterangan keterangan klaim hak cipta. Terima Kasih

      Ahaerudin13

      Ahaerudin13

      ( - 10:49)

      Jika kasusnya seperti itu, kemungkinan pelanggarannya bukan di hak cipta, tapi di kebijakan komunitas YouTube. 🙂

      Ahaerudin13

      Ahaerudin13

      ( - 05:02)

      Kemungkinan adanya pelanggaran kebijakan komunitas YouTube mas..

    Avatar

    Tera Pimusik

    ( - 07:01)

    Setelah membaca artikel ini jadi makin bersemangat buat optimasi akun youtube saya hehehe
    Makasih gan informasinya … 🙂

      Ahaerudin13

      Ahaerudin13

      ( - 11:47)

      Terimakasih juga sudah berkomentar 🙂

    Avatar

    Ady Kenzie

    ( - 15:56)

    Channel Youtube saya sudah ludes mas, channel asli. Ntah dimana salahnya, padahal semua video asli rekaman dan dibuat sendiri. Sudah ajukan banding tetap saja ditolak. Kira-kira dimana ya letak salahnya?

      Ahaerudin13

      Ahaerudin13

      ( - 16:13)

      Jika yakin channel agan tidak bersalah, terus ajukan banding dengan cara yang baik. Salah tidak salah, mengakulah seolah-olah memang salah. Yakinkan saja seperti meyakinkan cewek.

      Pengalaman saya sih waktu itu di akhir kalimatnya ada kalimat, “tidak masalah jika channel saya harus di hapus kerena kesalahan yang saya lakukan. Tapi mohon, ijinkan saya untuk bisa masuk ke YouTube dengan akun Google saya ini. Jujur, saya tidak bisa hidup dengan nyaman tanpa YouTube”. Dan kemudian channel saya balik lagi dengan utuh.

      Itu hanya sedikit cara saya waktu ajukan banding. Tapi itu terserah agan. Kata-katanya bisa di rangkai sendiri. Semangat aja 🙂

        Avatar

        samuji

        ( - 12:48)

        Oya gan tumpang tanya..chanel sy tu hari sdh blh monetasi..kurang lebih 1bln stelah sy taukan ke blog. Tiba’ ditolak dan akun adsen youtube pun di tutup..sy ada tiga chanel dengan beda email..tpi setiap aku monetasi smua masuk di adsen dengan ID yg sama..dengan akun pertama yg di tolak padaha ke tiga chanel sy sdh memenuhi syarat..bagaimana gan agar ketiga chanel sy dpt kluar dr id akun yg lama di tolak itu..mohon pencerahnya gan mkasih

          Ahaerudin13

          Ahaerudin13

          ( - 15:09)

          Bisa dengan cara menambahkan kontributor ke akun Gmail yang lain gan. Untuk lebih jelasnya, bisa cari di Google dengan kata kunci cara mengganti kepemilikan channel YouTube.

    Avatar

    firstlagu

    ( - 03:27)

    thanks, sekarang jadi bisa berhati hati deh 😀

      Ahaerudin13

      Ahaerudin13

      ( - 13:56)

      Terimakasih juga sudah berkomentar

    Avatar

    Alwi

    ( - 20:54)

    Bro kalo akun youtube d tangguhkan apakah hasil pembayaran paymal bulan lalu d tranfer
    Terimah kasih atas jawabanya

      Ahaerudin13

      Ahaerudin13

      ( - 13:59)

      Kalau di lihat dari kasus sih, sepertinya akan tetap mendapat bayaran. Asalkan penangguhan itu sesudah pendapatan YouTube dengan AdSense sudah di akumulasikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *