Bisnis Percetakan

Tips Memulai Bisnis Percetakan dengan Omset Menjanjikan

Apakah anda ingin memulai berbisnis ? Tetapi bingung bisnis apa yang mau dirintis? Tenang, tidak usah bingung sebab ada bisnis yang peluangnya masih terbuka lebar yaitu bisnis percetakan. Karena bisnis ini tidak akan pernah ada matinya.

Selama ada orang ingin menikah, selama ada orang mengkhitankan anaknya, selama ada orang yang bersekolah dan sebagainya. Jadi semua yang sudah disebutkan tadi pastinya membutuhkan media percetakan untuk membuat surat undangan. Untuk memfotokopi, untuk menyelesaikan tugas bagi anak sekolah, untuk membuat brosur dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu disini kita akan mencari tahu bagaimana cara memulai bisnis percetakan yang menjanjikan yang bisa dilakukakan oleh siapapun. Sebelum memulai bisnis ini ada baiknya kita lebih tahu terlebih dahulu jenis-jenis dari percetakan.

Usaha percetakan ini tidak hanya fokus dalam satu jenis saja akan tetapi banyak sekali jenisnya dalam percetakan tersebut yaitu diantaranya:

Surat undangan

Bisnis Percetakan

Surat undangan menjadi salah satu jenis usaha dalam bisnis percetakan, karena banyak acara yang membutuhkan berupa surat undangan tersebut. Seperti acara pernikahan, acara khitanan, acara ulang tahun dan lain sebagainya.

Nah, oleh sebab itu ini menjadi peluang yang besar dan everlasting atau sampai kapanpun usaha ini akan selalu ada. Dalam usaha ini tentunya yang dibutuhkan tidak hanya modal semata, akan tetapi dibutuhkan kreativitas yang memadai dalam mendesign cover undangan.

Tujuannya agar dapat menarik banyak orang untuk mengorder surat undangan hasil karya anda. Jadi hal utama yang anda harus lakukan dalam menjalani usaha ini adalah kreativitas atau karya seni yang tinggi.

Loading...

Fotocopy

Setiap orang pasti pernah memfotokopi, seperti halnya fotokopi KTP atau yang lainnya. Apalagi fotocopy sangat dibutuhkan bagi para pelajar sekolahan. Karena biasanya fotocopy digunakan untuk tugas dari gurunya, jadi tak heran jika setiap ada sekolahan pasti tidak jauh ada tempat untuk memfotokopi.

Fotocopy adalah salah satu jenis bisnis dalam percetakan yang pastinya menguntungka, karena setiap hari orang pasti membutuhkan jasa yang satu ini. Jadi hal utama dalam membangun bisnis ini adalah modal untuk membeli mesin fotokopinya saja tanpa harus memiliki keahlian apapun seperti halnya membuat surat undangan.

Printing

Seperti halnya fotocopy, usaha bisnis percetakan printing pun sangat dibutuhkan sekali khususnya bagi mahasiswa dalam mengerjakan tugasnya. Seperti membuat skripsi atau makalah, mungkin bagi orang yang berada atau orang yang memilki printing pribadi tidak jamin masalah.

Akan tetapi bagi mahasiswa yang memilki kantong pas-pasan jasa ini sangat membantu sekali dalam menyelesaikan tugasnya. Dalam usaha ini tidak dibutuhkan keahlian apapun asalkan dapat mengoprasikan alat-alatnya saja.

Dan yang paling terpenting adalah modal dalam membeli barang-barang oprasionalnya saja. Seperti komputer untuk memasukan data yang akan diprint, mesin prinan beserta tinta warnanya dan bahan-bahan untuk membuat skripsi atau makalah.

Brosur dan pamplet

Brosur dan pamplet merupakan salah satu usaha dan peluang dalam bisnis percetakan. Pamplet biasanya dijadikan untuk memberikan informasi mengenai acara atau event seperti acara pensi, acara band music, acara perlombaan dan sebagainya. Biasanya ditempelkan di madding sekolah atau biasanya ditempelkan ditembok dan disembarang tempat.

Sedangkan brosur yang merupakan selebaran kertas yang memberikan informasi mengenai produk atau jasa yang isinya biasanya menjelaskan fungsi suatu produk, spesifikasi produk dan harga produk. Jadi brosur sering dijadikan untuk media marketing atau pemasaran yaitu berupa penawaran suatu produk atau jasa tersebut.

Jadi dalam usaha ini harus memilki kemampuan design grafis dan kemampuan marketing yang baik.

Sablon

Bisnis Percetakan

Usaha sablon akhir-akhir ini banyak diminati oleh banyak orang, karena tidak harus memiliki kemampuan khusus. Hanya membutuhkan tehnik dan kerapihan saja dalam mencetak gambar pada kaos atau baju.

Usaha ini termasuk bisnis percetakan yang peluangnya masih terbuka lebar. Apalagi usaha ini akan kebanjiran orderan pada musim pemilu atau pilkada yang biasanya membutuhkan jasa ini untuk membuat kaos untuk mendapatkan dukungan dalam pemilu.

Jadi dalam usaha sablon ini hal yang pertama yang harus dilakukan adalah pengetahuan bagaimana caranya untuk menyablon yang baik dan benar. Dan tentunya modal untuk membeli alat-alat oprasionalnya.

Spanduk

Kita pasti pernah menjumpai spanduk yang biasanya terpampang dijalan dan biasanya bacaan dalam spanduk tersebut berupa informasi mengenai hal tertentu atau berupa iklan seperti halnya brosur atau banner.

Akan tetapi yang membedakan yaitu dari ukurannya yang besar, mungkin fungsi dari ukuran spanduk agar memudahkan orang untuk mengetahui informasi dalam spanduk tersebut.

Biasanya spanduk akan ramai terpampang di jalan ketika musim pemilu tiba. Dimana dalam spanduk tersebut bergambar bakal calon pemimpin yang akan dipilih, seperti halnya sablon usaha ini juga akan kebanjiran orderan pada musim pemilu tiba.

Percetakan souvenir

Souvenir sering digunakan untuk hadiah pernikahan, souvenir juga dapat berkaitan dengan bisnis percetakan. Contohnya kalender atau pencetakan gambar pada mug, yang merupakan salah satu souvenir. Biasanya souvenir ini dipilih oleh calon pasangan suami istri yang akan dijadikan hadiah atau cendera mata dalam pernikahannya.

Jadi dalam acara pernikahan yang diorder atau dipesan tidak hanya surat undangan saja. Apabila anda juga kebetulan memproduksi souvenir juga tidak ada salahnya anda menawarkannya, dengan memberikan sample atau contoh.

Hal yang paling menguntungkan dalam bisnis percetakan adalah yang berkaitan dengan acara pernikahan, karena biasanya yang diorder tidak satu macam saja. Contohnya tidak hanya surat undangan saja akan tetapi bisa juga mengorder souvenir juga dan biasanya jumlahnya pun tidak sedikit.

Oleh sebab itu bagi anda yang ingin berkecimpung dalam dunia ini ada baiknya tidak setengah-setengah, karena dalam bisnis percetakan lebih lengkap akan lebih baik. Sehingga pundi-pundi rupiah akan banyak terkumpul dan omset yang didapatkan akan lebih banyak.

Sebelum anda berkecimpung atau mendalami bisnis percetakan, ada baiknya anda terlebih dahulu mengetahui langkah pertama. Apa dulu yang harus dilakukan sebelum menjalankan bisnis yang akan anda jalani.

Tujuannya agar anda lebih paham dan lebih siap, sehingga anda mantap melangkah lebih jauh agar usaha yang anda jalankan akan berjalan dengan lancar.

Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis percetakan

Bisnis Percetakan

Niat dan mental yang kuat

Hal pertama atau langkah pertama dalam menjalankan usaha apapun adalah niat dan mental yang kuat. Sebab dengan niat yang kuat akan tercipta konsistensi, yang bisa membawa anda ke puncak kesuksesan. Tanpa niat yang kuat usaha yang dijalani akan terbengkalai dan tidak akan berkembang pesat.

Selanjutnya mental yang kuat yang merupakan pondasi setiap pengusaha, karena setiap usaha ada kalanya berada diatas dan ada kalanya berada dibawah. Jadi fungsi dari mental yang kuat adalah agar anda tidak mudah cepat putus asa ketika usaha yang anda jalani sedang berada dibawah.

Atau usaha yang anda jalani belum mengalami perkembangan yang signifikan, karena semuanya membutuhkan proses tanpa terkecuali dalam dunia usaha.

Pengetahuan tentang bisnis tersebut

Setelah anda memilki niat dan mental yang kuat, langkah selanjutnya yaitu pertanyaannya seberapa banyak pengetahuan anda mengenai usaha yang akan anda jalani ? Sebab hal yang paling crusial atau hal yang terpenting adalah ilmu atau pengetahuan tentang usaha tersebut.

Karena usaha yang akan dijalani untuk saat ini adalah mengenai bisnis percetakan, berarti anda harus banyak-banyak mencari tahu. Baik lewat buku, internet maupun anda bisa menanyakannya atau belajar lansung kepada orang yang sudah berkecimpung dalam dunia percetakan tersebut. Sebab seorang ahli adalah salah satu guru terbaik dalam menjalankan bisnis apapun.

Modal

Setelah pengetahuan anda memumpuni mengenai bisnis percetakan, selanjutnya hal yang paling terpenting dalam dunia bisnis adalah modal, karena tanpa modal usaha apapun tidak akan berjalan.

Dalam bisnis apapun modal tidak harus jor-joran, harus sesusai kebutuhan untuk membeli alat atau barang oprasional dalam memulai bisnis percetakan pertama kalinya. Karena modal bisa ditambah apabila usaha percetakan yang anda jalani mulai mengalami perkembangan signifikan.

Tujuannya agar tidak mengalami kerugian apabila anda menginvestasikan semua uang anda pada bisnis yang mulai dirintis yang belum tahu hasil dan perkembangannya.

Action

Yang terakhir adalah action atau mulai kerjakan, dengan persiapan seperti hal diatas anda bisa memulai bisnis percetakan tersebut. Karena apabila anda sudah memiliki niat atau mental yang kuat, pengetahuan yang memumpuni dan modal yang tersedia anda sudah siap untuk memulai merintis usaha bisnis percetakan yang akan anda jalani.

Dan yang tidak kalah penting adalah menangkap peluang sebanyak mungkin, dengan mempromosikan usaha anda melalui internet atau media sosial agar orang lebih banyak menggunakan jasa percetakan anda.


Loading...

Bagikan

Avatar

Penulis

Seorang penulis pemula yang ingin menjadi penulis handal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *